Sabtu, 07 Juli 2012

FASHION: BORUSSIA DORTMUND 2012-2013 NEW KIT

Setelah kemarin membahas kostum baru dari klub di Premier League dan Serie-A, kini saatnya saya untuk menyambangi klub juara Bundesliga dan DFB Pokal musim lalu, Borussia Dortmund. Klub yang terkenal dengan pemain2nya seperti Robert Lewandowski, Jakub "Kuba" Blaszczynkowski, Lukas Piszczek, Mario Gotze, Mats Hummels, dan telah mengorbitkan bintang Jepang Shinji Kagawa ini tampil dengan kostum baru mereka yang dibuat oleh apparel Puma, menggantikan apparel mereka sebelumnya, yaitu Kappa. Warnanya tetap sama, kuning dengan strip hitam, tapi tidak ada lagi pola titik2 berwarna hitam yang menghiasi bagian badan kostum ini. Musim depan, tim ini tampil dengan kostum yang lebih "bersih" dan "minimalis". Selain memperkenalkan kostum kandangnya, Borussia Dortmund juga memperkenalkan kostum tandang dan kostum ketiganya, yang juga merupakan buatan dari apparel Puma. Ketiga kostum Borussia Dortmund ini akan saya jelaskan satu per satu di bawah ini.
Ini adalah kostum kandang Borussia Dortmund untuk musim depan. Seperti yang saya katakan, kostum mereka kali ini lebih "bersih" dan "minimalis" dari kostum sebelumnya, yang terkesan "ramai" dengan banyaknya pola titik2 yang ada pada bagian badan kostum itu. Kostum kandang Borussia Dortmund berwarna kuning, dengan strip hitam. Kerahnya berbentuk kerah bundar dengan warna hitam strip kuning. Pada bagian ujung lengan terdapat strip berwarna hitam. Kostum ini serupa dengan kostum timnas Italia di Euro 2012 yang lalu. Pada bagian kerah dalam, terdapat tulisan motto Borussia Dortmund, yaitu "Echte Liebe", yang berarti "True Love". Pada bagian logo, terdapat tambahan satu bintang (biasanya logo Borussia Dortmund hanya memiliki satu bintang), yang melambangkan kesuksesan mereka menjuarai Bundesliga sebanyak delapan kali. Satu bintang mewakili empat gelar Bundesliga. Biasanya pada bagian belakang kostum akan terdapat tulisan nama klub, sebagai ciri identitas klub di Bundesliga. Tapi untuk kali ini, tulisan itu belum dimunculkan. Mungkin baru akan dimunculkan pada saat musim Bundesliga sudah berjalan.
Kostum tandang Borussia Dortmund untuk musim depan akan berwarna hitam, dengan strip kuning. Pada bagian dada atas terdapat garis diagonal yang membagi pola dalam kostum. Di dalam pola diagonal yang ada pada bagian dada atas kostum terdapat bayangan tulisan BVB, inisial Borussia Dortmund, yang ditulis secara berulang-ulang, sementara di bagian bawah kostum tidak ada pola alias polos. Strip kuning berada pada dada kanan atas, melewati logo klub. Berbeda dengan kostum kandangnya, untuk kostum ini kerahnya berbentuk lingkaran, dengan warna hitam. Di bagian kerah dalam juga terdapat tulisan "Echte Liebe" dan di atasnya terdapat strip berwarna kuning. Kostum ini serupa dengan kostum kandang timnas Republik Ceko di Euro 2012, perbedaan terletak pada warnanya saja.
Untuk kostum ketiga Borussia Dortmund, warnanya abu2 dengan strip hitam. Sama seperti kostum tandang, kerah kostum juga berbentuk lingkaran dan berwarna hitam. Di bagian kerah dalam juga terdapat tulisan "Echte Liebe". Pada bagian ujung lengan kostum terdapat strip berwarna hitam. Kostum ini serupa dengan kostum tandang timnas Republik Ceko di Euro 2012 kemarin. Lagi2, yang membedakan adalah warna.
Kalau menurut saya, kostum Borussia Dortmund untuk musim depan ini cukup simpel dan bagus, tidak ada pola yang membuat kostum ini terlihat "ramai", dan khusus untuk kostum kandangnya, kerahnya sangat bagus. Kostum ketiganya kalau menurut saya terlalu biasa, sementara untuk kostum tandangnya masih cukup bagus. Kekurangan dari kostum ini adalah kostum ini berasal dari kostum yang sudah ada sebelumnya, dan bahkan pola kostumnya masih cukup dihafal orang. Terutama kostum kandang dan kostum tandangnya, yang diambil dari kostum timnas Italia dan timnas Republik Ceko di Euro 2012 kemarin. Walaupun begitu, kostum ini terlihat bagus dengan warna khas Borussia Dortmund di dalamnya. Mungkin ini adalah pola kostum utama yang ditawarkan oleh Puma pada klub ini, setelah keberhasilan salah satu pemakai kostumnya di Euro 2012 kemarin, yaitu Italia. Mungkin Puma mengharapkan kesuksesan Italia menembus Final Euro 2012 kemarin bisa lebih memotivasi Borussia Dortmund untuk menjadi juara Jerman sekali lagi. Bisa saja maksud dan tujuannya seperti itu. Tapi secara keseluruhan kostum ini, terutama kostum kandang dan tandangnya, cukup bagus, sementara kostum ketiganya terkesan biasa saja.
Baiklah, saya pikir segitu saja tulisan saya untuk kali ini, semoga bisa memberikan informasi baru untuk kalian semua. Saya justru jadi berpikiran, dengan pola kostum Borussia Dortmund yang mirip dengan kostum timnas Italia di Euro 2012 kemarin, akankah versi replikanya, baik yang KW atau yang low-end, beredar dengan subur di penjual2 pakaian, seperti halnya kostum timnas Italia ? Pembuat kostum hanya tinggal mengubah warna bahannya saja, dan kemudian membuat kostum yang sama dengan kostum timnas Italia, tetapi dengan identitas Borussia Dortmund. Bisa saja, bukan ? Yang pasti, saat Euro 2012 kemarin, kostum timnas Italia adalah yang paling mudah ditiru oleh para pembuat kostum dan yang paling banyak beredar di penjual pakaian. Mungkinkah kostum Borussia Dortmund akan seperti itu ? Bisa saja. Oke, sekarang saatnya saya untuk mengakhiri posting saya, sekian posting saya, dan Happy Enjoy!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar