Rabu, 23 Mei 2012

FASHION: BARCELONA 2012-2013 KIT

Untuk beberapa bulan ini, kalian mengetahui mengenai kostum ini lewat foto bocorannya di internet dan dalam waktu cepat versi KW dari kostum ini sudah ada. Bahkan sudah tersedia di berbagai tempat di dunia. Saya sebenarnya sudah tahu foto bocoran kostum ini sejak beberapa bulan yang lalu. Tapi saya memutuskan untuk menunggu versi resminya, agar tidak terjadi kesalahan informasi. Dan ternyata, kostum yang selama ini foto2 bocorannya ada di internet ini benar2 merupakan kostum baru Barcelona untuk musim depan. Diluncurkan secara resmi kemarin waktu setempat di Museum of Contemporary Arts, Barcelona, kostum ini tampil dengan pola yang unik, dengan memakai gradasi warna pada warna khas Barcelona. Tidak ada garis pemisah antar-warna di kostum ini, semuanya diganti dengan pola gradasi warna, memberi kesan baru dan fresh pada kostum Barcelona.
Seperti yang saya jelaskan di awal, kostum Barcelona untuk musim depan ini sebenarnya sudah bocor ke publik sejak beberapa bulan yang lalu, bersamaan dengan kostum Arsenal dan Manchester United. Dengan cepat foto2nya menyebar lewat internet hingga kemudian versi KW dari kostumnya beredar dengan cepat di berbagai penjual kaus, mulai dari penjual kaus KW di toko2 hingga penjual kaus di jalanan. Tidak hanya di Indonesia saja, di negara lain juga ada. Saya mengetahui semuanya, karena sering kali informasi mengenai kostum ini berulang kali diberitahukan lewat jejaring sosial dan beberapa blog yang membahas mengenai kostum2 sepakbola. Ketika saya dan ibu saya melihat kostum ini untuk pertama kali, lewat foto bocorannya, ibu saya berkomentar bahwa kostum ini sangat bagus, dan ia menyukai pola gradasi warna yang ada pada kostum ini. Tentu saja ini adalah inovasi yang bagus untuk kostum Barcelona, karena pola garis2 yang sering dipakai pada kaus Barcelona pada akhirnya bisa membuat Anda bosan. Meskipun banyak perubahan pada pola garisnya, paling radikal adalah pada musim ini, tapi pada akhirnya, beberapa kalangan berpikiran bahwa sudah saatnya ada pola baru yang berbeda pada kostum Barcelona, agar terlihat unik di lapangan. Prinsipnya, semakin unik kostumnya, nilai jual dan nilai historisnya akan lebih tinggi. Ya kan ?
Kenapa Barcelona jadi punya kostum dengan pola gradasi warna seperti ini ? Ada alasan di baliknya, sama halnya dengan strip biru pada kostum baru Arsenal yang berlatar belakang sejarah Arsenal di era 1930-an dan pola kotak2 pada kostum baru Manchester United yang diambil dari pola kain katun khas Manchester, yaitu Gingham. Pola gradasi warna di kostum Barcelona adalah gambaran dari filosofi klub, yaitu pemain muda menembus tim utama lewat akademi untuk membentuk sebuah tim besar dengan pemain besar yang didatangkan dari luar. Kita semua tahu bahwa Barcelona memiliki akademi sepakbola yang sangat terkenal, yaitu La Masia, yang sudah melahirkan banyak pemain2 terbaik dunia saat ini. Bahkan, kebanyakan para pemain Barcelona saat ini berasal dari La Masia. Barcelona bahkan sangat menggantungkan masa depan timnya pada para pemain2 muda yang berasal dari akademi ini. Bila kita mempelajari perjalanan seorang pemain ketika ia bergabung dengan Barcelona sejak dari akademi, jalannya sudah terlihat jelas, dimulai dari bermain di level junior, dibina di La Masia, kemudian masuk tim kelompok umur, lalu naik lagi ke tim level yang berada di bawah tim utama, kemudian masuk Barcelona B yang ada di Segunda Division, dan lalu masuk tim utama dan bermain untuk Barcelona yang sesungguhnya. Di Barcelona, pemain itu tidak hanya bertemu dengan teman akademinya saja, tapi juga beberapa pemain lain yang didatangkan oleh klub saat bursa transfer. Bersama dengan mereka, para pemain muda ini melebur menjadi sebuah kekuatan tim yang sangat hebat, menjadikan Barcelona sebagai tim terhebat di dunia saat ini. Perjalanan karir pemain muda Barcelona inilah yang menjadi inspirasi dari pola gradasi warna yang ada di kostum ini. Warna merah dan biru yang ada pada kostum ini saling bercampur tanpa ada pembatas, menghasilkan gradasi warna yang membuat kostum ini terlihat unik dari kostum2 Barcelona sebelumnya.
Barcelona meluncurkan semua kostumnya untuk musim 2012-2013 dalam satu tempat, dan satu hari. Tidak ada kostum yang diluncurkan terpisah, kostum kandang dan tandang diluncurkan bersamaan. Untuk kostum kandang Barcelona, warnanya biru tua, lebih tua dari kostum sebelumnya, gradasi merah, dengan warna kerah merah, dan ujung lengan berwarna merah dengan dalaman kuning. Pada bagian kerah dalam terdapat tulisan motto Barcelona, yaitu "Mes Que Un Club" yang berarti "More Than A Club", dan pada kerah luar belakang terdapat bendera Catalan. Pada bagian badan kostum, tetap terdapat tulisan Qatar Foundation sebagai sponsor utama klub, dan di bagian belakang kostum di bawah nama dan nomor punggung, juga tetap terdapat tulisan Unicef, yang sudah menjadi bagian dari Barcelona sejak beberapa musim yang lalu. Untuk celananya, warnanya biru, dengan strip warna merah di bagian sampingnya. Pada bagian pinggang belakang celana, terdapat tulisan "Barca". Sementara kaus kakinya, warnanya biru dengan strip merah pada bagian atasnya. Di bagian depan terdapat logo Nike sebagai apparel dan tulisan "Barca" di belakangnya. Untuk lebih jelasnya mengenai kostum kandang Barcelona musim depan, inilah gambar2nya...
Untuk kostum tandangnya, sama halnya dengan kostum kandangnya, juga sudah bocor ke publik lewat internet sejak beberapa bulan yang lalu, sehingga versi KW dari kostum ini juga sudah banyak beredar. Pola yang dipakai dalam kostum tandang ini juga sama dengan kostum kandangnya, memakai pola gradasi warna. Bedanya, gradasi warna pada kostum tandang ini mengarah ke bawah, dengan perubahan warna terjadi pada bagian badan kostum. Warna yang dipakai adalah orange dan kuning cerah. Warna ini digabungkan untuk mewakili budaya, seni, dan gaya arsitektur Catalan. Selain itu juga, pemakaian warna ini juga memiliki makna tentang gaya permainan klub. Kostum tandang Barcelona musim depan berwarna orange gradasi kuning cerah, dengan strip warna merah dan biru pada bagian samping kostum. Warna celananya kuning, dengan strip merah dan biru, juga pada bagian samping celana. Warna kaus kakinya kuning, dengan strip merah dan biru pada bagian atasnya. Detail kostum tandang ini juga sama dengan detail kostum kandang. Untuk lebih jelasnya tentang kostum tandang Barcelona musim depan, inilah gambarnya...
Seperti itulah foto2 kostumnya, baik kostum kandang ataupun kaus tandangnya. Pendapat saya mengenai kostum ini, seperti yang saya katakan di atas, kostum ini sangat unik. Pola gradasi warna yang dipakai pada kostum ini membuat kostum ini berbeda dari biasanya, dan memiliki ciri tersendiri. Saya dan ibu saya sudah punya rencana untuk membeli kaus ini. Tentu saja yang versi murahnya. Saya dan ibu saya sepakat, bahwa kostum ini sangat unik, dan beda dari kostum Barcelona pada umumnya. Karena kostum ini sudah bocor sejak beberapa bulan yang lalu dan versi KW-nya sudah ada, kalian bisa mendapatkan versi KW dari kostum baru Barcelona ini di berbagai tempat. Karena keunikan dan polanya yang beda dari kostum2 sebelumnya, saya merekomendasikan kostum ini sebagai salah satu kostum yang harus dibeli untuk musim depan. Buat para Barcelonistas, kostum ini harus kalian miliki, baik itu yang kandang atau tandang, atau salah satu di antara keduanya. Manakah yang favorit diantara kedua kostum ini ? Semua tergantung selera dan pilihan Anda. Yang pasti, kostum ini sangat bagus, dan kalian harus memilikinya, sebagai wujud dukungan kalian, sekaligus tanda kenangan dari sebuah klub terbaik yang pernah ada di dunia.
Baiklah, saya pikir segini saja dulu tulisan saya untuk kali ini, semoga bisa memberi informasi baru untuk kalian semua, khususnya untuk kalian para fans Barcelona. Hari ini saya sengaja menulis pada pagi hari, selain karena saya sudah dapat kabar soal kostum ini beberapa saat yang lalu, juga karena saya sudah lama tidak menulis pada pagi hari. Siapa tahu, saya bisa dapat viewers yang lebih banyak kalau menulis pada pagi hari, karena biasanya pada siang hingga malam hari, aktivitas orang untuk mencari informasi akan meningkat, sehingga bisa dikatakan ini salah satu strategi untuk menjaring lebih banyak pembaca. Kalau kalian menulis sesuatu secepat mungkin, maka itu akan menguntungkan para pembaca, karena informasi yang mereka cari sudah tersedia. Tinggal bagaimana mereka membacanya saja. Itu bisa jadi tips buat kalian yang ingin menulis informasi di blog seperti ini. Tulislah secepat mungkin, sehingga saat ada orang yang mencarinya, informasi itu sudah tersedia. Ujung2nya, kalian yang untung, kan ? Nah, semoga bisa jadi tips buat kalian semua. Oke, sekarang saatnya saya untuk mengakhiri posting ini, sekian posting saya, Happy Enjoy!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar