Kamis, 12 April 2012

HARGA TIKET SUPER SHOW 4 DAN PREDIKSI HARGA TIKET KONSER GIRLS GENERATION (JIKA JADI KONSER DI SINI...)

Setelah melihat apa yang terjadi saat antri tiket konser Super Junior kemarin, dan melihat berapa harga tiketnya, dan sebagainya, dan sebagainya, saya memutuskan untuk membuat tulisan ini. Bukan untuk mengatakan apapun soal yang terjadi soal antri tiketnya, tapi saya mau sedikit membuat analisis saja soal apa yang akan terjadi nanti, jika seandainya nanti konser Super Junior ini sukses, dan ujung2nya akan membuat Girls Generation datang untuk konser di Indonesia suatu saat nanti. Sebenarnya jika melihat kisaran harga tiketnya, kita sudah bisa membuat perkiraan, nanti harga tiket konser Girls Generation di Indonesia (jika jadi tampil) berapa sih ? Beberapa teman2 dari KaskuSone sudah memperhitungkan soal ini, namun belum jelas kira2 segimana sih harga tiketnya. Harga tiket konser Super Junior sebenarnya sudah bisa menjadi patokan, seberapa banyak duit yang harus dikeluarkan sebagai mahar untuk dapat menonton Girls Generation jika mereka tampil nanti di Indonesia. Kita mulai saja analisis-nya.
Pertama-tama, saya akan perlihatkan seating chart dari konser Super Junior nanti, atau Super Show 4, yang akan digelar di Mata Elang International Stadium (MEIS) Ancol, Jakarta, pada tanggal 28-29 April 2012 nanti.
Ini seating chart yang keseluruhan. Saya akan kasih lihat juga detail seating chart-nya, biar kalian lebih jelas soal posisi di mana kalian akan duduk saat konser nanti berlangsung (kalau kalian pegang tiketnya)
 Level 1
 Level 2
 Level 3
Saya jujur saja tertarik dengan tribun "Junior VIP L". Bukan karena kepengen duduk di sana, tapi lebih karena pola tempat duduknya yang menghadap ke panggung dan berbentuk satu tribun besar. Itu kalau menurut saya seperti tribun "The Kop" di stadion Anfield. Jadi, saya akan menjuluki tribun "Junior VIP L" sebagai tribun "The Kop". Tapi tentu saja saya harus melihat foto tribun aslinya, untuk memastikan apakah benar bentuknya seperti The Kop atau bukan. Masih jarang foto2 yang memperlihatkan bagian dalam MEIS, jadi saya sendiri juga masih bingung soal seperti apa bentuk susunan tribun aslinya, kalau difoto dari dalam. Tapi ya sudahlah, nanti juga pasti akan ada, sekarang kita mulai saja analisis harga tiketnya.
Yang pasti, kalau menurut saya, tiket konser Girls Generation di Indonesia nanti (kalau jadi tampil) akan lebih mahal daripada tiket konser Super Junior. Bisa lebih mahal sedikit atau lebih mahal beneran. Maksudnya, lebih mahal dengan selisih yang lebih besar dari tiket Super Junior. Kenapa ? Karena kalau menurut saya, Girls Generation lebih populer dibandingkan Super Junior (maaf, ELFs...) dengan prestasi dan pencapaian yang sudah mereka raih, sudah jelas mereka jadi lebih populer dan dan lebih sukses, meskipun kalau secara eksistensi, Super Junior jelas lebih eksis dari Girls Generation. Tapi kembali ke tadi, prestasi dan pencapaian mereka saat ini lebih baik Girls Generation daripada Super Junior. Malah kalau menurut saya, artis paling populer di SM Entertainment (manajemennya Super Junior dan Girls Generation) adalah Girls Generation, jadi saya pikir wajar kalau harga tiketnya nanti akan mahal dan kalau misalnya antri tiket, bisa lebih parah antriannya daripada yang kemarin. Maklum, para Sone disini orangnya sangat bersemangat... hehehehehe... yah, begitulah...
Oke, sekarang kita masuk ke analisis harga tiketnya. Di konser Super Junior ada 11 kategori tiket di level 1, 6 kategori tiket di level 2, dan 2 kategori tiket di level 3. Hukumnya sudah jelas: Semakin dekat posisi penonton ke panggung, harganya semakin mahal. Bisa terlihat dari harga tiket termahal adalah di Super Box atau tiket festival (tribun berdiri yang ada di sekeliling panggung) yang harganya mencapai 1,7 juta rupiah, dan tiket termurah ada di Junior Sky Seat (tribun lantai tiga) yang harganya hanya gopek-ceng, alias 500 ribu rupiah. Tribun yang itu bagus untuk yang suka bikin fancam, karena mungkin posisinya paling aman. Tapi tetap waspada, karena kalian tahu sendiri lah, soal kasus2 fancam di konser2 yang beginian... lalu bagaimana dengan harga tiket yang lainnya dan prediksi harga tiket konser Girls Generation nanti ? Ini dia...
Kita mulai dari Level 1. Ada 11 kategori tiket di sana, 8 tribun festival dan 3 VIP Seat di bagian depan dan samping panggung. Harga tiket untuk kedelapan tiket festival (Super Box A, B, C, D dan Super Fest E, F, G, dan H) sama, yaitu 1,7 juta rupiah. Kira2 kalau konser Girls Generation berapa harganya ? Kalau menurut saya sih, harga paling murah 1,85 juta rupiah, paling mahal 2 juta. Tergantung promotor sih... tapi menyadari dan mengingat bahwa mungkin tiket konser 2 juta rupiah itu susah dijangkau, jadi... kemungkinan terbesar sih harga tiketnya 1,85 juta sudah harga yang pas. Lebih bagus kalau harganya 1,75 juta. Jadi lebih terjangkau lagi, kan ? Hehehehehehe... yah, kira2 segitulah...
Untuk VIP Seat-nya, baik untuk Junior VIP I, J, dan K, harganya 1,4 juta rupiah. Ini untuk konsernya Super Junior. Kalau buat konsernya Girls Generation ? Bisa disesuaikan. 1,5 juta rupiah ? Kemungkinan harganya segitu, kalau kenaikan harganya tidak besar. Kalau kenaikannya besar ? Jangan kaget kalau harganya tiba2 jadi 1,65 juta. Kalau menurut saya, itu sudah harga maksimalnya, karena harus ada gap harga antara harga tiket di tribun yang satu dengan harga tribun yang lain.
Sekarang pindah ke level 2. Di level 2 ada 4 VIP Seat, termasuk di dalamnya yang saya maksud sebagai "The Kop", terbagi menjadi 3 Junior VIP Seat dan 1 Super VIP Seat, dan dua tribun penonton yang ada di sisi samping panggung. Kita mulai dari VIP Seat-nya dulu. Ada Junior VIP L, M, dan N dan Super VIP O. Yang saya maksud sebagai The Kop adalah Junior VIP L. Untuk Junior VIP L, M, dan N, harganya sama dengan Junior VIP I, J, dan K, yaitu 1,4 juta rupiah. Kalau untuk ini sih, mungkin untuk konser Girls Generation, harganya akan mengikuti harga tribun lain yang sejenis. Ya, tadi, antara 1,5 hingga 1,65 juta. Tapi untuk ini sih, yah saya pikir 1,5 juta rupiah sudah harga yang pas. Jadi, harga untuk tiket The Kop saat konser Girls Generation nanti, prediksinya 1,5 juta rupiah, kalau menurut saya. Lalu untuk Super VIP O ? Wah, kalau ini sih hanya orang tertentu yang bisa nonton di sini. Kenapa ? Karena harga tiketnya paling mahal! Bisa dibilang, inilah Royal Box di konser Super Junior nanti. Bisa jadi karena view-nya paling oke kali ya... padahal di The Kop view-nya juga nggak kalah bagus, menurut gw... mau tahu harganya ? 2 juta rupiah, coooy... jangan kaget kalau saat Girls Generation konser di sini harganya naik jadi 2,25 juta atau 2,5 juta rupiah! Sebenarnya semua tergantung harga tiket festival-nya sih... kalau tiket festival-nya jadi 2 juta, barulah tiket "Royal Box" ini harganya 2,5 juta. Kalau harga tiket festival-nya 1,75-1,85 juta, mungkin harganya bisa jadi 2,25 juta. Itu menurut pendapat saya. Yang pasti, hanya ELF atau Sone spesial yang bisa duduk di tribun ini. Artis, mungkin ?
Sekarang untuk tribun penonton yang ada di samping. Ada Super Sky P dan Super Sky Q. Harganya kalau disini 1 juta. Sudah cukup murah sih untuk para ELFs... kalaupun harus naik saat Girls Generation konser di sini, kemungkinan kenaikannya nggak terlalu gede. 1,25 juta mungkin sudah harga maksimal. Syukur2 kalau harga 1 juta ini dipertahankan. Itu lebih baik.
Terakhir, tribun di level ketiga. Ada dua tribun di sini, yaitu Junior Sky R dan Junior Sky S. Harganya paling murah, yaitu 500 ribu rupiah. Ini juga harusnya bisa dipertahankan saat Girls Generation konser di sini. Kalaupun harus dinaikkan, harganya mungkin akan menjadi 750 ribu. Itu juga sudah merupakan harga yang maksimal. Jangan terlalu tinggi menaikkan harga untuk tribun2 termurah, nanti bisa mempersulit para fans yang ingin membelinya. Sayang kalau naiknya terlalu tinggi untuk tribun2 seperti ini.
Jadi, kesimpulannya seperti ini. Ini adalah recap harga tiket di konser Super Junior nanti, lengkap dengan prediksi harga tiket saat nanti Girls Generation tampil di sini suatu saat nanti.
  • Tiket Festival (Super Box A, B, C, D dan Super Fest E, F, G, H) harganya 1,7 juta rupiah. Untuk konser Girls Generation nanti, prediksi saya sekitar 1,85 juta rupiah.
  • Tiket VIP Seat (Junior VIP I, J, K, L, M, N) harganya 1,4 juta rupiah. Untuk konser Girls Generation nanti, prediksi saya sekitar 1,5 juta rupiah.
  • Tiket Super VIP O harganya 2 juta rupiah. Untuk konser Girls Generation nanti, prediksi saya sekitar 2,25 juta rupiah.
  • Tiket Super Sky P dan Q harganya 1 juta rupiah. Untuk konser Girls Generation nanti, prediksi saya sekitar 1 juta rupiah (tetap) untuk harga termurah, harga termahalnya 1,25 juta rupiah.
  • Tiket Junior Sky R dan S harganya 500 ribu rupiah. Untuk konser Girls Generation nanti, prediksi saya sekitar 500 ribu rupiah (tetap) untuk harga termurah, harga termahalnya 750 ribu rupiah.
Itulah harga tiketnya. Sekali lagi, itu cuma perkiraan dan prediksi saya saja. Untuk konfirmasi konsernya, tunggu saja apa kata SM Entertainment, dan untuk harga tiket pastinya, tunggu saja saat Girls Generation benar2 datang ke sini. Ini hanya sekedar analisis saja, siapa tahu harga tiketnya naik saat Girls Generation konser di sini, dan alasan kenapa harga tiket konser Super Junior yang menjadi acuan, karena Super Junior dan Girls Generation berasal dari manajemen yang sama. Jadi kemungkinan kebijakan dari manajemen soal pengaturan harga tiketnya ya kemungkinan harganya seperti ini pengaturannya. Tapi harus saya beritahukan bahwa dipastikan, ini belum semuanya dari semua uang yang harus kalian siapkan saat Super Junior konser atau saat Girls Generation konser nanti. Ini belum apa2. Masih ada merchandise yang harganya selangit (kalau kata para Sone yang nonton langsung di Singapura...), belum lagi soal transport, makan2nya, dan lain sebagainya. Banyak duit yang harus kamu bawa saat konser ini berlangsung, karena saya yakin, Anda pasti juga akan mengincar merchandise dari konser itu, bukan ? Jadi pesan saya satu, bawa uang yang banyak, dan juga waspadalah terhadap apapun yang terjadi nanti saat konser berlangsung. Buat yang mau fancam, hati2, waspada juga dengan keamanan. Pemeriksaan bisa berlangsung kapan saja, jadi waspadalah sewaktu-waktu terhadap apa yang terjadi saat konser nanti. Jaga kesehatan dan keselamatan kalian saat konser berlangsung. Keamanan diri sendiri juga penting saat konser berlangsung. Intinya jaga diri kalian baik2 deh. Pergi ke konser aman, pulang dari konser juga aman. Dan tentu saja, jangan bikin keributan yang aneh2 saat konser berlangsung. Terutama buat para ELFs. Heboh lihat Siwon nggak apa2, asal jangan kelewatan. Kesuksesan konser Super Junior ini bisa membuka jalan untuk menggelar konser Girls Generation. Sama halnya dengan event Kimchi dulu. Dulu ada yang bilang kalau kesuksesan Kimchi bisa membuka jalan tergelarnya SS4, GG Tour, konser SHINee, konser f(x), atau konser artis Korea manapun, bahkan Music Bank Live atau SMTOWN Live sekalipun. Dan sekarang SS4 sebentar lagi akan digelar. Sukseskan konser ini, demi terselenggaranya konser2 artis Korea ternama lainnya. Siapa tahu saja, karena SS4 heboh dan sukses, nggak beberapa lama Girls Generation tampil di sini. Siapa yang nggak senang coba ? Kapan lagi coba lihat Yoona dari dekat ? Jadi, semuanya sekarang ada di tangan kalian para ELFs. Sukseskan konser ini, dan beri Super Junior pengalaman konser yang berkesan dan menarik, sehingga saat mereka kembali ke Korea, mereka bisa beritahu yang lain, termasuk Girls Generation, untuk mau tampil di sini. Kalau itu terjadi, maka impian para Sone di Indonesia pun tercapai.
Baiklah, saya pikir segitu saja tulisan saya untuk kali ini, semoga nanti konser Super Junior bisa berlangsung dengan baik, aman, dan sukses. Semoga tulisan saya bisa bermanfaat buat kalian, dan dapat memberi gambaran mengenai konser Super Junior nanti dan juga konser Girls Generation di masa depan, karena biasanya kurang lebih susunan untuk konser Super Junior dan Girls Generation nggak akan jauh beda. Percaya saja sama saya. Oke, kalau begitu sekarang saatnya saya mengakhiri posting ini... kurang-lebihnya mohon maaf, kalau ada yang menyinggung dan Anda merasa tersinggung, saya mohon maaf. Sekian tulisan saya, dan Happy Enjoy!

1 komentar:

  1. SS4 sukses dan lancar, kabarnya SuJu pun puas, mari kita tunggu...

    BalasHapus