Jumat, 08 Februari 2013

FORMULA 1 2013: MERCEDES DRIVER HELMETS

Untuk kali ini, saya mau menulis secara santai. Tulisan saya kali ini akan menjelaskan pada kalian seperti apa helm dari kedua pembalap tim Mercedes AMG Petronas, Lewis Hamilton dan Nico Rosberg. Sebenarnya saya sudah pernah menulis soal ini, ketika saya menulis tentang mobil baru mereka, W04. Ketika itu, saya menuliskan salah satu persamaan antara Lewis Hamilton dan Nico Rosberg, yaitu sama2 memakai helm yang berwarna kuning. Intinya, helmnya berwarna kuning. Bedanya, helm Lewis Hamilton memiliki banyak paduan warna, sementara Nico Rosberg hanya punya satu paduan warna. Merek helm mereka juga berbeda. Lewis Hamilton memakai helm Arai, yang sudah ia pakai sejak masih membalap di McLaren. Nico Rosberg sendiri memakai helm Schuberth. Sekarang ini saya akan menjelaskan lebih detail mengenai kedua helm ini, dimulai dari helm Lewis Hamilton.
Sejak masa karting-nya, Lewis Hamilton selalu memakai helm berwarna kuning, yang terinspirasi dari helm Ayrton Senna, idolanya saat masih kecil. Sebenarnya, Hamilton memakai helm kuning agar ayahnya bisa tahu di mana posisi Lewis saat balapan. Sebagai paduan warnanya, Lewis memilih warna merah, biru, dan hijau dengan bentuk pita. Sebelum masuk Formula 1, Hamilton merasa bahwa desainnya terlalu jadul, sehingga ia memutuskan untuk mengubahnya. Saat masuk McLaren, lingkaran putih ditambahkan di bagian kepala helm atas dan posisi pitanya dimajukan untuk memberi tempat sponsor. Dari tahun 2007 hingga 2010, helm Lewis berwarna kuning, dengan pita berwarna hijau di bagian samping atas helm dan pita berwarna biru di bagian samping bawah helm. Secara visual, helm ini mirip dengan helm Ayrton Senna, namun bedanya pita itu tidak memanjang hingga ke sisi helm lainnya, melainkan dipotong di kedua sisinya. Bagian helm belakangnya polos. Pada bagian dekat kaca helm samping, terdapat pita berwarna merah diagonal yang melintang di antara dua pita tadi, membatasi bagian kaca helm. Warna kuning yang dipakai bukanlah kuning terang seperti layaknya helm Ayrton Senna, melainkan kuning pastel. Sejak musim 2011 hingga 2012, helmnya berubah. Helmnya tidak lagi memakai pola seperti helm Ayrton Senna. Pita hijau dan biru yang tadinya berbentuk horizontal diubah menjadi diagonal, mengikuti pita berwarna merah. Pada bagian belakang, terdapat sebuah strip warna merah dengan tulisan nama belakangnya. Tambahan lain, ada logo kartun Lewis Hamilton, di mana Lewis digambarkan memakai headset dan sedang memainkan alat DJ, sambil memperlihatkan jari telunjuknya, yang berarti keinginannya untuk menjadi nomor satu. Kebiasaan memainkan alat DJ ini sering dilakukan Hamilton dalam beberapa pesta akhir balapan. Logo kartun ini sudah ada sejak 2009. Pindah ke Mercedes, helmnya berubah menjadi lebih bergaya agresif. Helmnya masih memakai pola pita yang sama dengan sebelumnya, namun ukuran pitanya lebih besar dan lebih dominan. Bagian pita merahnya dipotong menjadi tiga bagian dan lebih menonjol dari pita lainnya. Posisi pita merahnya berada di atas pita hijau dan pita birunya, yang tetap dibuat diagonal. Posisi pitanya juga lebih miring dari sebelumnya, dengan ujung yang lebih panjang. Bagian depan bawah helm (dagu helm) terdapat pita berwarna biru dan pada bagian belakang bawah helm terdapat pita berwarna hijau. Strip merah yang ada pada bagian belakang juga dipertahankan, dengan tulisan nama Hamilton ditulis dengan huruf kecil bergaya gothic, tidak lagi dengan huruf kapital. Logo kartunnya tetap ada, diposisikan di atas tulisan namanya. Di bagian kepala atas helm, lingkaran putih untuk sponsor diganti dengan lingkaran berwarna hitam dengan bagian garis bawahnya memiliki sudut yang tajam, mengikuti pita helmnya. Helm ini didesain oleh JLF Designs, yang juga mendesain helm Paul Di Resta. Seperti inilah gambar dari helm baru Lewis Hamilton di tim Mercedes. Agresif.
Untuk helm Nico Rosberg, sebenarnya helmnya sejak awal tidak berwarna kuning. Helmnya beberapa kali mengalami perubahan. Aslinya, ketika debut di Formula 1 tahun 2006, helmnya berwarna biru dan kuning, dengan pola garis2 zig-zag tidak beraturan yang merupakan bayangan mobil yang sedang melaju kencang. Garis itu yang membatasi kedua warna tersebut. Pola yang sama juga berlaku untuk bagian kepala atas helm. Pada bagian bawah helm berwarna kuning dan terdapat tempat untuk menulis namanya. Pada bawahnya lagi, ada strip berwarna putih. Beberapa perubahan kemudian muncul, mulai dari munculnya strip putih di bagian bawah helm untuk menulis namanya, bagian kepala atas helm yang tidak lagi terdiri atas dua warna, berubah menjadi serba kuning, meskipun bayangan garis zig-zag-nya masih ada, dan lain sebagainya. Masuk ke tim Mercedes pada musim 2010, warna biru yang ada pada helm Nico Rosberg berubah menjadi abu-abu. Itu untuk menyesuaikan dengan warna mobil yang berwarna silver. Memasuki musim 2011, helmnya berubah warna menjadi serba kuning dengan paduan warna abu2 pada bagian bawahnya. Tulisan namanya berpindah tempat ke bagian bawah helm, dengan ukuran yang lebih besar. Bayangan garis zig-zag masih ada, dan kali ini muncul sebuah bidang berwarna abu2 pada bagian belakang helm. Musim 2012, muncul dua versi desain helmnya. Pada awalnya, ia memakai helm berwarna kuning dengan strip abu2 di bagian bawahnya, diselingi dengan tulisan namanya pada bagian rahang samping helm. Bagian belakang helm polos, dan bayangan garis zig-zag masih ada. Belakangan, pada balapan pertama, ia memakai helm yang berbeda, dengan desain yang hampir sama dengan musim sebelumnya, hanya saja kali ini pada bagian dagu helm terdapat bagian helm berwarna abu2. Musim ini, Nico Rosberg memakai helm berwarna kuning dengan paduan warna abu2. Di bagian bawah helm terdapat tempat untuk menulis namanya, dan pada bagian dagu terdapat bidang dengan warna yang sama. Di bagian belakang, bidang berwarna abu2 tetap ada, dengan tulisan bayangan berbentuk graffiti, "WM 2013", yang bisa berarti musim Kejuaraan Dunia Formula 1 2013, atau keinginannya untuk menjadi Juara Dunia Formula 1 2013. Helmnya dibuat oleh Schuberth. Seperti inilah gambar dari helm Nico Rosberg musim ini.
Seperti itulah gambar2nya. Sebagai fakta menarik, pada bagian depan helm, Hamilton dan Rosberg sama2 mempromosikan account Twitter mereka. Namun, karena perbedaan bentuk helm, keduanya menulis nama Twitter-nya pada tempat yang berbeda. Lewis Hamilton memasang nama account Twitter-nya, @lewishamilton, tepat di bawah kaca helmnya, sementara Nico Rosberg memasang nama account Twitter-nya, @nico_rosberg, pada bagian tengah bawah kaca helmnya. Saya kebetulan sudah follow kedua account Twitter ini. Mudah2an kalian bisa mengerti perbedaannya... kalau kalian merasa tidak jelas, kalian bisa lihat sendiri pada gambar yang ada di atas!
Baiklah, saya pikir segitu saja tulisan singkat saya untuk kali ini, semoga bisa memberi informasi baru untuk kalian semua, khususnya untuk kalian para penggemar Formula 1. Saya juga akan menulis tentang helm para pembalap Formula 1 musim ini, jika foto2 helmnya dirilis oleh tim yang bersangkutan. Kalau foto2 helmnya sudah ada, untuk pembalap2 lainnya, pastinya akan segera saya bahas di blog ini. Oke, kalau begitu, saya anggap cukup, sekarang saatnya saya untuk mengakhiri posting ini, sekian posting saya, dan Happy Enjoy!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar