Sabtu, 03 Maret 2012

PICTURES: AUDI R18 E-TRON QUATTRO

Yang kali ini akan saya ceritakan adalah tentang mobil balap yang tidak biasa. Kalau biasanya topik bahasan saya adalah soal Formula 1 atau MotoGP, maka kali ini yang akan saya bahas adalah tentang mobil balap ketahanan Le Mans. Apa itu balap ketahanan Le Mans ? Pertama-tama akan saya jelaskan dulu mengenai apa itu balap ketahanan. Balap ketahanan adalah salah satu cabang balap dunia yang lebih menuntut ketahanan mobil dibandingkan kecepatan mobil. Biasanya balapan ini berlangsung dalam durasi waktu yang sangat panjang, dan melebihi durasi waktu balapan Formula 1. Kalau Formula 1 durasi balapannya sekitar dua atau empat jam, berdasarkan regulasi 2012, maka balap ketahanan bisa dua kali atau bahkan enam kali lipatnya. Jika Formula 1 durasinya hanya empat jam (maksimal), maka balap ketahanan durasinya bisa delapan jam, 12 jam, atau bahkan 24 jam. Ada juga balap ketahanan yang hanya berdurasi enam jam. Dalam balapan ini, pemenang bukan hanya ditentukan dari kecepatan mobilnya saja, tapi juga ketahanan mobilnya. Kalau mobilnya kencang tapi nggak kuat balapan 24 jam ya sama saja nggak menang, seperti itu. Balap ketahanan Le Mans adalah salah satu contoh balap ketahanan terkenal yang ada saat ini. Nama titel resminya adalah 24 Hours of Le Mans. Sesuai dengan namanya, durasi balapan ini adalah 24 jam atau satu hari penuh, dengan start dimulai pada jam 15:00 waktu setempat dan berakhir pada jam 15:00 waktu setempat pada hari berikutnya. Tentu saja nggak cukup satu atau dua pembalap untuk bisa membalap selama 24 jam. Di balap Le Mans, setiap tim harus menyiapkan tiga pembalap, dan pada jam2 tertentu akan ada pergantian pembalap. Itu berarti jika seandainya sebuah tim balap Le Mans memiliki dua mobil, maka pembalapnya bukan dua orang, melainkan enam orang. Itu karena satu tim akan dibalapkan oleh tiga pembalap secara bergantian. Mengenai sirkuitnya, Le Mans memiliki sirkuit yang cukup panjang dan cukup legendaris untuk menggelar ajang balap ketahanan paling bergengsi ini. Sebuah sirkuit dengan panjang 13,629 km menjadi tempat berlangsungnya balapan ini, yang bernama Circuit de la Sarthe. Salah satu bagian dari sirkuit ini dipakai untuk menjadi tempat berlangsungnya balapan MotoGP seri Perancis. Sirkuit ini memanfaatkan jalan2 yang ada di sekitar sirkuit MotoGP tersebut, yang kebanyakan terdiri atas trek lurus yang sangat panjang dan beberapa tikungan. Biarpun panjangnya 13 kilometer lebih, tapi soal catatan waktu, nggak bisa dianggap enteng untuk sebuah sirkuit yang menggelar balapan ketahanan. Rekor catatan waktu di sirkuit ini adalah 3 menit 19,074 detik atas nama Loic Duval dengan menaiki mobil Peugeot 908 HDi FAP milik Team Oreca Matmut pada tahun 2010. Jadi lumayan pantas kan, kalau sirkuit panjang ini dipakai untuk kebut2an ? Jadi, bisa disimpulkan bahwa balap ketahanan 24 Hours of Le Mans adalah balap ketahanan yang berlangsung selama 24 jam di sirkuit yang memiliki panjang 13,629 km yang berlangsung di Le Mans, Perancis. Selama 24 jam penuh Anda akan membawa mobil ini, bersama dengan kedua orang temanmu, mengelilingi sirkuit sepanjang 13,629 km untuk menjadi pembalap ketahanan terbaik di dunia. Anda harus mengemudi dalam kondisi apapun dalam balapan ini, mulai dari siang hari, sore hari, malam hari, dini hari, pagi hari, hingga siang hari. Semua jenis balapan yang ada di Formula 1 ada di balapan ini. Mau balapan siang ada, mau balapan sore ada, mau balapan senja ada, mau balapan malam ada, semuanya ada, dengan pengecualian balapan dini hari alias balapan begadang dan balapan fajar. Mana ada balapan fajar di Formula 1, ya kan ? Jadi semuanya ada, dan harus saya katakan, balapan ini bukan untuk pembalap sembarangan. Butuh pembalap yang mampu menjaga kondisi terbaiknya dalam kondisi apapun untuk dapat berlaga di ajang balapan ini, karena secara tingkat kesulitan, balapan ini lebih sulit dari Formula 1. Seperti itu.
Itu tadi penjelasan sedikit mengenai balapan 24 Hours of Le Mans. Yang akan saya tampilkan di blog ini adalah contoh mobilnya, atau kalau mau dibilang ini adalah mobil terbarunya. Baru2 ini pabrikan Audi, yang terkenal dengan prestasinya di ajang balap ketahanan, meluncurkan mobil barunya untuk musim baru balap ketahanan di tahun 2012 ini. Nama mobilnya adalah Audi R18 E-Tron Quattro. Mobil ini nantinya akan dipakai di ajang World Endurance Championship 2012 dan juga 24 Hours of Le Mans. Mobil ini menjadi sorotan buat para penggemar balap ketahanan, karena Audi selama ini adalah tim dengan prestasi bagus di ajang balapan ini. Mereka menjuarai 24 Hours of Le Mans sebanyak 10 kali dalam dekade 2000an, dan delapan titel kejuaraan balapan ini dimenangkan oleh pembalap terkenal asal Denmark Tom Kristensen. Berikut ini adalah foto2 dari mobil terbaru Audi di ajang balap ketahanan dunia musim ini.
Nah, itulah foto2nya. Bila kalian melihat mobilnya, terlihat kalau mobil ini lebih besar daripada mobil balap biasa, ambil contoh, Formula 1. Mobilnya memiliki kokpit khusus yang tertutup, sehingga lebih menjamin keselamatan pembalap, dan juga ada lampu pada bagian depan mobil, untuk memudahkan penglihatan pada malam hari, mengingat terkadang balap ketahanan harus dilalui hingga malam hari. Mobil ini juga memiliki bentuk moncong, sayap depan, sayap belakang, dan engine cover yang berbeda. Semuanya memiliki bentuk yang khusus, mengingat mobil ini juga dibuat untuk balapan yang secara spesifik memiliki tujuan khusus. Tapi ada yang unik dari mobil ini, di mana bagian engine cover-nya mengingatkan saya pada bentuk engine cover mobil Formula 1 pada tahun 2009-2010, yaitu engine cover berpapan. Malah kalau dilihat lebih detail lagi, bentuk engine covernya hampir mirip engine cover mobil Formula 1 Renault 2010, di mana ujung dari engine cover berpapan itu menempel pada ujung depan sayap belakang. Tapi sepertinya tidak akan ada piranti aerodinamika seperti F-duct yang ada di sana, karena kalau dilihat, bentuk engine cover ini sangat pipih di bagian belakang. Kalaupun ada lubang besar di atas kokpit di depan, mungkin itu lebih ke airbox mobil, dengan lubang aliran udara mengarah ke bawah belakang, tepatnya ke tempat di mana mesin mobil berada. Mobil ini juga mengadopsi teknologi hybrid yang ramah lingkungan, yang merupakan hasil suplai dari Williams Hybrid Power, yang menyuplai sistem KERS pada mobil Formula 1 Williams. Perlu diketahui bahwa sebenarnya teknologi KERS dan Hybrid Power dalam mobil balap pertama kali muncul dari ajang balap ketahanan. Namun bukan Audi yang mempopulerkannya pertama kali, melainkan pesaing utamanya, Peugeot, dan teknologi itu berhasil mengantarkan Peugeot meraih prestasi yang bagus dalam ajang balapan itu. Dari situlah kemudian muncul ide untuk mengaplikasikan KERS di ajang balap Formula 1, selain untuk menghemat pembuangan mobil dan membuat balapan yang ramah lingkungan dengan memanfaatkan siklus energi di dalam mobil, juga untuk menambah efek keseruan balapan karena KERS memiliki manfaat yang sangat berguna bagi seorang pembalap untuk melakukan penyalipan terhadap pembalap lain saat balapan.
Well, saya pikir segitu saja tulisan dan pembahasan saya mengenai balapan Le Mans dan contoh mobil yang akan digunakan dalam balapannya. Saya harap kalian semua bisa mengerti semua penjelasan saya dalam posting ini dan mendapat pengetahuan baru tentang balap ketahanan. Hanya itu saja yang bisa saya sampaikan untuk saat ini, sekarang saatnya saya untuk menutup posting ini, semoga bermanfaat buat kalian, sekian posting saya, dan Happy Enjoy!

1 komentar:

  1. Om memang berapa harga MOBIL AUDI R18 E-TRON QUATTRO ? dan bisakah orang indonesia membelinya kan lucu mobilnya kaya TAMIYA.

    BalasHapus