Rabu, 18 Juli 2012

FASHION: ZENIT ST. PETERSBURG 2012-2013 KIT

Saya masih membahas soal kostum klub2 asal Rusia, kalau tadi kostum dari Spartak Moskow yang saya tulis, kini yang akan saya tulis adalah kostum baru dari klub yang ada di daerah yang cukup dingin di Rusia, berada di utara Moskow, yaitu Zenit St. Petersburg. Klub ini berasal dari kota St. Petersburg, dan merupakan salah satu klub terkenal di Rusia. Klub ini juga merupakan salah satu klub terkaya di Rusia, karena kepemilikan klub ini yang dipegang oleh perusahaan gas alam terbesar di Rusia, yang juga merupakan sponsor utama klub, yaitu Gazprom. Klub ini dulu terkenal sebagai klub yang mengorbitkan nama Andrei Arshavin, sebelum pindah ke Arsenal, dan juga merupakan klub yang menjadi tempatnya bermain setelah ia mengalami masa2 sulit bersama dengan Arsenal. Yang akan saya tulis di sini adalah tentang kostum baru mereka untuk musim depan. Mereka meluncurkan dua kostum sekaligus, kostum kandang dan kostum tandang. Berikut adalah penjelasan tentang kostum2 ini.
Kostum kandang Zenit St. Petersburg musim depan berwarna biru laser, dengan pola gambar panah yang mengarah ke atas, yang masing2 ujung2nya berasal dari pinggang kiri bawah dan bagian pinggang tengah kostum, berwarna biru. Pola panah ini berpusat pada bagian dada kanan atas, di mana terdapat logo klub. Logo klub berwarna putih dengan detail biru tua, dan di baliknya terdapat tulisan yang menyatakan kesetiaan para pemain dan fans Zenit pada klubnya. Warna putih juga dipakai untuk detail logo apparel Nike dan logo sponsor Gazprom, yang untuk kompetisi di Rusia, memakai aksara Cyrillic. Kerah berbentuk lingkaran dan berwarna biru laser. Pada bagian kerah dalam terdapat gambar logo klub yang diapit oleh dua ekor singa, berwarna emas. Logo singa ini merupakan salah satu simbol penting yang berhubungan dengan klub ini dan kota St. Petersburg. Celana kostum berwarna biru laser dengan strip putih di bagian belakangnya. Kaus kakinya berwarna biru laser dengan strip putih pada bagian atasnya. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa lihat gambar2 berikut.
Itu tadi adalah kostum kandangnya, sekarang yang akan saya tulis adalah kostum tandangnya, yang memiliki pola yang sama namun dengan warna yang berbeda.
Kostum tandang Zenit St. Petersburg musim depan berwarna putih, dengan pola gambar panah yang mengarah ke atas, yang masing2 ujung2nya berasal dari bagian pinggang kiri dan bagian pinggang tengah kostum, berwarna biru laser. Sama dengan kostum kandangnya, panah ini berpusat pada bagian dada kanan atas kostum, di mana terdapat logo klub. Logo klub berwarna putih dengan detail berwarna biru laser. Di balik logo terdapat tulisan yang menyatakan kesetiaan pemain dan fans Zenit pada klubnya. Detail logo apparel berwarna biru laser, sementara detail logo sponsor berwarna biru tua dengan pinggiran putih. Kerah kostum berwarna lingkaran dan berwarna putih. Pada bagian kerah dalam kostum terdapat logo klub yang diapit oleh dua ekor singa, berwarna emas. Celana kostum berwarna putih, dengan strip biru laser pada bagian belakangnya. Kaus kakinya berwarna putih dengan strip berwarna biru laser. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa lihat logo2 berikut.
Seperti itulah kostum kandang dan kostum tandang dari Zenit St. Petersburg untuk musim depan. Dalam pembuatan kostum ini, para desainer Nike terinspirasi dari dua hal, yaitu logo klub, yang berbentuk tulisan Zenit dalam aksara Cyrillic yang membentuk panah pada ujung kanannya, dan sebuah tempat terkenal di St. Petersburg, yaitu Pulau Vasilyevsky. Gambar panah yang menjadi pola utama dalam desain kostum adalah ciri baru dalam kostum ini, dan sering ditampilkan secara berulang dalam gaya konstruksi Rusia. Bentuk panah yang mengarah ke atas secara diagonal melambangkan keinginan klub untuk meraih kemenangan.
Sebuah awal baru pada desain kostum baru klub2 di Rusia, di mana kini klub2 Rusia mendapat desain kostum yang benar2 baru dari sebelumnya, dengan pola2 yang menarik dengan warna yang lebih mencirikan identitas klub. Kostum ini adalah salah satu contohnya. Pola panah pada kostum ini menjadi ciri khas utama, dan membuat kostum ini terlihat lebih keren. Apalagi kalau Anda melihat logo klubnya, Anda akan menemukan relevansi yang jelas antara kostum dan ciri khas klub ini. Tapi sebenarnya kalau menurut saya ada sesuatu yang kurang. Ada gambar kapal pada logo klub. Kalau menurut saya, gambar kapal itu bisa ditaruh pada bagian kerah belakang kostum. Itu akan membuat semua bagian logo klub memiliki tempatnya masing2 di kostum ini. Tapi apa yang saya lihat sudah sangat bagus. Kostum ini sangat simpel dan keren. Apalagi dengan desain panahnya yang membuat kostum ini menjadi baru dan beda dari sebelumnya. Benar2 ini adalah awal baru untuk desain kostum klub2 di Rusia, menampilkan ciri klub dengan cara yang elegan dan dengan bentuk yang keren pula.
Baiklah, saya pikir segini saja tulisan saya untuk kali ini, semoga bisa memberikan informasi yang baru untuk kalian semua. Kostum Zenit St. Petersburg menjadi bagian kedua dari serial posting saya tentang kostum baru klub2 Rusia untuk musim depan, yang bisa saya sebut sebagai "From Russia With the New Kit", sebelumnya saya sebut dengan "From Russia With Love", mengikuti tren yang sudah ada, tapi sekarang inilah judulnya. Masih akan ada satu kostum klub Rusia lain yang akan saya tampilkan di blog ini, yang akan menjadi penutup dari serial posting "From Russia With the New Kit" ini, saya akan kembali ke Moskow untuk membahas kostum dari klub CSKA Moskow. Tunggu saja kehadiran postingnya di sini. Oke, sekarang saatnya untuk mengakhiri posting ini, sekian posting saya, dan Happy Enjoy!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar