Rabu, 08 Februari 2012

RED BULL RB8

Salah satu mobil yang paling ditunggu-tunggu di Formula 1 sudah tiba. Inilah mobil terbaru Red Bull Racing, RB8! Ini adalah mobil ke-8 Red Bull sepanjang keikutsertaannya di Formula 1 sejak 2005, dan ini adalah mobil kedua mereka yang dibuat dengan status sebagai Juara Dunia Konstruktor Formula 1. Mobil ini akan dikendarai oleh Juara Dunia Formula 1 2010 dan 2011, Sebastian Vettel, dan Mark Webber. Sama seperti musim lalu, mobil ini akan memakai nomor start 1 dan 2. Mobil ini di-launching secara online di website Red Bull Racing pada tanggal 6 Februari 2012, lewat sebuah video perkenalan khusus. Seperti musim2 sebelumnya, mobil ini didesain oleh Adrian Newey, yang selama ini dikenal sebagai desainer sukses di ajang Formula 1. Mobilnya sendiri tidak banyak berubah dari musim lalu, hanya saja pada bagian moncongnya menjadi berundak, mengikuti tim yang lain, dan di bagian depan moncongnya terdapat sebuah sayap kecil. Pada bagian belakang mobil, corong exhaust masih dipertahankan, dan terdapat penyatuan bagian dari penutup mesin, bodi samping, dan sidepod yang berkumpul di dekat suspensi belakang. Moncong mobil ini juga cukup unik, karena selain berundak, ada sesuatu yang spesial tersimpan di bagian undakannya. Nanti akan saya perlihatkan seperti apa bagian spesial itu. Nah, sekarang kita langsung saja masuk ke foto2nya. Ada tiga jenis foto di sini, yaitu foto studio, foto pembalap, dan foto dari tes pertama mobil ini saat tes pramusim hari pertama di Jerez kemarin. Karena sumber fotonya kurang, akhirnya dengan sangat terpaksa, foto2 dari tes pramusim harus diambil. Anggap saja ini improvisasi, mengingat Red Bull tidak memberi foto yang banyak untuk mobil barunya, tidak seperti musim lalu. Langsung saja, inilah foto2nya...
Sebagai foto pertama, adalah foto studio-nya. Sebenarnya mungkin lebih enak disebut sebagai sketsa dari mobil ini, karena ini bukan foto mobil aslinya. Hanya inilah foto2 yang berhasil didapatkan dari sumber utama foto2 launching F1 kita, website F1 Fanatic. Jumlahnya juga sangat sedikit, hanya dua. Tapi kalian jangan salahkan saya atau F1 Fanatic, karena Red Bull tidak memberi foto yang banyak. Jadi kalian tahu siapa yang harus disalahkan... hehehehehehe... baiklah, langsung saja... inilah foto2 sketsa mobil RB8.
Sekali lagi, ini hanya sketsa mobilnya, bukan mobil aslinya yang difoto. Dan hanya inilah foto2 yang dirilis oleh Red Bull untuk launching mobilnya. Tapi dari sini kalian bisa lihat mengenai detail mobilnya. Nanti kalau kalian masih belum ngerti, akan ada videonya, tapi nanti dulu, soalnya masih banyak foto2 lain yang ingin saya kasih lihat pada kalian. Sekarang foto2 pembalapnya. Untuk pembalap Red Bull Racing musim ini, semuanya masih sama, duo Sebastian Vettel dan Mark Webber, namun ada pergantian di test driver. Karena Daniel Ricciardo sudah pindah ke Hispania Racing Team pada pertengahan musim lalu, dan kemudian mendapat kursi di tim B Red Bull, Scuderia Toro Rosso pada musim ini, akhirnya ada test driver baru, yaitu Sebastian Buemi. Dia adalah pembalap tim Scuderia Toro Rosso musim lalu. Jadi anggap saja, ada pertukaran tempat, meskipun tidak langsung. Mau tahu seperti apa foto2 mereka ? Ini dia...
 Sebastian Vettel
Mark Webber
Sebastian Buemi
Nah, itulah foto2 pembalapnya. Itu foto low quality, lho... buat yang mau tahu. Khusus untuk foto2 ini, saya mendapatkannya dari sumber rahasia. Jangan tanya dari mana, pokoknya rahasia deh... dan pastinya sumber ini dapat dipercaya. Oke, sekarang lanjut... kita akan masuk ke foto2 tes mobil ini, yang diambil ketika tes pramusim hari pertama di sirkuit Jerez, Spanyol. Ini adalah untuk pertama kalinya RB8 muncul ke publik, setelah di-launching di pabrik mereka di Milton Keynes, Inggris, dan dimuat di situs resmi mereka. Sempat ada keterlambatan saat mereka akan menurunkan mobil ini ke lintasan, karena ada beberapa bagian mobil mereka yang terlambat datang lantaran kabut yang melanda Inggris, sehingga mengakibatkan penundaan penerbangan. Meskipun begitu, mobil ini akhirnya bisa turun ke lintasan, walaupun hanya sebentar. Mobil ini dites pertama kali oleh Mark Webber, dan Sebastian Vettel baru akan mengetes mobil ini besok. Mau tahu seperti apa foto aksi pertama RB8 ? Inilah foto2nya...
Nah, seperti itulah foto2nya. Cukup kan ? Anggaplah ini bisa memberi gambaran buat kalian tentang detail dari mobil ini. Kalau masih belum cukup, nanti ada videonya... nah, sekarang saya akan menjelaskan soal sesuatu yang spesial dari mobil ini, yang tidak ditemukan pada mobil lain. Anggap saja ini adalah bukti dari kejeniusan seorang Adrian Newey dalam memanfaatkan regulasi yang sudah ada ? Mau tahu seperti apa sesuatu yang spesial itu ? Sekarang lihat gambar berikut ini.
Ini adalah lubang udara yang ditaruh pada bagian miring moncong mobil RB8. Di saat mobil2 F1 yang lain membiarkan bagian miring mobilnya kosong begitu saja, justru di mobil ini, bagian miring moncong tersebut dipakai untuk membuat lubang udara tambahan. Saya pun langsung menjuluki moncong mobil ini sebagai hidung, karena terdapat dua lubang di moncongnya, yang membuatnya terkesan seperti hidung manusia. Kesannya, mobil ini bernapas, karena terdapat dua buah lubang yang akan menerima udara dari depan. Tapi bedanya dengan hidung manusia, lubang ini tidak bisa mengeluarkan udaranya kembali. Tujuan lubang ini dibuat adalah untuk pendinginan pada bagian sasis mobil, terutama untuk pembalap, ada juga yang bilang tujuannya adalah untuk mengoptimalkan aliran udara yang menuju ke airbox. Ada juga yang bilang kalau lubang ini berguna untuk mengurangi turbulensi udara yang dibuat oleh undakan moncong tersebut. Namun, ada juga kecurigaan kalau Red Bull ingin membuat semacam F-Duct jenis baru dengan memanfaatkan bagian miring mobil tersebut. Bisa saja ada saluran khusus di dalam mobil yang mengalirkan udara tersebut ke belakang, dengan lubang rahasia sudah tersedia di belakang untuk mengeluarkannya. Jika itu benar terjadi, maka Red Bull akan terbantu dengan lubang tersebut dan bisa saja mereka tidak akan terkejar lagi seperti musim sebelumnya. Apalagi kalau seandainya lubang ini dianggap legal oleh FIA, jika memang terbukti ada maksud seperti itu. Walaupun moncongnya agak kurang menarik, kalau kata banyak orang, tapi sepertinya ada tujuan aerodinamis yang ingin dicapai dengan bentuk moncong yang seperti ini. Seperti apa tujuan aerodinamisnya, saya nggak tahu, tapi yang pasti, ada niat dari Red Bull untuk menyiasati perubahan regulasi dan memanfaatkannya untuk membuat mobil yang dapat menyerap udara yang lebih banyak, sehingga mobil ini jauh lebih cepat dari sebelumnya. Jadi, mereka ingin lebih maju secara aerodinamis, bukan hanya pada tampilan mobil ataupun tenaga mesin. Kita akan lihat lebih jauh mengenai manfaat dari lubang udara ini sebenarnya saat balapan nanti. Benarkah tujuannya hanya untuk mendinginkan pembalap, atau ada tujuan rahasia ? Bisa saja, lubang ini menjadi senjata rahasia untuk Red Bull musim ini. Oke, saya pikir sudah cukup pembahasan saya mengenai "lubang hidung" mobil Red Bull ini. Sekarang kita masuk ke videonya. Video ini adalah video close-up dari RB8, dan seperti yang tadi saya bilang, mungkin ini bisa membantu Anda mengetahui seperti apa mobil ini dari dekat. Tepatnya, detail mobilnya. Video ini berdurasi 9 menit 46 detik. Inilah videonya...
Nah, itulah tadi videonya. Sebenarnya ada satu video lagi, yang merupakan video launching dari mobil RB8, langsung dari Red Bull, tapi model player-nya berbeda, jadi mungkin agak sulit untuk bisa dimasukkan ke dalam posting ini. Tapi video yang di atas sudah cukup kok, karena seluruh detail mobilnya sudah terlihat dengan jelas dalam video ini. Dengan mobil ini, target Red Bull sudah jelas, yaitu mempertahankan semua gelar yang mereka pegang musim lalu, yaitu Juara Dunia Pembalap dan Juara Dunia Konstruktor. Khusus untuk Sebastian Vettel, ada kesempatan untuk membuat hat-trick Juara Dunia F1. Setelah melihat mobil ini, banyak penggemar F1 yang sudah optimis Red Bull akan jadi Juara Dunia sekali lagi. Buat saya, mungkin target itu bisa tercapai. Dengan tidak banyak perubahan signifikan dari musim lalu, hanya sedikit penyesuaian pada moncong untuk memenuhi regulasi baru, saya pikir peluang Sebastian Vettel dan Red Bull untuk jadi Juara Dunia lagi sangat besar. Jika seandainya Sebastian Vettel berhasil jadi Juara Dunia F1 sekali lagi, maka dipastikan ia akan jadi pembalap termuda yang akan meraih hat-trick Juara Dunia. Kalau tidak ada masalah dalam perjalanan Red Bull sepanjang musim ini, maka dipastikan Red Bull akan kembali meraih gelar tanpa ada gangguan dari para pesaingnya. Kalau menurut saya, Red Bull selalu selangkah lebih maju dari tim lain, dan itu sudah terlihat pada musim lalu. Kita lihat saja apakah Red Bull berhasil mempertahankan gelar Juara Dunia-nya lagi atau tidak. Apapun bisa saja terjadi di lintasan, dan saya berharap, Red Bull sudah siap segalanya untuk menghadapi segala kondisi tersebut, baik atau buruknya.
Baiklah, seperti sudah cukup cerita dan penjelasan saya tentang mobil terbaru Red Bull ini, mudah2an kalian semua mengerti dengan segala penjelasan yang saya berikan, dan saya mohon maaf lagi kalau misalnya penulisan posting ini agak terlambat... karena saya baru aktif nge-blog tadi sore. Internet-nya sedikit ada gangguan saat ibu saya memakainya tadi siang, jadi waktu saya untuk menulis posting ini sedikit tertunda. Tapi apapun itu, semoga kalian semua bisa menikmati posting saya kali ini, sama halnya kalian menikmati posting2 saya sebelumnya. Besok, akan saya bahas mengenai mobil dari tim B Red Bull Racing, yaitu Scuderia Toro Rosso, yang meluncurkan mobilnya pada hari yang sama, namun pada waktu yang berbeda. Baiklah, sekarang saatnya untuk mengakhiri posting ini... sekian tulisan saya, dan Happy Enjoy!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar