Kita mulai dari foto2 resminya dulu. Ini adalah foto2 yang dikeluarkan oleh McLaren mengenai bentuk mobil ini dari tiga sudut, sudut depan, sudut atas, dan sudut kanan. Foto sudut samping mobil ini sudah ada di bagian pembuka posting ini. Diambil dari website F1 Fanatic, inilah foto2nya...
Dari foto di atas bisa terlihat bahwa di bagian belakang mobil terdapat dua tonjolan yang sepertinya adalah tempat knalpot mobil. Sementara juga bisa terlihat bahwa sayap belakang berada di tengah endplate, dan bukan di belakang endplate, seperti musim lalu. Di foto sudut depan mobil juga terlihat lubang radiator mobil kembali lagi ke bentuk semula, bentuk persegi panjang, bukan berbentuk L lagi seperti musim lalu. Pada bagian badan samping mobil bagian depan juga terlihat bahwa pada badan samping itu terlihat lebih tinggi dari lubang radiator, sehingga memberi kesan bahwa ada corong besar di bagian bodi samping mobil itu. Di foto itu juga, terlihat bahwa meskipun lebih menunduk, karena efek dari regulasi baru, moncong mobil tetap lebar, terlihat dari jarak antar penyambung moncong dengan sayap depan yang cukup lebar. Sekarang kita masuk ke foto2 launching mobilnya. Masih dari website F1 Fanatic, inilah foto2nya...
Sekarang saya akan kasih lihat foto2 detail mobil ini dari dekat. Nanti akan saya coba jelaskan beberapa bagian baru atau detail dari mobil ini. Langsung saja, inilah foto2nya...
Kokpit dan bodi samping mobil
Kokpit dan front end mobil
Back end mobil. Bisa lihat tonjolan knalpotnya kan ?
Inilah tonjolan mobil yang saya maksud... kalau menurut saya, sepertinya ini tonjolan knalpot...
Rear suspension dan ban mobil. Musim ini pakai Pirelli.
Foto full body dari mobil, dilihat dari belakang.
Bodi samping mobil. Ada pola corong lubang radiatornya.
Bagian belakang mobil. DRS masih ada, no blown diffuser.
Bagian depan mobil. Lihat, moncongnya lebar kan ?
Bagian depan mobil. Seperti sedang balapan di trek oval, yah ?
Moncong mobil, jarak dekat. Seperti rahang besar...
Another view from this car...
Suasana saat launching.
This is Jenson and Lewis' new machine...
Foto detailnya sudah... semoga kalian semua mengerti seperti apa penjelasan saya tentang detail mobilnya ya... nah, sekarang adalah foto2 terakhir, perbandingan antara mobil MP4-27 dengan mobil musim lalu, MP4-26, yang sukses mengantarkan Jenson Button jadi runner-up Juara Dunia F1 musim lalu. Ada dua foto perbandingan di sini, diambil dari samping dan dari atas. Kebetulan dua jenis sudut pengambilan gambar ini adalah sudut pengambilan gambar yang biasa dipakai McLaren untuk memperlihatkan seperti apa mobil terbaru mereka. Dengan menyandingkan kedua foto tersebut, kita bisa membandingkan kedua mobil tersebut. Masih dari website F1 Fanatic, inilah gambar perbandingannya.
Mobil yang di atas adalah MP4-27, dan mobil yang di bawah adalah MP4-26. Perbedaan yang paling jelas dari kedua mobil ini adalah... di tutup mesinnya. Pada MP4-26, McLaren memakai sistem double airbox, di mana ada airbox tambahan yang berukuran kecil di atas airbox utama. Di MP4-27, double airbox itu ditiadakan dan diganti dengan tambahan sayap kecil pada tutup mesin. Pada MP4-27, terdapat sayap bilah berwarna hitam yang ada di bawah endplate. Di MP4-26, sayap bilah itu tidak ada. Di mobil MP4-26, karena memakai lubang radiator berbentuk L, ukuran corong radiatornya lebih panjang. Di MP4-27, corong radiator itu justru lebih tinggi dan lebih pendek. MP4-27 memiliki barge board (sayap samping di bawah kokpit mobil dekat lubang radiator) yang lebih kecil dibandingkan MP4-26. Di MP4-27, juga terdapat tonjolan di bagian belakang bodi samping mobil dekat suspensi belakang. MP4-26 tidak memilikinya. Di bagian depan, hidung mobil MP4-27 lebih menunduk daripada MP4-26. Seperti yang tadi saya bilang, ini adalah efek dari aturan baru soal batas tinggi moncong mobil.
Melihat dari bagian atas, sepertinya mobil MP4-27 sedikit lebih besar dari mobil MP4-26. Soal panjang mobil sepertinya sama, tidak ada perubahan. Bentuk sayap tambahan di sayap depan mobil juga kurang lebih hampir sama, dan perbedaan jelas terletak pada tonjolan yang ada di mobil MP4-27. Kalau dilihat dari atas, justru tonjolan itu sangat jelas terlihat. Pemasangan gambar panah McLaren juga mengalami perubahan, jika pada MP4-26 berada di belakang sebagai efek dari bentuk lubang radiator mereka, maka di MP4-27, panah McLaren itu kembali lagi ke posisinya semula, sejajar dengan kokpit. Dari atas juga terlihat perbedaan pada tutup mesin mobil, di mana MP4-26 memakai double airbox sementara MP4-27 tidak, dan juga ada perbedaan pada posisi sayap belakang. Di MP4-27 posisi sayap belakang berada di tengah endplate, terlihat dengan adanya perpanjangan pada bagian endplate setelah sayap belakang, sementara di MP4-26 posisi sayap belakang berada tepat di belakang endplate. Sisanya, kurang lebih hampir sama.Nah, seperti itulah perbandingan antara kedua mobil ini. Mudah2an kalian semua bisa mengerti tentang penjelasan yang saya berikan tentang mobil ini. Selain ada foto2 dari launching ini, juga terdapat video tentang liputan launching mobil ini, ditambah dengan komentar dari Jenson Button, Lewis Hamilton, dan Martin Whitmarsh sebagai team principal dari Vodafone McLaren Mercedes mengenai mobil ini dan peluang mereka di musim 2012 nanti, dan juga ada behind the scene dari sesi pemotretan kedua pembalap ini untuk kebutuhan media mereka sepanjang musim 2012 ini. Diunggah oleh f1fanatic2, inilah video tentang launching McLaren MP4-27.
Dengan me-launching mobil MP4-27, McLaren menjadi tim kedua yang meluncurkan mobil barunya untuk musim 2012 ini. Tim pertama adalah tim Caterham F1 Team, yang launching-nya dilakukan dengan cukup unik, memanfaatkan media social network dan majalah F1 Racing edisi Februari 2012. Jadwal launching mobil F1 berikutnya adalah pada tanggal 3 Februari nanti, dengan tim Force India yang akan meluncurkan mobil baru mereka. Ferrari sedianya juga akan meluncurkan mobil baru mereka pada tanggal ini, namun karena adanya hujan salju yang berakibat salju tebal di Maranello membuat acara tersebut dibatalkan. Akan tetapi mereka akan merilis foto2 dan spesifikasi teknis dari mobil ini besok. Jadi, Ferrari hanya akan memberikan foto mobil terbaru mereka, bukan acara launching. Kita tunggu saja seperti apa mobil Force India dan mobil Ferrari yang akan berlaga di musim 2012 ini. Baiklah, kalau begitu segitu saja dulu tulisan saya ini, semoga bisa bermanfaat buat kalian dan semoga kalian bisa mengerti semua penjelasan yang saya berikan dalam posting ini. Sekian tulisan saya, dan Happy Enjoy!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar