Sabtu, 26 Mei 2012

2012 MONACO GP HELMETS: LOTUS DRIVERS

Kemarin saya sudah cerita soal helm yang akan dipakai oleh Fernando Alonso, sekarang yang akan saya ceritakan adalah helm yang akan digunakan oleh kedua pembalap Lotus F1 Team, yaitu Kimi Raikkonen dan Romain Grosjean untuk GP Monako 2012. Khusus untuk balapan ini, yang merupakan balapan ke-500 tim ini berdasarkan sejarah tim (dulu Lotus F1 Team dikenal sebagai tim Toleman, Benetton, dan Renault), kedua pembalap ini memakai helm dengan desain khusus. Romain Grosjean memakai helm baru yang sama dengan helm yang ia biasa pakai, dengan warna yang berbeda, sementara Kimi Raikkonen memakai helm khusus sebagai penghormatan terhadap seorang pembalap Formula 1. Ia memakai desain helm yang sama dengan helm pembalap itu, namun dengan sedikit modifikasi. Ingin tahu helm mereka seperti apa ? Posting ini akan menceritakannya, dimulai dari Romain Grosjean terlebih dulu, kemudian dilanjutkan dengan Kimi Raikkonen, berdasarkan waktu publikasi helm ini.
Romain Grosjean memakai helm baru dengan desain yang sama dengan helm yang biasa ia pakai, namun dengan warna yang berbeda. Bila biasanya ia memakai helm yang berwarna hitam dengan strip orange dan emas, maka untuk GP Monako ini, ia akan memakai helm berwarna putih dengan strip merah, biru, dan emas. Warna merah, putih, dan biru bisa bermakna warna bendera Perancis, yang merupakan asal negaranya. Di helm ini juga terdapat tulisan sponsor tim yang juga merupakan sponsor pribadinya, merek oli asal Perancis, Total, pada bagian latar belakang dan di bagian kepala helm. Di bagian bibir helm juga terdapat tulisan sponsornya yang lain, yaitu Com'On Racing! Di samping helm terdapat logo Romain dan tulisan pembuat desain helm, yaitu Aero Paint, dan merek helmnya, yaitu Bell. Helm ini diluncurkan secara resmi, baik foto dan desainnya, di Facebook pribadinya. Helm ini juga sudah dipakai di sesi latihan resmi GP Monako kemarin. Seperti apa helm yang akan dipakai Romain Grosjean di GP Monako nanti ? Ini dia...
Itu tadi helm dari Romain Grosjean, yang foto dan desainnya sudah saya lampirkan di atas. Kalian bisa melihat gambar2nya untuk mengetahui seperti apa detail dari helmnya. Sekarang, seperti apa helmnya Kimi Raikkonen untuk GP Monako nanti ? Ia juga memakai helm desain khusus untuk balapan ini. Seperti ini helmnya, yang bergaya retro ala 1970-an.
Kimi Raikkonen sudah sering tampil dengan desain helm khusus untuk GP Monako. Tetapi biasanya desain helmnya tidak jauh berbeda dengan desain helm yang biasa ia gunakan pada musim itu. Tapi untuk balapan musim ini, Kimi Raikkonen tampil dengan helm yang berbeda. Ia memakai desain helm khusus bergaya retro untuk menghormati Juara Dunia F1 1976, James Hunt. Kimi memakai desain helm yang sama dengan yang dipakai oleh James Hunt saat ia membalap pada 1970-an, dengan sedikit modifikasi di bagian belakangnya. Ketika ia membalap dulu, James Hunt memakai helm berwarna hitam dengan tiga strip berwarna merah, kuning, dan biru yang terputus pada bagian samping, untuk memberi ruang pada tulisan namanya. Pada era 1970-an, desain helm pembalap masih sangat sederhana dan tidak se-artistik sekarang. Desainnya lebih banyak memakai paduan warna yang simpel, dengan pola yang sederhana. Malah ada yang tidak memiliki pola sama sekali alias polos. Untuk mengisi "kepolosan" desain helm itu, para pembalap biasanya menuliskan nama mereka di helm atau membuat strip warna yang banyak agar helmnya lebih menarik. Untuk yang punya sponsor, logo sponsor akan ditempelkan di beberapa tempat. Helm pembalap pada masa lalu lebih sederhana, karena ketika itu standar keselamatan pembalap tidak seketat sekarang. Seiring berjalannya waktu dan tingkat kesadaran akan keselamatan pembalap semakin tinggi, akhirnya mulailah helm dibuat khusus untuk benar2 melindungi pembalap seaman mungkin saat balapan berlangsung. Mengapa Kimi memilih desain helm retro ? Menurut Kimi sendiri, tidak ada alasan khusus untuk itu. Ia hanya ingin merasakan seperti apa balapan di era 1970-an, dan menilai desain helmnya sangat bagus. Soal Kimi Raikkonen dan James Hunt, itu bukan hal baru. Kimi Raikkonen dikenal sangat menyukai gaya hidup pembalap era 1970-an, khususnya James Hunt. Nama James Hunt sendiri juga sudah sering dipakai Kimi sebagai identitas samarannya, jika ingin melakukan aktivitas di luar balapan tanpa sepengetahuan timnya. Pada tahun 2007, sebelum bergabung dengan Ferrari, Kimi menyempatkan diri mengikuti balapan snowmobile di Finlandia dengan nama James Hunt. Ia juga dulu pernah mengikuti lomba balap powerboat bersama kedua temannya dengan nama samaran yang sama. Malah, gaya hidup James Hunt yang dikenal sebagai tukang hura2 dan playboy saat masih aktif balapan, sering dibandingkan dengan Kimi. James Hunt sendiri membalap di Formula 1 dari musim 1973 hingga 1979, setelah pensiun ia menjadi komentator, dan wafat pada 1993. Usianya saat itu 45 tahun. Seperti biasa, helm Kimi didesain oleh UffeDesigns. Seperti apa tampilan helm retro Kimi Raikkonen ? Ini dia...
Seperti itulah foto helmnya. Untuk GP Monako ini, Lotus F1 Team kebanjiran dukungan. Mereka berhasil mengikat kerjasama dengan dua merek ternama, yang satu game terkenal, dan yang lainnya adalah band terkenal. Lotus F1 Team bekerjasama dengan Angry Birds dan band Linkin Park untuk balapan kali ini. Untuk Angry Birds, mereka pasang logo di bagian undakan moncong mobil E20, membuatnya mobil ini terkesan seperti memiliki "wajah". Di Facebook Lotus F1 Team, kalian bisa memainkan game Angry Birds spesial dengan tiga level, untuk waktu yang terbatas. Sementara untuk Linkin Park, mereka pasang logo di bagian engine cover atas, tepat di belakang airbox. Mereka juga membuat game, tetapi untuk dimainkan di iPad. Namanya Linkin Park GP, dengan mobil E20 sebagai mobil utamanya. Kehadiran sponsor2 ini membuat mobil Lotus F1 Team makin keren dan makin menarik perhatian. Mudah2an saja, salah satu pembalap Lotus bisa memenangi balapan ini, atau malah mendominasi jalannya balapan, sehingga akan membuat Formula 1 musim ini dimenangi oleh enam pembalap dari enam tim berbeda. Itu akan membuat balapan Formula 1 musim ini makin nggak jelas, tapi semakin seru.
Baiklah, saya pikir segini saja tulisan saya untuk kali ini, semoga bisa memberi informasi buat kalian. Jujur saja, mobil Lotus F1 Team untuk GP Monako ini sangat keren. Semoga saja bisa memberi hasil yang bagus untuk balapan kali ini. Saya yakin banyak dari kalian yang juga mengharapkan hal yang sama. Oke, sekarang saatnya saya untuk menutup posting ini, sekian posting saya, dan Happy Enjoy!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar