Sabtu, 04 Februari 2012

FERRARI F2012

Sebagai mobil Formula 1 ketiga yang di-launching musim ini, inilah Ferrari F2012! Ini adalah mobil ke-58 yang dibuat oleh Ferrari di ajang Formula 1, dan mobil ini akan dipakai oleh Fernando Alonso dan Felipe Massa untuk musim 2012 ini. Mungkinkah ini adalah mobil terunik yang pernah dibuat oleh Ferrari ? Lihat saja bagian moncongnya, yang mirip dengan mobil Caterham CT-01, namun dengan ukuran penyambung moncong yang lebih lebar. Moncong mobilnya sangat ceper dan rata, sehingga mungkin kita bisa menulis di atasnya. Melihat ke belakang atas, juga terdapat hal yang unik. F2012 mengadopsi double airbox seperti yang dipakai di mobil McLaren MP4-26 (lihat foto perbandingan MP4-27 dan MP4-26 di posting saya mengenai McLaren MP4-27 untuk lebih jelasnya) dan di belakang bawah, mobil ini memiliki bentuk knalpot yang unik, yang mengarah ke suspensi belakang. Mobil ini di-launching tanggal 3 Februari yang lalu, dengan menggunakan live streaming video. Ini dikarenakan acara launching mobil yang sedianya akan digelar kemarin dibatalkan karena cuaca buruk yang sedang melanda Italia, termasuk juga kawasan Maranello, yang merupakan base camp tim Ferrari. Sebagai pengganti acara launching, yang mungkin rencananya akan digelar besar2an, akhirnya Ferrari melakukan live streaming video untuk melakukan launching-nya, sambil juga merilis foto2 mobil dan spesifikasi teknis mobil ini. Saya sempat menonton live streaming acaranya, dan saya langsung kaget melihat bentuk mobil F2012 yang saya anggap... cukup unik dan aneh, khususnya di bagian depan. Namun biarpun begitu, mobil ini tetap menyimpan cita rasa khas Italia, ditandai dengan bendera Italia yang dipasang tepat di depan moncong, setelah logo Ferrari. Nanti akan saya perlihatkan seperti apa bentuk moncongnya, dan mana bendera Italia-nya. Sekarang, saya akan memperlihatkan foto2 dari mobil Ferrari F2012 ini buat kalian semua. Diambil dari website F1 Fanatic, inilah foto2 dari "monoposto" (single-seater dalam bahasa Italia) Ferrari yang terbaru.
Untuk foto2nya, saya akan awali dari foto2 resminya dulu. Seperti biasa, Ferrari selalu merilis foto2 resmi mobil mereka dalam sebuah foto khusus, berbentuk seperti wallpaper, lengkap dengan logo tim dan logo sponsornya. Mungkin ini bisa juga jadi semacam perkenalan buat kalian mengenai sponsor2 Ferrari musim ini, dan kalian juga download foto2 ini sebagai wallpaper. Langsung saja, inilah foto2nya.
Depan, belakang, samping, atas. Isn't that enough for you ? Mobil ini terlihat sangat menarik, meskipun pada moncongnya... agak sedikit aneh. Tapi nanti akan saya jelaskan seperti apa bentuk moncong ini dan mengapa bentuk moncongnya harus seperti ini. Tentu saja ada sebab kenapa moncong mobilnya jadi aneh dan unik seperti ini. Sekarang, kita lanjutkan sharing foto2nya. Berikut ini adalah foto2 launching-nya, yang diambil pada saat live streaming video berlangsung, di tengah cuaca buruk yang sedang melanda Italia.
Acara launching mobil lalu berlanjut ke luar. Di tengah salju yang menutupi sirkuit Fiorano (sirkuit tempat tes Ferrari), Fernando Alonso dan Felipe Massa menjalani sesi photoshoot sebagai bagian dari launching mobil ini. Belum pernah kan, lihat mobil F1 di atas permukaan salju ? Inilah foto2nya...
Nah, seperti itulah foto2nya. Sekarang saya akan kasih lihat dua buah foto khusus. Ini adalah foto mesin yang ada di dalam mobil F2012 dan setir mobil F2012. Setir mobilnya sendiri tidak jauh berbeda dari setir mobil sebelumnya, F150 Italia. Mau tahu seperti apa foto2nya ? Ini dia...
Kenapa saya bisa bilang setir mobil F2012 nggak jauh beda dengan setir mobil F150 Italia ? Gampang saja. Itu karena setir F2012 masih mempertahankan pola lingkaran yang ada di tengah. Lima indikator pengaturan mobil yang mengelilingi indikator utama. Di F150 Italia, pola indikator setirnya kurang lebih seperti itu. Oke, sekarang akan saya jelaskan mengenai bagian terunik di mobil ini, yaitu... moncong mobil. Kenapa sih moncong mobil F2012 (dan beberapa mobil lain) harus berbentuk berundak seperti itu ? Inilah maksud dan penjelasannya. Sekarang lihat fotonya.
Menurut Kepala Desainer Ferrari, Nikolas Tombazis, mengapa bentuk moncongnya seperti ini: "The nose has a rather ungainly shape on the top. That is the result of the regulation which requires us to have the nose quite low, and an aerodynamic desire to have the lower part of the chassis as high as possible. So even though it is aesthetically not very pleasing, we believe it is the most efficient aerodynamic solution to that area of the car." Di sini dikatakan bahwa, bentuk moncong ini adalah hasil dari regulasi yang mengharuskan tim untuk membuat hidung mobil lebih rendah, dan keinginan aerodinamis untuk membuat bagian terendah sasis mobil setinggi mungkin. Biarpun bentuknya mungkin tidak bagus, tapi tim percaya bahwa inilah solusi aerodinamika paling efisien untuk area mobil itu. Jadi ada kesan bahwa bagian sasis mobil dan moncong mobil direndahkan secara terpisah. Saya kebetulan memiliki teori yang menyatakan seperti itu. Untuk memenuhi tuntutan regulasi yang mengharuskan moncong mobil lebih rendah, tim terpaksa harus merendahkan moncong mobil secara terpisah, karena jika direndahkan semuanya, maka akan membahayakan untuk mobil, baik secara keamanan ataupun aerodinamika. Sasis mobil adalah bagian yang sangat vital, dan diusahakan bagian ini dibuat seaman mungkin. Biasanya, menurut kasus2 mobil Formula 1 yang sudah ada, jika moncong mobil dibuat rendah, biasanya sasis mobil akan juga dibuat rendah, mengikuti moncongnya, sehingga membentuk sebuah garis lengkung bila dilihat dari samping mobil. Namun kali ini, regulasi membuat ukuran moncongnya menjadi sangat rendah sehingga tim tidak mungkin bisa merendahkan semua bagian depan mobil, baik moncong plus sasisnya, karena dapat membahayakan mobil dan pemakainya. Akhirnya, diputuskan untuk mengambil jalan pintas, tinggi sasis dipertahankan, sementara tinggi moncong direndahkan mengikuti regulasi yang ada. Sehingga disimpulkan, tinggi sasis dan tinggi moncong dibuat terpisah. Itulah sebabnya bagian depan mobil Formula 1 musim ini dibuat berundak seperti tangga. Buktinya kalau tinggi moncong dan tinggi sasis dibuat terpisah ? Gampang. Lihat di moncong mobilnya, ada bagian miringnya, kan ? Itu adalah bagian dari moncong mobil. Jika moncong mobil dibuka, maka terlihat bagian depan sasis mobil. Dari situ, ukur tingginya, dari titik terendah dan titik tertinggi sasisnya, lalu bandingkan dengan tinggi moncongnya depannya. Tentu saja ada perbedaannya, kan ? Nah, itulah bukti bahwa tinggi sasis dan tinggi moncongnya dibuat terpisah. Bagian miring yang ada di moncong mobil adalah untuk menutupi perbedaan tingginya. Kira2, tinggi moncong mobil itu dua pertiga dari tinggi bagian depan sasis mobil, bila diukur tepat pada bagian sasisnya, bukan diukur dari tanah. Perbedaan tinggi itulah yang nantinya akan terungkap jika bagian moncong mobil dilepas. Begitulah teorinya. Jadi, tinggi moncong mobil dan tinggi sasis mobil dibuat terpisah demi memenuhi regulasi baru. Sejauh ini, hanya McLaren yang mampu merendahkan moncong dan sasis mobilnya secara bersamaan tanpa ada masalah. Mungkin pada dasarnya mobil mereka sudah cukup tinggi ya... jadi ketika moncong mobilnya direndahkan, tidak ada masalah. Teori gw ini masih sementara, dan belum resmi, karena masih harus melihat mobil2 yang lain dulu. Tapi setidaknya, inilah teori yang sejauh ini gw buat, melihat trend moncong berundak yang ada di Formula 1 saat ini. Baiklah, sekarang kita lanjutkan sharing gambarnya... ini adalah gambar terakhir, perbandingan antara tiga mobil Ferrari terakhir. F2012 dengan F150 Italia dengan F10. Mana yang menurutmu paling bagus jika dilihat dari depan ? Inilah gambarnya...
Untuk mobil F2012, jangan tertipu dengan moncong mobilnya... karena kalau dilihat dari depan, moncong mobilnya itu sedikit turun ke bawah... thanks to bagian miring moncongnya yang telah memberi kesan bahwa mobil ini bermoncong lurus... hehehehehehe... nah, melihat prestasi dari kedua mobil sebelumnya, F10 terbukti sangat bagus, bisa mengantarkan Fernando Alonso memimpin klasemen pembalap Formula 1 sebelum disalip Sebastian Vettel di seri terakhir dan jadi Juara Dunia, F150 Italia kacau balau, Fernando Alonso hanya menang satu kali di GP Inggris sementara Felipe Massa justru tampil buruk pada musim itu, lalu bagaimana dengan F2012 ? Akankah hasilnya mengikuti F10 atau F150 Italia ? Ekspektasi pabrikan asal Italia ini dan penggemarnya sangat tinggi untuk mobil ini, sama seperti musim sebelumnya. Bisakah F2012 memenuhi ekspektasi tinggi yang telah dicanangkan oleh Ferrari dan para penggemarnya di seluruh dunia ? Kita lihat saja nanti di lintasan. Baiklah, segitu saja dulu tulisan saya, semoga bermanfaat buat kalian, dan semoga kalian bisa mengerti semua penjelasan yang saya berikan dalam posting ini. Setelah ini, saya akan buat posting tentang mobil terbaru tim Force India, VJM05, yang juga diluncurkan pada hari yang sama dengan Ferrari F2012, namun di tempat yang berbeda. Sekian tulisan saya, dan Happy Enjoy!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar