Senin, 13 Juni 2011

JENSON BUTTON WINS WET AND THRILLIN' CANADIAN GRAND PRIX

Sebuah balapan seru, gila, dan menarik tersaji saat Kanada menjadi tuan rumah seri ke-7 F1 2011 di Sirkuit Gilles Villeneuve, Montreal, tadi malam. Sebastian Vettel yang mendominasi balapan dengan memimpin sendiri di depan tiba-tiba harus menyerahkan kemenangan yang sudah pasti digenggamannya pada Jenson Button, yang menjalani balapan GP Kanada ini dengan penuh drama.
Ketika race start, balapan harus dipandu oleh Safety Car gara-gara hujan deras yang mengguyur sirkuit. Selama empat lap balapan dipandu oleh SC, dan setelah itu balapan dilepas. Sebastian Vettel dan Fernando Alonso langsung bersaing di depan, dan yang paling kacau ketika Lewis Hamilton dan Mark Webber bersenggolan dan membuat Mark Webber sempat melintir. Tidak lama kemudian, Jenson Button mengalami drama pertama dalam balapannya, yaitu menyenggol Lewis Hamilton hingga membuatnya menabrak tembok pitlane dan merusak suspensinya. Ia lalu keluar dari balapan dan Safety Car masuk lagi ke lintasan. Jenson Button lalu mengalami drama kedua, yaitu harus menjalani drive through penalty gara-gara speeding saat Safety Car ada di lintasan. Balapan lalu dimulai kembali, dan perlahan lintasan mengering. Beberapa pembalap mengambil kesempatan ini untuk mengganti ban dengan ban intermediate (ban pilihan pertama adalah ban basah, sebelum pit stop). Namun, justru hujan kembali turun dengan deras beberapa lap sesudahnya dan kali ini Race Control memutuskan untuk menghentikan lomba sementara.
Lomba dihentikan selama kurang lebih satu setengah jam. Selama itu, banyak marshal yang terus menerus membenahi drainase sirkuit yang buruk, yang mengakibatkan banyak genangan air di titik-titik belokan atau pengereman. Berulang kali Safety Car memeriksa kondisi lintasan. Banyak pembalap yang memutuskan untuk tidak menunggu di mobil dan kembali ke paddock. Race lalu dilanjutkan jam 15:50 waktu setempat.
Ketika lomba dilanjutkan, seperti biasa, harus dipandu dengan Safety Car. Setelah dilepas, balapan malah semakin kacau dan gila. Jenson Button lagi-lagi menghadapi drama. Ia menyenggol Fernando Alonso hingga membuatnya out dari balapan karena mobilnya terjebak di rumput. Jenson Button juga mengalami rusak di sayap depan dan ban pecah di ban kiri depannya. Posisinya turun drastis menjadi posisi paling belakang dan Safety Car masuk lagi. Beruntungnya, ia sukses memperbaiki kerusakan mobilnya dan kembali balapan.
Setelah Safety Car masuk, balapan menjadi makin seru. Jenson Button mulai menyalip satu per satu pembalap di depannya, dan dengan cepat posisinya naik ke 10 besar. Banyaknya pembalap yang kemudian pitstop membantu Jenson maju ke depan, hingga masuk posisi keempat. Namun insiden terjadi lagi. Nick Heidfeld mengalami kecelakaan setelah sayap depannya patah dan masuk ke bagian floor mobilnya. Sayap depannya patah setelah ia secara tidak sengaja menabrak bagian belakang mobil Kamui Kobayashi. Mobilnya lalu terbang dan menabrak tembok lalu berhenti di terusan jalan. Safety Car masuk lagi, dan Jenson Button tertahan sementara, di belakang mobil dari Timo Glock yang merupakan backmarker. Setelah Safety Car masuk kembali, race menjadi makin seru. Michael Schumacher berada di posisi kedua di belakang Sebastian Vettel, dan disusul Mark Webber. Jenson Button lalu meng-overlap Timo Glock dan ikut dalam persaingan untuk memperebutkan posisi kedua. Pertarungannya cukup seru, Jenson Button dan Mark Webber saling bersaing untuk bisa menyalip Michael Schumacher, yang mobilnya tidak sebaik mobil McLaren dan Red Bull. Jenson Button melewati Mark Webber setelah Webber nyelonong di chicane dan kehilangan grip ban. Kemudian di DRS zone, Button melewati Michael Schumacher dan membiarkan Schumacher dan Webber bertarung sendiri di belakang memperebutkan podium ketiga. Lalu, Button berusaha mendekatkan jarak dengan Sebastian Vettel. Di empat lap terakhir, Jenson Button secara beruntun mencetak fastest lap, dan jaraknya makin dekat dengan Vettel. Puncaknya ketika Sebastian Vettel melebar di tikungan Ile de Notre Dame dan memberi jalan pada Jenson Button untuk menjuarai GP Kanada dengan waktu 4 jam, 4 menit, 39,537 detik, sekaligus menjadi kemenangan terbaik Jenson Button sepanjang karirnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar