Minggu, 15 April 2012

ICONS-NYA GIRLS GENERATION

Beberapa hari yang lalu saya temukan foto2 ini dari KaskuSone One-Stop Update. Sebenarnya ini kumpulan foto yang diambil oleh para fans, tapi foto2 ini dimuat juga di sana sebagai bagian dari foto2 Girls Generation. Ini adalah foto brosur Lotte Department Store. Perlu kalian ketahui kalau Girls Generation sekarang sudah menjadi model untuk Lotte Department Store di Korea sana. Durasi kontraknya tidak lama, satu tahun. Dari Maret 2012 hingga Maret 2013. Sebenarnya bukan brosurnya yang saya mau bahas di sini, tapi isi dari brosurnya yang cukup unik. Mungkin ini untuk pertama kalinya Girls Generation dibuat karakternya masing2, dan ini malah mengingatkan saya dengan... (maaf Sone) 7 Icons. Jika 7 Icons punya tujuh karakter yang berbeda, maka Girls Generation punya sembilan karakter berbeda, dan uniknya ada beberapa yang sama. Kalau kalian tidak percaya, inilah foto2nya...
Kalau kalian lihat, ada sembilan "karakter" yang ada di foto brosur ini, yaitu Pretty, Elegant, Cute, Pure, Sexy, Sporty, Chic, Boyish, dan Lively. Sementara kita tahu kalau di 7 Icons karakternya ada Boyish, Mysterious, Feminine, Elegant, Sexy, Natural, dan Cute. Berarti ada empat karakter yang sama. Yang menjadi pertanyaan kemudian, jika seandainya para personil 7 Icons dimasukkan ke karakter2nya para personil Girls Generation, siapa2 sajakah yang mewakili karakter2 yang ada di atas ? Saya sudah buat eksperimen yang berhubungan dengan ini, dan yang menarik, ada satu personil yang mewakili tiga karakter sekaligus. Mau tahu siapa dia ? Kita mulai saja.
Kita mulai berdasarkan urutan gambar2 di atas. Kita mulai dari Pretty. Karena ini diwakili oleh Yoona, maka di 7 Icons, yang bisa mewakili karakter ini adalah Linzy. Kenapa ? Karena secara profil wajah, keduanya hampir mirip. Keduanya juga sama2 cantik. Selain itu juga, dulu ada seorang Iconia yang sepertinya merangkap Sone yang menggabungkan (atau membandingkan) foto Yoona dan Linzy. Menurutnya mungkin, keduanya hampir sama. Kebetulan saya punya fotonya, dan saya akan kasih lihat ke kalian. Anggap saja sebagai buktinya, karena saya khawatir ada Sone2 yang nggak percaya. Seperti inilah fotonya, udah lama banget sih sebenarnya...
Mungkin caption-nya sudah jelas, pakai kata "vs", tapi kalau dilihat sih, gw menganggap keduanya punya karakter yang sama. Apalagi ketika foto ini dibuat, masih pada awal2 7 Icons muncul, Linzy dianggap sebagai "image" 7 Icons, sama dengan Yoona yang merupakan "image" dari Girls Generation. Meskipun kemudian kita tahu, bahwa 7 Icons tidak punya image, bahkan leader sekalipun, dan semuanya saling dominan dengan karakternya masing2, sehingga kelompok ini punya cirinya sendiri. Jadi, kesimpulannya, Linzy menjadi pemegang karakter Pretty, jika karakter ini ada di 7 Icons.
Untuk karakter Elegant, berdasarkan di gambar yang ada di atas, dipegang oleh Sooyoung. Di 7 Icons, semua juga tahu, kalau Elegant Icon itu Vanila. Yang kemudian jadi menarik adalah, Vanila dan Sooyoung punya tinggi badan yang sama, yaitu 170 cm. Sudah karakternya sama, tingginya sama pula. Jadi kalau menurut saya, sudah jelas kalau Vanila akan (atau malah tetap) jadi Elegant Icon. Ini jadi menimbulkan pertanyaan, emangnya harus punya badan yang tinggi ya, untuk tampil elegan ?
Untuk karakter Cute, dipegang oleh Taeyeon. Ini sih sudah jelas sesuai. Badannya kecil mungil, dan wajahnya hampir mirip anak kecil, dan sering punya ekspresi wajah yang unik. Udah pas banget tuh... kalau di 7 Icons kita tahu kalau Cute Icon itu dipegang oleh PJ. Badannya kurang lebih sama, penampilannya juga kurang lebih sama, bahkan PJ punya ciri khas sendiri, yaitu sering gonta-ganti gaya rambut. Karena karakter dan kenyataannya sudah sama, maka PJ tetap jadi Cute Icon.
Ada karakter baru di sini, yaitu Pure. Kalau berdasarkan gambar di atas, pemegangnya adalah Seohyun. Sudah sangat pas karena memang kita tahu Seohyun punya karakter yang dewasa, meskipun usianya paling muda dari semua personil Girls Generation yang lain, dan ia juga punya karakter yang berbeda dari personil lain. Ada yang bilang kalau ia sedikit kaku, kalau bicara selalu dengan bahasa yang baku, selalu menghindari makan junk food atau fast food, di saat personil yang lain (katanya) punya kebiasaan memesan makanan dengan tipe seperti itu. Ia punya gaya hidup yang sehat dan ia tidak suka berpesta. Ia bahkan baru merasakan minum minuman beralkohol dalam jumlah banyak setelah ia dewasa, itupun gara2 dia kalah dalam games yang dibuat oleh teman2nya. Singkat kata, Seohyun memiliki gaya hidup yang simpel dan ia punya kedewasaan yang sangat tinggi, meskipun merupakan personil termuda. Di 7 Icons, justru karakter Seohyun itu muncul pada Linzy. Ya, Linzy lagi. Sebenarnya ada beberapa kesamaan antara keduanya. Baik Linzy dan Seohyun sama2 merupakan personil termuda di kelompoknya masing2. Tahun lahirnya juga sama, tahun 1991, meskipun Linzy sedikit lebih tua. Keduanya juga sama2 punya karakter yang dewasa, dan mungkin juga cenderung tegas. Apalagi Linzy, mengingat dia anak Fakultas Hukum. Tahu sendiri anak kampus hukum seperti apa... nah, karena kesamaan itulah, sama2 maknae (personil termuda) dan punya karakter yang sama, jadinya karakter Pure ini masuk ke Linzy kalau karakter ini ada di 7 Icons.
Kalau karakter Sexy, berdasarkan gambar di atas, dipegang oleh Tiffany. Justru kalau menurut saya, yang pantas jadi Sexy Icon di Girls Generation adalah... Yuri. Maklum, kalau dari segi badan, Yuri itu langsing dan singset. Bahkan ia punya bentuk S-line, ramping di pinggang (eh, bener nggak nih ?) dan bodinya yang seksi itu sudah sering terlihat di mana2, dengan pakaian apapun. Tapi kita terima saja apa kata gambar. Tiffany juga nggak kalah seksi, menurut gw... dan kalau di 7 Icons, kita semua tahu kalau Sexy Icon-nya adalah Mezty. Nah, karena kesamaan karakter di sini, jadi Mezty tetap dianggap jadi Sexy Icon di sini.
Karakter berikutnya yang ada di Girls Generation namun tidak ada di 7 Icons adalah Sporty. Tapi siapa bilang tidak ada personil 7 Icons yang punya karakter Sporty. Berdasarkan gambar yang ada di atas, yang merupakan Sporty Icon adalah Hyoyeon. Dia dikenal sangat lincah, dance leader-nya Girls Generation, dan punya reputasi sebagai Best Dance Trainee ketika ia masih jadi trainee di SM Entertainment. Di 7 Icons, saya berpikir kalau yang pantas jadi Sporty Icon adalah Natly. Sama dengan Hyoyeon, ia juga punya latar belakang dancer, saat SMA. Ia pernah jadi anak dancer saat SMA, dan punya prestasi yang banyak, bahkan ia sering dapat job tampil. Karena kesamaan latar belakang itulah, saya pikir Natly pas untuk jadi Sporty Icon, kalau karakter ini ada di 7 Icons, meskipun gw tahu, 7 Icons bisa saja berpenampilan sporty saat tampil.
Karakter berikutnya adalah Chic. Chic hampir mirip dengan tipe Feminine, bahkan mungkin termasuk salah satu bagiannya. Yang menjadi pemegang karakter Chic berdasarkan gambar di atas adalah personil yang menurut saya paling girly di Girls Generation, yaitu Jessica. Udah pas banget menurut saya. Secara karakter, kalau menurut saya dia paling girly. Anda cukup beri dia kaus apapun, rok selutut, dan tambahan jaket, plus sepatu high heels, sedikit gaya pada rambutnya, bisa diurai atau sedikit diikat, maka karakter girly-nya akan sangat terlihat. Karena karakter Chic dan Feminine hampir mirip, dan di 7 Icons kita tahu ada Feminine Icon, maka Chic Icon pantas diberikan pada... Linzy lagi. Linzy memang punya karakter yang girly juga, bahkan bisa dibilang paling girly di 7 Icons. Jadi Linzy memegang tiga karakter sekaligus, yang secara garis besar hampir sama, yaitu Pretty, Chic, dan Pure. Pretty karena penampilan fisik dan status "image"-nya yang ia pegang (walaupun tidak ada status "image" di 7 Icons), Chic karena penampilan fashion-nya, dan Pure karena karakternya yang dewasa. Inilah yang saya sebut di atas, akan ada satu personil yang punya tiga karakter sekaligus, itu karena secara garis besar, karakter2 Girls Generation yang ada di gambar di atas tidak jauh berbeda dengan salah satu karakter yang ada di 7 Icons.
Karakter berikutnya, Boyish. Karakter ini pas buat cewek2 yang berpenampilan tomboy. Berdasarkan gambar yang ada di atas, Sunny adalah Boyish Icon di Girls Generation. Meskipun kalau saya lihat, meskipun rambutnya dibuat pendek, ia malah terlihat lucu. Karakter tomboy-nya hanya terlihat pada awal The Boys dirilis, tapi setelah itu seiring berjalannya waktu, ia malah jadi terlihat lucu. Bisa dibilang, ia adalah "Cute Boyish". Di 7 Icons, Boyish Icon sudah jelas jadi mirip Angel. Kalau ini sih boyish yang benar2 boyish. Gayanya sangar abis! Dan sudah tidak diragukan lagi kalau ia memang boyish yang sangat menarik. Jadi, Angel (sudah resmi dan aklamasi) tetap menjadi Boyish Icon, karena memang karakternya sama dan sesuai dengan kenyataan yang ada. Malah, ia bisa tampil lebih baik dari yang Anda duga...
Karakter yang terakhir adalah Lively. Kata Lively setahu saya berarti "lincah" atau "bersemangat". Kalau menurut gambar di atas, Yuri adalah pemegang karakter ini. Kalau melihat dari arti katanya, seharusnya ini jadi milik Hyoyeon. Tapi karena ia sudah memegang karakter Sporty, akhirnya Yuri yang memegang karakter ini. Saya justru tidak tahu siapa yang pantas jadi Lively Icon di 7 Icons, tapi kalau melihat dari personil yang ada, semua personil sudah punya karakternya masing2, dan hanya Gc yang belum dapat karakter, meskipun di 7 Icons ia dikenal sebagai Mysterious Icon. Tapi kalau berdasarkan gambar2 yang ada di atas, ia belum dapat karakter apapun. Jadi, saya putuskan untuk memberikan Lively Icon ini pada Gc. Meskipun saya tidak tahu apakah dia personil yang paling lincah, tapi dia personil yang punya gayanya sendiri dan selalu punya semangat yang besar saat tampil. Itu kalau menurut saya, nggak tahu pada kenyataannya... tapi saya tahu ia punya semangat yang besar kok, begitupun juga dengan personil yang lain.
Nah, itulah eksperimen sekaligus pembahasan saya, bagaimana jadinya jika 7 Icons dimasukkan ke karakter2 yang dimiliki oleh Girls Generation berdasarkan gambar2 di atas. Kalau eksperimennya dibalik, saya justru tidak bisa menjawab. Sulit untuk menentukan siapa2 saja personil Girls Generation yang akan mengisi karakter yang ada di 7 Icons. Kalaupun bisa dijawab, akan ada satu atau dua karakter yang akan diisi oleh dua orang. Tapi kalau harus menjawab, saya akan menjawab asal seperti ini. Taeyeon menjadi Cute Icon, Jessica menjadi Feminine Icon, Sunny dan Yoona menjadi Boyish Icon (berdasarkan fakta yang mengatakan bahwa Yoona itu aslinya tomboy), Tiffany dan Yuri akan menjadi Sexy Icon, Sooyoung menjadi Elegant Icon, Hyoyeon akan jadi Mysterious Icon (lho ?), dan Seohyun menjadi Natural Icon. Kira2 seperti itu jawabannya... saya tidak bisa memastikan apa itu benar atau tidak, sesuai atau tidak, tapi seperti itulah jawaban saya kalau eksperimen ini dibalik, yang tadinya karakternya Girls Generation masuk ke dalam 7 Icons, kini menjadi karakternya 7 Icons masuk ke Girls Generation. Begitulah...
Oke, saya pikir segitu saja cerita saya untuk kali ini... semoga kalian para Sone tidak tersinggung dengan eksperimen ini, saya hanya sekedar iseng saja melakukan eksperimen ini, setelah melihat "karakter" yang dipegang oleh setiap personil Girls Generation di brosur yang ada di atas. Karena kebetulan 7 Icons juga memiliki karakternya sendiri, maka saya mencoba untuk menukar karakter2 tersebut, dan hasilnya bisa kalian baca di atas. Baiklah, cukup dulu tulisan saya kali ini, jam 13:30 nanti GP Tiongkok akan berlangsung, saatnya untuk fokus menyaksikan balapan... yang akan saya tonton secara streaming seperti dua seri sebelumnya. Siapakah yang akan menjuarai GP Tiongkok ? Kita lihat saja nanti. Sekarang saatnya untuk menutup posting ini, sekian posting saya, dan Happy Enjoy!

2 komentar:

  1. Waa.. Terimakasih atas apesiasi nya ya.
    Btw, semoga aja sone masih berpikir jernih dan tidak menganggap 7 ICONS menjiplak dari Girls' Generation..
    Soalnya 7 ICONS terbentuk sudah ada karakternyaa masing2 yang dipublikasikan ke dunia musik..
    Hehehe..
    Terima kasih :D

    - @About_Iconia

    BalasHapus
  2. Ketemu artikel ini jadib Flashback ke 7 Icons. Menurutku yg paling lincah itu Gc dan Pj. Tapi yg paling dominan tampaknya memang Gc.

    BalasHapus