Minggu, 19 Mei 2013

FASHION: PARIS SAINT-GERMAIN 2013-2014 HOME KIT

Untuk kategori Liga Perancis, inilah kostum yang paling ditunggu-tunggu saat ini. Kostum baru dari Paris Saint-Germain, sang Juara Ligue 1 musim ini. Bersamaan dengan pertandingan kandang terakhir mereka, dan pertandingan terakhir David Beckham, mengingat ia akan pensiun akhir musim ini, klub yang juga disebut sebagai PSG ini meluncurkan kostum baru mereka untuk musim depan. Kostum ini secara sekilas memiliki warna yang sangat mencolok, merefleksikan warna khas dari PSG dan semangat mereka untuk menjadi tim yang lebih baik di masa depan. Berikut adalah penjelasan dari kostum baru Paris Saint-Germain untuk musim depan. Langsung saja, ini dia...
Paris Saint-Germain, klub yang berdiri sebagai gabungan dari Paris FC dan Stade Saint-Germain pada tahun 1970 ini, dalam kostumnya selalu menggunakan tiga warna utama, yaitu biru, putih, dan merah. Pada kostum baru mereka ini, warna itu tetap dipertahankan, dengan cara yang unik dan berbeda. Kostum baru PSG ini berwarna biru, dengan blok besar berwarna putih di bagian atas dan blok besar berwarna merah di bagian bawah, diselingi oleh logo sponsor. Kerah kostum berbentuk setengah lingkaran dan berwarna biru, dan di bagian ujung lengan berwarna merah. Pola blok besar ini merupakan evolusi dari pola strip vertikal yang selalu menjadi bagian dari kostum klub. Setiap warna2 dalam kostum ini merefleksikan dominasi yang dicari Paris Saint-Germain di lapangan hijau. Warna biru melambangkan grandeur atau kehebatan, warna merah melambangkan semangat, dan warna putih melambangkan respek. Karena ketiga warna ini muncul dalam bidang yang besar, maka warna2 ini terlihat sangat mencolok. Pada bagian lengan kiri kostum, terdapat satu tulisan sponsor lain, selain Fly Emirates yang ada di bagian badan kostum, yaitu QNB atau Qatar National Bank. Untuk musim ini, bagian sponsor di bagian itu tertulis sponsor Indesit. Untuk celananya, warnanya biru dengan strip merah di bagian sampingnya, sementara untuk kaus kakinya berwarna biru dengan strip warna merah-putih di bagian atas dan di bagian belakang. Terdapat juga logo Nike sebagai apparel kostum pada bagian depan dan tulisan PSG di bagian belakang. Berikut adalah gambar2 kostumnya, plus foto saat kostum ini dipakai untuk pertama kalinya, saat pertandingan menghadapi Stade Brestois 29 tadi malam. Hasil akhirnya, PSG menang dengan skor 3-1.
Seperti itulah foto2nya. Kostum baru Paris Saint-Germain juga menjadi awal baru dari logo baru klub, yang akan dipakai mulai musim depan. Logo ini akan menggantikan logo yang saat ini masih dipakai sejak tahun 1973. Logo PSG yang masih dipakai saat ini didesain oleh seorang fashion designer bernama Daniel Hechter dan seorang desainer lain bernama Vallot. Logo itu berbentuk lingkaran, dengan gambar bayangan Menara Eiffel berwarna merah dengan pinggiran putih yang berada di atas palungan dan fleur-de-lys (bunga lily) yang ada di bawahnya. Menara Eiffel melambangkan kota Paris, sedangkan palungan dan bunga lily merujuk pada Saint-Germain, yang diambil dari lambang wilayah tersebut. Palungan yang terdapat pada logo PSG bukan palungan sembarangan. Itu adalah palungan dari Raja Louis XIV, raja terbesar Perancis. Ini merujuk kepada fakta yang menyatakan bahwa Louis XIV lahir di Istana Saint-Germain. Pada lambang Saint-Germain, tepat di bawah palungan itu juga terdapat tanggal lahir dari Louis XIV. Di bagian lingkaran logo tertulis nama klub di bagian atas dan tahun berdirinya klub, 1970, di bagian bawahnya. Logo tersebut sempat berubah-ubah beberapa kali sebelum kemudian logo ini dipakai lagi pada tahun 1996 dan dimodifikasi menjadi bentuknya saat ini pada tahun 2002. Untuk musim depan, logo PSG dimodifikasi lagi, dengan menghilangkan dua unsur utama logo tersebut, yaitu gambar palungan dan tulisan tahun 1970 yang ada pada bagian bawah logo. Selain itu, tulisan Paris Saint-Germain yang ada di bagian atas logo dipecah, menjadi Paris dan Saint-Germain. Kata Paris dibuat lebih besar dan diletakkan di bagian atas logo, sementara kata Saint-Germain dibuat lebih kecil dan diletakkan di bagian bawah logo. Karena tulisan Paris menjadi lebih besar, maka bagian tepi lingkaran logo menjadi lebih besar, membuat bagian pusat logo jadi sedikit mengecil. Unsur bayangan Menara Eiffel tetap dipertahankan, dan di bagian bawah logo, setelah gambar palungan Louis XIV dihapus, kini hanya tersisa logo bunga lily, dengan ukuran yang lebih besar dan berwarna emas. Sebelumnya, gambar palungan dan bunga lily selalu berwarna putih. Dengan begini, menurut saya, logo Paris Saint-Germain yang baru tidak lagi bermakna melambangkan kedua daerah yang membentuk klub PSG, melainkan sejarah Perancis klasik dan sejarah Perancis modern. Menara Eiffel melambangkan Perancis modern, dan bunga lily melambangkan Perancis klasik, di mana lambang bunga lily ini adalah bagian dari lambang Kerajaan Perancis di abad ke-16 hingga abad ke-18. Sebelum dikenal sebagai Republik Perancis seperti sekarang, Perancis adalah kerajaan. Berikut adalah gambar dari logo Paris Saint-Germain, baik yang saat ini dipakai, logo barunya, dan sejarah logonya.
Lambang PSG saat ini (kiri), dan lambang baru (kanan)
Sejarah lambang Paris Saint-Germain, dari 1970-sekarang
Logo Paris Saint-Germain saat ini...
...dan inilah logo Paris Saint-Germain musim 2013-2014.
Seperti itulah foto2 logonya. Menurut saya, pertama kali saya melihat kostum ini, rasanya agak sedikit aneh. Warnanya terlalu mencolok dan bloknya terlalu besar, belum lagi dengan perbedaan warnanya yang tidak diberi gradasi atau semacamnya. Tapi, setelah dilihat lagi, saya bisa katakan kostum ini bagus. Warna khas Paris Saint-Germain terlihat jelas dan sangat mencolok di sini, membuat segala aura akan warnanya keluar. Ketiga warna ini juga terlihat saling dominan dan saling matching atas-bawah. Jika dilihat, bagian kostum dari tengah ke atas, warnanya biru dan putih, terlihat dari warna blok dan warna tulisan sponsor serta warna logo apparel. Sedangkan bagian kostum dari tengah ke bawah, berwarna biru dan merah, terlihat dari bagian ujung lengan kostum yang warnanya sama dengan warna blok yang ada di bawah. Tentu saja yang menjadi sebuah catatan besar dalam kostum ini adalah, kostum ini adalah kostum terakhir David Beckham selama karirnya. Kostum ini juga memiliki makna yang cukup banyak, mengingat pada saat kostum ini pertama kali dipakai, ada banyak hal yang dirayakan. Mulai dari keberhasilan Paris Saint-Germain menjadi Juara Ligue 1 hingga merayakan karir David Beckham. Kostum PSG ini memiliki kesamaan warna dengan warna bendera Perancis dan juga Inggris, asal dari David Beckham. Sehingga kostum ini bisa dikatakan sangat layak untuk digunakan dalam kesempatan seperti ini. Yang pasti, karena kini semua orang tahu bahwa kostum ini adalah kostum terakhir David Beckham, maka saya yakin kostum ini akan langsung jadi incaran. Tidak usah kaget soal itu, Anda tahu David Beckham seperti apa... dan pastinya kostum ini akan menjadi sebuah kenangan tersendiri bagi semua orang yang mengenal dan menyukai David Beckham. Soal penilaian mengenai kostum ini, saya mengatakan bahwa angka 9 sudah cukup dan pantas untuk kostum ini. Mungkin di luar sana ada yang menganggapnya aneh atau bagaimana, kalau untuk saya sih bagus2 saja. Simpel juga... tapi jika dilihat lebih jelas, semua warnanya saling dominan dan menunjukkan auranya masing2. Itu pendapat saya.
Baiklah, saya pikir segini saja dulu tulisan saya untuk kali ini, semoga bisa memberikan informasi baru untuk kalian semua, khususnya untuk para penggemar Paris Saint-Germain dan Liga Perancis secara keseluruhan. Saya sudah menulis tentang tiga kostum dari tiga klub terbaik di Perancis, hari ini adalah tentang PSG, pada hari2 sebelumnya sudah saya tulis tentang kostum dari Olympique Lyonnais dan Olympique Marseille. Kalau kalian juga ingin melihatnya, kalian bisa cek arsip blog saya. Untuk berikutnya, kita akan melihat lagi seperti apa kostum2 baru dari klub2 elite Eropa lainnya yang akan diluncurkan dalam kesempatan2 berikutnya. Jika kostum itu sudah diluncurkan, akan sesegera mungkin saya masukkan ke blog ini, untuk kita lihat dan bahas bersama, mengenai banyak hal tentang kostum ini. Oke, saya anggap cukup, sekarang saatnya saya untuk mengakhiri posting ini, sekian tulisan saya, dan Happy Enjoy!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar