Sabtu, 23 Maret 2013

MOTOGP 2013: YAMAHA FACTORY RACING YZR-M1

Dari ketiga tim pabrikan di MotoGP, Honda, Yamaha, dan Ducati, baru dua tim yang meluncurkan motor barunya musim ini. Ini terlepas dari motor tim satelit atau motor CRT yang juga ikut berkompetisi. Semuanya sudah tahu, kedua tim itu adalah Ducati dan Honda. Pertanyaan yang kemudian muncul adalah, kapan tim yang lain, Yamaha, meluncurkan motor barunya ? Selama tes MotoGP, pertanyaan ini tidak terjawab. Motor Yamaha masih memakai livery sementara. Belakangan, pertanyaan itu terjawab. Kata Jorge Lorenzo dalam Facebook pribadinya, motor baru Yamaha diluncurkan pada tanggal 24 Maret. Keterangan itu didapat pada tanggal 18 Maret, ketika Formula 1 sudah memasuki seri pertamanya. MotoGP dimulai bulan April, sehingga tim2 peserta, baik itu pabrikan atau satelit atau CRT, punya kebebasan untuk meluncurkan motor barunya kapan saja, mengingat mereka memiliki waktu jeda kompetisi yang lebih lama dibandingkan Formula 1. Tadi malam, saya sudah mendapatkan foto2 dari motor baru Yamaha ini. Warna motornya tetap sama, yaitu biru dengan strip putih, tapi kali ini ada tambahan strip warna silver chrome pada bagian penutup mesin tengah ke bawah. Bila Anda bertanya apakah tulisan "Semakin Di Depan" masih ada, jawabannya ada. Malah kali ini tulisannya baru. Posisi tulisan ini ada di bagian fairing depan motor dan bagian penutup mesin bawah motor. Selain tulisan khas itu, kita akan melihat sebuah tulisan lain yang ada di bagian ekor belakang bawah motor, yaitu "Revs Your Heart". Mungkin ini adalah motto baru Yamaha, setelah sebelumnya pabrikan ini memakai motto "Touching Your Heart". Secara posisi, sebenarnya kedua tulisan ini terlihat. Tapi soal apakah posisi itu strategis atau tidak di bagian motor, tulisan "Semakin Di Depan" lebih terlihat strategis. Foto2 berikut ini akan memperlihatkan seperti apa motor baru dari tim Yamaha, atau yang secara resmi dikenal sebagai Yamaha Factory Racing. Ingin tahu kan, seperti apa motor baru dari Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo ini ? Well, saya mungkin beruntung atau bagaimana, saya menemukan banyak sekali foto mengenai motor baru ini, dan juga kedua pembalapnya. Untuk itu, saya akan membagi posting ini menjadi tiga bagian. Posting pertama berisi foto2 motor secara umum. Posting kedua berisi foto2 Jorge Lorenzo bersama motornya. Posting yang terakhir, atau yang ketiga, berisi foto2 Valentino Rossi bersama motornya. Saya akan mengerjakan semua posting ini secara perlahan. Kita lihat apakah semuanya bisa selesai dalam satu hari atau tidak. Mudah2an semuanya bisa berjalan dengan baik, dan hasilnya memuaskan. Oke, langsung saja, inilah foto2 dari motor baru Yamaha Factory Racing, Yamaha YZR-M1.
Karena ada dua motor di sini, yang satu untuk Jorge Lorenzo dan yang lainnya untuk Valentino Rossi, maka saya akan mengikuti apa yang biasa saya lakukan untuk mengurus posting2 tentang motor MotoGP, yaitu foto2 motornya saya pisahkan antara satu rider dengan rider yang lain. Itu berarti, sebagai pembalap utama tim, motor Jorge Lorenzo, yang merupakan Juara Dunia MotoGP 2012, akan ditampilkan lebih dulu, disusul dengan motor dari Valentino Rossi, yang musim ini kembali ke Yamaha setelah dua tahun bersama Ducati. Ia berstatus sebagai pembalap kedua dalam tim, dan ia sudah siap menerima posisi itu.
Itu tadi motornya Jorge Lorenzo, yang meski menjadi Juara Dunia MotoGP musim lalu, ia tidak mengganti nomornya dari 99 menjadi 1 seperti musim 2011. Sekarang, kita akan lihat seperti apa motor dari rekan satu tim barunya, atau sebenarnya rekan satu tim lamanya, karena pernah menjadi rekan satu tim sebelumnya, yaitu The Doctor Valentino Rossi. Inilah motornya...
Seperti itulah foto2nya. Dari foto2 di atas, kalian bisa melihat dengan detail bagian2 yang ada dalam motor ini, karena motor ini difoto dari delapan sudut (seperti di posting saya tentang mobil CT-03 dari Caterham F1 Team) dan sudah diurutkan sehingga kalian seolah-olah melihat motor ini berputar. Saya lupa ada satu warna lagi yang ada dalam motor ini, yaitu warna hitam. Musim ini Yamaha Factory Racing punya sponsor baru, yaitu Monster Energy. Merek minuman berenergi ini sebelumnya tampil sebagai sponsor dari Yamaha Tech 3, tim satelit Yamaha. Makanya nama tim ini sebenarnya adalah Monster Tech 3 Yamaha. Sekarang merek ini juga mensponsori tim pabrikan Yamaha, bahkan juga mensponsori kedua pembalapnya. Karena hal ini, Jorge Lorenzo pun harus berganti sponsor setelah kontraknya bersama sponsor yang lama, Rockstar Energy Drink dibeli oleh pihak Yamaha, untuk mencegah konflik dengan sponsor baru itu. Masuknya merek Monster Energy adalah salah satu bagian dari masuknya Valentino Rossi ke Yamaha, yang merupakan salah satu ikon dari merek itu. Sebelumnya, Ben Spies, rekan satu tim Jorge Lorenzo musim lalu, juga disponsori oleh merek yang sama. Kembalinya Rossi ke Yamaha justru dimanfaatkan Monster Energy untuk menjadi sponsor baru tim pabrikan itu. Dengan pembelian kontrak pribadi Jorge Lorenzo dengan sponsornya, jadilah Monster Energy masuk sebagai sponsor baru Yamaha, sekaligus sponsor kedua pembalapnya. Sponsor lain yang ikutan mejeng di motor Yamaha YZR-M1 ini adalah produsen oli Eneos, Iveco, dan Yamalube, serta beberapa sponsor teknis yang menyuplai bagian2 dari motor ini, seperti Akrapovic yang menyuplai knalpot motor dan Bridgestone yang merupakan penyuplai ban di MotoGP.
Baiklah, seperti itulah posting pertama saya tentang motor baru Yamaha ini. Seperti yang sebelumnya saya katakan, akan ada tiga posting yang akan dibuat untuk menyambut peluncuran motor Yamaha ini, di mana kedua posting berikutnya akan bercerita mengenai kedua pembalapnya, yaitu Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi. Jorge Lorenzo akan diceritakan lebih dulu, di posting berikutnya. Oke, saya pikir cukup sampai di sini saja postingnya, sekarang saatnya saya mengakhiri posting ini, sekian posting saya, dan Happy Enjoy!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar