Minggu, 12 Februari 2012

PICTURES: WAR OF THE NOSES!

Tes pramusim pertama Formula 1 2012 sudah selesai, dan sekarang tim2 Formula 1 sedang mempersiapkan diri untuk tes berikutnya di Barcelona. Meskipun sudah berakhir, tetap saja tes kemarin menimbulkan cukup banyak topik pembicaraan. Salah satunya adalah soal moncong2 mobil baru Formula 1 2012. Di tes pramusim kemarin, ada sembilan tim yang memakai mobil baru, dua tim yang memakai mobil tahun lalu, dan menunda kemunculan mobil baru mereka, dan satu mobil tidak hadir. Yang menjadi sorotan adalah sembilan mobil baru ini. Semuanya memiliki moncong yang berundak, atau yang menurut tabloid Otomotif disebut hidung berjenjang, tapi manakah tim yang memiliki moncong berundak terbaik ? Setiap tim memiliki interpretasinya sendiri2 tentang regulasi baru mengenai tinggi moncong yang lebih rendah. Ada yang membuatnya setipis mungkin, ada yang membuatnya selebar mungkin, ada yang membuatnya serata mungkin, ada yang menambahkan sayap kecil di mobilnya, dan sebagainya. Pertanyaannya kemudian adalah, bentuk moncong berundak manakah yang dapat mengantarkan performa baik di lintasan ? Karena pada akhirnya semua interprestasi tentang regulasi ini akan dianggap berhasil atau gagal bila melihat performa di lintasan. Jika itu berhasil, maka akan dipertahankan, tapi jika gagal, maka secepatnya harus dilakukan perubahan. Seperti itu. Formula 1 selalu menuntut adaptasi teknis dari setiap tim yang berlaga di setiap balapan. Maka tidaklah heran kalau kemudian akan ada perubahan teknis dari satu balapan ke balapan berikutnya. Kalau untuk sekarang sih belum apa2... tapi nanti saat balapan, Anda akan melihatnya sendiri. Baiklah, sekarang saya akan memperlihatkan seperti apa sih bentuk2 moncong berundak yang sudah ada di Formula 1 musim ini, dilihat dari sembilan tim yang sudah meluncurkan mobilnya musim ini. Perlu diketahui, ada sembilan tim yang sudah meluncurkan mobil barunya, yaitu (diurut berdasarkan tanggal launching) Caterham, McLaren, Ferrari, Force India, Lotus, Sauber, Red Bull, Toro Rosso, dan Williams. Mercedes AMG, HRT, dan Marussia belum meluncurkan mobil terbaru mereka. Kehadiran Mercedes AMG dan HRT di tes pramusim yang lalu adalah untuk mengetes ban Pirelli terbaru. Dikabarkan, Mercedes AMG baru akan meluncurkan mobil mereka pada 21 Februari (masih tentatif), sementara HRT baru akan meluncurkan mobil mereka... setelah berhasil lolos tes tabrak FIA. Sejauh ini mereka masih belum berhasil lolos tes tabrak FIA. Sedangkan tim Marussia, sepertinya belum ada kabar soal tanggal launching, tapi konfirmasinya akan tetap ditunggu. Kita kembali lagi ke sembilan mobil yang sudah di-launching, inilah foto2 moncong mereka, dilihat dari samping.
Caterham F1 Team. Dulu kau bilang ini moncong platypus...
Vodafone McLaren Mercedes. Best looking so far...
Scuderia Ferrari. Kita bisa menulis di atasnya...
Sahara Force India. Seperti hiu martil, kata orang...
Lotus F1 Team. Dulu saya bilang ini mirip bayonet...
Sauber F1 Team. Moncong ini... not bad lah...
Red Bull Racing. Moncong yang spesial...
Scuderia Toro Rosso. Gw juluki ini sebagai "banteng"
Williams F1 Team. Kemarin gw juluki sebagai "ikan lele"
Berdasarkan pendapat saya, semua moncong ini saya sudah beri sebutan dan julukan. Saya berikan julukan tersebut berdasarkan apa yang saya lihat dari semua moncong2 berundak ini. Berikut adalah julukan dari moncong2 berundak Formula 1 ini, yang dulu sempat saya tulis dalam posting2 saya tentang launching mobil Formula 1 setiap tim. Jangan tersinggung ya...
  • Caterham = Platypus, berdasarkan komentar para penggemar F1 saat melihat mobil ini pertama kali.
  • McLaren = Tidak ada, karena moncongnya tidak berundak.
  • Ferrari = Meja, karena moncongnya lebar, rata, dan tinggi seperti meja. Saya bahkan dulu pernah menulis, "kita bisa menulis di atasnya..."
  • Force India = Hiu martil, karena di depannya terdapat sayap kecil tepat di ujung moncong.
  • Lotus = Bayonet, karena bagian depan moncongnya terlihat miring dan ujungnya tajam.
  • Sauber = Paruh bebek, karena sangat tipis dan lebar, meskipun bentuknya bagus.
  • Red Bull = Hidung, karena ada lubang udara di bagian undakannya.
  • Toro Rosso = Banteng, karena ada sayap kecil di bagian sisi undakannya, memberi kesan seperti tanduk banteng (lihat foto mobilnya dari atas, kalau nggak percaya)
  • Williams = Ikan lele, karena ada sayap kecil tepat di samping moncong (bukan tepat di depannya), memberi kesan seperti patil ikan lele, dan ada lubang udara tepat di depan moncong.
Lumayan parah ya, julukannya ? Makanya saya sudah tulis di atas, jangan tersinggung, karena kalau kalian mau tahu, beberapa sebutan moncong2 ini sesuai dengan kenyataan yang ada pada moncong2nya. Misalnya, moncong mobil Ferrari seperti meja, ya memang kenyataannya demikian. Kalau kalian lihat foto launching-nya, moncongnya sangat lebar, rata, dan tinggi seperti meja. Kalau kalian nggak percaya, coba saja ambil kertas dan pulpen, kemudian taruh di atas moncong mobil itu, lalu menulislah sesuatu. Nanti akan kelihatan kalau moncongnya akan terlihat seperti meja, karena bentuknya rata banget. Jadi, gw nggak asal kasih sebutan untuk moncong2 ini. Saya kadang2 mengomentari bentuk moncong berundak ini dengan ibu saya, dan kadang2 ia juga memberi gambaran tentang julukan apa yang harus saya berikan pada moncong ini. Itu berarti, saya nggak asal ngasih julukan untuk sekedar menjelek2kan. Semua julukan tersebut saya berikan atas pendapat saya, berdasarkan apa yang saya lihat dari foto2 mobil mereka. Begitu...
Kalau kalian mau tahu kenapa moncong2 mobil Formula 1 jadi berundak seperti itu, itu semua adalah dampak dari regulasi baru, yang mengharuskan tinggi moncong menjadi lebih rendah, demi keselamatan. Memang sih, bentuknya jadi lebih aneh, tapi kalau memang ini harus dilakukan demi keselamatan, maka harusnya semua orang bisa memaklumi, kenapa bentuknya seperti ini. Tapi saya melihat, banyak sekali penggemar2 F1 yang berkomentar bahwa bentuk moncong mobil F1 yang ada sekarang sangat aneh. Melihat bentuk moncong mobil musim lalu, jelas sangat jauh berbeda. Tapi inilah dampaknya regulasi baru. Semuanya berubah dengan sangat drastis, sehingga memberi perbedaan besar antara mobil musim lalu dan mobil musim ini. Masih ingat pengalaman regulasi 2009, di mana mobil menjadi lebih sederhana, tanpa ada perangkat aerodinamis di sekujur mobil ? Pada awalnya banyak orang yang merasa aneh dengan bentuk mobil yang seperti itu, tapi kemudian semuanya bisa menerima seperti apa bentuk mobil pada musim itu, karena bentuk mobilnya juga menarik. Mudah2an saja pada akhirnya, untuk ke depannya, semua orang juga akan terbiasa dengan bentuk moncong seperti ini, karena pasti nantinya akan ada perubahan terhadap moncong2 tersebut pada masa yang akan datang. Ini kan baru musim pertama, jadi wajar kalau ada yang tidak menyukai bentuknya, apalagi mainset kita soal moncong mobil yang menyatu, bukan berundak, sudah tertanam cukup lama dalam pikiran kita. Anggaplah saat ini kita sedang beradaptasi dengan bentuk moncong yang baru. Saya yakin, suatu saat semua penggemar F1 bisa menerima bentuk moncong yang ada sekarang, dan kemudian terbiasa dengan bentuk yang sudah ada saat ini. Syukur2 bisa kembali lagi bentuk moncong yang semula di musim2 yang akan datang. Hehehehehehe... kira2 seperti itulah penjelasan saya.
Baiklah, saya pikir cukup dulu tulisan tentang moncong2 mobil Formula 1 ini, semoga kalian bisa mengerti tentang penjelasan yang saya berikan mengenai moncong2 ini. Kita masih akan menunggu launching tiga mobil lainnya, sehingga saya bisa mengambil keputusan akhir atau kesimpulan akhir tentang moncong2 berundak ini. Oke, sekarang saatnya untuk menutup posting ini... sekian tulisan saya, dan Happy Enjoy!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar