Rabu, 07 Maret 2012

2012 FORMULA ONE CARS

Keduabelas tim Formula 1 2012 sudah meluncurkan mobilnya selama kurang lebih dua bulan ini. Saya sudah membahasnya satu per satu dalam blog ini, dan kita semua sudah melihat seperti apa mobilnya sekaligus juga mengetahui siapa pembalapnya. Ada yang mungkin merasa ada yang sedikit mengganjal dari mobil2 ini karena sekarang beberapa mobil Formula 1 terlihat aneh gara2 ada moncong berundak. Tapi mau suka atau tidak, itu semua adalah efek dari regulasi baru. Mudah2an saja untuk ke depannya ada perubahan terhadap bentuk moncong ini. Tapi yang pasti dengan ada mobil2 baru ini, kita jadi semakin tidak sabar untuk menanti balapan pertama Formula 1 musim ini di Australia. Di posting saya kali ini, saya akan me-recap semua mobil2 Formula 1 2012 yang sudah diluncurkan oleh para tim peserta selama kurang lebih dua bulan terakhir. Akan ada satu foto terbaik dari setiap mobil, yang nantinya akan dimunculkan lengkap dengan beberapa penjelasan seputar launching-nya dan perkenalan terhadap pembalapnya. Recap akan diurut berdasarkan tanggal launching-nya. Itu berarti Caterham F1 Team akan dibahas terlebih dahulu, dan Hispania Racing Team menjadi tim terakhir yang dibahas. Pokoknya berdasarkan tanggal launching-nya saja. Jadi jangan kaget kalau tim jagoan Anda dibahas di pertengahan posting ini. Kalian semua sudah siap ? Kita mulai saja...

CATERHAM F1 TEAM CT-01
Drivers: 20. Heikki Kovalainen, 21. Vitaly Petrov (previously Jarno Trulli)
Caterham F1 Team menjadi tim pertama yang meluncurkan mobilnya musim 2012 ini, dengan menggunakan cara yang unik, yaitu memakai majalah F1 Racing edisi Februari 2012, selain juga memakai media sosialnya. Mobil ini diluncurkan pada tanggal 25 Januari 2012, dan kehadirannya langsung menimbulkan kehebohan gara2 bentuk moncongnya yang aneh. Bahkan mobil ini mendapat julukan "Platypus" segera setelah foto2nya muncul ke publik via internet. Kebanyakan foto2 pertama dari mobil ini didapatkan dari para pembeli majalah F1 Racing yang langsung memotret mobilnya dan lalu meng-upload-nya ke internet. Mobil ini sendiri bocor satu hari sebelum resmi diluncurkan, berkat penyebaran majalahnya yang berlangsung lebih cepat. Dari mobil inilah istilah "stepped nose" atau yang kemudian saya tafsirkan sebagai "moncong berundak" muncul. Setelah Jarno Trulli dikeluarkan secara mendadak dari tim dan kemudian digantikan oleh Vitaly Petrov, Caterham merilis foto resmi mobil ini pada tanggal 29 Februari 2012. Seiring berjalannya waktu dan mulai banyaknya tim yang mengadopsi gaya moncong berundak, publik kemudian menyadari bahwa desain moncong mobil ini termasuk cukup baik, sehingga kesan buruk yang dialamatkan pada mobil ini perlahan mulai menghilang.

VODAFONE McLAREN MERCEDES MP4-27
Drivers: 3. Jenson Button, 4. Lewis Hamilton
Tim kedua yang meluncurkan mobilnya adalah Vodafone McLaren Mercedes. Diluncurkan tanggal 1 Februari 2012 di McLaren Technology Centre, Woking, Surrey, Inggris, mobil ini menjadi mobil pertama di Formula 1 2012 yang tidak memakai moncong berundak. Namun, mobil ini justru kembali ke desain konvensional setelah di musim sebelumnya mereka memakai desain mobil yang cukup radikal. Meskipun tidak memakai moncong berundak, mobil ini memiliki tinggi moncong yang memenuhi standar regulasi baru, bahkan lebih rendah dari mobil pesaing utamanya, Ferrari. Karena tidak memiliki moncong berundak dan memiliki bentuk yang berbeda dari mobil2 lainnya, mobil ini dijuluki "Si Cantik" oleh berbagai kalangan, termasuk oleh pembalapnya sendiri. Untuk kalangan fans Formula 1 yang tidak menyukai mobil dengan moncong berundak, mobil ini sangat pas untuk dijagokan sepanjang musim ini.

FORCE INDIA VJM05
Drivers: 11. Paul di Resta, 12. Nico Hulkenberg
Mobil kedua di Formula 1 musim ini yang mengadopsi moncong berundak, mobil ini diluncurkan pada tanggal 3 Februari 2012 di sirkuit Silverstone, Inggris. Mobil ini tampil dengan pola livery baru dan bentuk moncong yang juga menurut segelintir orang cukup aneh. Moncong berundak pada mobil ini diberi tambahan sayap kecil tepat di ujung depannya, sehingga mobil ini mendapat julukan "hiu martil". Segera setelah diluncurkan, Paul di Resta menjadi pembalap pertama yang mengetes mobil ini di trek Silverstone. Sejak peluncuran mobil inilah, banyak fans Formula 1 yang mulai mengantisipasi seperti apa bentuk moncong yang akan dipakai oleh tim2 yang akan meluncurkan mobil berikutnya.

FERRARI F2012
Drivers: 5. Fernando Alonso, 6. Felipe Massa
Mobil dengan interpretasi regulasi soal moncong yang paling radikal, mobil ini diluncurkan lewat live video streaming pada tanggal 3 Februari 2012, sedikit lebih cepat dari launching tim Force India. Sedianya mobil ini akan diluncurkan secara besar2an dan akan dilanjutkan dengan testing mobil di Maranello, namun acara itu dibatalkan karena cuaca buruk yang melanda Italia. Sebagai ganti dari acara itu, launching dilakukan secara live video streaming dan acara photoshoot di luar sirkuit yang penuh dengan salju. Bisa dikatakan, moncong mobil ini cukup buruk dan radikal, namun menurut desainer mobil, inilah solusi aerodinamika terbaik untuk mobil ini. Dulu saya pernah menyebut moncong mobil ini sebagai "meja" karena bentuknya yang tinggi, rata, dan lebar. Mobil ini juga memakai double airbox seperti yang dulu pernah dipakai oleh McLaren musim lalu. Meskipun bentuknya cukup radikal dan aneh, mobil ini sering menembus catatan waktu tercepat saat tes pramusim.

LOTUS E20
Drivers: 9. Kimi Raikkonen, 10. Romain Grosjean
Salah satu mobil terbaik di antara mobil2 yang sudah diluncurkan musim ini, mobil ini adalah mobil pertama Kimi Raikkonen setelah memutuskan comeback ke Formula 1. Mobil ini diluncurkan secara sederhana di pabrik tim Lotus yang berlokasi di Enstone, Inggris, pada tanggal 5 Februari 2012. Nama mobil ini diambil dari lokasi pabrik tim Lotus (atau yang sebelumnya bernama Renault) dan jumlah mobil yang sudah dibuat dalam pabrik ini. Mobil ini kemudian diluncurkan lagi dalam sebuah acara khusus di sirkuit Jerez, Spanyol, tepat sebelum tes pramusim pertama Formula 1 2012 dimulai. Di tangan Kimi Raikkonen, mobil ini sering mencatatkan waktu tercepat saat tes pramusim, sehingga memunculkan prediksi bahwa tim ini akan menjadi kuda hitam di Formula 1 musim ini. Penampilan Kimi Raikkonen dalam mobil ini selama tes pramusim menunjukkan bahwa dirinya belum habis dan dapat beradaptasi baik dengan mobil barunya. Atau malah mobilnya yang harus beradaptasi dengan gaya balapannya...

SAUBER C31
Drivers: 14. Kamui Kobayashi, 15. Sergio Perez
Mobil pertama yang diluncurkan pada saat tes pramusim Formula 1 dimulai. Mobil ini diluncurkan tanggal 6 Februari 2012 di sirkuit Jerez, Spanyol. Mobil ini tampil dengan moncong berundak yang juga cukup bagus, dengan ujung moncongnya yang tipis dan terlihat tajam apabila dilihat dari samping. Sama seperti musim sebelumnya, mobil ini banyak dihiasi oleh sponsor khas Meksiko mengingat di tim ini terdapat dua pembalap Meksiko, yaitu Sergio Perez dan Esteban Gutierrez yang menjadi test driver. Setelah mobil ini diluncurkan, Kamui Kobayashi langsung mengetes mobil ini untuk pertama kalinya, sebelum kemudian bergabung dengan tim2 yang lain mengikuti tes pramusim secara bersama-sama.

RED BULL RB8
Drivers: 1. Sebastian Vettel, 2. Mark Webber
Salah satu mobil yang ditunggu-tunggu oleh para penggemar balap Formula 1 di seluruh dunia, mobil ini resmi diluncurkan pada tanggal 6 Februari 2012 di pabrik tim Red Bull di Milton Keynes, Inggris. Peluncuran mobil ini sendiri hanya menggunakan video yang ditampilkan di website Red Bull, dan sangat sedikit foto yang dipublikasikan. Hanya ada dua foto mobil dan tiga foto pembalap. Mobil ini memiliki penerapan moncong berundak yang cukup unik, di mana terdapat lubang rahasia pada bagian undakannya. Menurut Adrian Newey, lubang itu hanya berfungsi untuk memberikan udara segar bagi pembalap, namun komentarnya diragukan. Menurut beberapa pihak, lubang tersebut memiliki maksud dan tujuan tertentu, bahkan ada yang mengatakan bahwa Red Bull akan mencoba bentuk baru dari F-duct. Belakangan terungkap bahwa Adrian Newey mengalami kesulitan merancang mobil tanpa memakai blown diffuser, yang sudah dilarang musim ini, sehingga ada kesan bahwa Red Bull akan mengalami kesulitan dalam mempertahankan gelarnya. Pada saat tes pramusim pun Sebastian Vettel banyak mengalami masalah, sehingga banyak pihak yang memperkirakan Red Bull akan mengalami masa sulitnya pada musim ini. Mobil ini sendiri turun tes pertama kali saat tes pramusim pertama Formula 1 2012, dengan Mark Webber sebagai pembalapnya, pada tanggal 7 Februari 2012 setelah sesi pertama tes. Keterlambatan pengiriman bagian mobil lewat penerbangan akibat kondisi cuaca buruk menjadi penyebab mereka terlambat turun. Tapi sejak saat itu, Red Bull selalu mengikuti tes pramusim yang diadakan. Mengingat kurangnya materi foto saat peluncurannya, banyak yang beranggapan bahwa tim ini sedang menyimpan rahasia soal detail mobilnya dari tim lain. Yang pasti, mobil ini akan menjadi sandaran harapan Red Bull untuk mempertahankan gelar sekaligus membuat hattrick Juara Dunia.

SCUDERIA TORO ROSSO STR7
Drivers: 16. Daniel Ricciardo, 17. Jean-Eric Vergne
Scuderia Toro Rosso meluncurkan mobilnya pada tanggal 6 Februari 2012, setelah Red Bull meluncurkan mobil barunya, lewat sebuah acara sederhana di garasi tim di sirkuit Jerez, Spanyol, yang juga dihadiri oleh perwakilan sponsor. Sebenarnya mobil ini sudah sedikit tercium bentuknya seperti apa, setelah foto moncongnya yang masih belum terpasang ke mobil bocor ke publik via internet. Tim ini tampil dengan dua pembalap yang baru, yaitu Daniel Ricciardo dan Jean-Eric Vergne aka JEV. Tim ini baru saja melakukan pergantian besar2an, sehingga tim ini memiliki semangat baru untuk memulai musim ini. Yang menarik mengenai tim ini adalah, terkadang tim ini bisa berada di jajaran terdepan pencatat waktu tercepat saat tes pramusim, dengan JEV yang lebih banyak berada di depan. Mengingat proyeksi dari kedua pembalap ini adalah untuk menjadi pengganti Mark Webber saat ia pensiun nanti, semangat keduanya sepertinya cukup besar untuk bisa mendapatkan "tiket promosi" ke tim utama di masa depan.

WILLIAMS FW34
Drivers: 18. Pastor Maldonado, 19. Bruno Senna
Mobil ini diluncurkan pada tanggal 7 Februari 2012 pagi sebelum tes pramusim pertama dimulai di sirkuit Jerez, Spanyol. Mobil ini menandai kembalinya kerjasama antara Williams, Renault, dan klan Senna yang terputus setelah kematian Ayrton Senna pada tahun 1994 yang lalu. Kini sang keponakan, Bruno Senna, yang akan melanjutkan kerjasama tersebut dengan harapan bisa mengembalikan Williams ke performa terbaiknya. Selain itu, Bruno Senna juga mendapat tugas berat untuk benar2 menunjukkan pada dunia bahwa klan Senna masih ada, sekaligus membuktikan apa yang dulu pernah dikatakan oleh Ayrton Senna setahun sebelum ia wafat. Setelah mobil ini diluncurkan secara sederhana, dengan mendorong mobil keluar dari garasi, sesi foto bersama dan lalu mobil ini didorong lagi ke dalam garasi, mobil ini dites pertama kali oleh Pastor Maldonado sebagai driver utama tim ini.

MERCEDES AMG PETRONAS F1 W03
Drivers: 7. Michael Schumacher, 8. Nico Rosberg
Mobil ini diluncurkan pada tanggal 21 Februari 2012, tepat sebelum tes pramusim kedua Formula 1 2012 dimulai di Circuit de Catalunya, Barcelona, Spanyol. Mobil ini diluncurkan berbarengan dengan launching varian terbaru mobil Mercedes-Benz AMG, yaitu SL63. Mobil ini diklaim sebagai penerapan yang elegan dari regulasi yang ada, dan langsung lolos uji tabrak wajib FIA pada kesempatan pertamanya. Mobil ini sempat bocor ke publik beberapa hari sebelum diluncurkan, karena beredar foto dan video saat mobil ini dites secara rahasia di sirkuit Silverstone. Sebelumnya, foto teaser dari mobil ini sudah muncul, dengan menampilkan bayangan mobil ini dari atas. Banyak pihak yang menduga kalau moncong mobil ini akan mengikuti McLaren, namun ternyata tidak. Mobil ini memakai moncong berundak seperti kebanyakan tim lain, namun dengan cekungan pada bagian undakannya. Bentuk moncongnya sangat agresif namun elegan. Mobil ini juga memiliki double airbox, namun bentuknya berbeda dan memiliki kemiripan dengan double airbox mobil musim sebelumnya. Mobil ini dites pertama kali oleh Michael Schumacher setelah launching. Sebelumnya, Mercedes GP memakai mobil musim lalu untuk tes, dengan tujuan uji coba ban.

MARUSSIA MR01
Drivers: 24. Timo Glock, 25. Charles Pic
Mobil terbaru Marussia F1 Team ini diluncurkan pada tanggal 5 Maret 2012 di sirkuit Silverstone, Inggris. Sedianya, mobil ini akan diluncurkan pada saat tes pramusim ketiga Formula 1 2012 di Circuit de Catalunya, Barcelona, Spanyol, namun karena mobil mereka tidak lolos uji tabrak wajib FIA, mobil ini belum bisa diluncurkan dan tim ini tidak mengikuti tes pramusim, untuk berkonsentrasi menyelesaikan uji tabrak mereka yang masih belum lolos. Akan tetapi, mereka meluncurkan mobilnya satu hari setelah tes pramusim ketiga berakhir, meskipun belum ada konfirmasi apakah mereka sudah lolos uji tabrak wajib atau belum. Mobil ini langsung dites oleh Timo Glock setelah diluncurkan. Belakangan, mobil ini sudah lolos uji tabrak wajib FIA sehingga bisa mengikuti balapan Formula 1 musim ini. Marussia menjadi tim kedua setelah McLaren yang tidak memakai moncong berundak pada mobilnya. Kebetulan, tim ini bekerjasama dengan McLaren untuk mengembangkan mobilnya, sehingga wajar kalau kemudian Marussia mengadopsi ide McLaren untuk tidak memakai moncong berundak pada mobilnya.

HRT F112
Drivers: 22. Narain Karthikeyan, 23. Pedro de la Rosa
Hispania Racing Team atau HRT menjadi tim terakhir yang meluncurkan mobilnya untuk musim 2012. Mobil ini diluncurkan tanggal 5 Maret 2012 di Circuit de Catalunya, Barcelona, Spanyol. Peluncurannya hanya berselisih lima jam dari peluncuran mobil tim Marussia. Mobil ini tampil dengan livery baru yang lebih simpel, menggantikan livery mobil musim sebelumnya yang menurut banyak kalangan cukup keren. Berbarengan dengan peluncuran mobilnya, juga dilakukan tes kilat dan syuting untuk video promosi tim. Setelah mobil ini diluncurkan, Narain Karthikeyan menjadi orang pertama yang mengetes mobil ini, meskipun jaraknya dibatasi hanya sepanjang 100 km saja. Mobil ini lolos uji tabrak wajib FIA pada tanggal 26 Februari 2012, sehingga sebenarnya bisa mengikuti tes pramusim ketiga. Akan tetapi, mereka baru bisa mengetes sekaligus meluncurkan mobilnya setelah tes pramusim berakhir. Bersama Marussia, HRT menjadi dua tim yang tidak pernah ikut tes pramusim Formula 1 2012 dengan mobil baru. Mereka sebenarnya sudah pernah ikut tes pramusim, tapi ketika itu mereka masih memakai mobil musim lalu.

Nah, itulah tadi recap dari keduabelas tim yang sudah meluncurkan mobilnya pada musim ini, lengkap dengan penjelasannya. Semoga ini bisa jadi semacam panduan kecil buat kalian untuk mengikuti Formula 1 musim ini. Untuk berikutnya, saya akan memperlihatkan foto helm2 para pembalap yang akan dipakai di Formula 1 musim ini, dan juga peta sirkuit serta kalender Formula 1 musim ini. Harinya sudah semakin dekat. Balapan pertama Formula 1 2012 akan dimulai di sirkuit Albert Park, Melbourne, Australia, pada tanggal 14 hingga 16 Maret 2012 nanti. Pada saat itulah, masa penantian para penggemar Formula 1 akan berakhir, dan mereka akan kembali lagi menyaksikan aksi2 para pembalap Formula 1 yang akan berlaga musim ini, sekaligus mendengar bunyi deruman mesinnya. Sebentar lagi kita semua akan menyaksikannya... hanya perlu bersabar beberapa hari saja... dan setelah itu semuanya akan berakhir. Musim Formula 1 yang baru akan segera dimulai, jadi bersiaplah untuk menyaksikannya! Baiklah, saya pikir segini saja dulu tulisan saya untuk kali ini, sekarang saatnya untuk menutup posting ini, sekian posting saya, dan Happy Enjoy!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar