Senin, 23 Januari 2012

CERITA LAGI... DI HARI IMLEK...

Halo, apa kabar ? Aku datang lagi... maaf aku nggak banyak posting blog belakangan ini. Aku terlalu banyak kegiatan, dan banyak kegiatan yang harus saya lakukan. Untuk kali ini, aku akan sedikit bercerita tentang banyak hal. Tentunya yang bersifat umum, karena saya nggak terlalu suka bercerita soal pribadi, dan saya biasanya agak malu untuk menceritakannya, meskipun kadang2 kalau memang lagi "nyetel", gw akan cerita tentang pengalaman pribadi saya secara terang2an. Tapi biasanya, saya nggak suka bercerita soal pribadi saya sendiri. Biarlah itu semua menjadi rahasia... hehehehehe...
Pagi ini gw bangun, dan secara iseng2 gw buka2 Facebook orang. Saat itulah kemudian saya melihat fanpage-nya Iker Casillas di list pencarian saya dan menemukan kalau foto profilnya sangat keren. Ternyata dia sudah ganti apparel, dari Reebok menjadi Adidas. Kini, kostum Real Madrid-nya jadi matching, karena sekarang semuanya bermerek Adidas. Selama ini dia hanya pakai kaus dan celana Adidas, sementara sarung tangan dan sepatunya bermerek Reebok. Kini, kontraknya sudah habis dengan Reebok (sudah 11 tahun ia pakai Reebok) dan kini ia memakai Adidas, bergabung dengan beberapa teman2 dan lawannya di La Liga dan Tim Nasional Spanyol. Ia punya sarung tangan dan sepatu khusus. Nama sarung tangannya Adidas Response dan sepatunya... aku nggak tahu namanya, yang pasti bukan sepatu F50 miCoach. Sepatu itu milik Lionel Messi, David Villa, Gareth Bale, David Silva, Samir Nasri, dan yang lain. Kebanyakan striker dan midfielder yang pakai sepatu miCoach itu. Nanti akan saya ceritakan khusus soal sepatu itu, kalau nggak lupa, karena sepatu ini cukup menarik di mata saya, untuk dibahas, bukan untuk dibeli. Hehehehehe... harganya pasti mahal sekali, karena sepatu ini adalah sepatu yang sangat khusus dan hanya layak dimiliki oleh pemain2 hebat, meskipun kalau kalian mau coba sepatu itu untuk sekedar berlari atau bertanding sepakbola dengan teman2mu boleh2 saja. Anda bisa menguji seberapa hebat fisikmu untuk bermain dengan sepatu ini, karena sepatu ini bisa mencatat segalanya, semua berkat chip yang ada tepat di bagian telapak sepatu ini. Nanti akan saya jelaskan detailnya seperti apa. Sekarang cerita lagi soal Iker Casillas. Sejak awal, saya sudah beranggapan bahwa ia adalah kiper yang luar biasa. Ia kiper utama Real Madrid dan Tim Nasional Spanyol, belum lagi dia adalah kapten dari kedua tim itu, dan ia punya kemampuan untuk menghentikan bola dengan sangat baik. Mungkin menurut pemikiran saya, hanya pemain2 Barcelona yang bisa menjebol gawangnya lebih dari dua kali. Itu pada saat El Clasico. Tapi kalau sudah di pertandingan lain, uh, jangan harap. Ia dengan sigap akan mencegahmu untuk mencetak gol dengan mudah. Saya masih ingat ketika di Final Piala Dunia 2010, ia berhasil menyelamatkan gawangnya... dengan kakinya, dan bahkan ia tidak melihat. Ia sudah salah antisipasi ketika itu, tapi bola tepat mengenai kakinya dan membuatnya keluar lapangan. Mundur lebih jauh lagi, ia bikin dua kali penyelamatan saat penalti lawan Italia untuk membuat Spanyol lolos ke semifinal Euro 2008. Selama ini Spanyol selalu punya kutukan nggak pernah lolos dari putaran kedua, setelah lolos di putaran pertama. Ketika kemudian Spanyol lolos dari perempat final ketika itu, rasanya mereka seperti bebas. Mereka kemudian tak terkalahkan dan menjadi juara Euro 2008, dan kemudian jadi juara Piala Dunia 2010. Sejak itu, Spanyol... kalian tahu sendiri, mereka jadi tim terhebat saat ini, meskipun belakangan ini banyak diragukan karena mereka sering kalah saat partai persahabatan. Bahkan mereka kalah lawan Inggris, itu pun syukurnya, bukan Casillas yang jadi kiper, tapi sialnya, yang jadi kiper adalah Pepe Reina. Kenapa saya bilang sial ? Karena dia kiper Liverpool! Beruntungnya kini Spanyol sudah ada di Euro 2012 dan bersiap untuk memulai perjuangan mereka mempertahankan gelar juara Eropa. Menurut saya, jika seandainya Spanyol bisa mempertahankan juara Eropa, maka untuk berikutnya, mempertahankan juara dunia, akan lebih mudah, karena mental mereka dalam mempertahankan gelar sudah teruji. Tapi di Brazil 2014 nanti, apapun bisa terjadi. Jujur saja, saya menaruh Brazil sebagai unggulan utama juara dunia, baru Spanyol. Tapi itu pun kalau mereka benar2 sedang "sadar", karena sekarang buat saya permainan Brazil biasa2 saja, tidak seperti dulu. Harapannya, Neymar sedang dalam top perform di tahun itu, sehingga ia bisa membantu Brazil untuk meraih gelar juara dunia. Tapi kalau Brazil nggak berubah... ya saya akan taruh Spanyol lagi sebagai unggulan juara dunia. Untuk Euro 2012 ini, ingat yang saya tulis dulu, saya jagokan Spanyol, Jerman, dan Inggris sebagai kandidat utama juara Eropa. Kalau nggak ada masalah apa2 dan mereka tetap bermain seperti biasa, Spanyol bisa jadi juara Eropa sekali lagi. Casillas bisa angkat trofi lagi, karena dia kapten timnya. Sekarang kembali lagi soal Casillas. Selain dia adalah kiper yang hebat, ia juga pria yang ganteng. Sudah kita ketahui, dan kita akui bahwa para pemain Tim Nasional Spanyol tidak hanya jago beraksi di lapangan hijau, tapi juga di depan kamera dengan baju2 berbahan yang keren. Mereka semua berkualitas model, dan Iker Casillas adalah salah satu diantaranya. Sudah sering kita melihat aksi Casillas dalam berbagai pemotretan, dan itu memperlihatkan sisi ganteng dari seorang Casillas yang telah memukau banyak orang, terutama cewek2. Saya punya seorang teman dan dia ngefans sama Timnas Spanyol, saat saya ngobrol dengannya, ternyata pemain idolanya di Timnas Spanyol adalah Iker Casillas. Ia bahkan berharap punya kaus kiper Timnas Spanyol, yang saya nggak tahu di mana tempat menjualnya. Kalaupun ada itu pun di tempat penjual kaus KW... itu pun setelah satu tahun kemudian saya menemukannya. Kebetulan kaus kiper Timnas Spanyol sudah ada yang baru sekarang, dan saya hanya berharap suatu saat nanti ia akan mendapatkannya. Teman saya bilang kalau Casillas ganteng, dan memang itu kenyataannya. Beberapa foto yang saya lihat tentangnya... memperlihatkan kalau ia sangat ganteng. Orangnya juga asyik. Dulu suatu kali ia pernah memperlihatkan atraksi sulap kartu di sela2 sesi pemotretannya. Ia meminta seseorang untuk menggigit wortel dan ia akan melempar kartu itu ke arah wortel itu, seperti melempar senjata ninja. Hasilnya ? Ia melemparnya dan tepat mengenai wortel itu. Saya langsung takjub melihatnya. Setahu saya, memang kartu bisa dipakai untuk melempar, dengan menggunakan skill khusus. Tapi untuk bisa menancap tepat di sebuah wortel... itu jelas hebat. Luar biasa. Suatu saat, saya juga ingin coba tipe2 sulap kartu seperti itu. Tapi di satu sisi yang lain, saya nggak terlalu tertarik dengan dunia sulap, meskipun saya akui, sulap itu sesuatu yang menyenangkan, walaupun kadang2 agak mengerikan juga. Saya sih sebenarnya ingin coba sulap yang simpel saja... tapi tidak seperti yang Uya Kuya lakukan. Sulapnya parodi, dan kita malah tertawa melihatnya. Tegangnya di awal doang, tapi kalau sudah melihat aksinya, yang ada kita ketawa. Kalau nggak percaya, tonton saja acaranya. Omong2 soal teman saya, dia sekarang kuliah di Tiongkok, tapi saat ini dia sedang liburan dan pulang ke sini. Pasti liburnya gara2 mau Imlek. Hahahahahaha... baru aku mengerti sekarang... baiklah, sekian cerita saya tentang Iker Casillas. Sekarang masuk ke cerita kedua, soal Imlek.
IMLEK. Orang bilang ini Tahun Baru Tiongkok. Di luar negeri ada yang bilang Chinese New Year, ada juga yang bilang Lunar New Year. Tadi malam saya sempat baca sebuah posting dari sebuah fanbase Girls Generation di Facebook yang bilang kalau Imlek lebih pantas disebut Lunar New Year daripada Chinese New Year, dikarenakan di Korea dan Jepang, tahun baru ini juga dirayakan. Pertanyaannya sekarang, apakah Imlek hanya dirayakan di Tiongkok saja ? Di Indonesia juga dirayakan, karena orang2 Tionghoa di sini banyak. Jawabannya, kalau mengacu pada apa yang terjadi Indonesia, jawabannya tidak. Imlek tidak hanya dirayakan di Tiongkok. Di Indonesia juga dirayakan, dan bahkan sudah jadi hari libur nasional. Tapi yang baru gw tahu, ternyata di Korea dan Jepang Imlek juga dirayakan. Berarti... personil Girls Generation juga merayakan Imlek dong ? Apa iya ? Sone please tell me! Apakah mereka juga merayakan Imlek atau tidak ? Tapi yang pasti, kalau yang keturunan Chinese pasti merayakan Imlek. Saya punya banyak teman2 yang merayakan Imlek, dan kalau sudah dekat2 Imlek, yang ada dalam topik pembicaraan mereka adalah... angpao. Pasti. Nggak afdol kalau ngebicarain Imlek tanpa ngomongin angpao. Bahkan itu justru jadi pemikiran utama dalam setiap perayaan Imlek. Malah dulu gw pernah dapat sebuah tweet seperti ini: "Angpao menipis (atau berkurang), salahkan umur!" gw sampai ketawa membacanya. Memang terkadang dalam hukum penerimaan angpao saat Imlek, yang ada seperti ini, "Semakin muda usia seseorang, semakin banyak angpao yang diterima, sebaliknya semakin tua usia seseorang, semakin sedikit angpao yang diterima" tapi ada faktor yang mendasari hukum tersebut. Ketika kita makin menua, yang ada kita nggak mengharapkan duit orangtua lagi (meski kadang2 butuh juga) Pada akhirnya, kita harus kerja dan mencari uang sendiri. Kalau kita udah nyari uang sendiri, yang ada kita udah nggak terima angpao yang gede lagi. Tapi kan ada enaknya. Kita bisa ngasih angpao ke adik2 kita yang masih kecil, sambil menasehati mereka untuk mulai menabung. Menabung angpao kan juga penting... untuk masa depan. Imlek pada akhirnya bukan hanya untuk menabung kebaikan saja, tapi juga menabung angpao. Kenapa ? Karena... terkadang, ada beberapa keinginan (atau barang) yang ingin kamu beli di masa depan, dan kadang2 ketika kamu memang benar2 menginginkannya, jatahmu lagi nggak ada. Makanya, buat kalian yang udah terima angpao, jangan langsung habisin saat itu juga... kalau bisa sisihkan buat ditabung. Nantinya kan ada manfaatnya... tapi kalau misalnya angpao-nya lu mau pakai buat beli CD The Boys... ya, boleh2 aja... hehehehehehe... jadi manfaatkan angpao-mu secara bijak. Pikirkan apa yang ingin kamu beli untuk hari ini dan keperluanmu di hari2 yang akan datang. Makanya kalau bisa, sisihkan angpao-mu untuk ditabung.
Imlek juga memiliki makna penting bagi masyarakat, khususnya buat warga Tionghoa di sini. Ini adalah simbol toleransi antar-etnis di Indonesia. Etnis Tionghoa sudah jadi bagian penting dalam masyarakat Indonesia. Mereka sudah ada dari jaman Belanda, dan dari dulu tujuannya adalah berdagang. Sampai sekarang pun juga mereka juga masih berdagang. Dagang elektronik terutama tuh... mengacu sejarah, mereka sudah lama ada di sini dan sudah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari sebagai warga Indonesia. Di setiap kota di Indonesia kayaknya orang Tionghoa pasti ada deh. Kalau di Jakarta dan di Serang sudah pasti ada, bahkan jumlahnya banyak sekali. Saya kebetulan masuk sekolah yang isinya kebanyakan orang Tionghoa. Makanya nggak heran kalau teman2 saya kalau sudah Imlek semangatnya tinggi banget. Tapi enaknya di sekolah gw, pluralitasnya tinggi banget. Segalanya bisa kamu temukan di sekolah saya, dan mereka saling akrab setiap hari. Harusnya kita itu seperti ini. Indonesia terdiri atas beragam suku dan budaya, tradisi dan adat. Kalau misalnya dipersatukan, itu akan menjadi sebuah kekuatan yang besar. Multirasialisme kita sangat tinggi, dan seharusnya ini tidak jadi sumber perbedaan, karena pada akhirnya, KTP mereka satu, KTP Indonesia. Periksa saja dompetnya... pasti KTP-nya Indonesia. Identitas semuanya satu. Berbahasa juga satu. Semuanya satu. Prinsipnya gini, siapapun yang hidup dan tinggal di Indonesia, dia juga adalah bagian dari Indonesia. Kalau misalnya prinsipnya seperti ini, mungkin segala perbedaan bisa didobrak dan persatuan negara kita bisa terjaga dengan baik. Imlek selalu jadi momentum untuk mengumandangkan persatuan dan toleransi antar-etnis pada seluruh Indonesia. Positifnya di sini. Momentum itu nggak pernah berubah. Pesan positif itu yang selalu dibawa. Tinggal bagaimana kita memaknainya. Pada akhirnya, Imlek itu bukan hanya untuk masyarakat Tionghoa saja, tapi itu untuk seluruh masyarakat Indonesia. Buktinya, nonton Barongsai dan Liong rame2. Apa cuma orang Tionghoa aja yang nonton ? Nggak tuh. Itu tontonan semua orang, dan itu sudah diterima oleh semua orang. Malah ada yang berpikiran begini, Imlek itu isinya ABL. Angpao, Barongsai, dan Liong. Kita memang belum tentu dapat angpao, tapi... nonton Barongsai dan Liong pasti dong... itu sudah jadi hiburan rakyat. Imlek kalau juga ditelusuri, itu juga pesta rakyat dan pasti meriah. Buktinya ? Bakar petasan, nonton Barongsai, nonton Liong, belum lagi ada acara2 lain... mungkin muter lagu2 Mandarin, nonton film Mandarin... wah, seru tuh. Gimana bukan pesta rakyat coba ? Imlek kalau dirayakan besar2an, seperti itu jadinya. Tapi sebelumnya sembahyang dulu, biar pestanya lancar, dan segala yang direncanakan dalam kehidupan juga lancar. Rejekine lancar, jodohne lancar, usahane lancar... begitu. Banyak hal yang akan kita harapkan dalam setiap perayaan Imlek. Nanti akan saya tuliskan di bagian akhir tulisan ini, apa yang diharapkan oleh para personil Girls Generation di tahun baru ini, yang mungkin saja juga merupakan harapan kamu juga. Pada akhirnya ya... Imlek itu juga sama dengan tahun baru yang lain. Penuh resolusi dan harapan. Harapan untuk melangkah menuju masa depan yang lebih baik, harapan untuk menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya, dan harapan untuk lebih banyak berusaha dan mewujudkan hal2 yang terbaik di masa yang akan datang, tidak hanya pada tahun ini saja, tapi juga seterusnya.
Gw udah ngebahas Imlek dua paragraf nih, gw pikir cukup ya... kesimpulannya, ada beberapa hal. Satu, Iker Casillas adalah salah satu kiper terbaik di dunia, atau malah ia benar2 kiper terbaik di dunia saat ini. Dua, Imlek mengajak kita semua untuk lebih mempererat persaudaraan dan persahabatan, serta kekerabatan, bersatu demi kemajuan Indonesia yang lebih baik. Tiga, Imlek juga sama halnya dengan tahun baru yang lain, penuh dengan resolusi dan harapan. Apapun harapanmu itu, semuanya akan bermuara pada satu tujuan, untuk membuat dirimu jadi lebih baik dari sebelumnya. Empat, Imlek menghadirkan hiburan untuk seluruh rakyat. Semua bisa bebas menikmati perayaan Imlek tanpa terbatas oleh perbedaan yang ada di sekitar kita. Lima, Imlek tetap nggak afdol kalau nggak ngomongin angpao. Mungkin saja Angpao Hunting masih terus dilakukan saat ini. Meskipun begitu, tetaplah ingat bahwa angpao itu suatu saat akan habis, jadi kalau perlu, sisihkan angpao-mu untuk ditabung agar bisa berguna untuk mewujudkan keinginan2mu di masa depan, jika seandainya jatahmu habis. Pada akhirnya, Anda nggak bisa bergantung terus2an dari jatah orangtuamu, kan ? Hehehehehehe... I've learned that. Pengalaman dari teman2 soalnya... begitulah.
Oke, tulisan ini akan segera berakhir, dan sekarang akan saya tuliskan mengenai apa sih harapan dari para personil Girls Generation di tahun baru ini, yang katanya tertulis dalam banner yang mereka dapat saat mereka press conference jelang konser mereka di Hongkong beberapa waktu yang lalu. Aku nggak tahu apa yang sebenarnya mereka pegang dalam foto ini, dan mungkin saja, harapan mereka sama dengan harapanmu juga. Langsung saja, inilah gambarnya.
Berdasarkan sebuah fanbase Girls Generation di Facebook, inilah harapan para personil. Apakah ini yang tertulis di banner yang mereka pegang ? (Sone, need your help again!)

Taeyeon wishes everyone to be more wealthy,
Jessica wishes everyone this year will be better than last year,
Sunny wishes everyone to be healthy,
Tiffany wishes everyone spirit/soul to be strong,
Hyoyeon wishes everyone improve on studies,
Yuri wishes everyone good luck and prosperity,
Sooyoung wishes everyone to be safe wherever we go,
Yoona wishes everyone to be healthy as well,
Seohyun wishes everyone to be wealthy as well,
소녀시대 wishes everyone a Happy Lunar New Year :)

Kebetulan harapannya ditulis dengan bahasa Inggris, jadi kalian terjemahkan sendiri ya... hehehehehe... oke, kalau begitu segitu saja tulisan saya hari ini. Maaf kalau gw belakangan ini jarang nulis di blog, dan mungkin sekarang saya akan coba untuk bisa lebih banyak lagi menulis di blog buat kalian semua. Semoga Imlek tahun ini bisa mengantarkan kebaikan dan perubahan yang positif buat kalian, sehingga kalian semua bisa melangkah, menjalani hari2 kalian di tahun baru ini dengan penuh semangat dan penuh kebahagiaan. Selalu positif dalam setiap langkahmu setiap hari! Itulah tulisan saya, kurang-lebihnya mohon maaf, apabila ada yang menyinggung dan Anda merasa tersinggung, saya mohon maaf. Sekian, dan Happy Enjoy!
HAPPY LUNAR NEW YEAR. GONG XI FAT CAI. Ehmmm...

P.S: Saya nggak merayakan Imlek. Tapi saya sangat senang melihat banyak orang yang merayakan Imlek tanpa ada gangguan suatu apapun dan bisa berbagi dengan orang2 yang ada di sekitarnya. Mudah2an tulisan ucapan yang di atas benar. Soal "Ehmmm..."-nya, you know lah... hehehehehehe...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar