Rabu, 22 Mei 2013

FASHION: BARCELONA 2013-2014 HOME AND AWAY KIT

Kostum ini sudah banyak dijual di berbagai tempat jauh sebelum kostum ini diluncurkan. Kostum ini sudah dimiliki oleh banyak orang jauh sebelum kostum ini diluncurkan. Kostum ini sudah banyak diantisipasi orang jauh sebelum kostum ini diluncurkan. Jujur saja, bila Anda pergi ke penjual kaus bola di pinggir jalan atau di toko2, Anda pasti akan menemukan kostum ini, kurang lebih dalam beberapa bulan terakhir. Itu menurut apa yang saya lihat. Saya punya aturan khusus jika saya membeli sebuah kaus bola, di mana saya tidak akan beli kostum yang desainnya sudah bocor sebelum ada konfirmasi atau informasi yang menyatakan bahwa kostum ini adalah kostum resminya. Saya tahu soal kostum ini, kostum ini sudah dijual di mana2, tapi saya tidak akan beli sampai kostum ini diluncurkan. Ini untuk mencegah salah beli atau penipuan desain. Tentu saja, lantaran sekarang kostum ini sudah resmi, sudah diluncurkan, maka kalau saya memutuskan untuk membeli kausnya, yah saya akan beli. Tapi kalau memungkinkan. Kalau tidak, ya sudah. Saya biarkan saja... yang penting saya sudah tahu kalau kostumnya seperti ini. Saya berbicara tentang kostum baru Barcelona untuk musim depan. Kostum ini sudah bocor secara eksklusif kurang lebih saat paruh pertama musim ini. Rumor demi rumor soal kostum ini tiba2 muncul, yang memberitahukan tentang seperti apa desain kostum barunya. Desainnya mirip dengan apa yang ada di atas, hanya saja masih sederhana dan detailnya masih belum jelas. Hanya saja warna kostumnya sudah tepat. Setelah mulai satu per satu foto mengenai bocoran kostum ini muncul, tiba2 kostum ini sudah di tukang kaus, kebanyakan di kaki lima. Tapi ada juga di toko2. Saya sendiri sih hanya sekedar tahu saja, dan belum mau bereaksi apa2, karena takutnya kostum yang akan dipakai nanti berbeda dengan kostum yang dirumorkan. Sekarang, setelah kostum ini diluncurkan, berarti bocornya kelihatan banget. Saya jadi penasaran apakah ada mata2 di dalam pihak Nike yang sering mengambil foto desain kostum baru untuk klub2 Eropa dan lalu disebar ke internet. Ini soalnya... kostum yang dirumorkan dengan yang diluncurkan ini persis sekali... jadinya muncul pertanyaan, apa yang terjadi di pihak apparel, sampai desain kostum mereka yang seharusnya rahasia hingga akhir musim tiba2 bocor sebelum waktunya, bahkan saat pertengahan musim sekalipun. Beneran, saya jadi merasa penasaran. Tentu saja pertanyaan itu sulit dijawab. Kita tidak tahu apa yang terjadi sebenarnya... jadi kita biarkan saja. Kita tidak usah tahu. Yang pasti kostum ini sudah resmi dan kostumnya sama dengan yang selama ini sudah dirumorkan di kalangan fans. Oke, sekarang saya akan bahas soal kostum baru Barcelona ini, dan tidak usah menunggu lama lagi, saya sudah terlalu banyak bicara untuk bagian pengantarnya, kalian bisa lihat sendiri di atas, sekarang langsung saja kita lihat seperti apa kostumnya.
Kostum Barcelona yang diluncurkan untuk musim depan terdiri atas dua kostum, yaitu kostum kandang dan kostum tandang. Yang pertama akan saya bahas adalah kostum kandangnya dulu. Kostum Barcelona untuk musim depan berwarna merah-biru garis2, sesuai dengan warna khas klub, dengan tambahan aksen kuning di bagian kerah. Setelah dua musim Barcelona memakai kostum dengan pola yang sifatnya revolusioner alias beda dari "pakem"-nya, pada musim 2011-2012 kostumnya memakai pola garis yang berbeda ukuran pada bagian badan atas dan bagian badan bawahnya, dan musim 2012-2013 kostumnya memakai desain gradasi, kini kostum Barcelona kembali ke "pakem" aslinya, dengan lima garis biru dan empat garis merah, plus dua garis merah pada bagian samping kostum. Pola gradasi sebenarnya masih dipertahankan di kostum ini, hanya saja bentuknya berbeda. Jika musim ini gradasinya berbentuk titik2, maka untuk musim depan pola gradasi yang digunakan adalah pola gradasi garis. Posisinya berpindah, dari bagian badan kostum ke bagian lengan kostum. Kerah kostum berbentuk V berwarna kuning, dan pada bagian kerah belakang dan kerah dalam terdapat pola Senyera atau bendera Catalan, yang berwarna merah-kuning garis2. Musim ini dan musim lalu, pola bendera Catalan ini ada di bagian bawah kerah belakang. Kini, pindah ke kerah. Karena perpindahan posisi bendera Catalan ini, maka pada bagian bawah kerah belakang kostum ini tidak ada pola atau tulisan apapun. Masih di bagian kerah, tepat di bawah pola bendera Catalan itu, terdapat sebuah label kecil dengan warna biru bergaris kuning, bertuliskan motto klub, "Mes Que Un Club", yang berarti "More Than A Club" dalam Bahasa Inggris atau "Lebih Dari Sebuah Klub" dalam Bahasa Indonesia. Pola bendera Catalan yang ada pada kerah kostum juga terdapat pada bagian samping bawah kostum, dalam bentuk sebuah lidah kecil yang berada di bawah jahitan samping kostum. Pada kostum ini juga terdapat tulisan sponsor baru di bagian badan kostum, yaitu Qatar Airways, yang menggantikan Qatar Foundation, yang menjadi sponsor dari Barcelona selama dua musim terakhir. Tulisan Qatar Airways berwarna silver. Pada bagian belakang bawah kostum masih terdapat logo Unicef, dengan warna kuning, sama seperti musim2 sebelumnya. Untuk celana kostum, berwarna biru dengan strip merah di bagian samping, sementara kaus kakinya berwarna biru-merah garis2, dengan pola gradasi yang sama dengan bagian lengan kostum. Pada bagian atas kaus kaki berwarna biru dengan strip berwarna kuning. Di bagian tengah kaus kaki terdapat logo Nike sebagai apparel. Berikut adalah gambar dari kostum kandang Barcelona untuk musim depan.
Itu adalah foto2 dari kostum kandang Barcelona untuk musim depan. Berikutnya saya akan bahas mengenai kostum tandang Barcelona untuk musim depan. Untuk pertama kalinya, pola Senyera atau bendera Catalan, yang pada kostum kandang dijadikan sebagai bagian detail kerah, dijadikan sebagai desain kostum. Kostum tandang Barcelona musim depan berwarna merah dan kuning garis2, dengan lima garis berwarna kuning dan empat garis berwarna merah plus dua garis merah di bagian samping kostum. Pada bagian lengan ada pola gradasi garis, sama seperti pada kostum kandang. Kerah kostum tidak berbentuk V, melainkan berbentuk setengah lingkaran, berwarna kuning dengan pinggiran merah. Berbeda dengan kostum kandang yang pada bagian kerah belakang dan dalamnya terdapat pola bendera Catalan, pada kostum ini tidak ada. Tapi, pola bendera Catalan yang ada pada bagian samping bawah kostum, tepat di atas jahitan samping kostum tetap ada, sama halnya dengan kostum kandang. Di bagian kerah dalam, terdapat label kecil dengan warna kuning dan strip biru, dengan tulisan "Mes Que Un Club", sama seperti pada kostum kandang. Di kostum ini, logo sponsor Qatar Airways berwarna biru tua. Untuk celana kostumnya, berwarna merah dengan strip biru pada bagian sampingnya. Sementara kaus kakinya, berwarna merah-kuning garis2 dengan pola gradasi yang sama dengan bagian lengan kostum. Pada bagian atasnya berwarna kuning, dan pada bagian tengahnya ada logo Nike sebagai apparel. Berikut adalah gambar dari kostum tandang Barcelona untuk musim depan.
Seperti itulah foto2 dari kostum tandang Barcelona untuk musim depan. Kalau menurut saya sih, Barcelona seakan "back to basic" dengan kostum ini. Itu terlihat dari pola garis2 yang kembali muncul dalam kostum ini setelah selama dua musim kostum Barcelona tampil dengan gaya yang berbeda. Tapi di sisi lain, sisi modern dari kostum ini juga terlihat. Buktinya ada pada pola gradasi garis yang ada pada bagian lengan. Setidaknya ini mempertahankan pola gradasi yang sudah ada sejak musim ini, namun dengan gaya yang berbeda. Kalau boleh jujur, pola gradasi garis yang ada pada kostum ini membuat saya jadi teringat dengan koleksi Anthem Jacket buatan Adidas yang dibuat untuk beberapa klub pada musim 2011-2012, seperti contoh Liverpool, Real Madrid, Bayern Munchen, Chelsea, AC Milan, dan lainnya. Saya bahkan punya jaket Liverpool yang kurang lebih mirip dengan Anthem Jacket itu, dan kalau saya bilang sih, jaket itu keren banget. Pada Anthem Jacket Adidas itu, terdapat pola gradasi garis yang kurang lebih sama seperti ini, namun dengan jumlah garis yang lebih sedikit dan ukuran garis yang lebih tebal. Untuk kostum ini, pola gradasi garisnya lebih tipis dan lebih banyak, kemungkinan jumlahnya tidak lebih dari sepuluh garis, tidak termasuk garis pada ujung lengan. Saya bilang sih pola gradasi garis ini sangat bagus. Saya menyukainya. Sama halnya saat saya menyukai pola yang sama di Anthem Jacket Adidas itu. Yah, bisa dibilang keren lah.... Yang juga menarik dari kostum ini adalah pemakaian pola Senyera atau bendera Catalan sebagai kostum tandang. Senyera sudah merupakan identitas dari warga Catalan, dan pada kostum Barcelona, ini bisa dikatakan sebagai salah satu bagian yang tidak dapat dipisahkan. Jika Anda mengingat Barcelona, Anda juga akan mengingat Catalan. Senyera adalah simbol dari perjuangan masyarakat Catalan untuk memisahkan diri dari Spanyol, dan pada pertandingan El Clasico, bendera Senyera dengan mudah ditemukan di mana2 dengan berbagai varian. Pada waktu tertentu, bendera itu dikibarkan, sebagai tanda perlawanan terhadap pihak kerajaan. Anda semua tentu tahu bahwa El Clasico bukan hanya sekedar pertandingan biasa. Itu sudah merupakan sebuah pertarungan yang bersifat politis yang dibawa ke pertandingan sepakbola. Dua paham yang berbeda bertarung pada pertandingan itu, diwakili oleh klub dan pendukungnya masing2. Barcelona dengan keinginan mereka untuk memisahkan diri dari Spanyol dan membentuk sebuah negara sendiri, dan Real Madrid dengan sifat mereka yang setia pada pihak kerajaan Spanyol. Sudah jelas, ada mahkota kehormatan dari Raja Spanyol yang para pemain Madrid bawa dalam kostum mereka. Bertarung secara politik lewat meja sidang tidak akan pernah terasa enak, namun bertarung di atas lapangan sepakbola membuat pertarungan antara kedua paham yang berlawanan ini menjadi sangat menarik dan indah. Pemberontakan Catalan, yang diwakilkan oleh Barcelona, tampil dengan bentuk sepakbola yang indah, kadang disebut seksi, menarik, dan mengagumkan. Mungkin orang2 Catalan tahu, pemberontakan terindah adalah dengan bermain sepakbola. Itulah mungkin sebabnya Barcelona, meski membawa simbol2 pemberontakan, seperti bendera, bahasa, atau identitas lainnya yang juga berhubungan, juga memainkan gaya sepakbola yang berbeda dan menarik, yang kemudian mengantarkan mereka menjadi klub terbaik di dunia saat ini. Melihat kostum Senyera di atas, saya pikir akan ada pihak yang merasa pusing dengan hal ini, yaitu kalangan royalis di Madrid. Meskipun memang saat El Clasico Barcelona tidak bermain dengan kostum ini, mereka bisa bermain dengan kostum utama mereka, tapi jika seandainya Barcelona hadir di Madrid dengan kostum ini, entah apa yang dikomentari oleh orang2 Madrid. Satu2nya kesempatan untuk Barcelona tampil dengan kostum Senyera ini kemungkinan saat melawan Atletico Madrid. Menarik untuk mengetahui apa komentar orang2 Madrid mengenai kostum ini, karena sekarang simbol revolusi Catalan, yang selama ini selalu digembar-gemborkan publik Barcelona, tampil dalam wujud yang nyata dalam bentuk sebuah kostum. Untuk mereka yang anti dengan revolusi ini, reaksi mereka bisa sangat keras saat melihat kostum ini. Mungkin untuk orang lain di belahan dunia lain, mereka akan menganggapnya bagus, tapi untuk kalangan2 royalis seperti di Madrid, saya tidak tahu. Mungkin mereka sudah membenci kostum ini sejak awal melihatnya. Tidak akan terlihat baik memang. Bisa dikatakan, dengan kostum Senyera ini, Barcelona sudah sedikit memanas2i Madrid untuk urusan El Clasico. Jangan kaget kalau kemudian saat El Clasico main di Camp Nou, para penonton yang hadir kompak memakai kostum Senyera ini. Tentu saja ini bisa menjadi sebuah provokasi besar untuk pihak Madrid, sekaligus mempertegas keinginan publik Catalan untuk menjadi negara yang merdeka dan pisah dari Spanyol. Terlepas dari itu semua, saya katakan kostum ini bagus. Untuk kita yang ada di sini, di Indonesia, kita tidak perlu lihat soal konflik pihak kerajaan dan publik Catalan, atau latar belakang dari kostum Senyera ini, tapi yang terpenting adalah, kostum ini bagus dan warnanya kalau mau dibilang, sangat hidup dan sangat mencolok. Nggak usah kaget kalau seandainya Anda membeli kostum ini dan Anda merasa bahwa mata Anda seperti "tercolok" warna itu, hingga bayangan warnanya membuat penglihatan Anda sedikit berbeda. Memang warnanya sangat mencolok, dan sebaiknya kostum ini jangan diletakkan di tempat yang cahayanya terang dalam waktu yang lama. Warnanya seakan menyerap cahayanya dan memantulkannya ke matamu. Nggak heran mata Anda akan silau atau "tercolok" karenanya. Mengenai penilaian terhadap kostum ini, saya beri nilai 8,5 untuk kostum kandang dan 9 untuk kostum tandang. Kalau menurut saya, itu nilai yang cukup baik untuk kostum ini. Kostum ini sebenarnya sama2 bagus, tapi menurut saya, kostum Senyera itu lebih terlihat menarik dengan warnanya yang hidup dan mencolok, plus juga unsur identitas kenegaraan Catalan yang diterjemahkan dengan baik dalam kostum ini. Idenya memang cukup gila, memakai bendera yang menjadi simbol revolusioner, tapi melihat bagaimana desainnya, saya pikir kostum ini bagus2 saja. Hanya saja, mungkin ada pihak yang tidak suka...
Baiklah, saya anggap tulisan saya segini saja, semoga bisa memberikan informasi baru untuk kalian semua, khususnya untuk para penggemar Barcelona. Karena kostum ini sebenarnya sudah bocor dan sudah dijual di mana2, jadinya kalian bisa mendapatkan kostum ini di mana saja, dengan bentuk atau versi yang berbeda, entah itu yang bentuk KW-nya atau yang low end-nya. Yang pasti, sekarang kalian sudah tidak perlu merasa bingung lagi mengenai kostum ini, karena kostum ini sudah resmi. Untuk berikutnya, seperti biasa, saya akan menunggu lagi seperti apa kostum2 dari klub2 elite Eropa lainnya yang akan diluncurkan dalam waktu2 yang akan datang. Kalau kostumnya sudah diluncurkan, maka sesegera mungkin saya akan masukkan ke blog ini, untuk kita bahas dan kita lihat bersama, plus juga kita beri penilaian. Oke, saya pikir tulisan ini sudah cukup, saya sudah terlalu menulis terlalu panjang dalam posting ini... kalau begitu, sekarang saatnya saya untuk mengakhiri tulisan ini, sekian posting saya, dan Happy Enjoy!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar