Jumat, 05 Oktober 2012

THE KOP PLEDGE

Saya ini seorang fans Liverpool, dan berkat para fans Liverpool yang saya temui di Facebook atau Twitter atau media lainnya, saya jadi belajar bagaimana menjadi fans Liverpool yang baik, bahkan fans sepakbola secara umum. Saya selalu penasaran dengan sesuatu yang bernama The Kop Pledge. Kata "pledge" berarti "ikrar" atau "janji" dalam bahasa Indonesia, sementara The Kop merujuk pada tribun terkenal di stadion Anfield, tempat di mana para fans fanatik Liverpool berkumpul. The Kop Pledge sering disinggung oleh para fans Liverpool, terutama yang memang sudah senior, dan saya jadi penasaran seperti apa The Kop Pledge ini, karena tidak ada yang pernah memberitahukan butir2nya secara gamblang. Tadi pagi saya menonton pertandingan UEFA Europa League antara Liverpool melawan Udinese, sialnya kita kalah 2-3, tapi saya melihat itu sebagai sebuah pertandingan yang seru, berdasarkan permainan Liverpool dan usaha mereka untuk mengejar ketertinggalan mereka. Beberapa jam setelah pertandingan itu berakhir, saya akhirnya menemukan apa itu The Kop Pledge. Saya mendapatkannya dari Facebook BIGREDS, komunitas fans Liverpool di Indonesia. Setelah saya baca isinya, ternyata ini memang sebuah ikrar, bagi saya ini seperti sebuah "sumpah" untuk para fans Liverpool. The Kop Pledge berisi:

1) Always support the team, no matter how bad they happen to be playing.

2) If the team is doing badly, then cheer even louder because they need your support even more.

 
3) If a player is struggling, then sing his name even louder and even harder to support him when he needs it the most.

 
4) If the opposition are the better side and performs well, then appreciate it and give them the credit they deserve.

The Kop Pledge seakan mengatur sikap kita sebagai seorang fans Liverpool yang baik, bahkan itu juga bisa berguna untuk membuat kita semua menjadi fans sepakbola yang baik, tidak peduli klub apa yang kita dukung. Aturan pertama sudah jelas, selalu mendukung tim kita, seburuk apapun permainan mereka. Aturan kedua, jika tim kita tampil buruk, bersuaralah lebih keras karena mereka butuh dukungan yang lebih dari kalian. Untuk aturan ketiga, jika pemain tim kita bermasalah, nyanyikan namanya lebih keras untuk mendukungnya ketika ia sangat membutuhkannya. Sementara aturan keempat mengajarkan kita untuk menjadi fans yang dewasa. Jika lawan tim Anda lebih baik, berikan mereka apresiasi dan kredit yang layak untuk mereka terima. Aturan ini sifatnya sudah sangat universal, dalam setiap pertandingan seharusnya ada yang seperti ini. Jika Anda kalah dan tim lawan bermain lebih baik, berikan apresiasi yang layak dan jadikan kekalahan tim ini sebagai pelajaran. Mungkin jika seandainya para fans sepakbola kita mematuhi aturan ini, saya pikir acara ricuh2an saat pertandingan berlangsung bisa dihindari. Saya mengatakan hal ini pada kalian, apabila Anda meneken sumpah ini, The Kop Pledge ini, maka Anda sudah dikatakan sebagai fans yang dewasa. Mendukung tim Anda secara bertanggung jawab, dan loyal pada tim yang Anda dukung apapun yang terjadi dengan tim itu. Bacalah butir2 The Kop Pledge di atas, dan maknai sendiri. Bila Anda berhasil, maka Anda sekarang sudah menjadi fans yang dewasa.
Well, saya pikir segitu saja tulisan singkat saya untuk kali ini, saya belum mau menulis panjang-lebar di sini, karena memang belum ada bahan, jadinya yang saya bahas hanya ini saja. Mudah2an kalian semua bisa mengerti dan memaknai apa yang tertulis dalam The Kop Pledge di atas. Aturan2 ini bukan hanya berlaku untuk para fans Liverpool saja, tapi juga untuk fans klub lain. Kalian bisa belajar dari sini untuk menjadi seorang fans yang dewasa dan mampu mendukung tim kalian secara bertanggung jawab. Oke, sekarang saatnya saya untuk mengakhiri tulisan ini, sekian posting saya, Happy Enjoy, dan YNWA!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar