Rabu, 06 Februari 2013

FORMULA 1 2013: SCUDERIA TORO ROSSO STR8

Setelah Mercedes GP meluncurkan mobil barunya, tim berikutnya yang meluncurkan mobil barunya untuk Formula 1 musim 2013 adalah Scuderia Toro Rosso. Tim junior dari Red Bull Racing ini meluncurkan mobil barunya, STR8, pada tanggal 4 Februari 2012, jam 18:00 CET (22:00 WIB) di depan garasi tim mereka di Sirkuit Jerez, Spanyol. Peluncuran mereka dilakukan di tempat yang sama dan juga dengan cara yang sama seperti musim lalu. Tim ini masih mempercayakan kursi pembalap pada pembalap Australia Daniel Ricciardo dan pembalap Perancis Jean-Eric Vergne. Mobil STR8 memakai vanity panel, menjadikannya tim keenam yang memakai penutup undakan moncong itu musim ini. Mobil ini tidak seperti mobil tim kakaknya, Red Bull Racing, yang mendapat perubahan pada tata sponsor mereka. Tulisan Red Bull masih bisa Anda lihat di bodi samping mobil ini, dan musim ini, Anda hanya akan melihat tulisan itu di mobil ini, setelah Red Bull Racing memutuskan untuk mengganti tulisan Red Bull mereka di sidepod dengan sponsor utama mereka, Infiniti. Secara umum, livery mobil ini tidak jauh berbeda dibandingkan musim lalu. Perbedaan terbesar pada mobil ini tentu saja pada bagian moncongnya yang sekarang sudah dipasangi vanity panel. Lukisan banteng merah yang ada pada tutup mesin mobil tetap menjadi ciri khas mobil ini. Jujur saja saya menyukainya. Sekilas jika Anda melihat, mobil ini menjadi lebih panjang. Itu tidak lepas dari vanity panel yang terpasang pada mobil ini. Jujur saja, saya melihat mobil ini dengan vanity panel-nya, mobil ini menjadi lebih panjang. Mungkin Anda juga berpendapat seperti itu, jika Anda melihat mobil ini sekilas, tidak secara detail. Saya yakin Anda sangat penasaran melihat seperti apa mobil STR8 ini dari dekat, melihat seperti apa detail mobilnya. Kalau begitu, saya akan langsung memperlihatkannya untuk kalian. Ini dia...
Seperti itulah foto2nya. Musim ini, Scuderia Toro Rosso tetap mempercayakan kursi pembalapnya kepada Daniel Ricciardo dan Jean-Eric Vergne. Keduanya diumumkan bertahan di tim ini tanggal 31 Oktober 2012. Keduanya berhasil menyumbangkan 26 poin untuk Toro Rosso di klasemen konstruktor. Dengan hasil itu tim Toro Rosso berada di peringkat ke-9 musim lalu. Yang menarik, kedua pembalap ini finish 10 besar dengan posisi finish tertinggi peringkat ke-8. Jean-Eric Vergne adalah pembalap dengan posisi finish tertinggi di tim, dengan finish ke-8, yang ia raih di Malaysia, Belgia, Korea, dan Brazil. Sementara Daniel Ricciardo empat kali finish ke-9, di Australia, Belgia, Singapura, dan Korea, dan dua finish ke-10, di Jepang dan Abu Dhabi. Hanya dua balapan di mana kedua pembalap Toro Rosso bisa finish bersama, yaitu di Belgia dan Korea. Sisanya, mereka lebih banyak terlibat dalam persaingan di papan tengah, dengan posisi finish tertinggi ke-11 dan posisi finish terendah ke-17. Sisanya, mereka retired dari balapan. Secara umum, kedua pembalap Toro Rosso musim lalu sering finish, meskipun di urutan belakang dan jarang meraih poin. Untuk kasus retired di tengah balapan, tim ini lima kali retired, dengan Jean-Eric Vergne yang terbanyak, dengan empat kali, yaitu di Valencia (GP Eropa), Italia, Singapura, dan Amerika Serikat. Sementara Daniel Ricciardo hanya satu kali mengalami masalah dengan mobilnya, yaitu di Monako. Hasil ini membuat susunan pembalap berubah, meski itu hanya ditukar saja. Jika musim lalu Daniel Ricciardo menjadi pembalap utama dan Jean-Eric Vergne, yang ketika itu menjadi pendatang baru di Formula 1, menjadi pembalap kedua, kini posisinya dibalik. Jean-Eric Vergne naik menjadi pembalap utama tim dan akan memegang nomor start 18, sementara Daniel Ricciardo menjadi pembalap kedua tim dengan nomor start 19. Musim ini, Scuderia Toro Rosso memasang target meraih posisi keenam di klasemen konstruktor, yang berarti menjadi tim terbaik di papan tengah.
Jean-Eric Vergne
Daniel Ricciardo
Seperti itulah gambar2nya. Baiklah, saya pikir segitu saja tulisan saya untuk kali ini, semoga bisa memberi informasi baru untuk kalian semua, khususnya untuk kalian para penggemar Formula 1. Untuk berikutnya, saya masih akan menulis mengenai mobil dari tim Caterham untuk musim ini, yang diluncurkan berbarengan dengan hari pertama tes pramusim Formula 1. Seperti apa mobilnya ? Kalian tunggu saja kehadirannya. Yang pasti saya akan membahasnya secara khusus untuk kalian. Oke, kalau begitu, saya anggap cukup, sekarang saatnya saya untuk mengakhiri posting ini, sekian posting saya, dan Happy Enjoy!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar