Rabu, 22 Mei 2013

FASHION: MANCHESTER CITY 2013-2014 HOME KIT

Dalam cerita saya sebelumnya mengenai kostum Tim Nasional Inggris, saya sudah menuliskan bahwa Umbro kini berada di bawah Nike. Dampaknya, tim2 yang selama ini memakai Umbro sebagai apparel pun pindah apparel menjadi Nike. Contohnya adalah Manchester City. Mulai musim depan City akan memakai kostum baru buatan Nike. Sekarang, kostum itu sudah ada. Tanggal 21 Mei 2013 kemarin, seperti yang telah saya tuliskan sebelumnya, Manchester City meluncurkan kostum baru mereka untuk musim 2013-2014. Kostum itu diluncurkan di tengah perjalanan Manchester City ke Amerika Serikat untuk melakukan dua pertandingan pra-musim menghadapi Chelsea, yang disebut sebagai "double header game", di mana pertandingan tersebut akan digelar di dua tempat dengan selisih waktu dua hari. Pertandingan pertama dilakukan di Busch Stadium, St. Louis, Missouri, pada hari Jumat, dan pertandingan kedua dimainkan di Yankee Stadium, New York, di hari Minggu. Manchester City akan bermarkas di New York selama pertandingan ini berlangsung, sementara Chelsea bermarkas di St. Louis. Nantinya kedua tim ini akan saling mengunjungi untuk bertanding bersama, sebagai persiapan untuk menghadapi musim baru. Untuk Manchester City, kunjungan ke Amerika Serikat ini juga dimanfaatkan untuk memulai kerjasama mereka dengan Nike, yang akan berlangsung hingga tahun 2019 mendatang, alias selama enam musim mendatang. Kostum yang gambarnya ada di atas ini, adalah kostum pertama yang dibuatkan Nike untuk Manchester City, setelah mengambil alih tugas Umbro sebagai apparel. Berikut adalah penjelasan mengenai kostum baru Manchester City ini.
Kostum baru Manchester City musim depan berwarna biru langit, warna khas klub, dengan strip putih dan strip biru tua pada bagian kerah dan ujung lengan. Kerah kostum berbentuk setengah lingkaran, berwarna putih dengan pinggiran biru tua. Pada bagian kerah dalam terdapat sebuah label berwarna biru muda bergaris dengan tulisan "Pride in Battle", yang merupakan terjemahan Bahasa Inggris dari motto klub, Superbia in Praelia. Ujung lengan kostum juga memiliki warna yang sama, putih dengan pinggiran biru tua. Warna putih dan biru tua ini diambil dari warna kaus kaki yang dipakai oleh Manchester City sebagai bagian dari kostum pertamanya pada tahun 1892. Pada bagian logo Manchester City diberi perisai, perisai ini terinspirasi dari perisai lambang kota Manchester, yang sering dipakai Manchester City untuk beberapa pertandingan spesial, salah satunya Final FA Cup tahun 1956. Celana kostum berwarna putih dengan strip biru di bagian samping, dan kaus kakinya berwarna putih dengan paduan warna biru langit dan strip biru tua yang mewakili kaus kaki Manchester City yang pernah dipakai selama lebih 50 tahun sejak tahun 1892. Berikut gambar2nya...
Seperti itulah foto2nya. Kalau menurut saya, lagi2 di mata gue Nike "main aman" untuk membuat kostum ini, dengan memberi kesan "serba pertama" pada kostum ini. Memang sih, ini adalah kostum pertama, dan hal itu sangat masuk akal. Itu suatu hal yang bisa diterima, karena memang ini untuk pertama kalinya Nike membuat kostum untuk Manchester City. Tapi jika mengacu pada apa yang terjadi pada kostum Tim Nasional Inggris di posting sebelumnya, ada kesan kalau kostum ini seakan mengulang trik yang sama, namun dengan hasil yang lebih baik, karena ada variasi pada desainnya. Meskipun ujung2nya sama, kostumnya polos banget. Tapi nggak sepolos kostum Tim Nasional Inggris yang memang dibuat klasik untuk merayakan 150 tahun usia The Football Association. Di kostum ini juga sebenarnya ada nuansa klasiknya juga. Seperti yang tadi saya katakan, seakan mengulang trik yang sama. Hanya saja memang jadinya bagus. Nuansa klasik terlihat jelas dalam kostum ini, sebagai contohnya perisai pada logo, yang diambil dari perisai lambang kota Manchester yang memang di masa lalu sering dipakai untuk pertandingan yang bersifat khusus. Contoh lain yang memberikan nuansa klasik pada kostum ini adalah pada bagian kerah dan ujung lengan kostum yang warnanya diambil dari warna kaus kaki kostum pertama Manchester City. Di mata saya, kostum ini sangat simpel. Yah, seperti Anda melihat kostum Manchester City pada umumnya. Kalau ingat Manchester City, ya inilah hal pertama yang akan terlintas dalam benak Anda. Kostum berwarna biru muda. Paduan warnanya juga bagus, warna putih dan biru tua adalah paduan yang sepadan untuk kostum ini, mengingat klub ini juga sering memakai kostum biru tua dalam beberapa kesempatan, dan warna ini juga menjadi bagian dari warna klub. Biarpun saya katakan bahwa kostum ini seakan mengulang trik yang sama, tapi seperti yang juga saya katakan, kostum ini terlihat bagus. Hanya saja di beberapa klub lain, trik seperti ini juga sering dilakukan dan hasilnya kadang beragam. Ada yang bagus, ada yang biasa saja, ada yang buruk. Untuk kostum ini saya bisa kategorikan sebagai bagus. Memang inilah Manchester City, mau apa lagi yang Anda harapkan dari mereka untuk urusan kostum selain ini ? Mungkin dengan paduan yang berbeda, ya. Tapi dari musim ke musim, kita semua tahu bahwa inilah kostum Manchester City. Biru muda adalah warna dari Manchester City, dan saya pikir ini sudah merupakan awal yang bagus untuk Nike dengan membuatkan kostum ini. Sama halnya dengan membuat kostum Tim Nasional Inggris, ada baiknya Nike juga memperhatikan sejarah dari kostum2 klub ini, sehingga mereka bisa mendapatkan inspirasi yang bagus untuk menciptakan kostum yang bagus untuk klub ini di masa yang akan datang. Untuk penilaiannya, saya anggap nilai 8 sudah cukup untuk kostum ini. Nuansa klasik dan gaya yang simpel terlihat dengan jelas dalam kostum ini, dan saya katakan kostum ini sudah cukup baik untuk mewakilkan warna2 khas dari Manchester City, dan juga relevansinya dengan sejarah klub.
Baiklah, saya anggap tulisan ini cukup sampai di sini saja, semoga bisa memberikan informasi baru untuk kalian semua, khususnya untuk kalian para fans Manchester City. Buat para fans City di Indonesia, kalian semua harus berbangga karena kostum ini dibuat di Indonesia. Kalau kalian perhatikan tulisan yang ada pada bagian kerah kostum, kalian akan tahu bahwa kostum ini dibuat di Indonesia. Masalahnya kemudian adalah, kostumnya buatan Indonesia, tapi KW-nya yang didapat malah KW Thailand atau KW yang lain, dapatnya justru dari negara lain, bukan dari sini... itu sesuatu yang sangat ironis... tapi untuk kalian yang akan mencari versi KW dari kostum ini, bersiap2lah saja, karena mungkin bentuk KW dari kostum ini akan segera muncul dalam waktu dekat. Kalian tunggu saja, pasti nanti ada yang jual. Pokoknya siap2 saja. Well, seperti biasa, untuk ke depannya, kita akan menunggu lagi seperti apa kostum2 dari klub2 elite Eropa lainnya, dan kalau kostum itu sudah diluncurkan, sesegera mungkin akan saya bawa ke blog, untuk saya bahas dan kita lihat seperti apa kostumnya, dan pada akhirnya, saya beri penilaian. Oke, saya anggap tulisan ini cukup, sekarang saatnya saya mengakhiri kostum ini, sekian posting saya, dan Happy Enjoy!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar