Sabtu, 02 Februari 2013

FORMULA 1 2013: SCUDERIA FERRARI F138

Scuderia Ferrari menjadi tim ketiga yang meluncurkan mobil barunya. Mobil baru Ferrari resmi diluncurkan kemarin, tanggal 1 Februari 2013, jam 09:30 GMT (16:30 waktu Indonesia) di markasnya di Maranello, Italia. Acara launching memakai ciri khas Ferrari, banyak dihadiri oleh orang2 terkenal seperti Chairman Ferrari, Luca di Montezemolo dan Chairman Fiat, John Elkann. Nama mobil baru Ferrari ini adalah F138, yang diambil dari tahun kompetisi Formula 1 saat ini, tahun 2013, dan jumlah silinder pada mesin mobil, yaitu 8, yang musim ini akan menjalani musim terakhirnya. Mulai musim 2014 nanti, mesin V8 akan diganti dengan mesin V6 turbo. Mobil ini berbeda dari mobil musim sebelumnya, yang mendapat kritik besar2an dari para penggemar karena bentuknya yang aneh, khususnya pada bagian moncongnya yang bukan hanya berundak, tapi juga lebar dan tinggi seperti meja. Ferrari memanfaatkan aturan vanity panel yang diizinkan FIA musim ini, dengan memasangnya, sehingga tampilan mobil menjadi lebih baik, meskipun resikonya mobil jadi terlihat sangat tinggi. Mobil ini dikatakan sebagai evolusi dari mobil musim lalu, dan mewakili langkah pertama dalam pengembangan mobil musim ini. Mobil F138 juga mempertahankan suspensi pull-rod yang sudah mereka gunakan sejak musim lalu, dan bodywork mobil sudah diperbaiki untuk meningkatkan aerodinamika, yang menjadi kelemahan mereka musim lalu. Sistem KERS mobil juga sudah diperbaiki dan diringankan. Namun, pihak Ferrari masih belum yakin apakah mobil ini bisa menyamai reliabilitas tinggi yang dicapai oleh mobil tahun lalu. Mobil Ferrari musim lalu meskipun dapat penilaian negatif tapi terbukti sangat kencang. Fernando Alonso sempat memimpin klasemen pembalap dalam waktu yang lama sebelum disalip oleh Sebastian Vettel setelah pertengahan musim. Mobil Red Bull yang dikendarai Vettel saat itu sangat kencang dan mendominasi balapan2 Asia yang digelar saat itu, sementara kemampuan mobil Ferrari itu hanya mampu untuk menahan pesta Vettel yang sebetulnya bisa meraih gelar juara dunia lebih awal. Alonso akhirnya hanya bisa menjadi runner-up, sekali lagi, di bawah Vettel, pertama kali musim 2010, tapi terbukti bahwa meski mobil saat itu tidak terlalu kencang, tapi dari segi reliabilitas dan konsistensi, mobil ini sangat baik. F138 diharapkan oleh Ferrari untuk dapat mengakhiri penantian Ferrari, dan juga Fernando Alonso, untuk menjadi juara dunia. Konsistensi sudah dalam kondisi yang bagus, tinggal bagaimana membuat mobil ini bisa kencang dan terus bersaing di depan, di antara pembalap dan tim papan atas lainnya, dengan jarak yang sangat dekat. Ferrari tetap mempertahankan Fernando Alonso dan Felipe Massa musim ini, atau untuk yang keempat kalinya. Felipe Massa yang sempat diisukan akan dilepas Ferrari musim lalu ternyata bisa bangkit di tengah musim dan terkadang bisa lebih cepat dari Alonso, sayang team order berlaku untuk memastikan agar Alonso tetap ada di depan, menjaga potensi Alonso untuk menjadi juara dunia. Untuk lebih jelasnya mengenai mobil baru Ferrari ini, kalian bisa melihatnya lewat gambar2 berikut ini.
Contoh penerapan "vanity panel" di Formula 1...
Itu adalah foto2 mobilnya, lengkap dengan foto mesinnya, sekarang yang akan saya perlihatkan pada kalian adalah foto2 saat launching mobil ini berlangsung di Maranello, Italia.
Seperti itulah foto2nya. Mobil Ferrari F138 ini banyak yang mengatakan, sangat bagus. Penggunaan vanity panel membuat tampang mobil jadi terlihat lebih bagus dari depan, meskipun itu membuat moncong mobil menjadi sangat tinggi. Saya masih melihat double airbox di atas tutup mesin, ini seperti musim lalu, tapi kalau saya lihat secara keseluruhan, sebenarnya mobil ini sangat baru dan berbeda dari mobil musim sebelumnya. Saya juga melihat ada bilah pada endplate sayap belakang, dua bilah tipis pada setiap sisinya, itu sepertinya sebuah inovasi baru, karena biasanya bilah pada endplate sayap belakang hanya ada di bagian atas saja, di dekat sayap belakang. Jika seandainya bilah endplate sayap belakang itu bisa ikut difungsikan dengan DRS (sayap belakang bergerak yang bisa dibuka-tutup), itu akan terlihat keren, karena pada saat sayap belakang terbuka, bilah endplate-nya juga ikut terbuka, sehingga udara yang masuk akan lebih banyak. Namun saya melihat sudah ada celah kecil di antara bilah endplate itu, sehingga biarpun tidak ikut berfungsi dengan DRS, saya pikir endplate ini bisa memotong udara dan menyerap udara yang banyak. Saya juga menyukai livery mobil ini, lebih merah dari musim lalu, dan sekarang juga ada tambahan garis putih yang melintang dari bagian endplate sayap belakang ke bagian nosecone. Buat saya itu sangat keren. Ferrari sekarang punya banyak paduan warna, unsur putih sudah ada sejak Fernando Alonso bergabung ke Ferrari, ketika Kimi Raikkonen masih ada di Ferrari, mobilnya seluruhnya berwarna merah. Semakin ke sini, paduan putih itu sudah menyatu dengan warna merah khas Ferrari, sehingga membuat mobil ini jadi berbeda. Warna hitam juga mulai banyak di sini, kalau Anda lihat, di bagian bawah garis putih itu ada warna hitam, lebih banyak dari musim lalu, bukan karena faktor serat karbon, itu justru menambah sifat good-looking pada mobil ini. Ferrari sepertinya mulai bermain dengan warna mereka, mereka mencari warna merah terbaik agar di lintasan, warna merah itu bisa terlihat jelas, tidak terlihat terlalu muda, atau terlihat terlalu tua dalam foto dan TV. Warnanya mencolok, tapi dengan pencahayaan apapun tidak berubah. Mungkin pada mobil ini, sifat warna itu sudah mulai dipakai, sehingga mobil ini terlihat sangat menarik dan keren dalam tampilannya. Oh, ya. Jangan lupakan ada garis bendera Italia yang membentang sepanjang chassis mobil hingga moncong. Kalian bisa melihatnya lebih jelas dari foto mobil ini yang diambil dari atas. Itu juga bagus menurut saya. Sekarang mereka tidak lagi menaruh bendera Italia pada satu tempat tertentu, mereka bisa menaruhnya di mana saja. Ciri nasionalisme Italia yang selama ini dibawa oleh Ferrari tetap terlihat, dan kali ini sangat bagus. Banyak orang yang mengatakan mobil ini sangat cantik, bagus, dan sebagainya... saya juga mengatakan demikian. Dibandingkan musim lalu, mobil ini jelas lebih bagus. Tidak lepas dari pengembangannya juga, tapi harus saya katakan, kembali lagi Ferrari berhasil membuat sebuah mobil yang cantik untuk para penggemarnya. Tinggal ditunggu seperti apa performa mobil ini di lintasan nanti. Tes pramusim akan menjadi awal dari aksi mobil ini di atas trek.
Untuk pembalap, Ferrari tetap mempertahankan duet pembalap mereka, Fernando Alonso, yang merupakan Juara Dunia Formula 1 2005-2006, dan Felipe Massa, yang sudah tujuh tahun membela tim ini, sejak musim 2006. Fernando Alonso pastinya akan menjadi andalan tim untuk meraih gelar juara dunia, dan Felipe Massa tetap menjadi teammate yang akan membantu perolehan poin Ferrari di setiap balapan. Di musim lalu, kedua pembalap ini tampil dengan hasil yang bertolak belakang pada beberapa balapan awal. Alonso masih mampu tampil bagus dan bersaing dengan pembalap2 lain, dengan mobil yang tidak terlalu kencang dan bisa tampil konsisten selama seri balapan di Eropa. Sementara Felipe Massa lebih banyak sial di awal musim, hanya bisa berada di bawah 10 besar pada kualifikasi dan bahkan juga pada balapan. Itu yang kemudian memunculkan kabar bahwa Massa akan diganti, karena performanya yang melorot. Tapi pada pertengahan musim hingga akhir musim, Massa sudah bisa tampil lebih baik dan bisa ikut bersaing di depan, bahkan terkadang memiliki kecepatan yang melebihi Alonso. Namun, ketika itu Alonso, yang memiliki posisi yang stabil pada klasemen pembalap, pernah memimpin klasemen selama balapan di Eropa hingga tengah musim, sudah masuk dalam persaingan merebut gelar juara dunia dengan Sebastian Vettel, yang memasuki balapan di Asia, sudah mulai mengejar dengan meraih kemenangan beruntun. Untuk menjaga peluang Alonso agar ia tetap bisa menjadi juara dunia, Massa ditahan di belakang oleh tim, meskipun ia lebih kencang darinya. Massa meraup banyak poin pada balapan2 terakhir musim lalu, dan itu membantu perolehan poin Ferrari di klasemen tim. Di akhir musim, konsistensi Alonso mulai menurun, seiring dengan kembalinya Vettel ke dalam persaingan, dengan sederetan kemenangan beruntun yang diraihnya selama seri Asia. Sebenarnya, dengan modal kemenangan beruntun itu, Vettel bisa memastikan gelar juaranya lebih awal. Tapi, Alonso yang sangat konsisten mencetak poin dan naik podium pada balapan2 itu, bisa menahan pesta Vettel sekaligus menjaga jarak poin. Sayang, di seri terakhir, Alonso kalah tiga poin dari Vettel, meskipun ia naik podium. Itu dikarenakan Vettel masuk dalam posisi poin minimal untuk menjadi juara dunia. Meski gagal menjadi juara dunia lagi, Alonso tetap puas dengan pencapaiannya, dan mendapat banyak pujian dari para penggemar serta pengamat Formula 1. Beberapa kalangan menyebutnya sebagai pembalap terbaik musim itu, meskipun ada juga kalangan yang menyebut nama lain, seperti Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen. Gagal menjadi juara dunia 2012 menjadi kegagalan kedua Fernando Alonso meraih juara dunia bersama Ferrari, sebelumnya di tahun 2010, dan ia juga kalah dari orang yang sama, Sebastian Vettel. Sedangkan untuk Felipe Massa, penampilannya yang belakangan menanjak pada balapan2 terakhir, membuatnya diganjar kontrak baru untuk membalap setahun lagi bersama Ferrari, untuk musim ini. Jadilah Fernando Alonso dan Felipe Massa kembali tampil sebagai pembalap Ferrari untuk musim ini. Tentu saja, target masih sama, meraih Juara Dunia Pembalap (tidak diraih sejak 2007) dan Juara Dunia Konstruktor Formula 1, yang sudah lama mereka tidak raih sejak tahun 2008. Saya kebetulan punya foto dari kedua pembalap ini, tapi hanya satu untuk setiap pembalap. Tapi saya pikir itu sudah cukup. Langsung saja, inilah foto pembalap Ferrari musim ini.
Fernando Alonso
Felipe Massa
Ferrari adalah salah satu bagian berharga dari sejarah Formula 1. Sejak 1950, pabrikan ini sudah ikut berkompetisi di Formula 1, membuatnya menjadi satu2nya tim yang selalu mengikuti setiap balapan di ajang balapan bergengsi di dunia ini. Mobil F138 adalah mobil ke-59 yang dibuat oleh Ferrari sepanjang 62 tahun mereka berkompetisi di balapan ini. Akan sangat menarik apabila kita bisa membandingkan mobil ini dengan beberapa mobil lain yang menjadi andalan Ferrari sebelumnya, bahkan dari jaman Michael Schumacher sekalipun. Ternyata, ada beberapa kalangan yang bisa membuatnya. Berikut ini akan saya perlihatkan beberapa foto perbandingan Ferrari F138 dengan mobil2 andalan Ferrari sebelumnya. Berbeda dengan foto perbandingan mobil McLaren kemarin, Anda akan dengan mudah menemukan perbedaan dari setiap mobil2 ini. Langsung saja, ini dia...
Kita mulai dari yang paling simpel dulu. Perbandingan antara mobil Ferrari F138 dengan mobil musim lalu, F2012. Kita lihat seperti apa perbedaannya...
Seperti itu perbandingannya. Tapi akan lebih menarik jika pembandingnya ditambah, dengan melihat mobil2 Ferrari dari dua, tiga, bahkan empat musim atau enam musim sebelumnya. Saya punya foto2nya, dari sebuah sumber yang sangat saya istimewakan. Langsung saja, inilah foto perbandingan besar2an mobil Ferrari, dari mobil Ferrari F138 hingga yang terlama, mobil Ferrari pertama dengan mesin V8, Ferrari 248 F1.
"MASIH BELUM CUKUP ? LIHAT NIH!"
Nah, seperti itulah foto2nya. Memang perbandingannya tidak semuanya hingga mobil yang paling lama, tapi dari foto2 yang ada di atas, kalian bisa melihat sendiri seperti apa sejarah mobil2 Ferrari selama mesin V8 dipakai di Formula 1. Pertama kali mesin V8 dipakai tahun 2006, dan tahun 2013 ini akan menjadi musim terakhirnya. Mulai musim 2014, mesin V6 Turbo akan dipakai, sehingga pastinya akan ada perubahan lain pada mobil2 Formula 1 nantinya. Perubahannya seperti apa, kita nggak tahu. Yang pasti, kita akan nikmati dulu serunya Formula 1 musim ini, baru kita melihat seperti apa mobil untuk musim depan. Pastinya kita akan menunggu seperti apa bentuk mobilnya, tapi itu untuk bebeapa waktu yang akan datang.
Baiklah, saya pikir segitu saja tulisan saya untuk kali ini, semoga bisa memberi informasi baru untuk kalian semua, terutama untuk kalian para penggemar Formula 1. Saya sebenarnya masih ada satu launching mobil lagi yang harus saya tulis, yaitu launching mobil tim Force India. Kebetulan juga diluncurkan pada hari yang sama dengan Ferrari F138. Mungkin saya akan beristirahat sebentar lalu saya akan menulis lagi. Beruntung materinya nggak terlalu banyak, jadi tulisannya bisa saja lebih pendek daripada ini. Tunggu saja seperti apa kehadirannya, dan mudah2an kalian semua menikmatinya. Oke, kalau begitu, saya anggap cukup, sekarang saatnya untuk mengakhiri posting ini, sekian posting saya, dan Happy Enjoy!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar