Sabtu, 24 Maret 2012

MALAYSIA GRAND PRIX QUALIFYING RESULTS

Inilah hasil kualifikasi GP Malaysia, dengan duo McLaren lagi2 berada di posisi front row. Lewis Hamilton terkencang dengan catatan waktu 1 menit 36,219 detik, disusul oleh Jenson Button dengan waktu 1 menit 36,368 detik. Di belakang mereka ada Michael Schumacher dengan catatan waktu 1 menit 36,391 detik. Ini adalah untuk pertama kalinya Michael Schumacher ada di posisi tiga besar kualifikasi sejak GP Jepang 2006. Sekaligus juga, hasil kualifikasi terbaiknya setelah comeback ke Formula 1 tahun 2010 yang lalu. Mark Webber akan start keempat, Kimi Raikkonen akan start kelima, namun karena ia mengganti girboks lantaran girboks kemasukan rumput, ia terkena penalti turun lima grid dan akan start di posisi kesepuluh. Sebastian Vettel yang saat kualifikasi hanya bisa mencatat waktu tercepat keenam naik ke posisi kelima, menambah "gangguan" yang akan dialami oleh Hamilton besok. Romain Grosjean akan start keenam, sebelumnya ketujuh, Nico Rosberg ketujuh, Fernando Alonso hanya start kedelapan, dan Sergio Perez akan start kesembilan. Posisi kesepuluh akan diisi oleh Kimi Raikkonen akibat penalti girboks. Di posisi ke-11 hingga posisi ke-17, berturut-turut adalah Pastor Maldonado, Felipe Massa, Bruno Senna, Paul di Resta, Daniel Ricciardo, Nico Hulkenberg, dan Kamui Kobayashi. Sementara untuk posisi ke-18 hingga ke-24, adalah Jean-Eric Vergne, Heikki Kovalainen, Vitaly Petrov, Timo Glock, Charles Pic, dan duo HRT, Pedro de la Rosa dan Narain Karthikeyan, yang akhirnya bisa ikut balapan setelah catatan waktu mereka memenuhi aturan 107%. Namun yang pasti, mereka masih kalah dari duo Marussia dalam catatan waktu.
Untuk balapan besok, saya memprediksikan akan tetap ketat seperti GP Australia yang lalu, malah mungkin bisa lebih ketat dari race sebelumnya. Ada beberapa pembalap yang memiliki peluang cukup besar untuk memenangi balapan, yaitu duo McLaren, Michael Schumacher, Sebastian Vettel, dan Kimi Raikkonen. Sejak sesi latihan kelima pembalap ini cukup banyak bersaing untuk mencatatkan waktu tercepat, dan bisa dikatakan mereka sudah "on fire" dalam balapan kali ini. Untuk duo McLaren sendiri, ada kemungkinan start gaya drag race di GP Australia terulang lagi, mengingat posisi pembalapnya sama. Jenson Button bisa saja kembali mencuri posisi pertama dari Lewis Hamilton dan lalu memimpin jauh sepanjang balapan. Michael Schumacher memiliki peluang emas untuk dapat menapaki podium atau bahkan menang, asalkan kondisi mobilnya cukup baik. Sebastian Vettel juga punya peluang untuk menang, di akhir sesi kualifikasi ia nekat pasang ban keras untuk menghemat stok ban saat balapan, kemungkinan dia memiliki stok ban yang lebih banyak sehingga bisa mengatur strategi saat balapan besok. Kimi Raikkonen ? Biarpun start kesepuluh, bukan tidak mungkin ia bisa merangsek ke depan dan ikut bersaing dalam perebutan posisi podium. Asalkan jangan sampai ia terjebak dalam kerumunan pembalap saat masuk tikungan pertama setelah start yang bisa menyebabkan senggolan dengan pembalap lain. Kimi punya mobil yang sangat kencang, bahkan sempat memimpin di kualifikasi kedua, sehingga ia juga punya peluang untuk membuat lebih banyak kejutan lain saat balapan berlangsung. Bisa disimpulkan, banyak opsi yang bisa digunakan untuk prediksi podium di balapan kali ini, karena ada banyak pembalap yang punya kesempatan besar untuk menang di sini. Balapan besok bisa berjalan lebih seru dari balapan sebelumnya, apalagi jika kondisi hujan. Jika kondisinya hujan, maka balapan akan jadi makin blank lagi hasilnya. Siapa yang bisa selamat hingga akhir balapan, peluang menang, podium, atau dapat poinnya lebih besar. Seperti itu. Bukan tidak tertutup kemungkinan GP Malaysia akan diguyur hujan, dan itu bisa menambah seru jalannya balapan nanti. Pokoknya untuk musim ini, GP Malaysia akan berjalan sangat seru, baik dalam keadaan cerah ataupun hujan, dan peluang terjadinya kejutan sangat besar. Kita lihat saja seperti apa jalannya balapan besok.
Prediksi Podium:
Untuk podium di balapan ini, saya punya dua prediksi.

  1. Jenson Button, Lewis Hamilton, kemungkinan antara Michael Schumacher, Sebastian Vettel, dan Kimi Raikkonen (saya lebih condong Sebastian Vettel)
  2. Kimi Raikkonen, Jenson Button, Sebastian Vettel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar