Rabu, 17 Agustus 2011

FABERGE EGGS: KETIKA TELUR MENJADI BENDA SENI

Pernah membayangkan ada telur yang berukiran menarik dan bertatahkan berlian ? Pernah membayangkan telur yang di dalamnya ada replika kereta kencananya ? Kalau Anda menjawab telur paskah, jawaban Anda hampir mendekati. Perkenalkan, Faberge Eggs. Telur yang menjadi benda seni. Telur2 ini bukan telur yang berisi putih telur atau kuning telur... tapi ini adalah miniatur telur yang dibuat oleh House of Faberge, yang dipimpin oleh Peter Carl Faberge, untuk Tsar Rusia Alexander III dan Nicholas II. Sebenarnya House of Faberge banyak membuat miniatur telur seperti ini, dari kurun waktu tahun 1885 hingga 1917. Tapi yang terkenal adalah yang dihadiahkan kepada para Tsar Rusia. Telur pertama dibuat tahun 1885, atas pesanan Tsar Alexander III untuk istrinya, Tsarina Maria Feodorovna. Sejak itulah kemudian Kekaisaran Rusia selalu memesan minimal satu buah miniatur telur yang lengkap dengan ornamen2 yang indah, kecuali pada tahun 1904-1905, ketika sedang berlangsung Perang Rusia-Jepang. Untuk tahun 1918, sebenarnya sudah ada miniatur telur lain yang akan dikirimkan, namun karena kondisi di Rusia sudah berubah (Tsar Nicholas II dan keluarganya dibunuh pada tahun 1917 dan ia sudah turun tahta), miniatur itu tidak pernah dikirimkan.
Keunikan Faberge Eggs terletak pada dua hal: satu, bagian luarnya yang penuh dengan hiasan2 yang sangat indah, dan kedua, karena ada kejutan yang sudah disiapkan di dalam telur tersebut jika telur itu dibuka. Kejutannya bisa apa saja. Ada replika kereta api, replika kereta kencana, bola dunia, foto seseorang, replika kapal, replika istana, dan lain sebagainya. Semuanya tersimpan dengan rapi di dalam miniatur tersebut, dan selalu menjadi sesuatu yang menarik jika telur tersebut diperlihatkan untuk umum. Sayangnya, tidak semua telur2 itu kini menyimpan kejutan itu. Ada yang sudah hilang, meskipun ada juga yang masih tersimpan dengan baik di dalam telur tersebut. Dari 50 telur yang ada dan menjadi koleksi Kekaisaran Rusia, ada 42 yang masih selamat, dan kini dipamerkan di berbagai tempat di dunia, kebanyakan di Moskow. Telur2 itu disimpan sebagai salah satu koleksi Kekaisaran Rusia yang tak ternilai harganya dan perlu untuk dilindungi, selain mahkota dan aksesoris kerajaan. Berikut adalah beberapa foto2 dari Faberge Eggs yang masih ada hingga saat ini. Foto diambil dari berbagai sumber.
Twelve Monograms Egg.
The Coronation Egg. My favorite.
Trans-Siberian Railway Egg. That train is the surprise.
Romanov Tercentenary Egg. Also my favorite. There's a photos of Romanov rulers from 1613 to 1913.
Memory of Azov Egg.
Danish Jubilee Egg.
Clover Leaf Egg.
Moskow Kremlin Egg.
Standart Yacht Egg.
Alexander III Equestrian Egg.
Colonnade Egg.
Steel Military Egg. Surprise: The painting on the right.
Alexander Palace Egg. Contains the replica of the palace. Look on the left.
Sebenarnya masih banyak foto2 Faberge Eggs. Tapi buat saya, segini sudah cukup. Mungkin Anda akan kaget melihat telur2 ini, tapi memang inilah yang dulu pernah ada. Dari tahun 1885 hingga 1917, telur2 ini sangat terkenal sebagai harta karun yang luar biasa dari Kekaisaran Rusia, sekaligus mengangkat nama Faberge sebagai salah satu produsen perhiasan terbaik di dunia. Sejak telur2 ini terkenal, Faberge banyak dipercaya untuk membuatkan telur2 semacam ini pada klien2 lain. Tapi tetap, klien terbaiknya adalah keluarga Kekaisaran Rusia, yang selalu memesan minimal satu telur setiap tahunnya.
Sekian dulu deh cerita tentang Faberge Eggs ini. Nanti akan ada banyak cerita2 lain yang seru lainnya. Khusus tanggal 17 Agustus, pengerjaan Fanfiction 7 Icons akan diliburkan dan akan dilanjutkan pada tanggal 18 Agustus, dengan Fanfiction 7 Icons part 15g. Kalau begitu, udahan dulu ya... salam, YNWA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar