Kamis, 26 Januari 2012

2012 FORMULA ONE TYRES

Sekarang saya akan membahas soal ban di Formula 1. Gambar di atas adalah gambar ban yang akan dipakai di Formula 1 musim 2012 ini. Ada enam jenis ban, dengan enam warna yang berbeda. Semua ban ini dibuat oleh satu pabrikan, yaitu Pirelli. Sejak musim 2011, Pirelli sudah menjadi produsen ban tunggal di Formula 1, menggantikan Bridgestone. Kalau dulu kita mengenal ban yang namanya Bridgestone Potenza, maka kini kita mengenal varian ban baru yang bernama Pirelli P-Zero, yang sudah mulai digunakan sejak musim lalu. Yang paling unik dari ban P-Zero ini, bisa kalian lihat gambar di atas... adalah pemakaian warna yang berbeda sebagai identitas ban. Memang ada kemudahannya dan memberi manfaat, yaitu kita bisa mengenali setiap jenis ban yang akan dipakai saat balapan, terutama saat pitstop, sehingga kita bisa tahu strategi balap apa yang akan dipakai oleh masing2 tim yang berlaga. Tapi, tidak semua ban yang ada di dalam gambar ini akan muncul saat balapan. Untuk ban kering, biasanya hanya akan dimunculkan dua varian kompon ban saja, ditambah dengan ban setengah basah (intermediate) dan ban cuaca ekstrim (full wet), sebagai antisipasi jika balapan digelar dalam cuaca buruk atau cuaca yang berubah-ubah. Bagaimana cara kita mengenali identitas warna sebuah ban yang dipakai saat balapan berlangsung ? Gambar ini bisa membantu kalian.
Kalau kalian nggak jelas, gambarnya tinggal diperjelas saja, dengan menekan link gambarnya. Tapi saya akan kasih tahu terjemahan dari gambar di atas, dari warna dan kompon bannya.

  1. Intermediate (ban setengah basah), ditandai dengan warna hijau.
  2. Full wet (ban cuaca ekstrim/hujan), ditandai dengan warna biru.
  3. Super Soft (ban kering berkompon sangat lunak), ditandai dengan warna merah.
  4. Soft (ban kering berkompon lunak), ditandai dengan warna kuning.
  5. Medium (ban kering berkompon menengah, antara lunak dan keras), ditandai dengan warna putih.
  6. Hard (ban kering berkompon keras), ditandai dengan warna abu2.
Nah, seperti itu penerjemahan identitas bannya. Harusnya gw kasih tahu sejak tahun lalu, karena pemakaian identitas warna ini sudah dipakai sejak tahun lalu. Tapi nggak sempet aja, karena banyak posting lain yang harus saya kerjakan. Beruntungnya, sekarang ini sudah mau masuk musim baru, jadi inilah kesempatan yang pas untuk dapat mengenalkan ban Formula 1 Pirelli ini pada kalian. Perlu diketahui bahwa untuk musim ini, ada perubahan pada penamaan ban. Bila musim lalu, semua varian ban Pirelli yang dipakai dinamai P-Zero, maka sekarang ada perbedaan. Khusus ban intermediate dan full wet, nama bannya berubah menjadi Cinturato. Sementara untuk ban kering, baik itu yang berkompon super soft, soft, medium, dan hard, namanya tetap P-Zero. Ini berarti akan ada dua nama ban yang dihadirkan oleh Pirelli musim ini. Nama pertama sudah jelas P-Zero, dan nama kedua adalah Cinturato. Ban P-Zero sendiri sudah dikembangkan oleh Pirelli sejak 1980-an, sementara Cinturato adalah ban yang didesain untuk lingkungan hijau, alias ramah lingkungan. Menurut Pirelli, ban Cinturato sudah pernah dipakai di Formula 1 pada 1950an, dengan Juan Manuel Fangio (Juara Dunia F1 1951, 1954, 1955, 1956, dan 1957) sebagai salah satu pemakainya dan ia mengatakan bahwa ban ini "extraordinary". Perlu diketahui, Pirelli sempat hadir sebagai produsen ban Formula 1 pada tahun 1950-an, dan sempat laris dipakai oleh para pembalap terkenal ketika itu. Dengan adanya fakta sejarah itu, maka bisa dikatakan ini adalah comeback-nya Cinturato ke ajang Formula 1, meskipun mungkin nantinya akan jarang dipakai karena ban ini hanya akan dipakai saat cuaca buruk. Mengenai keterangan dari ban2 ini, berikut akan saya jelaskan beberapa keterangannya.

  1. Super Soft: Ban ini cocok dipakai di street circuit atau sirkuit semi-permanen. Ban ini adalah satu2nya yang tidak berubah dari musim sebelumnya. Performa puncak ban ini adalah pada tikungan lambat dan twisty, yang memiliki karakter aspal yang licin dan low lateral loadings.
  2. Soft: Ban ini cocok di sirkuit dengan pemakaian ban yang singkat. Ban ini memiliki grip yang cukup kuat, digabungkan dengan tingkat degradasi ban yang tinggi, sehingga membuat tipe ban ini memiliki umur pakai yang singkat, dan akan membuat tim memiliki banyak pilihan untuk melakukan strategi pitstop, bahkan juga menjanjikan balapan yang berjarak dekat. Ban ini akan menjadi ban dengan pilihan terbanyak di musim 2012, selain juga ban medium.
  3. Medium: Ban ini cocok di segala macam kondisi. Ban ini dibuat untuk dapat dipakai di sirkuit yang memiliki temperatur tinggi atau permukaan yang mudah terkikis, sekaligus juga sebagai ban utama untuk trek yang memiliki medan yang ringan yang menuntut perubahan pada ban. Ban ini juga sangat beradaptasi baik pada segala jenis trek, khususnya ketika karakter sirkuit dan aspal berubah-ubah.
  4. Hard: Ban ini memiliki daya tahan tinggi, dan tingkat degradasi yang rendah. Ban ini juga memiliki ketahanan optimum terhadap kondisi yang paling ekstrim sekalipun. Ban ini cocok untuk sirkuit yang memiliki temperatur yang tinggi dan aspal yang mudah terkikis.
  5. Intermediate: Ban ini dipakai dalam kondisi hujan ringan. Ban ini tidak mengalami perubahan dari musim sebelumnya. Ban ini memiliki alur yang lebih dangkal dari ban basah sehingga tidak mengalirkan air yang lebih banyak, sehingga cocok untuk untuk trek basah atau aspal yang mengering, tanpa perlu memikirkan soal performa di lintasan.
  6. Full Wet: Ban ini memiliki beberapa perubahan dari musim sebelumnya, dengan tujuan untuk mengoptimalkan penyebaran air pada kasus aquaplanning dan menjamin tingkat presisi pengendalian yang lebih tinggi. Memiliki karakter alur yang lebih dalam, sama dengan yang biasa ditemukan pada ban mobil umum, ban ini didesain untuk dapat mengalirkan lebih dari 60 liter air per detik dan dalam kecepatan 300 km/jam, enam kali lebih banyak dari mobil biasa, dan menyebarkan 10 liter air per detik pada kecepatan yang lebih rendah.
Well, dari sini kita bisa melihat bahwa setiap ban yang dibuat oleh Pirelli untuk musim ini memiliki teknologi yang sangat canggih, untuk dapat membuat pengendalian mobil menjadi lebih baik dan pastinya membuat balapan semakin seru. Bisa dikatakan, Pirelli benar2 serius ingin membuat ban yang terbaik dan dapat diterima oleh semua tim, demi meningkatkan tensi persaingan dan suasana balapan yang ada di Formula 1. Semua teknologinya sangat luar biasa, dan mungkin lebih baik dari ban sebelumnya. Sekarang tinggal menunggu bagaimana aksi ban2 Pirelli terbaru ini di lintasan Formula 1 musim ini. Baiklah, kalau begitu segitu saja tulisan saya, semoga tulisan ini bermanfaat buat kalian, dan bisa memberi gambaran buat kalian tentang seperti apa ban yang akan dipakai di balapan Formula 1 musim ini. Sekian tulisan saya, dan Happy Enjoy!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar