Selasa, 29 Mei 2012

PICTURES: SUPER BOWL LOGOS

Halo, aku balik lagi setelah beberapa hari ini saya tidak menulis blog. Untuk kali ini, saya akan membahas lagi soal Super Bowl, tetapi kali ini saya akan menulis mengenai logo Super Bowl. Saya dulu sudah pernah menulis tentang cincin Super Bowl, poster Super Bowl, dan foto tim pemenangnya. Saya melupakan satu hal lain yang juga vital dalam penyelenggaraan Super Bowl, yaitu logonya. Sejak digelar pertama kali tahun 1967, Super Bowl selalu memiliki logo, selain poster dan tiketnya. Itu adalah salah satu bentuk publikasi terpenting pada setiap penyelenggaraan Super Bowl. Biasanya, di setiap logo Super Bowl terdapat tulisan Super Bowl, angka penyelenggaraan Super Bowl, yang ditulis dalam angka Romawi, dan tanggal penyelenggaraannya, serta stadion tempat berlangsungnya pertandingan itu. Pada 16 Super Bowl pertama, logonya lebih berkisar pada tulisan Super Bowl dan angka Romawinya saja, tanpa ada tambahan grafis apapun. Pada Super Bowl XVII, logo Super Bowl mulai memiliki grafis, dengan bentuk seperti lampu neon pada bioskop. Tradisi logo Super Bowl dengan grafis pun dimulai sejak itu. Logo Super Bowl biasanya akan terpasang pada baju setiap pemain yang bertanding di Super Bowl. Tradisi ini dimulai sejak Super Bowl XXXIII, meskipun pada Super Bowl XXV, logo Super Bowl sudah terpasang. Sebelum ini, para pemain yang bertanding di Super Bowl hanya memakai kostum mereka seperti biasa, tanpa ada tambahan apapun. Hingga kini, sudah ada 46 logo Super Bowl, sama dengan jumlah Super Bowl yang sudah digelar, dan hanya ada satu logo Super Bowl yang tidak menyebutkan kata "Super Bowl". Itu adalah logo Super Bowl I, yang menyebutkan titel asli Super Bowl pada saat itu, yaitu "First World Championship Game AFL vs NFL. Pada awalnya, untuk empat Super Bowl pertama, yang bertanding bukanlah juara antar-conference, melainkan juara dari dua liga American Football profesional pada saat itu, yaitu National Football League (NFL) dan American Football League (AFL). Super Bowl digelar sebagai salah satu solusi untuk mengatasi dualisme kompetisi pada saat itu, sekaligus untuk menentukan siapa tim yang layak untuk menyebut dirinya sebagai juara dunia American Football, karena kedua liga tersebut memiliki juaranya sendiri2. Dualisme kompetisi antara NFL dan AFL berakhir dengan merger antara kedua liga itu pada 1970. Sejak itu, Super Bowl selalu mempertandingkan juara antar-conference, karena dampak dari merger NFL dan AFL, muncul dua conference sebagai bagian dari pembagian wilayah kompetisi. Sekarang, saya akan menampilkan logo2 Super Bowl itu untuk kalian semua. Seperti apa logo Super Bowl dari Super Bowl I hingga Super Bowl XLVI ? Inilah logo2nya...
Super Bowl I
Super Bowl II
Super Bowl III
Super Bowl IV
Super Bowl V
Super Bowl VI
Super Bowl VII
Super Bowl VIII
Super Bowl IX
Super Bowl X
Super Bowl XI
Super Bowl XII
Super Bowl XIII
Super Bowl XIV
Super Bowl XV
Super Bowl XVI
Super Bowl XVII
Super Bowl XVIII
Super Bowl XIX
Super Bowl XX
Super Bowl XXI
Super Bowl XXII
Super Bowl XXIII
Super Bowl XXIV
Super Bowl XXV
Super Bowl XXVI
Super Bowl XXVII
Super Bowl XXVIII
Super Bowl XXIX
Super Bowl XXX
Super Bowl XXXI
Super Bowl XXXII
Super Bowl XXXIII
Super Bowl XXXIV
Super Bowl XXXV
Super Bowl XXXVI
Super Bowl XXXVII
Super Bowl XXXVIII
Super Bowl XXXIX
Super Bowl XL
Super Bowl XLI
Super Bowl XLII
Super Bowl XLIII
Super Bowl XLIV
Super Bowl XLV
Super Bowl XLVI
Nah, seperti itulah logonya. Dimulai dari Super Bowl I hingga Super Bowl XLVI. Kita hanya tinggal menunggu logo Super Bowl XLVII yang akan diumumkan pada musim NFL yang akan datang. Ada satu catatan lain yang harus saya beritahukan mengenai logo Super Bowl ini, bahwa sejak Super Bowl XLV, logo Super Bowl dibuat logo khusus, dengan gambar trofi Vince Lombardi sebagai logo utama bersama dengan tulisan Super Bowl dan angka penyelenggaraannya. Di belakang trofi Lombardi akan ada gambar stadion tempat berlangsungnya Super Bowl itu. Ini dilakukan setelah adanya perubahan logo besar2an pada semua pertandingan khusus NFL, seperti contoh NFL Playoffs, Conference Championships, Super Bowl, dan Pro Bowl (NFL All-Star Game). Maka kalian bisa melihat bahwa logo Super Bowl XLV dan Super Bowl XLVI memiliki kesamaan. Bentuk logo seperti inilah yang mungkin akan dipakai untuk Super Bowl berikutnya dan seterusnya. Baiklah, saya pikir cukup tulisan saya untuk kali ini, semoga bisa memberi informasi baru untuk kalian semua. Maaf jika saya belakangan ini jarang menulis, tapi saya tidak akan meninggalkan blog ini, ini semua terjadi karena masalah teknis, saya hanya nggak punya bahan untuk menulis saja. Oke, sekarang saatnya saya untuk mengakhiri posting ini, sekian posting saya, dan Happy Enjoy!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar