Sabtu, 02 Februari 2013

FORMULA 1 2013: SAHARA FORCE INDIA VJM06

Tim berikutnya yang meluncurkan mobil barunya untuk Formula 1 2013 adalah Force India. Mobil baru tim ini diluncurkan pada tanggal 1 Februari 2013, jam 10:15 GMT (17:15 WIB) di sirkuit Silverstone, Inggris. Mobil ini juga langsung dites pada hari itu juga, setelah launching. Mobil baru tim ini dinamai VJM06. Mobil ini menjadi mobil keempat yang diluncurkan musim ini. Mobil ini mempertahankan livery yang dipakai musim lalu, dan ini adalah untuk pertama kalinya Force India tidak melakukan perubahan pada livery-nya. Seperti halnya Ferrari F138, yang diluncurkan 45 menit sebelumnya di Maranello, mobil VJM06 juga menerapkan vanity panel pada moncong mobilnya, namun dengan tinggi moncong yang lebih rendah. Untuk mengerjakan mobil barunya ini, Force India melakukannya lebih awal. Mereka menghentikan pengembangan mobil musim lalu sekitar pertengahan tahun lalu, dan itu memberi platform yang sangat bagus untuk memulai pembuatan mobil ini. Karena inovasi yang sangat terbatas di tengah regulasi teknis yang berlaku, akhirnya tim melakukan pendekatan yang agresif untuk membuat mobil dengan penampilan yang lebih baik. Mereka harus mendesain ulang mobil untuk memaksimalkan segala potensi yang ada pada mobil. Untuk tes pramusim nanti, fokus tim akan berkisar pada ban yang untuk musim ini memiliki kompon baru. Mereka akan mencari gambaran soal ban baru ini lewat setiap tes pramusim yang akan mereka ikuti nanti. Mereka belum tahu mengenai seperti apa ban ini, dan mereka baru bisa tahu setelah mobil ini dites. Dengan begitu, tidaklah heran kalau kemudian mobil ini langsung dites saat peluncuran. Yang paling unik dari launching mobil VJM06 adalah, peluncuran mobil dilakukan dengan hanya dihadiri satu pembalap, yaitu Paul di Resta. Biasanya, sebuah launching mobil Formula 1 minimal dihadiri oleh dua pembalap ditambah pembalap tes. Force India termasuk salah satu tim yang belum mengumumkan pembalap keduanya musim ini. Mereka belum mau menyebutkan pembalap yang akan menjadi rekan satu tim Paul di Resta itu dikarenakan tidak ingin membingungkan banyak pihak. Tapi, mereka mengatakan bahwa pembalap kedua tim ini akan diumumkan saat tes pramusim nanti. Siapa yang akan menjadi pembalap kedua Force India itu hingga hari ini masih belum diketahui. Untuk kalian yang ingin tahu seperti apa mobil baru dari tim Force India ini, plus foto2 peluncuran dan tesnya, langsung saja, ini dia...
Seperti itulah foto2nya. Karena untuk saat ini pembalap Force India hanya satu, maka saya akan profilkan Paul di Resta. Lahir di Uphall, West Lothian, Skotlandia, tanggal 16 April 1986. Ia punya keturunan Italia. Memiliki relasi keluarga pembalap, ia adalah sepupu dari Juara IndyCar Series dan Indianapolis 500 tiga kali Dario Franchitti dan pembalap Marino Franchitti. Ayah tirinya adalah pemain sepakbola Skotlandia, Dougie McCracken. Sebelum menjadi pembalap Formula 1, ia membalap di ajang Deutsche Tourenwagen Masters (DTM), balap mobil turing terkenal Jerman, bersama Persson Motorsport di tahun 2007 dan HWA Team dari tahun 2008 hingga 2010. Ia mengendarai mobil AMG Mercedes C-Klasse. Selama membalap di DTM, posisinya tidak pernah lepas dari lima besar, di musim 2007 ia berada di peringkat kelima, pada musim 2008 menjadi runner-up, pada musim 2009 menjadi juara ketiga, dan pada musim 2010 meraih gelar juara. Pada musim 2010 juga, ia menjadi test driver Force India, dan sering tampil saat sesi latihan hari Jumat. Di tahun 2011, ia naik pangkat menjadi pembalap kedua tim, menemani Adrian Sutil. Tahun 2012, ia bertahan, dan ia ditemani oleh Nico Hulkenberg. Kini, dengan pindahnya Nico Hulkenberg ke Sauber F1 Team, ia menjadi pembalap utama tim, sambil menunggu teammate baru untuk musim 2013.
Satu fakta menarik tentang Paul di Resta, selain menjadi Juara DTM 2010, ia pernah menjadi Juara Formula 3 Euroseries pada tahun 2006, dan saat itu ia mengalahkan Sebastian Vettel. Ketika itu, ia membalap di tim ASM Formula 3 dan Sebastian Vettel adalah rekan satu timnya!
Saya kebetulan juga punya foto helm Paul di Resta. Paul di Resta memakai helm buatan Arai dan desainnya dikerjakan oleh JLF Designs. Helmnya berwarna dasar biru gradasi putih dengan corak merah dan strip hijau bergradasi putih. Di bagian kepala atasnya, terdapat pola seperti api berwarna merah, dengan latar belakang biru gradasi putih. Pada bagian belakang helm, terdapat grafis bendera Skotlandia, negara asalnya, dengan bagian bawah garisnya mengarah keluar dan ujungnya berbentuk seperti anak panah. Di bagian anak panah itu, sisi kiri diwarnai hijau berpola gradasi, dan sisi kanannya diwarnai merah berpola gradasi, membentuk bendera Italia, asal keturunannya. Di atas garis anak panah itu, terdapat tulisan namanya. Pada bagian rahang samping helm, terdapat logo inisial namanya, PDR, dengan warna hijau-putih-merah. Untuk lebih jelasnya seputar helm ini, kalian bisa lihat gambar2 berikut...
Seperti itulah gambar2nya, dan kalau begitu saya pikir segini saja tulisan saya untuk kali ini, semoga bisa memberi informasi untuk kalian semua, khususnya untuk kalian para penggemar Formula 1. Untuk posting saya berikutnya, saya akan menulis tentang launching mobil Sauber C32 yang baru diluncurkan hari ini, dan bersiap untuk menulis tentang beberapa launching mobil lainnya. Yang pasti, hingga beberapa hari ke depan, fokus saya akan tetap berkisar pada Formula 1 saja, seiring dengan banyaknya launching mobil Formula 1 dalam beberapa waktu belakangan ini. Saya harap kalian menikmati setiap tulisan saya seputar Formula 1 di sini. Oke, kalau begitu, sekarang saatnya saya untuk mengakhiri posting ini, sekian posting saya, dan Happy Enjoy!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar