Rabu, 16 Januari 2013

MOTOGP 2013: DUCATI DESMOSEDICI GP13

Sudah lama nggak membicarakan soal balapan lagi di blog ini. Mengenai mobil balap atau motor balap yang akan dipakai untuk musim baru Formula 1 atau MotoGP, selalu merupakan topik yang menarik untuk ditulis dalam blog ini, dan untuk kali ini, saya akan membahas soal motor MotoGP baru untuk musim 2013 ini. Di atas, ada motor Ducati Desmosedici GP13, motor balap baru buatan Ducati untuk MotoGP 2013. Mesin motor ini tetap 1000cc, warna motor tetap merah dengan strip putih, yang membedakan hanyalah tidak ada lagi strip bendera Italia yang ada di motor ini seperti musim lalu, dan tentunya susunan pembalap yang baru. Seperti yang kita tahu, Valentino Rossi sudah pindah kembali ke Yamaha setelah dua musim yang kurang mengenakkan bersama Ducati. Diharapkan bisa mengembalikan pamor Ducati yang turun setelah ditinggal Casey Stoner ke Honda, nyatanya Rossi menjalani musim yang buruk. Tidak pernah menang, meskipun bisa mencapai posisi podium. Rossi pun berpisah dengan Ducati dan kembali ke Yamaha, meninggalkan Nicky Hayden yang kini ditemani oleh mantan pembalap Monster Yamaha Tech 3 musim lalu, Andrea Dovizioso. Bersamaan dengan kedatangan Valentino Rossi ke Yamaha, Ben Spies, yang dulunya adalah rekan satu tim Jorge Lorenzo, pindah mengisi kursi di tim satelit Ducati, yaitu Pramac Ducati. Itu membuat Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo kembali lagi satu tim. Yang akan kita bahas sekarang adalah Ducati, bukan Yamaha. Kita akan membahas Yamaha nanti, kalau motornya sudah resmi. Motor Ducati Desmosedici GP13 diluncurkan pada tanggal 15 Januari 2012 kemarin, melalui acara corporate gathering yang digelar bersama antara Ducati dan tim Formula 1 Ferrari, yaitu Wrooom 2013. Motor pabrikan dan motor satelitnya diluncurkan secara bersama-sama di tengah cuaca dingin dan hujan salju. Tim pabrikan Ducati akan memakai motor berwarna merah dengan strip putih, sementara tim Pramac Ducati akan memakai motor berwarna putih dengan strip merah. Untuk pembalapnya, Ducati Team akan diisi oleh Nicky Hayden dan Andrea Dovizioso, sementara Pramac Ducati akan diisi oleh Andrea Iannone, jebolan Moto2 musim lalu, dan Ben Spies. Buat yang ingin tahu soal motor baru Ducati untuk MotoGP 2013 ini, langsung saja akan saya perlihatkan fotonya.
Itu adalah motor Ducati Desmosedici GP13 untuk tim pabrikan Ducati. Untuk motor tim satelitnya, tampilan motornya bisa dilihat di sini. Fotonya hanya ada satu, tapi karena motornya sama, saya pikir itu tidak menjadi masalah. Seperti inilah motor tim Pramac Ducati untuk MotoGP 2013.
Sekarang, akan saya perlihatkan para pembalap Ducati untuk MotoGP 2013 nanti. Ducati akan menurunkan empat pembalap, masing2 dua pembalap setiap timnya, tadi sudah saya tuliskan di atas, untuk tim pabrikan ada Nicky Hayden dan Andrea Dovizioso, dan untuk tim satelit ada Andrea Iannone dan Ben Spies. Foto2 mereka ada di bawah ini...
Seperti itulah foto2nya. Yang pasti, Ducati membuat motor Ducati Desmosedici GP13 ini (salah satu tujuan utamanya) adalah untuk memperbaiki prestasi Ducati yang buruk dua musim terakhir, selama dipegang oleh Valentino Rossi. Motor Ducati Desmosedici tetap menjadi "misteri" bagi para rider yang menungganginya, di mana setelah Casey Stoner meraih kesuksesan dengan motor ini, tidak ada rider lain yang bisa melakukan hal yang sama, bahkan Valentino Rossi sekalipun. Meskipun motor ini sudah dirombak habis2an dengan berbagai macam pilihan setelan, tetap saja motor ini menjadi "misteri" untuk para rider yang menungganginya. Memperbaikinya justru menambah masalah baru. Duet Nicky Hayden dan Andrea Dovizioso menjadi harapan Ducati untuk dapat membawa motor ini berada di depan, bersaing lagi dengan pabrikan2 Jepang seperti Honda dan Yamaha yang berada jauh di depan mereka musim lalu. Tentunya tugas yang tidak mudah untuk Ducati, apalagi duet pembalap mereka berbeda dengan musim lalu. Namun, bukan tidak mungkin ini justru memberikan hasil yang bisa dibanggakan oleh tim Ducati. Kita lihat saja penampilan tim Ducati dengan motor barunya di MotoGP 2013 nanti, akankah bisa lebih baik dari musim lalu, atau sama saja seperti sebelumnya. Harapannya sih pengennya lebih baik lagi...
Baiklah, saya pikir segini saja tulisan saya kali ini, semoga bisa memberi informasi baru untuk kalian. Dengan ini, berarti akan ada banyak lagi posting2 saya yang akan berhubungan dengan motor2 baru MotoGP dan (nantinya juga) mobil2 baru Formula 1. Khusus untuk MotoGP ini, kita akan menunggu launching motor2 baru lain. Kita akan menunggu motor dari Honda dan Yamaha, plus juga motor2 dari tim2 Claimed Rule Team (CRT) yang masih ada di musim ini. Kalau begitu, saya anggap cukup tulisan ini, sekarang saatnya saya untuk mengakhiri posting saya, sekian posting saya, dan Happy Enjoy!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar