Rabu, 02 Mei 2012

FASHION: OLYMPIQUE LYON 2012-2013 THIRD/EUROPEAN KIT

Film tiga dimensi ? Itu sudah biasa. Poster tiga dimensi ? Itu juga sudah biasa. Magnet tiga dimensi ? Apalagi yang itu, itu juga sudah biasa. Kita sudah sering melihat segala sesuatu yang berbau tiga dimensi dalam kurun waktu lima atau sepuluh tahun terakhir. Tapi bagaimana jadinya jika kostum sepakbola tampil dengan format tiga dimensi ? Mungkin Anda akan kaget dan sulit membayangkannya. Tapi setelah Anda melihat kostum ini, barulah Anda akan tahu bahwa kostum sepakbola juga bisa tampil dengan sentuhan tiga dimensi.
Perkenalkan, ini adalah kostum baru klub Ligue 1 (Liga Perancis), Olympique Lyonnais atau biasa kita kenal sebagai Olympique Lyon atau Lyon saja. Klub ini resmi memperkenalkan kostum ketiga yang juga akan mereka pakai di kejuaraan Eropa musim depan pada tanggal 27 April 2012. Kostum ini berwarna hitam dengan strip abu2 dan merah (hampir mirip kostum tandang Liverpool musim ini), tetapi ada yang berbeda pada bagian badan kostumnya. Ya, kostum baru Olympique Lyon ini memiliki inovasi unik dengan menampilkan gambar efek tiga dimensi pada bagian dada kostum, membuatnya menjadi tim pertama dalam sejarah sepakbola modern yang memakai kostum tiga dimensi. Tentu saja kostum ini juga merupakan kostum tiga dimensi pertama dalam sejarah sepakbola modern, sekaligus bisa saja, mendobrak inovasi pada kostum sepakbola masa depan. Seperti halnya menyaksikan film tiga dimensi di bioskop, untuk dapat melihat efek tiga dimensi yang ada di kostum super spesial ini, Anda harus memakai kacamata khusus. Bisa saja di Stadion Gerland nanti kacamata ini akan dijual secara eksklusif sebagai merchandise. Atau mungkin dibuat penawaran spesial. Beli satu buah kostum ini, bonus kacamata tiga dimensi, untuk melihat kostum ini (atau melihat kostum ini dipakai oleh orang lain) dari dekat. Ini adalah sebuah inovasi yang sangat berbeda, dan bisa saja akan membuat klub2 Eropa lainnya (terutama klub yang memakai apparel Adidas) iri melihatnya. Ingin tahu seperti apa kostum tiga dimensi ini dari dekat ? Inilah foto2nya...
Seperti itulah foto2nya. Mungkin kalian bisa melihat dengan jelas efek tiga dimensi yang ada di kostum ini lewat foto2 yang ada di atas. Konsep kostum ini adalah sebagai penghormatan pada kota Lyon dan dua orang pembuat film pertama asal Perancis, Auguste dan Louis Lumiere. Penghormatan itu bisa terlihat pada tulisan yang ada di kerah dalam belakang kostum ini, yaitu "La Ville des Freres, Lumiere", yang dilengkapi dengan lambang seekor singa, yang merupakan lambang kota Lyon dan lambang Olympique Lyon. Auguste Lumiere (19 Oktober 1862-10 April 1954) dan Louis Lumiere (5 Oktober 1864-6 Juni 1948) adalah pembuat film pertama dalam sejarah, yang mengembangkan sinematografi, sebuah sistem yang memungkinkan seseorang untuk merekam, membuat, dan memutar gambar yang bergerak, cikal-bakal sebuah film. Mereka memutarkan 10 film pendek berdurasi 38-49 detik secara berurutan pada 1895, dan mendapat sambutan yang luas. Selain mengembangkan sinematografi, Lumiere bersaudara juga merupakan pembuat foto berwarna pertama di dunia pada 1903, dengan memakai sistem pewarnaan foto yang disebut sebagai Autochrome Lumiere. Lumiere bersaudara lahir di Besancon, dan pindah ke Lyon pada tahun 1870, dan bersekolah di La Martiniere, sekolah teknik terbesar di Lyon. Mereka menghabiskan hari2nya di Lyon, membuat mereka dianggap sebagai tokoh terkenal yang berasal dari kota tersebut. Kostum tiga dimensi ini dibuat untuk memberi penghormatan pada keduanya, dan juga kotanya. Kostum ini pertama kali dipakai oleh Olympique Lyon pada pertandingan Final Piala Perancis melawan klub amatir Divisi III Liga Perancis, US Quevilly, pada tanggal 28 April 2012, sehari setelah diluncurkan. Olympique Lyon menang 1-0, lewat gol dari Lisandro di menit ke-28. Kemenangan itu mengantarkan Olympique Lyon meraih satu tiket ke UEFA Europa League musim depan. Tim ini dipastikan tidak akan (atau kecil peluangnya) mendapatkan tiket ke UEFA Champions League musim depan, setelah kalah bersaing dengan Lille, Paris Saint-Germain dan Montpellier. Berbekal tiket ke Europa League itulah, Olympique Lyon bisa memamerkan kostum tiga dimensi mereka pada semua lawan yang mereka hadapi di kejuaraan Eropa musim depan. (mungkinkah mereka akan membagikan kacamata tiga dimensi pada para pemain lawan ?)
Pendapat saya mengenai kostum ini... yang pasti sama halnya dengan yang lain, banyak orang yang menilai kostum ini sangat keren, beda, dan menarik. Mengingat ini adalah kostum tiga dimensi pertama dalam sejarah sepakbola modern, kostum ini dianggap sebuah inovasi yang baru dan kreatif untuk sebuah kostum sepakbola. Di masa depan, jangan kaget kalau akan banyak kostum tiga dimensi seperti kostum ini. Anggaplah ini adalah sebuah langkah awal menuju masa depan kostum sepakbola. Bisa juga ini sebagai sebuah percobaan. Jika berhasil, maka akan ada banyak tim2 lain yang mencoba inovasi kostum seperti ini. Jika tidak, maka inovasi ini bisa dievaluasi dan ditinjau ulang, hingga akhirnya bisa menghasilkan sesuatu yang bagus. Yang kemudian jadi pertanyaan adalah, apakah kostum ini bisa dipakai untuk mengelap keringat saat pertandingan ? Akankah itu merusak lapisan efek tiga dimensinya atau tidak ? Tapi saya yakin lapisan tiga dimensi dalam kostum ini sudah menyatu dengan baik dengan kainnya, sehingga bisa dipakai untuk mengelap keringat. Yang juga jadi pertanyaan saya adalah... kira2 para pembuat kostum KW bisa nggak ya, bikin kostum seperti ini ? Mungkin mereka juga akan sedikit berpikir bagaimana caranya untuk membuat kostum yang seperti ini. Rumit di bagian efek tiga dimensinya, tentu saja. Kalau misalnya kostum ini bisa ditemukan di pedagang2 kaus KW, tentu saja akan jadi sesuatu yang luar biasa. Ini berarti kostum ini bisa didapatkan dengan harga yang terjangkau. Tapi, kira2, akankah ada bonus kacamata tiga dimensi untuk orang2 yang membeli bentuk KW dari kostum ini ? Itu dia yang saya nggak tahu. Tapi kalaupun nggak ada, ada kacamata tiga dimensi yang bisa dipakai untuk melihat detail tiga dimensi kostum ini. Apa itu ? Kacamata TV LG Cinema 3D, seperti yang dipakai oleh Girls Generation. Hahahahahaha... menarik juga untuk melihat bagaimana kostum ini muncul di TV tiga dimensi, terutama saat siaran Liga Perancis atau Europa League musim depan. Akankah efek tiga dimensi kostum ini bisa terlihat dari TV, atau tidak ? Kita lihat saja musim depan.
Baiklah, saya pikir segitu saja tulisan saya untuk kali ini. Cukup panjang saya menulis posting ini, untuk memberikan penjelasan soal kostum inovatif ini. Saya juga bahkan mengobral posting dalam jumlah banyak pada hari ini. Saya butuh istirahat sambil melihat posting2 yang saya buat sepanjang hari ini... besok akan saya lanjutkan lagi, kalau ada yang harus dibahas di blog ini. Semoga tulisan ini bisa memberi informasi baru untuk kalian, dan mudah2an kostum ini ada bentuk KW-nya. Hehehehehehe... baiklah, sekarang saatnya saya untuk mengakhiri posting ini, sekian posting saya, dan Happy Enjoy!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar