Minggu, 29 April 2012

MOTOGP SPANYOL: THE RESULTS

Inilah hasil dari MotoGP Spanyol, dengan Casey Stoner berhasil menjadi pemenang dengan waktu 45 menit 33,897 detik, disusul Jorge Lorenzo yang tertinggal 0,947 detik dari Stoner, Dani Pedrosa ada di posisi ketiga, tertinggal 2,063 detik, Cal Crutchlow ada di posisi keempat, lebih lambat 2,465 detik, dan Andrea Dovizioso ada di posisi kelima, tertinggal 18,100 detik dari Stoner. Alvaro Bautista finish keenam, Stefan Bradl ada di posisi ketujuh, Nicky Hayden, meski sempat berada di posisi lima besar tapi hanya mampu finish kedelapan, Valentino Rossi finish kesembilan, Hector Barbera berada di posisi kesepuluh, Ben Spies kembali mengalami nasib kurang beruntung, hanya finish ke-11, Aleix Espargaro menjadi rider CRT terbaik dengan berhasil finish ke-12, Danilo Petrucci ada di posisi ke-13, Mattia Pasini finish ke-14, dan Ivan Silva menjadi rider terakhir yang mendapat poin, dengan finish ke-15. Colin Edwards dan Karel Abraham tidak mendapat poin, namun mereka finish dan masuk daftar pembalap yang finish, masing2 di posisi ke-16 dan posisi ke-17. Randy de Puniet mengalami sial di saat ia sedang berada di posisi ke-12 dan memimpin balapan untuk tim CRT, dua lap jelang finish ia mengalami masalah pada motornya, sehingga harus mundur dari balapan, James Ellison juga mengalami hasil yang sama, harus mundur karena masalah pada motornya dan ia berhenti di pit, dan Michele Pirro juga harus mundur dari balapan. Yonny Hernandez mengalami masalah pada motornya saat start, membuatnya harus start dari pit. Tetapi, ia terpaksa harus mundur belum satu lap balapan berjalan karena problem pada motornya yang makin parah.
Pada awal balapan, langsung terjadi persaingan yang cukup ketat yang melibatkan beberapa pembalap yang start di depan, seperti Lorenzo, Stoner, Pedrosa, Hayden, Crutchlow, dan Dovizioso. Beberapa kali terjadi pergantian pimpinan balapan, yang semuanya kebanyakan terjadi setelah trek lurus. Setelah beberapa lap, memanfaatkan perpindahan posisi pembalap saat mengerem untuk masuk tikungan setelah trek lurus, Casey Stoner berhasil mengambil alih pimpinan lomba dan Jorge Lorenzo menyusul di belakangnya. Memasuki pertengahan balapan, Stoner dan Lorenzo mulai menjauh dan membuat persaingannya sendiri. Hingga di beberapa lap terakhir, Lorenzo berusaha untuk menyalip Stoner, namun tidak berhasil karena jarak antara keduanya terlampau jauh. Belakangan, Dani Pedrosa dan Cal Crutchlow juga terlibat persaingan untuk memperebutkan posisi ketiga, bahkan keduanya hampir mendekati Stoner dan Lorenzo. Posisi empat besar ini tidak berubah hingga bendera finish dikibarkan. Casey Stoner menang untuk pertama kalinya di Jerez, disusul Jorge Lorenzo di posisi kedua, dan Dani Pedrosa di posisi ketiga. Karena Randy de Puniet dan James Ellison harus mundur di akhir2 balapan, Aleix Espargaro menjadi rider CRT terbaik, dengan finish di posisi ke-12, membuatnya ikut dalam parc ferme bersama para pemenang balapan. Perlu diketahui, untuk rider CRT terbaik, pembalap CRT yang finish di posisi paling tinggi boleh masuk parc ferme dan memarkir motornya di sana, bersama dengan tiga pemenang balapan. Jadi, untuk MotoGP musim ini, parc ferme (tempat para pemenang balapan memarkir motor/mobilnya setelah balapan) terdiri atas empat tempat. Tiga untuk pemenang balapan (yang untuk sejauh ini diisi rider pabrikan) dan satu tempat tambahan untuk rider CRT yang berhasil finish paling tinggi di balapan tersebut. Meskipun ia boleh memarkir motornya di parc ferme, rider CRT itu tidak naik podium, dengan pengecualian ia finish tiga besar. Keberhasilan menang di Jerez ini adalah untuk yang pertama kalinya untuk Casey Stoner, yang memang biasanya selalu tidak dapat hasil yang bagus di sirkuit ini. Sementara untuk Jorge Lorenzo, targetnya untuk menang tiga kali beruntun di sirkuit Jerez harus pupus. Meskipun begitu, ia tetap memimpin klasemen pembalap MotoGP dengan 45 poin, hasil dari menang di MotoGP Qatar (poin 25) dan runner-up di MotoGP Spanyol (poin 20). Balapan MotoGP berikutnya akan berlangsung di sirkuit Estoril, Portugal, pada tanggal 6 Mei 2012, dalam gelaran MotoGP Portugal. Jaraknya dari MotoGP Spanyol hanya berselang satu minggu.
Berikut adalah klasemen pembalap MotoGP sampai dengan seri kedua:
Itu tadi klasemen pembalapnya, sekarang adalah klasemen konstruktor dan klasemen tim MotoGP sampai dengan seri kedua:
Baiklah, itu tadi laporan balapannya, semoga ini bisa memberi informasi baru buat kalian, sekarang saatnya saya untuk menutup posting ini, sekian posting saya, dan Happy Enjoy!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar