Jumat, 14 Oktober 2011

JUST A INFORMATION FOR YOU...

Di posting saya yang ke-196 ini (sebentar lagi menyentuh posting ke-200!) saya ingin memberitahukan sesuatu yang perlu untuk dimengerti oleh setiap orang. Ini soal... metode playback atau lipsing yang sering dilakukan oleh para boyband atau girlband kita. Tujuan gw menulis penjelasan ini agar semuanya mengerti, kenapa sih para boyband atau girlband idola kita, atau bahkan beberapa idola kita yang lain melakukan hal ini. Ini perlu untuk dipahami oleh semuanya, karena tidak semua orang mengerti atau mengetahui kondisi yang sedang terjadi di lapangan saat sebuah acara musik berlangsung, yang kemudian mengharuskan mereka melakukan hal itu.
Kalian pasti tahu soal lipsing. Lipsing terjadi ketika suara kaset jauh lebih keras daripada suara penyanyi aslinya, dan itu memberi kesan bahwa penyanyi itu hanya sekedar menggerakkan bibirnya saja. Mungkin menurut Anda mereka lipsing, tapi kalau menurut saya tidak. Mereka bernyanyi, hanya saja suara kasetnya terdengar lebih keras daripada suara penyanyinya, dan suara penyanyi yang ada dalam kaset itu tidak sempat dihilangkan, karena masalah waktu. Sebenarnya bisa saja suara penyanyi yang ada di kaset itu dihilangkan, sehingga lagu itu diputar dengan metode karaoke dan bukan playback. Tapi karena masalah waktu, dan juga karena bintang tamu yang banyak, akhirnya metode playback yang digunakan. Jadi kalau Anda berpikir bahwa penyanyinya yang minta lipsing, itu salah. Itu memang dari stasiun TV-nya yang minta seperti itu, karena alasan yang tadi ada di atas. Waktu, dan bintang tamu yang banyak.
Omong2 soal lipsing, saya jadi ingat beberapa tweets dari Cherrybelle yang banyak memberi saya informasi tentang kenapa boyband/girlband harus lipsing saat tampil. Cherrybelle once tweet, untuk bisa tampil live, persiapannya butuh waktu yang lama. Anda harus standby dari jam 3 pagi untuk mengatur audionya sehingga pada pagi harinya kamu bisa tampil live, jika kamu tampil untuk acara jam 7 pagi. Meskipun kemudian Cherrybelle beberapa kali bisa tampil live, dengan suara mereka sendiri, tapi tidak selalu mereka mendapatkan kesempatan itu. Itu hasil dari permohonan (dan perjuangan) Cherrybelle sendiri, yang mereka sampaikan pada setiap stasiun TV yang mengundang mereka. Ketika mereka mengubah versi lagu Dilema, apakah mereka selalu dapat kesempatan untuk tampil live ? Justru jarang. Hanya satu kali mereka dapat kesempatan untuk menyanyikan Dilema New Version secara live. Itu ketika acara Hip Hip Hura. Itu bisa terlihat dari adanya penambahan lirik pada bagian opening lagu. Penambahan lirik itu hanya bisa dilakukan saat Cherrybelle tampil live atau tampil off-air. Lebih tepatnya, ketika mereka bernyanyi secara live dan dengan suara mereka sendiri. Ketika mereka harus tampil dengan metode playback, lirik tambahan itu tidak muncul, sehingga kabarnya Cherrybelle harus merekam lagu itu sekali lagi, agar bisa ditampilkan saat mereka tampil di acara musik lain. So, apakah penyanyinya yang memang minta lipsing ? No. Stasiun TV-nya yang minta demikian. Kalau penyanyinya selalu minta agar mereka jangan lipsing.
7 Icons juga sama. Dulu mereka pernah diwawancara soal lipsing ini, dan mereka menjawab, "lipsing itu permintaan klien..." jadi, apakah 7 Icons yang minta ? No. Klien yang minta. Saya dulu pernah datang ketika 7 Icons tampil di sebuah acara off-air, dan saya melihat... suara mereka lumayan juga. Mereka selalu berusaha untuk melatih vokal mereka setiap hari, agar semua orang tidak menganggap mereka sebelah mata. Dulu saya masih ingat, 7 Icons pernah dapat kritik habis2an gara2 mereka dianggap nggak bisa nyanyi. Tapi gw lihat sekarang, mereka sudah menunjukkan kemajuan yang sangat berarti. Mereka jadi makin keren, suaranya pun juga lumayan, meskipun harus banyak dilatih... tapi gw percaya mereka akan selalu menampilkan yang terbaik, karena bagaimanapun juga, mereka sekarang sudah terkenal... ketika mereka berada di atas panggung, maka tuntutannya sudah jelas, mereka harus menampilkan yang terbaik, so... mereka harus berlatih... dan gw percaya mereka bisa melakukan yang terbaik di setiap penampilannya.
Saya yakin boyband dan girlband lain juga sama. Mereka pasti ingin tampil secara live, tapi secara keadaan, mereka tidak bisa. Cherrybelle yang punya alat mixer channel mike sampai sembilan buah dalam satu tempat saja tidak selalu dapat kesempatan itu, bagaimana dengan yang lain ? Mereka masih kalah dari band2 yang memang bisa dapat kesempatan untuk tampil live. Semuanya karena waktu dan keadaan. Tidak mungkin bisa membuat mereka tampil live sementara ada artis lain yang juga meminta hal yang sama, dengan waktu yang terbatas pula. Tentu saja stasiun TV punya prioritasnya masing2 untuk menentukan siapa yang akan tampil live, dan siapa yang harus tampil dengan metode playback. Saya harap kalian mengerti soal ini. Kalaupun misalnya kalian bernyanyi, apakah kalian langsung dapat giliran untuk tampil live ? Tidak. Untuk pemutaran perdana sebuah lagu, metode yang dipakai adalah metode playback, bukan karaoke. 7 Icons pernah mengalaminya. Ketika itu mereka mengupayakan untuk menyanyikan lagu Jealous secara live, ketika lagu itu akan diputar untuk pertama kalinya. Tapi kemudian stasiun TV mengatakan bahwa untuk pemutaran perdana sebuah lagu, harus pakai metode playback. Beruntung 7 Icons masih bisa dapat kesempatan untuk tampil live ketika menyanyikan lagu Penjaga Hati. Dan itu hasilnya bagus. Mereka memang bisa nyanyi, dan suara mereka juga bagus... mereka hanya butuh banyak latihan saja... hehehehehehe...
Kalau kalian mau lihat idolamu tampil tanpa lipsing, tonton acara off-air. Itu trik dari saya. Dalam acara off-air, mereka dipastikan tampil live dan tidak memakai metode playback. Mereka akan bernyanyi secara karaoke, di mana suara penyanyi yang ada di kaset sudah dihilangkan. Untuk acara ini, persiapannya bisa lebih lama, dan itu cukup buat mereka. Cukup untuk menyesuaikan suara mereka dengan lagunya, dan mereka bisa tampil lebih bagus daripada biasanya. Banyak boyband/girlband yang mengincar acara off-air, untuk bisa lebih dekat dengan fans-nya, dan juga sekaligus membuktikan kalau mereka bisa tampil secara langsung, tanpa lipsing. Kalau lipsing sih, itu memang keadaannya demikian, mau bagaimana lagi ? Jadi, buat kalian yang meragukan kemampuan seseorang bernyanyi saat ada di acara TV, tonton acara off-air! Selain kalian bisa lebih dekat dengan idola kalian, juga kalian bisa dengar suara asli mereka, dan juga... bisa mengetahui lagu2 apa saja yang juga mereka nyanyikan. Ketika saya menonton 7 Icons tampil off-air, saya baru tahu ada lagu Bidadari dan Tahan Cinta. Belum lagi ketika mereka menyanyikan lagu Cinta Satu Malam, sama sekali saya tidak menyangka mereka akan menyanyikan lagu itu! Mereka juga menyanyikan lagu Astaga dan Ku Menunggu. Bahkan katanya mereka sekarang menyanyikan lagu More Than Words. Kalau lagu Playboy sih kita semua juga tahu... tapi kalau lagu2 yang lain... sama sekali saya baru tahu pada saat itu. Dan ketika saya menonton perform mereka waktu itu, perform mereka bagus... meskipun saya dan penonton lain lebih banyak diam, karena situasi acaranya, tapi saya tahu kalau mereka ini keren banget. Kalau Cherrybelle tampil off-air, lagu yang biasa mereka bawakan adalah Dilema, Beautiful, I'll Be There For You, Price Tag-nya Jessie J, serta Fireworks dan Teenage Dream-nya Katy Perry. Itu yang aku tahu. Kalian harus lihat perform off-air-nya. Mereka juga keren. Sebenarnya saya juga belum pernah lihat, karena dulu waktu saya nonton Cherrybelle, waktu itu di acara Dahsyat, jadi saya cuma lihat lagu Dilema saja... jadi saran saya, kalau kalian ingin lihat idola kalian tampil live, mendingan kalian nonton acara off-air-nya deh. Dijamin mereka nggak akan tampil lipsing. Percaya sama saya. Kalau kalian nggak pernah melihat off-air-nya dan hanya melihat on-air-nya saja, gimana mau menilai ? Pantas saja kalian menilai mereka hanya bisa lipsing... padahal sebenarnya itu semua terjadi karena keadaan yang memang nggak bisa ditolak. Kondisinya seperti itu, ya mau bagaimana lagi ? Hanya di acara off-air semuanya akan terbukti dan akan terlihat dengan jelas. Dari situlah, kalian bisa memberi penilaian.
Kesimpulannya: Satu, lipsing terjadi bukan karena permintaan artisnya, tapi keadaan (waktu, bintang tamu dalam suatu acara yang banyak, faktor teknis, dan lain sebagainya); dua, sebaiknya Anda menyempatkan diri untuk menonton acara off-air mereka untuk melihat sendiri kemampuan mereka; dan ketiga, jangan beri penilaian yang terlalu cepat, dan jangan berpikir untuk bisa sembarangan menilai. Bisa jadi penilaian Anda masih dalam kondisi subyektif, dan bukan secara obyektif. Be objective. Empat, sebaiknya Anda berhenti menjadi haters. Nggak ada gunanya. Semakin lama Anda akan membenci mereka, mereka justru akan semakin terkenal, dan Anda tidak akan bisa menghentikannya. Lagipula, sirik tanda tidak mampu lho... kelemahanmu akan terlihat jika kamu terus2an sirik pada mereka. Jadi, berhentilah jadi haters dan mulailah untuk menilai secara obyektif. Kalau suka, suka aja... kalau nggak suka, jangan nge-bash secara berlebihan, dan diamkan saja. Justru Anda akan cari masalah kalau Anda nge-bash, karena pasti para fans dari idola yang bersangkutan akan membelanya. Baiklah, semoga ini bisa memberi pengertian pada semuanya. Saya mohon maaf kalau ada yang kurang berkenan, tapi ini harus saya tulis, biar semuanya jadi jelas. Sekian cerita, ocehan, uneg2, dan tulisan saya ini, semoga bermanfaat. Happy Enjoy!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar