Jumat, 18 November 2011

ARTI LOGO SEA GAMES XXVI

Sekarang Sea Games sudah memasuki hari kedelapan, dan sejauh ini Indonesia kokoh di puncak perolehan medali. Kita setiap hari selalu menyempatkan diri untuk memberi dukungan pada para atlet2 Indonesia yang berjuang untuk meraih medali melawan ribuan atlet dari 10 negara lain dalam berbagai cabang olahraga. Siaran Sea Games selalu jadi tontonan nomor satu selama beberapa hari ini, dan dari siaran itu bisa terlihat dukungan masyarakat terhadap kontingen Indonesia sangat luar biasa, dan cukup heboh. Nah, yang ingin saya bahas sekarang bukan soal siaran Sea Games ataupun serba-serbi Sea Games. Saya nggak ke Palembang ataupun ke Jakarta. Saya hanya mengikuti perkembangan soal Sea Games lewat TV dan internet. Yang ingin saya bahas adalah soal logo dari Sea Games. Kalian pasti sudah sering melihat logo Sea Games ini di berbagai tempat. Yang di Palembang dan di Jakarta, ini pasti sudah jadi pemandangan sehari-hari. Tapi adakah dari kalian yang mengetahui apa arti dari logo Sea Games ini ? Saya yakin Anda tidak semuanya tahu. Yang Anda tahu dari logo ini cuma ada Burung Garuda-nya. Itu karena ada kepala Burung Garuda di salah satu bagian logonya. Ya, memang itu benar. Kalau dilihat, logonya seperti menggambarkan Burung Garuda. Tapi tahukah Anda bahwa di balik Burung Garuda yang tergambar di logo ini, ada makna lain yang tersimpan. Dulu, di awal musim Premier League, saya membahas soal makna dari logo ulang tahun Arsenal yang ke-125 untuk kalian semua dan mendapat sambutan luas. Kini saya akan mencoba peruntungan saya lagi, saya akan membahas makna dari logo Sea Games tahun ini untuk kalian semua. Inilah penjelasannya.
Berdasarkan website Sea Games 2011, logo Sea Games ini melukiskan Burung Garuda dengan filosofi "Garuda Terbang di Atas Alam Indonesia". Kenapa logo Burung Garuda yang dipilih ? Itu karena burung Garuda adalah lambang negara Indonesia. Sebagai lambang negara, Burung Garuda sudah dikenal secara global dan langsung terasosiasikan dengan Indonesia. Gampangnya, kalau Indonesia, logonya pasti Burung Garuda, seperti itu. Selain itu juga, secara fisik, Burung Garuda melambangkan kekuatan, dan kepak sayapnya merepresentasikan kemegahan dan kejayaan. Bagian kepala Burung Garuda diwarnai merah, yang berarti simbol keberanian, semangat juang, semangat bertanding, dan juga sebagai cerminan rasa nasionalisme. Kalau arti gampangnya, warna merah itu salah satu bagian di bendera Indonesia. Maknanya ya tadi, keberanian. Sayap Garuda berupa guratan yang berwarna hijau berbentuk gunung, memiliki makna alam pegunungan Indonesia. Indonesia memiliki banyak gunung, pegunungan, dan perbukitan hijau yang sudah terbukti keindahannya, mampu memukau banyak orang. Bukan hanya orang Indonesia saja, tapi juga pendatang dari luar negeri. Arti gampangnya ya... warna hijau itu melambangkan keindahan alam Indonesia. Sementara di bawah logo terdapat guratan gelombang berwarna biru, yang melambangkan samudera Nusantara. Selain kaya dengan keindahan alamnya, Indonesia juga memiliki wilayah perairan yang cukup luas. Bahkan negara Indonesia terdiri atas ribuan kepulauan yang dihubungkan atau dipisahkan oleh daerah perairan. Perairan Indonesia ini juga memiliki keindahan yang tidak kalah dengan daerah pegunungannya, dan juga menyimpan potensi yang luar biasa. Kalau arti gampangnya, warna biru ini melambangkan perairan Indonesia. Selain itu elemen lain yang juga ada di logo ini adalah sebelas lingkaran kecil yang membentuk sebuah lingkaran besar. Ini melambangkan sebelas negara peserta Sea Games, yang semuanya berada di wilayah Asia Tenggara. Sea Games adalah kompetisi olahraga dua tahunan antar negara Asia Tenggara. Selain merupakan representasi dari sebelas negara peserta Sea Games, makna lain yang saya tangkap dari sebelas lingkaran kecil yang membentuk satu lingkaran besar itu adalah persatuan negara2 di kawasan Asia Tenggara. Sea Games adalah salah satu simbol persatuan dan persahabatan negara2 di kawasan Asia Tenggara, yang diwujudkan dengan membuat kompetisi olahraga yang mempertemukan atlet2 terbaik negara2 peserta Sea Games, untuk bertanding dan berjuang membawa nama negara mereka masing2, untuk meraih prestasi terbaik. Jadi sangatlah jelas di mata saya bahwa elemen sebelas lingkaran itu melambangkan persatuan negara2 di kawasan Asia Tenggara.
Apa konsep dari logo ini ? Konsepnya adalah Burung Garuda yang perkasa, bak sosok pengayom dan pelindung, terbang tinggi di atas bumi Pertiwi yang kaya akan sumber daya hutan, gunung, dan bahari. Semangat yang terdapat dalam konsep logo tersebut kiranya mampu menginspirasi atlet2 Indonesia, dari Sabang sampai Merauke. Bangga akan negerinya sendiri, dan secara sportif bertanding melawan negara2 sahabat untuk mendapatkan prestasi terbaik.
Logo ini diluncurkan pada perayaan 300 hari menjelang Sea Games di Teater Tanah Airku, Taman Mini Indonesia Indah, pada tanggal 15 Januari 2011. Acara peluncurannya disiarkan di salah satu TV swasta, dan dihadiri oleh banyak artis ternama, serta juga dihadiri oleh Menteri Negara Pemuda dan Olahraga, yang secara langsung mengumumkan peluncuran logo ini. Logo ini kemudian dimunculkan dalam berbagai media promosi Sea Games, dan menjadi bagian penting dalam promosi Sea Games, selain maskot mereka, Modo dan Modi, yang karakternya diambil dari Komodo, hewan langka khas Indonesia.
Nah, seperti itulah arti dan makna dari logo Sea Games XXVI. Ada arti luasnya, ada arti sempitnya. Itu untuk memudahkan kalian dalam membacanya. Pembahasan tentang makna logo Sea Games ini saya ambil dari website Sea Games 2011, dengan beberapa tambahan lain berdasarkan interpretasi saya terhadap logo ini. Mudah2an bisa bermanfaat buat semuanya... dan kita dukung terus atlet2 Indonesia di ajang Sea Games ini. Semoga terus menyumbangkan medali yang banyak dan memberikan kebanggaan besar untuk bangsa ini. Sekian tulisan saya, dan Happy Enjoy!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar