Rabu, 06 Februari 2013

FORMULA 1 2013: MERCEDES AMG PETRONAS W04

Tim berikutnya yang meluncurkan mobil barunya untuk Formula 1 2013 adalah Mercedes AMG Petronas, atau yang sering disebut sebagai Mercedes GP, atau cukup Mercedes saja. Tim ini meluncurkan mobil baru mereka, W04, pada tanggal 4 Februari 2012 kemarin, di Sirkuit Jerez, Spanyol. Tempat ini juga dipakai sebagai tempat tes pramusim Formula 1 setiap musimnya, termasuk musim ini. Musim ini menandai era baru untuk tim Silver Arrows, menurut Team Principal Ross Brawn. Perkataannya memang beralasan. Pada tahun ini, banyak perubahan terjadi pada tim Mercedes. Mulai dari susunan pembalapnya, di mana Lewis Hamilton bergabung ke dalam tim, menggantikan Michael Schumacher yang pensiun musim lalu. Kemudian masuknya Toto Wolff sebagai direktur eksekutif tim. Lalu masuknya Blackberry sebagai sponsor, dan banyak lagi yang lainnya. Musim ini, Mercedes memiliki semangat baru untuk berkompetisi di Formula 1 musim ini, sekaligus memperbaiki posisi mereka yang terbilang buruk untuk ukuran sebuah tim papan atas musim lalu. Pada tahun 2012 lalu, Mercedes berada di peringkat kelima konstruktor, kalah dari Lotus. Dengan posisi itu, Mercedes harus puas memakai nomor start 9 dan 10 untuk musim ini. Berbekal semangat baru yang mereka miliki, tim dengan mobil berwarna silver kehijauan ini berharap bisa mencapai posisi yang lebih baik musim ini. Tentang mobil mereka, W04, mobil ini sebenarnya tidak banyak perubahan dari musim lalu, hanya saja tim ini masuk ke dalam tim2 yang menerapkan pemakaian vanity panel. Vanity panel mereka cukup unik, di mana bagian tengahnya landai, sementara bagian pinggir kiri-kanannya berundak, dengan sedikit tonjolan kecil. Moncong mereka menjadi kebalikan dari moncong mobil tim Sauber. Mobil Sauber memiliki sisi yang landai pada sisi kiri dan kanannya, sementara bagian tengahnya berundak. Jika dilihat dari depan, moncong W04 ini terlihat lebih ramping. Mobil W04 juga memiliki exhaust yang lebih panjang, dengan lubang insang hiu di atasnya. Menurut Team Principal Ross Brawn, mobil W04 merefleksikan restrukturisasi yang tumbuh di dalam tim ini selama kurang lebih 18 bulan terakhir. Desainnya adalah sebuah langkah maju dan detail yang lebih canggih. Ribuan jam kerja telah dihabiskan oleh tim teknis di pabrik tim yang ada di Brackley dan Brixworth untuk memastikan bahwa mobil ini bisa memberikan penampilan yang lebih baik dibandingkan musim lalu. Ross Brawn juga dengan bangga menyambut Lewis Hamilton sebagai pembalap Mercedes-Benz. Ia mengatakan bahwa dengan Lewis Hamilton dan Nico Rosberg, tim ini memiliki apa yang ia percaya sebagai susunan pembalap terkuat di Formula 1, dan ia tahu level kompetisi yang sehat di antara mereka akan mengantarkan tim ini menjadi lebih baik. Setelah diluncurkan, mobil ini langsung dites di atas trek Jerez, dengan Nico Rosberg menjadi pembalap pertama yang mencobanya, disusul oleh Lewis Hamilton. Uji coba mobil ini juga sekaligus dimanfaatkan untuk syuting beberapa video promosi tim, yang nantinya akan ditayangkan oleh tim melalui account YouTube mereka, seperti musim lalu. Untuk yang ingin tahu seperti apa mobil baru dari tim Mercedes ini, langsung saja, ini dia...
Nah, seperti itulah foto2nya. Sekarang kita masuk ke profil pembalapnya. Bergabungnya Lewis Hamilton dari tim yang telah membesarkan namanya, McLaren, ke Mercedes membuka reuni dengan Nico Rosberg. Di masa ketika keduanya masih balapan junior, mereka pernah satu tim saat balapan Formula A dan Formula Super A. Lahir pada tahun yang sama, Lewis dan Nico sebenarnya pembalap satu generasi. Hanya saja, mereka berdua masuk Formula 1 pada tahun yang berbeda. Nico Rosberg masuk Formula 1 tahun 2006, sementara Lewis Hamilton tahun 2007. Sama2 pernah menjadi Juara GP2 Series, di mana Nico lebih dulu meraih gelar tahun 2005, sementara Lewis tahun 2006. Keduanya menjadi dua pembalap pertama yang berhasil menjadi juara balapan tersebut. Keduanya juga sudah pernah merasakan menjadi juara sebuah balapan Formula 1. Bedanya, Lewis Hamilton hanya butuh enam balapan untuk bisa menang, pada GP Kanada 2007, sementara Nico Rosberg harus menunggu hingga enam tahun dan 111 balapan untuk bisa menang, pada GP Tiongkok 2012. Itu terjadi karena perbedaan tim yang dibelanya dalam karir mereka masing2, di mana Nico Rosberg membalap untuk Williams dari tahun 2006 hingga 2009 sebelum pindah ke Mercedes tahun 2010, sementara Lewis Hamilton langsung mendapat tim bagus ketika debut, yaitu McLaren. Itu tidak lepas dari statusnya sebagai pembalap binaan McLaren. Ia membalap di McLaren dari tahun 2007 hingga 2012, sebelum pindah ke Mercedes mulai musim ini. Prestasi Lewis pada awalnya sangat bagus bersama McLaren, meraih gelar runner-up pada musim 2007, di bawah Kimi Raikkonen, dan pada musim berikutnya menjadi Juara Dunia. Hanya saja pada musim berikutnya Lewis Hamilton mulai dirundung apes. Posisinya tidak pernah mencapai tiga besar lagi sejak 2009, dan selalu finish di posisi kelima atau keempat di klasemen akhir pembalap. Posisi keempat diraihnya tahun 2010 dan 2012, sementara posisi kelima diraihnya tahun 2009 dan 2011. Di saat Lewis Hamilton berada pada prestasi yang bagus bersama McLaren, Nico Rosberg justru sebaliknya. Itu karena mobil Williams tidak lagi sekompetitif musim2 sebelumnya, ketika ia datang ke tim itu musim 2006. Ia sempat mencetak sejarah sebagai pembalap termuda yang mencatat fastest lap pada balapan perdana musim itu, GP Bahrain, tapi kemudian ia lebih banyak retired dari lomba sepanjang musim itu, membuatnya hanya meraih 4 poin di musim perdananya. Meskipun begitu, perlahan tapi pasti, prestasi Nico mulai meningkat, meskipun itu tidak mengubah posisinya di wilayah papan tengah. Sejak 2009, Nico Rosberg selalu finish di posisi 10 besar klasemen pembalap, dengan posisi tertingginya peringkat ke-7, yang diraihnya tiga musim beruntun, dari tahun 2009 hingga 2011. Pada musim 2010 dan 2011, ia sudah ada di Mercedes, pada dua musim itu ia mampu unggul dari rekan setimnya yang punya status Juara Dunia Formula 1 tujuh kali, Michael Schumacher, baik dalam balapan atau kualifikasi. Musim 2012, meskipun ia bisa mencatatkan kemenangan pertamanya setelah enam tahun berkarir di Formula 1, posisinya di klasemen pembalap justru turun menjadi peringkat ke-9. Pada musim ini, dengan pensiunnya Michael Schumacher, Nico Rosberg menjadi pembalap utama tim, dan akan memakai nomor start 9, sementara Lewis Hamilton, yang datang sebagai pengganti sang legenda, menjadi pembalap kedua dan memakai nomor start 10.
Nico Rosberg
Lewis Hamilton
Seperti itulah foto2nya. Sebenarnya ada satu lagi persamaan yang saya lihat dari Lewis dan Nico. Keduanya sama2 memakai helm berwarna kuning. Bedanya, helm Lewis Hamilton memiliki tambahan warna lain, yaitu merah, hijau, dan biru. Sementara helm Nico Rosberg memiliki tambahan warna hitam. Sebenarnya, pada awalnya helm Nico Rosberg terdiri atas dua warna, yaitu kuning dan biru. Helm itu dipakai ketika ia debut Formula 1 tahun 2006. Belakangan, helm itu mengalami beberapa perubahan, namun warnanya tetap sama. Ketika pindah ke Mercedes, barulah helmnya berubah drastis. Pada awalnya helmnya berwarna kuning dan abu2, dan dipakai selama dua musim, pada tahun 2010 dan 2011. Pada musim 2012, helmnya berubah lagi, warnanya menjadi kuning dan hitam. Helm itulah yang dipakai hingga sekarang. Untuk helm Lewis Hamilton, selama di McLaren, helmnya tidak banyak berubah. Pada awalnya ia memakai helm kuning dengan paduan warna hijau, merah, dan biru berbentuk pita, dengan pita berwarna hijau dan biru dibuat seperti helm Ayrton Senna, yang merupakan idola masa kecil Hamilton. Pita merah dibuat melintang di antara kedua itu. Namun sejak 2011, helmnya berubah menjadi pola pita diagonal dan tidak lagi memakai pola seperti helm Senna. Di bagian belakang helmnya juga terdapat sebuah pita merah melintang dengan tulisan nama Hamilton. Pindah ke Mercedes, helmnya berubah lagi, meskipun pola pita diagonalnya tetap ada, namun dengan desain yang lebih agresif. Bagian pita berwarna merah dipotong menjadi tiga bagian dan lebih mencolok dibandingkan pita2 lainnya. Posisinya juga lebih miring ke depan. Pada bagian belakang, terdapat dua buah pita, berwarna merah dan hijau, yang masing2 berada di posisi atas dan bawah. Meskipun desain kedua helm ini berbeda, tapi secara umum, kedua pembalap ini memakai warna kuning sebagai warna helmnya.
Baiklah, saya pikir segini saja tulisan saya untuk kali ini, semoga bisa memberi informasi baru untuk kalian semua, khususnya untuk kalian para penggemar Formula 1. Hari ini sebenarnya sudah banyak sekali berita launching mobil muncul, bersamaan dengan itu tes pramusim Formula 1 juga sudah dimulai. Kebetulan saya sudah melihat semua mobil2 Formula 1 yang baru diluncurkan itu, dan mobil2 itu akan menyusul masuk ke dalam blog saya untuk dibahas besok. Oke, kalau begitu, saya anggap cukup, sekarang saatnya saya untuk mengakhiri tulisan ini, sekian posting saya, dan Happy Enjoy!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar