Selasa, 13 Maret 2012

VIDEO: GIRLS GENERATION ~ TIME MACHINE

Kalau tadi saya membuat video intro siaran Formula 1 Sky Sports dengan lagu Time Machine-nya Girls Generation dan sudah diluncurkan secara resmi tadi pagi, maka sekarang adalah video klip resminya. Sekitar jam 12 siang tadi saya menemukan di Facebook bahwa video klip dari lagu Time Machine sudah dirilis. Tentu saja tidak ada nuansa sejarah Formula 1-nya... mereka punya konsep sendiri untuk video klip-nya. Saya yang membuat konsep video Time Machine dengan memakai gambar sejarah Formula 1. Nanti deh, akan saya ceritakan. Sekarang ini dulu yang dibahas. Jadi soal video klip ini, sebenarnya bermulai kemarin, dengan munculnya teaser video ini di YouTube, yang pertama kali saya temukan di Kasku[S]one One-Stop Update, kalau nggak salah. Video teaser-nya nggak ada lagunya, cuma ada suara2 tertentu saja, dan menampilkan kesembilan personil Girls Generation yang sepertinya sedang sedih memikirkan apa yang baru saja mereka hadapi di masa lalu. Ada Yoona yang berjalan sendirian di tengah hujan salju (suhunya saat itu -1 derajat Celcius), memakai gaun pengantin, ada Taeyeon yang sedang menunggu sambil resah di depan rumahnya, ada Seohyun yang membuka album fotonya, mengambil salah satu fotonya, dan melihat fotonya dengan penuh rasa sedih dan bersalah, ada Yuri yang mengecek iPhone-nya dan tidak mendapati apapun yang masuk (sepertinya ia menunggu telepon atau SMS dari seseorang), ada Jessica yang menangis di dalam mobil Maybach dan menulis sesuatu di kaca mobilnya, kebetulan di luar sedang hujan deras. Ada Sunny yang sedang menunggu sesuatu di tengah hujan dan sempat melihat ke arah jam tangannya, ada juga Tiffany yang duduk di taman, sambil membawa payung dan wajahnya juga memperlihatkan raut yang sedih. Ada Hyoyeon yang sedang bersandar di tembok sebuah bangunan, terdengar suara kereta api di situ, sambil resah menantikan sesuatu. Terakhir, Sooyoung yang sendirian di kamarnya dengan telepon yang terus-menerus berdering, awalnya ia tidak mau mengangkatnya, tapi kemudian ia mengangkatnya. Semua personil memiliki ceritanya masing2, dan semuanya memiliki inti cerita yang sama, mereka teringat dengan sesuatu yang berhubungan dengan masa lalu mereka, dan sangat menginginkan bagian dari masa lalu itu kembali lagi, atau mereka perbaiki. Untuk lebih jelasnya, seperti inilah teaser dari video klip Time Machine, yang kemudian membuat saya untuk memutar lagunya di Winamp dan memunculkan inspirasi untuk membuat video intro Sky Sports F1 dengan memakai lagu tersebut.
Setelah teaser ini keluar, keesokan paginya sebelum video resminya muncul, ada dua teaser lain dari video ini yang memperlihatkan beberapa adegan lain dari video ini. Saya sendiri tidak menontonnya, tapi video2 ini ada di Kasku[S]one One-Stop Update, dengan komentar, "Sone seluruh dunia lagi galau" saking suasana videonya yang kayaknya sedih banget dan bikin nge-galau. Saya sih hanya tertawa saja. Kalau menurut saya, lagunya nggak terlalu bikin galau, cuma kata2 liriknya bikin galau. Saya sudah menetralisir tingkat kegalauan yang mungkin akan timbul dari lagu ini dengan menjadikan lagunya sebagai backsong video intro Sky Sports F1 versi saya itu. Setelah saya dengar berkali-kali, bahkan bersama ibu saya, lama-kelamaan lagu ini nggak ngegalauin kok. Malah enak lagunya. Hanya saja memang bagian awalnya kesannya mellow begitu. Secara kesimpulan, lagu ini enak kok. Mellow, tapi nggak terlalu bikin galau. Itu karena gw pakai untuk bikin video Formula 1 sih... hehehehehehe... selang beberapa jam kemudian, sekitar jam 12 siang atau mungkin satu jam sebelumnya, video klip dari lagu Time Machine resmi dirilis. Seperti inilah videonya...
Video klip ini adalah video teaser pertama yang diberi tambahan video berdurasi sekitar empat menit sehingga durasi videonya menjadi 5 menit 39 menit. Jika video teaser pertama memiliki durasi 1 menit 44 menit, maka tinggal hitung saja berapa durasi videonya. Pada awal videonya sama dengan video teaser-nya. Tapi di beberapa bagian tertentu, terutama pada bagian reff, para personil muncul bersamaan dengan busana warna putih krem, berdiri di posisi tertentu, dikelilingi oleh jam2 kuno. Setiap cerita para personil dilanjutkan dalam video ini, diselingi dengan adegan di mana mereka bernyanyi bersama-sama dan adegan para personilnya saat bernyanyi. Ada Taeyeon, Jessica, Sunny, Tiffany, Seohyun, dan Sooyoung yang ditampilkan adegan personal-nya. Pada akhir video, semua personil akhirnya mendapatkan akhir cerita yang mereka inginkan. Mereka semua menemukan lagi bagian masa lalu mereka yang hilang, dan setelah itu videonya berakhir. Yang paling diingat sih saat Yoona berjalan dan tiba2 ia berhenti. Ia seperti bertemu dengan seseorang dari masa lalunya, dan ia lalu berlari menghampirinya sambil setengah menangis. Kira2 seperti itu ceritanya. Kalau menurut para Sone, ini adalah video pertama Girls Generation yang syutingnya mengambil tempat di luar ruangan, setelah video lagu Into The New World, lagu pertama mereka, tahun 2007 yang lalu. Selama ini memang Girls Generation selalu syuting video klip di dalam ruangan, dalam studio khusus dengan set yang menakjubkan. Dan biasanya, mereka akan selalu menari dalam video klipnya. Tapi kali ini tidak. Yang lebih ditonjolkan di sini adalah akting mereka, apalagi video ini isinya adegan sedih semua. Jadi terlihat banget ekspresi sedih mereka dalam video ini. Apa mungkin ini hasil dari sering main drama Korea kali ya ? Terutama Yoona... aktingnya paling bagus kalau menurut saya di video itu... terlihat pengalaman dramanya sangat membantu penjiwaan karakternya. Meskipun saya semuanya menjiwai karakternya masing2... tapi kira2 begitulah ceritanya. Videonya sangat bagus dan berbeda dari video2 Girls Generation yang biasa kita lihat. Menyentuh, bisa... bikin galau, juga bisa... bikin sedih, juga bisa... tergantung bagaimana kalian melihat video tersebut... yang pasti sih, videonya bagus banget.
Well, saya pikir segini saja dulu cerita saya untuk kali ini... saya lagi nggak mau bicara banyak2... sudah malam, sudah hampir jam 12 malam... nanti saya akan bicara lagi besok. Kebetulan ada satu topik yang akan saya bahas besok, yaitu soal helm para pembalap Formula 1 yang akan berlaga musim ini. Saya sudah punya foto2nya, tinggal besok masuk ke blog saja. Nanti juga saya akan cerita soal video intro Sky Sports F1 versi saya itu, yang memakai lagu Time Machine ini. Semuanya akan saya ceritakan besok, jadi semuanya sabar dulu ya... untuk saat ini, kalian tonton saja video klip Time Machine-nya dulu... baiklah, kalau begitu sekarang saatnya saya untuk menutup posting ini, sekian posting saya, dan Happy Enjoy!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar