Kamis, 12 Juli 2012

FASHION: ARSENAL 2012-2013 AWAY KIT

Dulu saya sudah pernah menulis tentang kostum kandang Arsenal untuk musim depan, yang memiliki strip biru pada bagian ujung lengannya. Menurut saya, itu cukup unik dan tidak biasa untuk kostum Arsenal. Sekarang saya akan menulis tentang kostum tandang Arsenal untuk musim depan, yang juga tidak kalah unik dari kostum kandangnya. Kostum ini sebenarnya sudah bocor beberapa bulan sebelum diluncurkan, saat itu kostum ini ikut bocor bersama kostum baru Barcelona dan kostum baru Manchester United. Bahkan, kostum kandang Arsenal juga termasuk di antara kostum2 yang bocor itu. Karena kemudian kostum2 yang bocor itu benar adanya, dipakai oleh klub2 tersebut untuk musim depan, maka kostum ini hanya tinggal menunggu waktu untuk diluncurkan. Tanggal 11 Juli kemarin, kostum ini resmi diluncurkan. Seperti apa kostum tandang Arsenal yang baru ini ? Berikut penjelasannya.
Kostum tandang Arsenal untuk musim 2012-2013 nanti akan berwarna ungu tua dan hitam garis2, dengan tambahan strip berwarna merah. Kostum ini memiliki tema dan konsep "Purple Reign", yang berhubungan dengan event besar yang sedang berlangsung di Inggris saat ini dan juga sejarah Arsenal sendiri, yang memiliki hubungan dengan kerajaan Inggris. Warna ungu tua dipilih sebagai simbol perayaan ulang tahun naik tahta Ratu Elizabeth II yang ke-60, atau yang juga disebut sebagai Diamond Jubilee. Warna yang sama juga dipakai sebagai warna kalung medali Olimpiade 2012, yang akan digelar akhir bulan ini di London. Kostum ini sendiri juga terinspirasi dari sejarah Arsenal, di mana pada tahun 1890-an, Arsenal sempat dikenal sebagai Royal Arsenal. Royal Arsenal, yang pada awalnya bernama Dial Square, didirikan di pabrik senjata dan amunisi Arsenal di Woolwich, London Selatan. Nama Dial Square saat itu diambil dari salah satu workshop mereka. Belakangan, para pendiri klub memutuskan untuk mengganti nama klub. Mereka mengambil nama pub tempat mereka bertemu, Royal Oak, dan menggabungkannya dengan nama pabrik tempat mereka bekerja, sehingga kemudian lahirlah nama Royal Arsenal. Koneksi antara kerajaan Inggris dan sejarah Arsenal itulah yang kemudian menjadi landasan utama lahirnya kostum ini.
Kostum tandang baru ini berwarna ungu tua dan hitam garis2. Pola garis antara bagian badan kostum dan bagian lengan kostum berbeda, di mana tebal garis pada bagian badan kostum lebih besar daripada tebal garis di bagian lengan. Perbedaan pola garis ini dimaksudkan untuk memberi efek modern pada kostum ini. Pada bagian ujung lengan terdapat strip berwarna merah, yang merupakan simbol dari kostum kandang Arsenal yang sangat terkenal. Kerah kostum berbentuk lingkaran, dengan warna hitam. Pada bagian kerah dalam, terdapat tulisan motto klub, yaitu "Victoria Concordia Crescit", yang berarti "Victory Through Harmony". Sementara di bagian kerah belakang luar kostum, terdapat gambar formasi WM yang dulu pernah dipakai Arsenal pada era 1930-an, dengan tulisan inisial klub, AFC, dalam lingkaran di tengahnya. Gambar formasi ini memiliki makna penghormatan kepada pelatih legendaris Arsenal, Herbert Chapman. Dulu, ialah yang menciptakan formasi ini dan menerapkannya pada Arsenal, membuat Arsenal meraih banyak prestasi pada saat itu. Untuk celananya, berwarna hitam, dengan logo Arsenal di sisi kiri dan logo apparel Nike di sisi kanannya. Sementara untuk kaus kakinya, berwarna ungu tua dan hitam garis2, dengan strip merah di bagian tengahnya dan warna hitam di bagian atasnya. Kaus kaki bergaris ini juga merupakan salah satu inovasi Herbert Chapman, ia memperkenalkan kaus kaki dengan pola bergaris untuk memudahkan para pemain dalam mencari temannya di lapangan, sehingga aliran bola jadi lebih terarah. Untuk lebih jelasnya soal kostum tandang baru Arsenal ini, kalian bisa lihat gambar berikut.
Itu gambarnya. Sekedar info, untuk kostum kipernya, warnanya serba pink. Kalian bisa lihat gambar di atas, kostum itu dipakai oleh Wojciech Szczesny. Saya pikir kostum itu sangat bagus untuk dihadiahkan pada Tiffany Hwang... secara dia suka dengan warna pink! Hahahahahahaha...
Menurut penilaian saya, kostumnya sangat unik. Memang sudah sering Arsenal mendapat kostum tandang dengan warna2 unik seperti ini, tapi kostum ini termasuk yang cukup unik. Warna ungu jarang ada dalam sepakbola, dan kalau dilihat warnanya, ini bukan ungu biasa. Ini warna solid purple, di mana warna ungu-nya lebih tua dari ungu biasa. Kalau mau dibilang, ini warna ungu yang maskulin. Biasanya, warna ungu itu cenderung feminin. Tapi kalau warnanya berubah menjadi solid purple, warna ungu-nya sudah berbeda. Jadi nggak usah mikir2 dan malu untuk pakai kostum ini. Ditambah dengan warna hitam, justru makin membuat warna solid purple ini jadi semakin solid, karena pada warna solid purple, tingkat warna gelapnya sangat tinggi, sehingga memberi efek gelap pada kostum ini, sekaligus memperkuat warna ungu yang ada di kostum ini. Tambahan warna merah pada kostum ini memberi kesan "menyala" pada kostum ini. Seolah-olah seluruh kostumnya gelap, tapi pada bagian ujung lengan ada yang terang. Biarpun porsi warnanya sedikit, tapi karena kostumnya gelap, warna merah ini justru terlihat mencolok, sehingga terkesan seperti menyala-nyala. Secara keseluruhan, kostum ini cukup bagus dan cukup unik, warnanya sangat bagus, dan sangat menarik. Mungkin dari kejauhan, Anda akan melihat kostum ini serba gelap, tapi kalau Anda lihat lebih dekat, ada warna yang berbeda di dalamnya, dan efek kostumnya sangat keren. Kostum ini baru akan tersedia pada tanggal 9 Agustus 2012 nanti, dan selama satu bulan ke depan, kostum ini sudah tersedia untuk dipesan oleh para fans yang berminat.
Baiklah, saya pikir segini saja dulu tulisan saya untuk kali ini, semoga bisa memberi informasi baru untuk kalian semua. Soal kostum KW-nya, karena kostum ini sudah bocor jauh sebelum kostum ini diluncurkan, maka versi KW-nya sudah tersedia di beberapa penjual pakaian terdekat. Tapi kalau bisa kalian perhatikan detailnya terlebih dahulu, biasanya kostum yang sudah bocor dan dibuat versi KW-nya, masih banyak salahnya, karena detail yang ditampilkan saat kostum itu bocor hanya pada bagian2 tertentu saja (terutama bagian depan), sementara bagian2 lainnya dibiarkan kosong karena tidak ada keterangan yang jelas, atau tidak ada fotonya. Sehingga ketika kemudian dibuat versi KW-nya, detailnya tidak lengkap. Kecuali jika foto bocornya sudah menampilkan seluruh bagian kostumnya dan kostumnya sudah pasti akan dipakai, maka kostum itu bisa dikatakan sudah lengkap. Tinggal uangnya ada atau nggak, itu yang jadi masalah berikutnya. Kalau sudah urusannya seperti itu, Anda sendiri yang menyelesaikannya. Hehehehehehe... oke, sekarang saatnya saya untuk mengakhiri posting ini, sekian posting saya, dan Happy Enjoy!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar