Jumat, 01 Februari 2013

FORMULA 1 2013: McLAREN DRIVER HELMETS

Melanjutkan sedikit tentang posting saya mengenai McLaren tadi... sekarang saya akan menulis tentang helm pembalap McLaren musim ini, Jenson Button dan Sergio Perez. Kedua pembalap ini memakai helm buatan Arai, salah satu partner McLaren, dan grafisnya dibuat oleh UffeDesigns, yang juga merancang desain helm Kimi Raikkonen. Pada umumnya, pembalap McLaren tidak banyak mengganti desain helmnya setiap musim. Desain helmnya hampir selalu sama setiap musimnya. Anda bisa lihat helm Button dan Hamilton musim lalu. Tidak banyak perubahan, hanya saja ada beberapa variasi pada bagiannya untuk beberapa balapan tertentu. Tapi sekarang, dengan perubahan yang terjadi dalam susunan pembalap McLaren, di mana Lewis Hamilton pindah dan digantikan oleh Sergio Perez, maka ada yang berubah juga pada helmnya. Saya akan mencoba menjelaskannya untuk kalian semua, tentu saja dengan gambarnya juga.
Untuk helm Jenson Button, desainnya sama dengan musim lalu. Helm biru dengan strip putih dan merah, yang terinspirasi dari bendera Inggris. Pada bagian samping, garis2 pada bendera Inggris itu membentuk huruf JB, yang merupakan inisial namanya. Pada bagian belakangnya, terdapat bendera Inggris. Di bagian kiri-kanan belakang helm terdapat tulisan aksara Jepang "Ichiban", yang berarti "First" dalam bahasa Inggris. Tulisan ini sudah ada pada helm Button sejak pertengahan musim 2010. Ichiban juga merupakan nama dari tim triathlon Button. Selain itu, ini juga merupakan simbol kedekatan Button dengan budaya Jepang, mengingat ia pernah membalap di Honda dari musim 2003 (sebagai BAR-Honda) hingga 2008, ditambah lagi pacarnya, Jessica Michibata, juga berasal dari Jepang. Helm Jenson Button nyaris tidak memiliki perubahan berarti selama ia berkarir di Formula 1, hanya saja perubahan sempat terjadi memasuki musim 2011, di mana grafis huruf JB yang tadinya hanya berukuran kecil berubah menjadi berukuran besar dan munculnya space berwarna putih di bagian bawah belakang helm. Itu membuat tulisan huruf JB pada helm berubah arah dan sudut, dari yang sebelumnya horizontal, menjadi diagonal melebar, dari kanan atas ke kiri bawah dengan sudut tertentu. Pada bagian jidat helm, terdapat garis lebar berwarna putih dengan strip merah yang melingkar, berfungsi sebagai tempat untuk sponsor. Bagian kepala atas helm hanya berwarna biru polos, dan dihiasi dengan logo pabrikan Mercedes-Benz, yang merupakan pemasok mesin McLaren. Pada bagian dagu dan rahang helm, kaca helm, dan bagian tengah samping helm, diisi dengan sponsor, seperti Hugo Boss, Mobil 1, dan Santander (bagian dagu dan rahang helm), Johnnie Walker (kaca helm dan bagian tengah samping helm), dan Vodafone (bagian jidat helm, melingkar). Pada bagian belakang helm juga terdapat logo UffeDesigns sebagai desainer helm dan Arai sebagai pembuat helm. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa lihat gambar berikut.
Berikutnya adalah helm Sergio Perez. Selama dua tahun membalap di Sauber F1 Team, helm Sergio Perez selalu berubah, tapi selalu menonjolkan ciri khas budaya negara asalnya, Meksiko. Pada helmnya musim lalu, Checo memasang bendera Meksiko pada bagian kepala atasnya. Ketika masih membalap di Sauber, Checo memakai helm Bell. Kini, dengan kepindahannya ke McLaren, ia memakai helm Arai, yang merupakan salah satu partner McLaren. Untuk musim 2013 ini, Checo akan memakai helm berwarna kuning gradasi hijau, dengan motif kain suku Aztec pada bagian bawah samping helmnya dan tulisan Checo, nama panggilannya. Pada bagian belakang helm berwarna putih, dengan logo inisial SP berwarna bendera Meksiko, merah-putih-hijau, yang merupakan logo pribadinya, ditambah tulisan Perez di bawahnya. Di sekeliling logo itu terdapat motif khas suku Aztec. Pada bagian kepala atasnya berwarna kuning, dengan grafis seperti bulan sabit putih dengan pinggiran merah dan hijau, plus lambang negara Meksiko, yang melambangkan bendera negara asalnya. Pada helm ini juga terdapat tempat untuk sponsor, seperti halnya helm rekan satu timnya, dengan sponsor yang juga sama. Untuk lebih jelasnya mengenai helm dari pembalap muda berbakat Meksiko ini, kalian bisa lihat pada gambar berikut.
Seperti itulah foto2 helm dari pembalap McLaren musim ini. Ada persamaan yang saya lihat dari kedua helm ini, bukan hanya sama2 bermerek Arai dan didesain oleh UffeDesigns, tapi juga karena identitas negara yang dibawanya. Bisa dilihat, baik helm Jenson Button atau Sergio Perez sama2 memperlihatkan identitas negara asal mereka. Jenson Button dengan pola Union Jack-nya yang ada pada seluruh bagian helm, termasuk juga inisial namanya yang ada di bagian samping helm, sementara Sergio Perez membawa unsur bendera dan pola budaya tradisional Meksiko yang juga ada pada seluruh bagian helm. Bendera Meksiko ada pada bagian kepala atas, sementara motif Aztek ada pada bagian samping dan belakang helm. Cukup menarik melihat kedua desain helm ini, desain Jenson Button adalah desain klasik yang tetap bertahan hingga sekarang, meski ada perubahan dari desain aslinya beberapa tahun lalu, sementara desain Checo menggabungkan warna2 yang cerah dengan unsur budaya dan identitas negaranya. Tidak ada yang buruk dari kedua helm ini, semua helm ini saya anggap bagus, karena ciri yang ditonjolkan oleh masing2 helm ini, yang berhubungan dengan kebangsaan mereka. Helm Checo sangat unik karena unsur budaya Meksiko sangat terlihat jelas di dalam helm ini, bisa dilihat dari pola kain Aztec dan lukisan etnik yang ada di belakangnya. Sungguh menjadi sebuah hal yang menarik melihat desain helm mereka, yang juga mencerminkan karakter masing2 pembalap. Yang satu sudah berpengalaman, terlihat dari desain helmnya yang klasik dan sudah terkenal di Formula 1, dan yang lainnya adalah seorang pembalap muda dan berbakat, datang ke Formula 1 dengan membawa budaya kebanggaan negaranya untuk ditunjukkan pada dunia melalui ajang balapan. Desainnya juga memakai warna yang cerah, ceria, dan mengandung unsur budaya lokal. Bahkan dari situ kita bisa melihat bahwa di kedua helm itu, setiap pembalap membawa ciri khas negaranya masing2, terutama benderanya. Kedua helm ini saya katakan sangat bagus, dan juga sangat unik. Mudah2an saja Jenson Button dan Sergio Perez bisa meraih sukses dengan helm ini.
Baiklah, saya pikir segitu saja tulisan saya untuk kali ini, semoga bisa memberi informasi baru untuk kalian semua, khususnya untuk kalian para penggemar Formula 1. Sekarang saya ingin istirahat dulu, dan bersiap untuk mengikuti dua launching mobil Formula 1 hari ini, yaitu launching Ferrari F138 dan launching Force India VJM06. Kedua mobil itu akan di-launching sore ini, jadi sambil menunggu launching-nya, saya bisa beristirahat dulu sejenak. Kalau saya sudah mendapatkan bahan2nya, nanti cerita tentang kedua mobil itu akan segera saya masukkan ke blog. Oke, sekarang saatnya saya untuk mengakhiri tulisan ini, sekian posting saya, dan Happy Enjoy!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar