Minggu, 08 Juli 2012

FASHION: AJAX AMSTERDAM 2012-2013 KIT

Sekarang yang akan saya bahas adalah kostum baru dari klub sepakbola terkenal asal Belanda, yaitu Amsterdamsche Football Club Ajax, atau AFC Ajax, atau yang kita kenal sebagai Ajax Amsterdam. Klub ini sudah mengoleksi 31 gelar Eredivisie (Liga Belanda) dan gelar terakhir mereka raih pada musim lalu. Ajax Amsterdam, yang dilatih oleh pelatih muda sekaligus mantan pemain timnas Belanda, Frank de Boer ini baru saja meluncurkan kostum kandangnya, dan sudah meluncurkan kostum tandangnya tepat pada akhir musim lalu. Dalam posting ini, saya akan membahas mengenai kedua kostum tersebut.
Berdasarkan urutan peluncurannya, maka yang akan saya bahas terlebih dahulu adalah kostum tandangnya. Kostum tandang Ajax Amsterdam untuk musim depan akan berwarna biru tua, dengan strip hijau terang. Pada bagian badan kostum terdapat pola tanda silang, yang bertemu pada bagian logo kostum, di bagian dada atas. Sementara salah satu perpanjangan garisnya membentuk pola garis2 yang semakin ke bawah, ukuran lebarnya semakin kecil. Tanda silang ini diambil dari lambang kota Amsterdam, yang berupa perisai berwarna merah-hitam-merah dengan tiga tanda silang di tengahnya. Lambang ini hampir selalu menginspirasi kostum Ajax Amsterdam setiap musimnya. Kerah kostum berbentuk V, dengan warna hijau terang. Pada bagian ujung lengan berwarna hijau terang. Untuk celananya, berwarna hijau terang, dengan strip biru tua, kebalikan dari atasannya. Sementara untuk kaus kakinya, pengaturan warnanya berbalik kembali, mengikuti warna atasannya, biru tua dengan strip hijau terang. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa lihat gambar berikut.
Itu tadi kostum tandangnya, sekarang yang akan saya jelaskan adalah kostum kandangnya, yang sudah terkenal sejak era Johan Cruyff (malah mungkin lebih dulu lagi), hingga sekarang. Kostum ini termasuk salah satu kostum terkenal di dunia, selain kostum merah-biru khas Barcelona, kostum merah-hitam khas AC Milan, dan kostum biru-hitam khas Inter Milan.
Kostum kandang Ajax Amsterdam berwarna putih-merah-putih, dengan strip merah. Bentuk kerahnya sama dengan kostum tandangnya, yaitu kerah V, berwarna putih dengan pinggiran merah. Pada bagian ujung lengan berwarna putih, dan di atasnya terdapat strip kecil berwarna merah. Pada bagian kerah belakang kostum terdapat gambar perisai lambang kota Amsterdam. Bagian yang paling unik dalam kostum ini ada pada bagian perut, di mana terdapat gambar bayangan logo Ajax Amsterdam yang lama. Pada bagian logo kostum terdapat tiga bintang, yang melambangkan prestasi Ajax Amsterdam sebagai juara 31 kali Liga Belanda. Satu bintang melambangkan sepuluh gelar juara. Celana kostum berwarna putih strip merah, dengan bagian karet depan celana terdapat detail yang bergambar bendera kota Amsterdam dalam posisi berdiri. Sementara pada kaus kaki, berwarna putih dengan strip merah. Ada tulisan Ajax di bagian depan dan logo apparel Adidas di bagian belakang. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa lihat gambar berikut.
Tulisan ini berarti "Old logo watermark in the front of shirt"
Itu tadi kostum kandang dan tandang dari Ajax Amsterdam. Sekedar lampiran saja, buat yang tidak tahu seperti gambar logo lama Ajax Amsterdam yang bayangannya ada pada bagian perut kostum, seperti inilah gambar logonya. Logo ini adalah logo Ajax Amsterdam dari tahun 1928 hingga 1990. Logo ini yang menjadi awal mula dari logo Ajax Amsterdam saat ini.
Logo Ajax Amsterdam saat ini adalah versi abstrak dari logo yang ada di atas. Logo itu dibentuk dari 11 buah garis, yang memiliki makna 11 pemain dalam sebuah tim sepakbola. Logo Ajax Amsterdam adalah gambar wajah samping dari salah satu pahlawan Yunani, Ajax.
Baiklah, saya pikir segitu saja tulisan saya untuk kali ini, semoga bisa memberi informasi baru untuk kalian semua. Kostum Ajax Amsterdam memang belakangan ini jarang terlihat di penjual2 pakaian, tapi kalau untuk versi KW-nya, masih bisa didapat. Kalian cari saja sendiri, buat yang berminat. Oke, sekarang saatnya saya untuk mengakhiri posting ini, sekian posting saya, dan Happy Enjoy!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar