Selasa, 11 Oktober 2011

LATIHAN ALA GARETH BALE

Kenal Gareth Bale ? Ya, dia pemain Tottenham Hotspur yang terkenal dengan kecepatannya yang gila abis ketika dia menusuk pertahanan lawan dari sayap kiri. Dia pemain Tottenham Hotspur idola saya, selain Rafael Van Der Vaart. Baru saja saya menemukan rahasia dari kecepatan geledeknya itu. Rahasianya ya latihan, tapi seperti apa latihan ala Gareth Bale, untuk mendapatkan kecepatannya itu, selain bermain rugby ketika kecil untuk menyeimbangkan kekuatan kakinya ? Ada dua jenis latihan ala Gareth Bale yang akan saya kasih lihat pada kalian. Mungkin ini bagus untuk membuat Anda lebih cepat ketika bermain bola. Latihan ala Gareth Bale ini saya ambil dari timeline twitter @simplepassing.
Sekarang kita mulai, ini latihan pertamanya.

  1. Bale mampu merubah kecepatannya dgn tempo singkat. Awalnya pelan,tiba2 kenceng, itu disebut change of pace. Cara melatihnya menurut dia?
  2. Terlihat sangat simpel, tapi berikut penjelasan dari Bale. (lihat gambar atas)
  3. Bale: "Letakkan 5 cone sejajar, berlari melompati cone dgn tumit diangkat, pandangan lurus kedepan, kedua tangan diangkat keatas.."
  4. Bale: "Awalnya lakukan dengan meletakkan satu kaki diantara cone tersebut, kemudian baru dgn meletakkan kedua kaki."
  5. "Terlihat sangat simpel, tp dgn banyaknya kontak kaki ke tanah, akan meningkatkan footwork dan kemampuan mengindari musuh."
  6. Bale: "Memakai sepatu yg ringan juga akan sangat membantu anda."
Itu latihan pertamanya. Sekarang latihan kedua.
  1. Ini dia sesi latihan terfavorit Gareth Bale? Gimana caranya dan kenapa? (lihat gambar atas)
  2. Bale: "Ini terlihat sulit, tp ini favorit saya.Letakkan 14 cone secara random tp cukup berdekatan dan membentuk seperti lingkaran."
  3. Bale: "Kemudian lakukan dribble secara random tanpa menyentuh cone-cone tersebut."
  4. Bale: "Setelah melakukan dribble secara random melintasi cone2 tersebut, lakukan shot kegawang. Angkat kepala anda, dan tentukan sasaran"
  5. Bale: "Latihan ini akan meningkatkan close-control anda, yg akan membantu melewati pemain lawan."
  6. Bale: "Latihan ini menggabungkan semuanya: speed, control, flexibility, quick feet, dan finishing."
Nah, seperti itulah latihan ala Gareth Bale. Kalau ini dilakukan secara terus menerus, maka bukan tidak mungkin Anda bisa menyamai atau mendekatinya. Apalagi kalau dilakukan dari kecil. Mungkin nanti dewasanya bakalan punya kecepatan geledek dan dribble mantap sepertinya. Buat para pemain junior, teruslah berlatih, karena seperti kata Gareth Bale:

"Practice makes perfect but when it comes off it’s a great feeling!”

So, teruslah berlatih, kalau yang memang ingin punya keinginan untuk menjadi pemain sepakbola yang hebat... oh ya, malam ini Indonesia akan melawan Qatar di Gelora Bung Karno, kita dukung Indonesia sekali lagi ya... semoga malam ini Indonesia bisa menang dan tidak ada lagi yang main "petar2an" di stadion, seperti kata Captain Cherly. Baiklah, segitu saja tulisan saya, Happy Enjoy!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar