Jumat, 27 Juli 2012

2012 OLYMPICS VENUES

Olimpiade London 2012 sebentar lagi akan dibuka secara resmi, meskipun sebenarnya kegiatan olahraga di Olimpiade sudah dimulai sejak dua hari yang lalu, karena ada event sepakbola yang dipertandingkan, pada tanggal 25 Juli ada pertandingan sepakbola wanita, dan esoknya, tanggal 26 Juli menyusul pertandingan sepakbola pria. Kata siapa sepakbola hanya untuk pria saja ? Wanita juga boleh main bola, dan malah belakangan cabang ini makin diminati. Upacara pembukaan Olimpiade berlangsung hari ini, tepatnya Sabtu dini hari nanti, bertepatan dengan jam sahur, yaitu jam 3 pagi. Jadi nanti kita sahur sambil nonton Olimpiade. Nah, untuk posting saya kali ini, saya akan menulis tentang tempat2 yang akan menjadi tempat pertandingan cabang2 olahraga yang dilombakan di Olimpiade. London sebagai tuan rumah Olimpiade tahun ini sudah menyiapkan banyak tempat yang nantinya akan dipakai sebagai tempat pertandingan. Total, ada 32 tempat yang disediakan sebagai venue Olimpiade, di mana kebanyakan berada di wilayah London. Pusat dari semua kegiatan pertandingan di Olimpiade terletak di wilayah Stratford, London. Di sana berdiri sebuah kawasan Olimpiade yang disebut sebagai Olympic Park. Di kawasan itu, terdapat stadion utama yang berkapasitas 80000 penonton, stadion akuatik, stadion untuk pertandingan basket, hingga velodrome untuk balap sepeda dalam ruangan. Secara keseluruhan, venue di Olimpiade London 2012 terbagi menjadi tiga bagian, berdasarkan letaknya, yaitu:
  1. Olympic Park, terdiri atas stadion utama, stadion akuatik, stadion basket, arena bola tangan, arena hoki, arena balap sepeda (dalam ruangan dan sepeda BMX), wisma atlet, dan tempat latihan.
  2. Greater London Venues, terdiri atas venue2 yang terletak di wilayah London, namun tidak berada di dalam Olympic Park. Beberapa venue yang dipakai adalah tempat2 terkenal di London.
  3. Outside Greater London, terdiri atas venue2 yang terletak di luar wilayah London, dan tersebar di seluruh Inggris. Kebanyakan didominasi oleh stadion2 untuk pertandingan sepakbola.
Khusus untuk Greater London Venues, berdasarkan letaknya di wilayah London, dibagi dua, yaitu:
  1. River Zone, terdiri atas venue2 yang berada di sekitar sungai Thames.
  2. Central Zone, terdiri atas venue2 yang berada di seluruh wilayah Greater London, namun tidak berada di sekitar sungai Thames. Kebanyakan berada di wilayah London tengah dan London barat.
Sebagai perkenalan awal untuk kalian, inilah peta persebaran venue2 yang ada di Olimpiade London 2012, lengkap dengan nama tempat dan cabang olahraga yang dipertandingkan di tempat tersebut.
Berikutnya, akan saya perlihatkan dalam gambar2 berikut ini, seperti apa tempat2 yang menjadi venue untuk pertandingan2 di Olimpiade London 2012, dimulai dari venue2 di kawasan Olympic Park, lalu venue2 yang berada di wilayah London, dan terakhir, venue2 yang berada di luar London.
OLYMPIC PARK
Pada awalnya, Olympic Park London berupa daerah kawasan industri. Luasnya 500 are atau 2 km persegi. Letaknya berada di timur kota London. Semua venue2 utama Olimpiade berada di kawasan ini. Kawasan ini adalah kawasan Olimpiade terbesar di Eropa dalam 150 tahun. Setelah Olimpiade berakhir, Olympic Park London akan berubah nama menjadi Queen Elizabeth Olympic Park, untuk merayakan ulang tahun bertahtanya Ratu Elizabeth II yang ke-60, yang jatuh tahun 2012 ini. Di dalam Olympic Park, terdapat arena2 sebagai berikut:
Olympic Stadium
Kapasitas: 80.000 (55.000 temporer, 25.000 permanen)
Tempat upacara pembukaan dan penutupan
Venue: Atletik
Aquatics Stadium
Kapasitas: 17.500
Venue: Renang, lompat indah, dan renang indah
Basketball Arena
Kapasitas: 12.000
Venue: Bola basket, bola tangan (putaran final)
Copper Box
Kapasitas: 7000
Venue: Bola tangan, modern pentathlon (anggar)
London Velopark (Velodrome and BMX Track)
Kapasitas: 12.000 (6000 velodrome, 6000 BMX track)
Venue: Balap sepeda dan balap sepeda BMX
Water Polo Arena
Kapasitas: 5000
Venue: Polo air
Riverbank Arena
Kapasitas: 16.000
Venue: Hoki lapangan
Eton Manor
Kapasitas: 10.500
Venue Paralimpiade (tenis kursi roda)
Selain arena2 itu, di Olympic Park juga terdapat wisma atlet, disebut sebagai Olympic Village, yang nantinya akan dipakai sebagai tempat menginap para atlet dan ofisial tim. Juga ada International Broadcast Centre dan Media Centre yang menampung para wartawan yang bertugas selama Olimpiade, pusat perbelanjaan Westfield Stratford City, Stasiun Internasional Stratford, dan ArcelorMittal Orbit, bangunan seni publik terbesar di Inggris, yang terletak tepat di depan Olympic Stadium. The Orbit berfungsi sebagai menara pengamat bagi para pengunjung di Olympic Park. Tingginya 115 meter, nyaris setengah tinggi Menara Eiffel. Bentuknya seperti ini.
Itu tadi venue2 Olimpiade London 2012 yang berada di kawasan Olympic Park. Sekarang kita pindah ke venue2 yang berada di wilayah London, atau yang disebut sebagai Greater London Venues.
GREATER LONDON VENUES
Seperti penjelasan saya di bagian awal, Greater London Venues adalah venue2 yang terletak di wilayah London, namun tidak berada di kawasan Olympic Park. Berdasarkan posisinya, Greater London Venues dibagi dua, yaitu River Zone, berada di sekitar Sungai Thames, dan Central Venues, yang tersebar di wilayah barat dan tengah London. Berikut adalah venue2nya.
ExCeL (Exhibition Centre London) Exhibition Centre
Kapasitas: 5000-10000
Venue: Tinju, anggar, judo, tenis meja, taekwondo, angkat berat, gulat
Greenwich Park
Kapasitas: 23000
Venue: Berkuda, modern pentathlon (berkuda, lari, menembak)
North Greenwich Arena (The O2 Arena)
Kapasitas: 20000
Venue: Bola basket (final), senam (artistik dan trampolin)
Royal Artillery Barracks
Kapasitas: 7500
Venue: Menembak
All England Lawn Tennis and Croquet Club (Wimbledon)
Kapasitas: 30000
Venue: Tenis lapangan
Earls Court Exhibition Centre
Kapasitas: 15000
Venue: Bola voli (indoor)
Horse Guards Parade
Kapasitas: 15000
Venue: Bola voli (pantai)
Hyde Park
Kapasitas: 3000
Venue: Triathlon, renang (maraton)
 Lord's Cricket Ground
Kapasitas: 6000 (temporer)
Venue: Panahan
Marathon Course
Panjang: 42,195 km (1 sirkuit 3,571 km + 3 sirkuit 12,875 km)
Start dan finish: The Mall
Kapasitas: Not listed
Venue: Lari maraton
Regent's Park
Kapasitas: Not listed
Venue: Balap sepeda (road track)
Wembley Arena
Kapasitas: 6000
Venue: Bulutangkis, senam ritmik
Wembley Stadium
Kapasitas: 90000
Venue: Sepakbola (final)
Seperti itulah venue2 Olimpiade London 2012 yang berada di wilayah kota London. Sekarang saya akan memperlihatkan pada kalian venue2 Olimpiade London 2012 yang berada di luar kota London. Venue2 ini disebut sebagai Outside Greater London Venues.
OUTSIDE GREATER LONDON VENUES
Venue2 yang masuk dalam kategori ini lokasinya berada jauh di luar kota London. Meski begitu, beberapa venue berjarak tidak jauh dari kota London. Di dalam daftar venue2 di luar kota London ini sudah termasuk diantaranya lima stadion sepakbola, dua diantaranya ada di Wales dan Skotlandia. Venue2 di luar kota London ini terdiri atas:
 Eton Dorney (Eton Dorney Rowing Centre)
Kapasitas: 30000 (maksimal)
Venue: Dayung dan balap perahu kano
Hadleigh Farm
Kapasitas: 20000 (termasuk tribun 3000 kursi)
Venue: Sepeda gunung
 Lee Valley White Water Centre
Kapasitas: 12000 (maksimal)
Venue: Slalom perahu kano
Weymouth and Portland National Sailing Academy
Kapasitas: 4000
Venue: Perahu layar
Untuk venue2 berikut ini, kalian pasti sudah kenal. Ini adalah venue2 yang dipakai untuk menggelar pertandingan sepakbola di Olimpiade 2012. Ada lima stadion, tiga di Inggris, satu di Wales dan satu di Skotlandia. Dua dari tiga stadion yang dipakai sebagai venue di Inggris adalah stadion klub Premier League, dan satu lainnya adalah stadion klub Championship Division (Divisi I Liga Inggris). Final sepakbola akan digelar di Wembley Stadium. Berikut adalah kelima stadion tersebut:
City of Coventry Stadium (Ricoh Arena)
Lokasi: Coventry, Inggris
Pemilik stadion: Coventry City FC
Kapasitas: 32500
Hampden Park
Lokasi: Glasgow, Skotlandia
Pemilik stadion: Tim nasional Skotlandia
Kapasitas: 52000
 Millennium Stadium
Lokasi: Cardiff, Wales
Pemilik stadion: Tim nasional Wales, tim nasional rugby Wales
Kapasitas: 74600
Old Trafford
Lokasi: Manchester, Inggris
Pemilik stadion: Manchester United
Kapasitas: 76000
 St. James Park
Lokasi: Newcastle-upon-Tyne, Inggris
Pemilik stadion: Newcastle United
Kapasitas: 52409
Semua kapasitas ditulis dalam satuan penonton.
Seperti itulah venue2 Olimpiade 2012 yang berada di luar kota London, yang di dalamnya juga termasuk lima stadion sepakbola. Semua venue2 ini sudah siap untuk menggelar semua pertandingan yang ada di Olimpiade 2012, mulai besok hingga nanti saat penutupan tanggal 12 Agustus nanti. Yang pasti, London sudah siap untuk menggelar Olimpiade.
Baiklah, saya pikir sudah cukup tulisan saya untuk kali ini, semoga bisa memberi informasi baru untuk kalian semua. Posting ini cukup panjang, karena banyak gambarnya, tapi mudah2an gambar2 di atas bisa memberi gambaran buat kalian semua seputar venue2 yang dipakai di Olimpiade London 2012 nanti. Ingat, upacara pembukaan Olimpiade London 2012 berlangsung nanti pas sahur, jam 3 pagi. Jadi, sekalian sahur, kalian juga bisa nonton pembukaan Olimpiade. Tenang saja, upacara pembukaannya akan disiarkan oleh RCTI dan TVRI. Keduanya juga akan menayangkan siaran langsung pertandingan sepakbola dan bulutangkis, dan khusus untuk TVRI, ada Antar Gelanggang, yang akan menyiarkan semua cabang olahraga di Olimpiade, secara bergantian, dalam beberapa sesi, seperti di Olimpiade Beijing 2008 yang lalu. Oke, kalau begitu sekarang saatnya saya untuk mengakhiri posting ini, sekian posting saya, dan Happy Enjoy!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar