Sabtu, 12 Mei 2012

FASHION: MANCHESTER UNITED 2012-2013 HOME KIT

Kemarin saya sudah membahas tentang kostum Liverpool untuk musim depan, sekarang saya akan membahas tentang kostum seteru bebuyutannya, Manchester United. Manchester United telah meluncurkan kostum barunya untuk musim depan kemarin, beberapa jam setelah Liverpool meluncurkan kostum barunya. Kostum yang akan digunakan Manchester United untuk musim depan terbilang cukup simpel tapi unik. Warnanya memang merah, dengan tambahan strip hitam khas Manchester United, tetapi yang bikin menarik soal kostum ini adalah soal corak kotak2 yang ada di kostum tersebut. Kalian bisa melihat corak kotak2 itu dengan jelas, dari foto di atas. Ketika foto2 pertamanya dirilis, banyak fans yang tidak menyukainya, dan mengomentarinya seperti taplak meja. Bukan hanya fans Manchester United yang berkomentar demikian. Fans lawan pun juga punya komentar serupa. Perlu diketahui, kostum Manchester United ini termasuk salah satu dari tiga kostum buatan Nike yang sudah bocor sejak beberapa bulan yang lalu. Dua kostum lainnya adalah kostum Arsenal, sudah diluncurkan beberapa hari yang lalu, dan kostum Barcelona, yang akan diluncurkan akhir bulan nanti. Foto2 kostum ini sudah beredar di internet, bahkan hingga dibuat beberapa contohnya untuk dijual via internet. Sejak awal, komentar2 miring sudah beredar sehubungan dengan foto2 kostum ini saat foto kostum ini bocor ke publik lewat internet. Pada awalnya, banyak yang berpikir kalau pola kotak2 yang ada di kostum ini berhubungan dengan penghormatan terhadap Sir Alex Ferguson, mengingat ia seorang Skotlandia, dan Skotlandia terkenal dengan kain tartannya, yang bercorak kotak2. Tetapi kemudian anggapan itu mentah. Para fans Manchester United juga sejak awal tidak menyukai pola kostum ini sejak foto2 bocornya beredar ke publik. Ketika foto2 bocornya beredar, dikatakan akan ada dua kostum Manchester United, dengan warna merah untuk kandang, dan warna biru untuk tandang. Pada kedua kostum itu, terdapat pola kotak2 yang sama dengan pola kotak2 yang ada pada kostum ini, dan itu jelas menimbulkan kecaman dari para fans Manchester United. Komentar negatif mengenai kostum ini pun terus muncul hingga akhirnya kostum ini benar2 diluncurkan. Komentar yang bersifat kecaman dan rasa tidak suka datang dari fans Manchester United, dan komentar yang bersifat ledekan datang dari fans lawan. Kini kostumnya sudah diluncurkan. Yang kemudian menjadi pertanyaan adalah, kenapa harus kostum Manchester United ini berpola kotak2 ? Apa inspirasi yang melatarbelakangi desain kostum ini ? Posting ini akan membahasnya, kenapa Manchester United dibuatkan kostum berpola mirip taplak meja seperti ini.
Kostum Manchester United untuk musim depan sebenarnya merupakan bagian dari proyek yang dibuat oleh Nike, yang disebut sebagai Gingham Collection. Proyek ini terinspirasi dari sejarah kota Manchester yang merupakan kota penghasil katun yang sangat terkenal. Gingham di sini adalah salah satu bentuk kain yang dihasilkan dari katun tersebut. Gingham pada awalnya berasal dari sebuah kata dari bahasa Melayu, yaitu Genggang, yang artinya bergaris. Banyak orang yang bilang kalau kata Gingham pada awalnya berasal dari bahasa Belanda, yang kemudian diserap menjadi bahasa Inggris. Ketika kain ini diimpor pertama kali ke Eropa pada abad ke-17, kain ini bergaris. Tetapi pada pertengahan abad ke-18, ketika kain ini diproduksi di Manchester, kain ini berubah corak menjadi kotak2, dengan pilihan warna biru dan putih. Lambat laun, kain Gingham berkotak ini mulai menjadi corak kain yang umum digunakan, meskipun pada era Victoria, kain Gingham bergaris masih ada. Kain Gingham dibuat dengan cara dipintal, baik dengan tangan atau dengan mesin, dan lalu disulam hingga terbentuk motif kotak2. Kain Gingham sering dipakai sebagai kain tes untuk membuat pakaian saat pakaian itu sedang didesain, atau bisa digunakan untuk membuat fitting shell sebelum membuat pakaian dengan menggunakan kain yang akan digunakan. Pada 1960-an, kain Gingham sangat terkenal di kalangan modernis, mereka membuat pakaian dengan menggunakan kain tersebut untuk dipakai. Kini, Manchester United akan menggunakan kostum yang terinspirasi dari kain yang kota mereka hasilkan, sekaligus mengantarkan kota itu menuju kepopuleran ke seluruh dunia untuk musim depan. Tentunya tidak dengan menggunakan bahan katun, tetapi pola corak kotak2 yang ada di kain itu, kini diaplikasikan pada kostum tersebut.
Itu tadi penjelasan mengenai corak kotak2 yang ada di kostum Manchester United musim depan. Sekarang seperti apa kostum Manchester United untuk musim depan ? Manchester United akan memakai kostum berwarna merah bercorak kotak2, dengan bentuk leher V berwarna hitam. Pada bagian kerah belakang, terdapat logo Setan Merah, sama seperti pada kostum Manchester United musim ini, berwarna putih. Di bagian kerah dalam belakang, terdapat tulisan "Forged in Industry, Striving for Glory" yang berarti "Ditempa dalam Industri, Berjuang untuk Kemenangan", yang menggambarkan sejarah kota Manchester sebagai kota industri dan hubungannya dengan Manchester United. Untuk celananya, Manchester United tetap memakai celana berwarna putih dengan strip merah berpola diagonal pada bagian samping, dengan logo Manchester United pada sisi kiri dan logo apparel Nike di bagian kanan. Ada tulisan Dri-Fit pada bagian pinggang depan kiri atas celana. Sementara kaus kakinya, mereka akan memakai kaus kaki berwarna hitam dengan strip merah pada bagian atasnya, lengkap dengan logo Nike pada bagian sisi depannya, dan (kemungkinan) tulisan MUFC, inisial Manchester United FC di sisi belakang. Seperti biasa, karena kostum ini dibuat oleh Nike, kostum Manchester United ini terbuat dari bahan polyester hasil daur ulang botol plastik, di mana setiap kaus dan celananya terbuat dari 13 buah botol plastik yang didaur ulang, menghasilkan kain ringan yang dapat menyerap keringat lebih baik dari kain buatan apparel lain. Ingin tahu seperti apa foto2 dari kostum baru Manchester United ini ? Berikut akan saya perlihatkan foto2nya, diawali dari foto2 teaser-nya, dilanjutkan dengan foto kostumnya, dan terakhir foto model para pemainnya.
Kostum Manchester United ini terinspirasi dari motif kain terkenal Manchester, yaitu kain Gingham, yang dihasilkan oleh pabrik kain katun di Manchester. Tentu saja pihak yang paling merasa dihormati dengan adanya kostum ini adalah para pemilik pabrik kain katun dan para pekerjanya. Merekalah yang sejak ratusan tahun yang lalu bekerja keras untuk menghasilkan kain ini yang kemudian membuat kota Manchester dikenal sebagai kota industri katun terkenal di dunia. Jika seandainya mereka adalah fans setia Manchester United, saya yakin mereka semua akan merasa terhormat mengenakan kostum itu. Semangat kerja keras para karyawan pabrik katun ini yang juga ada pada Manchester United, semua pemainnya berjuang sangat keras untuk memberikan yang terbaik, untuk bisa memberi kemenangan pada semua fansnya, yang berujung dengan 19 gelar juara Liga Inggris yang mereka raih sepanjang sejarah mereka, 12 diantaranya diraih di era Premier League. Bila kalian mau mengerti tentang inspirasi dan sejarah yang melatarbelakangi pembuatan kostum ini, saya yakin kalian akan berhenti mengatakan bahwa kostum Manchester United seperti taplak meja. Bila kalian telaah sendiri, kain Gingham itu termasuk jenis kain yang sering ada di rumah Anda. Kain itu katanya sering dipakai untuk kain lap meja. Mungkin sebenarnya itu bukan kain Gingham, tapi pola kainnya bisa dengan mudah kalian dapatkan di rumah kalian. Jadi, sebenarnya kain ini termasuk salah satu kain terpopuler di dunia. Polanya ? Ya, termasuk pola kain terkenal di dunia juga... kata ibuku, kain katun itu termasuk kain penyerap keringat. Jenis kain polyester yang dipakai untuk membuat kostum ini juga merupakan kain penyerap keringat. Termasuk yang terbaik di dunia, malah. Jadi, kolaborasi pola kain Gingham dan kain Dri-Fit ini bisa melahirkan sebuah kostum penyerap keringat terbaik yang pernah ada. Biarpun ini bukan kain katun, tapi kain kostum ini juga bisa menyerap keringat, sehingga sifatnya kainnya bisa terwakili atau malah terkesan sama saja. Sama2 penyerap keringat maksudnya...
Bagaimanapun juga, biarpun bentuknya kalau kata orang mirip taplak meja, buat para fans Manchester United, kalian harus memiliki kostum ini sebagai salah satu koleksi kalian. Setidaknya dengan tulisan nama Wayne Rooney di belakang sudah cukup untuk membuat kalian bangga dengan kostum ini. Dengan memiliki kostum ini, setidaknya kalian bisa belajar sedikit mengenai sejarah kota Manchester, sekaligus mengetahui bahwa kota Manchester itu tidak hanya melulu soal Manchester United dan Manchester City saja, tapi juga ada fakta sejarah lain yang juga menarik tentang kota ini, yang memberi dampak besar pada kehidupan kota Manchester pada umumnya hingga sekarang. Siapa tahu saja, semangat yang menginspirasi kostum ini, baik dari kehidupan kalangan pekerja di kota Manchester ataupun para pemain Manchester United, bisa juga menginspirasi hidup kalian sehari-hari. Inspirasi yang ada di dalam kostum ini sangat besar dan bisa memberi sebuah pencerahan yang baik untuk kalian, sehingga kalian pun juga bisa terinspirasi dengan adanya kostum ini. Karena kostum ini sudah bocor sejak beberapa bulan yang lalu, ini berarti di pedagang kaus KW kaus ini sudah tersedia. Karena bentuk kostumnya sudah pasti, lantaran sudah resmi diluncurkan, kalian bisa mulai memesan kostumnya dari sekarang, sebagai persiapan untuk mendukung Manchester United pada Premier League musim depan.
Baiklah, saya pikir segini saja dulu tulisan saya untuk kali ini, semoga bisa memberi informasi baru untuk kalian semua, khususnya untuk para penggemar Manchester United. Sekarang saatnya saya untuk mengakhiri tulisan ini, sekian tulisan saya, dan Happy Enjoy!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar