Kamis, 15 Maret 2012

2012 FORMULA ONE HELMETS

Dalam Formula 1, helm adalah salah satu bagian penting yang wajib dan harus dipakai oleh setiap pembalap saat balapan berlangsung. Tujuannya tentu saja adalah untuk melindungi kepala mereka dari hal2 yang tidak diinginkan saat balapan berlangsung. Sejak 1950, helm di Formula 1 telah berevolusi dengan sangat pesat, sesuai dengan kebutuhan Formula 1 akan keselamatan pembalap yang berlaga di balapan tersebut. Pada awalnya, helm hanya terdiri atas penutup kepala saja, yang diikat pada bagian bawahnya dan tidak melindungi wajah. Hanya melindungi bagian kepala atas dan samping. Sebagai visor (kaca helm), para pembalap memakai kaca mata khusus. Ini membuat helm para pembalap Formula 1 saat itu seperti helm para penerbang di masa sebelumnya, terutama di masa perang. Namun, seiring dengan kebutuhan akan keselamatan yang makin meninggi pada tahun2 berikutnya, bentuk helm mulai berubah. Sekitar tahun 1970-an, para pembalap mulai memakai helm yang tertutup. Desainnya terus berkembang hingga saat ini, di mana helm bukan lagi hanya sekedar pelindung kepala, tapi juga sebagai karya seni yang artistik, dilihat dari gambar2 yang ada di helm tersebut, dan juga dapat membantu pembalap untuk membelah aliran udara yang lebih banyak saat balapan, dilihat dari desain helmnya yang semakin aerodinamis. Beberapa helm Formula 1 telah menjadi ciri khas dari balapan itu sendiri, seperti helm Michael Schumacher, David Coulthard, atau almarhum Ayrton Senna. Belum lagi dengan pembalap2 lain seperti Jenson Button, Lewis Hamilton, dan Sebastian Vettel yang juga cukup terkenal desainnya. Malah, Sebastian Vettel hampir selalu mengganti desain helmnya pada setiap balapan, mengikuti kebijakan Red Bull yang memperbolehkan pembalapnya untuk mempensiunkan desain helm yang ia pakai pada sebuah balapan jika ia meraih kemenangan. Yang pasti, helm Formula 1 kini semakin keren, semakin artistik, dan tentunya semakin aman. Berikut ini akan saya perlihatkan helm2 para pembalap Formula 1 yang akan berlaga musim ini. Helm2 ini dipastikan memenuhi standar SNI atau standar internasional, sehingga layak dan aman untuk dipakai. Langsung saja, inilah foto2nya...
Semua foto2 helm pembalap yang ada di sini akan diurutkan berdasarkan nomor start-nya. Beberapa pembalap memiliki foto helm lebih dari satu, namun ada pembalap yang hanya memiliki satu foto helm saja, dengan arah tertentu. Untuk menyesuaikannya, maka saya hanya akan memperlihatkan satu foto helm dengan arah yang sama dari setiap pembalap. Untuk arah helm yang akan dipakai, semuanya akan mengarah ke sebelah kiri, bila difoto dari arah depan, berdasarkan arah foto helm yang terbanyak. Jika tidak ada foto helm yang menghadap ke sebelah kiri, barulah foto helm dengan arah sebaliknya yang dipakai. Semua foto2 ini diambil dari website F1 Fanatic.
Sebastian Vettel
Mark Webber
Jenson Button
Lewis Hamilton
Fernando Alonso
Felipe Massa
Michael Schumacher
Nico Rosberg
Kimi Raikkonen
Romain Grosjean
Paul Di Resta
Nico Hulkenberg
Kamui Kobayashi
Sergio Perez
Daniel Ricciardo
Jean-Eric Vergne
Pastor Maldonado
Bruno Senna
Heikki Kovalainen
Vitaly Petrov
Narain Karthikeyan
Pedro De La Rosa
Timo Glock
Charles Pic
Nah, seperti itulah helm2nya. Semuanya keren, dan gambar2 yang ditampilkan dalam helm ini juga sangat menarik dan artistik. Ada tiga merek helm yang dipakai di sini, yaitu Arai, Schuberth, dan Bell. Arai adalah merek helm yang paling banyak dipakai di Formula 1 dengan 14 pembalap, disusul Schuberth dengan lima pembalap, dan terakhir adalah Bell, juga dengan lima pembalap. Beberapa pembalap tetap mempertahankan desain helm mereka yang sudah mereka pakai sejak lama, seperti Michael Schumacher, Jenson Button, Pedro De La Rosa, dan  Mark Webber. Ada juga beberapa pembalap yang mempertahankan desain helm mereka namun diberi beberapa perubahan, seperti Pastor Maldonado, Timo Glock, Vitaly Petrov, dan Paul Di Resta. Tapi ada juga yang memakai desain helm yang benar2 baru, seperti Sergio Perez, Nico Rosberg, dan Kimi Raikkonen. Kalau untuk pembalap debutan seperti Charles Pic dan Jean-Eric Vergne, desain helm mereka masih sangat fresh dan masih baru. Tapi satu catatan menarik mengenai helm dari Heikki Kovalainen. Baru saja saya mendapat kabar bahwa ia mengubah desain helmnya menjadi bernuansa Angry Birds, sebuah game yang lagi populer saat ini. Sepertinya ia juga penggemar permainan Angry Birds. Inilah helm barunya.
Looks very unique, right ? Helm ini mengambil salah satu karakter di Angry Birds sebagai desainnya. Ya, si burung merah-hitam berparuh kuning. Bagian kepalanya ada di atas kaca helm, dan bagian ekornya ada di belakang, tepat di bawah tulisan angka 20 yang ada di helmnya. Helm ini akan ia pakai mulai GP Australia nanti, dan kemungkinan akan dipakai hingga satu musim. Kalau saya sendiri sih, jika seandainya saya seorang pembalap Formula 1, kalau boleh, saya ingin memakai gambar Girls Generation sebagai desain helmnya... di bagian samping ada foto2 kelompok mereka, dan di bagian belakangnya ada foto2 personilnya. Di bagian kepalanya saya akan membuat tulisan Girls Generation dalam dua tulisan, tulisan Inggris dan tulisan Korea, dengan nama personilnya mengelilingi tulisan itu di bagian luarnya. Sepertinya itu ide yang lumayan gila, ya ? Hahahahaha... tapi itu mungkin bagus kalau dipakai untuk GP Korea, sebagai penghormatan terhadap mereka. Dan mungkin saja Anda akan dapat dukungan dari publik Korea, terutama para Sone karena itu. Well, kita kembali lagi ke topik awal. Kalau soal helm Sebastian Vettel bagaimana ? Yah, jangan ditanya lagi deh. Helm itu mungkin tidak akan bertahan hingga akhir musim. Dia selalu punya desain helm baru untuk setiap balapan, meskipun desain helm utamanya tetap sama, menggunakan pola kaleng Red Bull. Sebastian Vettel akan selalu mengganti bagian helm atas dan bagian helm bawahnya untuk setiap balapan. Tapi pernah suatu kali ia mengganti seluruh desain helmnya, akan tetapi desainnya masih berhubungan dengan Red Bull, tidak dengan desain khusus yang berbeda. Musim lalu, Sebastian Vettel berganti helmnya sebanyak delapan kali, berdasarkan foto2 yang beredar, dan yang menjadi pertanyaan berikutnya, berapa kali Sebastian Vettel akan mengganti helmnya musim ini ? Kalau bisa lebih dari delapan kali, maka itu akan jadi rekor baru. Kita lihat saja apakah tradisi ganti helm Sebastian Vettel akan berlanjut lagi musim ini atau tidak. Tapi kemungkinan sih akan berlanjut... hehehehehehe...
Baiklah, sepertinya tulisan saya untuk kali sini segini dulu... saya sudah memperlihatkan semua desain helm yang akan dipakai oleh para pembalap Formula 1 musim ini... dan nanti suatu saat saya akan memperlihatkan foto2 helm ini dari sudut2 yang lain dulu. Untuk sementara ini adalah perkenalannya dulu. Nanti kalau kalian merasa belum jelas dengan gambar2 helmnya, maka nanti akan saya perlihatkan foto2 helm itu dari sudut yang lain. Di posting berikutnya, saya akan bercerita tentang video Sky Sports F1 Intro yang memakai lagu Time Machine itu. Saya akan cerita panjang lebar tentang video itu, mulai dari pemilihan lagunya, proses pembuatannya, hingga ketika diunggah ke YouTube, dan progres videonya saat ini. Nanti semuanya akan saya ceritakan buat kalian semua. Oke, sekarang saatnya saya untuk mengakhiri posting ini, sekian posting saya... dan Happy Enjoy!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar