Kamis, 16 Juni 2011

YOU'LL NEVER WALK ALONE


Buat para fans Liverpool, lagu ini sudah merupakan lagu kebangsaan mereka. Tidak hanya lagu kebangsaan, tapi juga merupakan lagu keramat, bahkan sudah menjadi sebuah motto dan semangat yang sudah mendarah-daging di dalam diri setiap fans Liverpool di mana pun berada. Sekarang, saya akan bercerita mengenai lagu yang sering dinyanyikan oleh para fans Liverpool sebelum pertandingan berlangsung, You'll Never Walk Alone.
You'll Never Walk Alone sebenarnya bukan lagu yang diciptakan khusus untuk Liverpool. Lagu ini adalah salah satu lagu yang dinyanyikan dalam drama musikal yang berjudul "Carousel". Lagu ini diciptakan oleh dua orang pencipta lagu yang sudah biasa menciptakan lagu untuk drama musikal, yaitu Richard Rodgers dan Oscar Hammerstein II. Richard Rodgers menjadi penata musiknya sedangkan Oscar Hammerstein II menjadi penulis lirik lagunya. Lagu ini dibuat pada tahun 1945. Pada tahun 1963, lagu ini dinyanyikan kembali oleh sebuah grup band asal Liverpool yang bernama Gerry and the Pacemakers, yang digawangi oleh Gerry Marsden. Berdasarkan cerita dari pemain Liverpool Tommy Smith, Gerry Marsden memperdengarkan lagu ini pada pelatih Liverpool saat itu Bill Shankly saat sedang melakukan tur pra-musim pada musim panas tahun 1963. Bill Shankly sangat menyukai lagu itu, dan para wartawan yang saat itu menyaksikan langsung memberitahukan pada editor koran mereka bahwa lagu ini dipakai sebagai lagu kebangsaan klub.
Cerita lainnya soal lagu ini datang dari Gerry Marsden bahwa pada tahun 1960an, DJ di Anfield memiliki kebiasaan untuk memutar sepuluh lagu yang sedang populer saat itu, dengan urutan mundur, dimana lagu pertama diputar terakhir, tepat sebelum kick-off. Para penonton selalu menyanyikan lagu tersebut, namun berbeda dengan lagu lainnya, setelah "You'll Never Walk Alone" turun dari tangga lagu itu, para penonton tetap menyanyikan lagu tersebut. Sejak saat itulah, lagu itu menjadi lagu kesayangan para fans Liverpool. Mereka tetap memutar dan menyanyikannya setiap Liverpool bertanding. Tidak hanya di Anfield, tapi juga ketika mereka jauh dari Liverpool atau rumah mereka demi mendukung Liverpool.
Apakah lagu ini hanya milik Liverpool saja ? Tidak. Glasgow Celtic, Feyenoord, FC Twente Enschede, Borussia Dortmund, FC Kaiserslautern, FC St. Pauli, dan FC Tokyo juga menyanyikan lagu ini. Bahkan masih banyak fans dari klub-klub lain yang juga menyanyikan lagu ini. Di YouTube banyak, lagu ini tidak hanya monopoli Liverpool. Meskipun begitu, tetap saja kalau sudah dengar lagu ini, hubungannya tetap dengan Liverpool.
Sekarang dengarkan quotes dari Steven Gerrard mengenai You'll Never Walk Alone ini.
"At Liverpool, You'll Never Walk Alone. Our famous club song is more than a string of words and a great tune. It's a pact between people, and we stand together in good times and bad."
Dari kalimat itu terbukti bahwa You'll Never Walk Alone tidak hanya sekedar lagu, tapi juga sebuah hubungan antara para pemain dan para fans, dan mereka akan selalu berjalan bersama dalam berbagai kondisi, mau itu baik atau buruk. Jelaslah mirip banget dengan makna harfiah dari lagu ini, yaitu "kau tak berjalan sendiri" atau " kau nggak sendiri". Meyakinkan setiap orang bahwa ia tidak sendirian di dunia ini, dan sekaligus memberi motivasi bahwa setelah badai (kesulitan) berakhir, akan selalu ada langit yang cerah (kesenangan/kebahagiaan) yang akan datang menghampiri. Lagu ini sangat bagus dan penuh makna, memberi motivasi sekaligus penguatan diri.
Sambutan para pemain terhadap lagu ini cukup bagus. Tidak hanya pemain Liverpool saja, tapi juga para pemain2 dari klub lain yang terkenal seperti Thierry Henry, Xavi Hernandez, dan banyak pemain lainnya yang juga memberi sambutan atau komentar bahkan rasa salut mereka pada lagu ini sekaligus juga pada kesetiaan dan loyalitas para Liverpudlian pada Liverpool.
You'll Never Walk Alone mulai resmi menjadi bagian dari logo Liverpool sejak 1992, ketika Liverpool merayakan ulang tahun mereka yang ke-100. Tulisan itu bisa terlihat di bagian atas logo, di dalam gambar pintu gerbang Anfield yang terkenal yaitu Shankly Gates. Shankly Gates dibuat pada tahun 1982 dan dibangun untuk mengenang orang yang dulu mengadopsi lagu ini sebagai lagu kebangsaan klub, yaitu pelatih Bill Shankly. Sejak tahun 1992 itulah, Shankly Gates dan tulisan You'll Never Walk Alone menjadi bagian yang tak terpisahkan dari logo Liverpool hingga sekarang. Malah, sudah jadi trademark logo Liverpool saat ini. You'll Never Walk Alone sudah dinyanyikan oleh banyak penyanyi dan banyak meraih kesuksesan. Elvis Presley, Gerry and The Pacemakers, Paul McCartney, Judy Garland, Frank Sinatra, hingga Jordin Sparks pernah menyanyikan lagu ini. Ada yang direkam, ada yang hanya dijadikan demo, tapi semua sudah cukup untuk melestarikan lagu ini sebagai salah satu lagu terbaik yang pernah dibuat. Anggap saja Liverpool juga melestarikan lagu ini. Semua fans Liverpool pasti hapal lagu ini (dijamin!) dan bahkan sudah sering direkam dalam video dan di-upload ke YouTube. Kita bahkan bisa belajar dari mereka lewat video itu atau lewat mendengarkan mp3-nya yang bisa di-download di situs download lagu manapun di dunia ini. Banyak cara untuk mendengarkan lagu ini. Bahkan kalau kamu nonton pertandingan Liverpool (terutama yang home) di TV kalian pasti akan dengar ada ribuan orang yang koor menyanyikan lagu ini. Kadang beberapa kali diulang di tengah pertandingan. Kalau kalian mendengarnya baik, kalian pasti bisa ngerti lagunya. Dijamin deh pokoknya! Nah, sebagai penutup dari cerita saya ini, saya akan tuliskan lirik dari lagu yang bagus banget ini.

YOU'LL NEVER WALK ALONE
When you walk, through the storm
Hold your head up high
And don't... be afraid of the dark
At the end, of the storm
There's a golden sky
And the sweet silver song, of a lark...
Walk on, through the wind...
Walk on, through the rain...
Though your dreams, be tossed, and blown...
reff:
Walk on, walk on... with hope, in your heart...
And You'll Never Walk... Alone...
You'll Never Walk Alone...
Walk on, walk on... with hope, in your heart...
And You'll Never Walk... Alone...
You'll Never Walk Alone...

Nah, segitu saja cerita saya tentang lagu ini. Semoga bermanfaat.
Salam, YNWA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar