Jumat, 02 Maret 2012

PICTURES: CATERHAM CT-01

Dua bulan yang lalu, mobil ini diluncurkan lewat sebuah artikel khusus di majalah F1 Racing edisi Februari 2012, selain juga diluncurkan lewat media sosial mereka. Sejak itu, foto2 pertama mobil ini hanya berasal dari sumber itu saja, ditambah dengan foto2 aksi mereka saat tes pramusim. Tapi kini, mobil yang mempopulerkan moncong berundak untuk pertama kalinya ini memiliki foto2 resminya sendiri. Baru2 ini, Caterham F1 Team merilis foto2 resmi mobil Caterham CT-01, yang memperlihatkan seluruh detail mobil ini dari dekat, dan dari berbagai sudut. Foto2 ini diharapkan bisa menjawab rasa penasaran kalian mengenai mobil yang menjadi "contoh awal" dari mobil2 hasil regulasi 2012 ini. Menghadirkan juga Heikki Kovalainen dan Vitaly Petrov sebagai model pembalap yang duduk di dalam mobil ini, inilah foto2 resmi mobil Caterham F1 Team, CT-01, yang saya dapatkan dari website F1 Fanatic.
Nice diffuser. Apa ini... semacam double deck diffuser ?
Kira2 seperti inilah gambar kamera onboard mobil2 F1 dengan moncong berundak musim ini... BTW, setirnya bagus juga...
Tampak atas. Cukup ramping juga... khususnya di belakang.
Tampak serong kiri bawah belakang. Yah, kira2 begitulah menyebutnya...
Kalau ini... tampak serong kiri bawah depan. But, it's a nice view. Ujung moncong berundaknya jadi terlihat seperti tombak yang sangat tajam.
Seperti foto mobil Red Bull RB7 (foto sebelumnya juga)... tapi sudutnya terbalik. Di sini, moncongnya jadi kelihatan lebar banget. Tapi sudut perspektifnya terlihat banget.
Ini sudut terbaik untuk setiap mobil Formula 1.
Ini juga sudut yang bagus... terlihat kalau dari sini ujung moncongnya tajam banget.
Buat yang mau lihat belakang mobilnya... monggo...
Ini bagian belakangnya, dengan logo General Electric mendominasi di sayap belakang... dan sepertinya lubang exhaust mobil ada di tengah (lihat lubang di tengah)
Sudut lain dari mobil ini... tapi beda pembalap.
Sudut depan atas mobil. Di F1 Racing edisi Februari 2012, foto dengan sudut ini dipakai sebagai covernya. Bedanya... latar belakangnya waktu itu gelap, kalau ini terang.
Front view. Mobil ini siap untuk mengarungi musim 2012.
Kalau kalian melihat foto2 mobilnya dan membandingkannya dengan foto2 pertama mobil ini dua bulan yang lalu, banyak sekali perbedaan yang bisa dilihat. Mulai dari warna latarnya yang dulunya gelap sekarang jadi terang, lalu jumlah fotonya yang dulu hanya empat kini menjadi 13, dengan resolusi yang lebih baik pula, dan juga pada mobilnya sendiri juga ada beberapa perbedaan. Seperti tidak ada logo AirAsia di bagian engine cover, adanya lubang udara seperti insang hiu (masih ingat mobil2 Formula 1 era 2005-2006 ?) di bagian belakang mobil. Untuk bagian lainnya, semuanya sama dengan foto2 pertamanya. Yang pasti, kini inovasi moncong berundak mereka tidak dianggap jelek lagi, karena ternyata ada tim lain yang membuat moncong berundak yang kalau mau dibilang, bentuknya lebih parah daripada buatan Caterham. Kalian tentu tahu tim mana itu. Setelah dilihat, justru mobil ini juga cukup bagus, dan memiliki bentuk yang cukup unik. Apalagi setelah melihat tim2 lain juga tampil dengan moncong berundak, malah terlihat kalau mobil ini tidak sejelek yang orang2 pikir saat melihat mobil ini pertama kali. Ketika kemudian mulai banyak mobil Formula 1 yang memakai inovasi moncong berundak seperti ini, dengan sederetan penerapannya, mulailah banyak orang yang menyadari kalau ada mobil yang penerapan moncong berundaknya lebih aneh dari mobil ini. Kira2 begitu penjelasannya. Untuk Caterham F1 Team, susunan pembalapnya musim ini adalah Heikki Kovalainen dan Vitaly Petrov. Jarno Trulli sudah tidak lagi bergabung di tim ini, setelah dikeluarkan secara mendadak pada akhir bulan lalu. Lihat posting saya tentang Dilema Formula 1 untuk penjelasan dan pembahasannya. Dengan keluarnya Jarno Trulli, musim 2012 menjadi musim pertama setelah 1971 di mana tidak ada pembalap Italia yang ikut serta di Formula 1. Sebagai test driver atau pembalap ketiga, ada Giedo Van Der Garde, pembalap asal Belanda. Pembalap ini juga akan tampil di GP2 Series bersama Caterham GP2 Team, tim yang khusus dibentuk oleh Caterham sebagai feeder pembalap2nya ke Formula 1. Baiklah, saya pikir cukup tulisan saya untuk kali ini, semoga kalian semua bisa mengerti tentang semua penjelasan saya di posting ini. Mengenai launching tim Formula 1 berikutnya, saya belum dapat kabar lagi. Tadinya memang Marussia F1 Team akan me-launching mobilnya saat tes pramusim ketiga Formula 1 saat ini. Tapi kemudian muncul konfirmasi yang menyatakan bahwa Marussia F1 Team belum akan meluncurkan mobilnya karena mobil mereka masih belum lolos tes tabrak FIA. Dan karena kebetulan ada foto2 baru mobil Caterham CT-01 ini, akhirnya sebagai gantinya, saya memposting foto2 mobil ini saja, sebagai bagian dari serial panduan Formula 1 2012 ala blog ini. Oke, sekarang saatnya saya mengakhiri posting ini, sekian posting saya, dan Happy Enjoy!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar