Sabtu, 03 Desember 2011

UEFA EURO 2012: DRAWING RESULTS AND PREDICTION

Akhirnya nggak kerasa kita hanya berjarak beberapa bulan saja dari Euro 2012. Tujuh bulan tepatnya, karena bulan ini bulan Desember dan Euro 2012 akan berlangsung bulan Juni nanti. Jadi tujuh bulan lagi kita akan menyaksikan serunya kejuaraan sepakbola antarnegara di Eropa, yang kali ini digelar di Polandia dan di Ukraina. Hasil pengundian sudah diumumkan dan sekarang kita bisa mulai membuat perkiraan siapa yang akan menjadi Juara Eropa untuk kali ini. Berikut adalah hasil pengundiannya, yang baru saja dilakukan beberapa jam yang lalu.
Baiklah, dari hasil pengundian ini, bisa terlihat bahwa grup yang paling ringan adalah grup A dan grup neraka ada di grup B. Selain ada grup ringan dan grup neraka, ada juga yang namanya grup Dilema. Grup itu ada di grup D. Mau tahu kenapa ? Well, sekarang saatnya untuk melakukan prediksi serta analisis dari masing2 grup, seperti yang dulu saya lakukan saat Champions League dimulai.
Grup A: Polandia, Yunani, Rusia, dan Republik Ceko
Seperti yang tadi saya bilang, grup A adalah grup yang ringan. Semua penghuni grup ini punya peluang yang sama untuk dapat lolos ke babak 8 besar. Tapi dari sini, yang punya peluang lolos adalah Polandia dan Rusia. Polandia sebagai tuan rumah pasti tidak akan menyia-yiakan kesempatan ini dan pasti akan memanfaatkan dukungan penonton yang cukup banyak untuk melawan tim2 lainnya. Kalaupun ada yang menemani, tim itu adalah Rusia. Berbekal beberapa pemainnya yang cukup banyak bermain di Eropa, dan juga pengalaman mereka di Euro 2008 yang lalu, saat menjadi semifinalis, Rusia pasti juga tidak akan dianggap enteng oleh lawan2 yang lain. Bahkan Rusia masuk dalam unggulan teratas sebelum pengundian berlangsung, di mana posisi mereka ada di pot 2, bersama dengan tim2 unggulan yang lain seperti Inggris dan Jerman. Dengan memanfaatkan pemain2 mereka yang dulu bermain di Euro 2008 dan beberapa pemain baru potensial, maka dipastikan Rusia akan mendapatkan perjalanan ke babak 8 besar yang mulus. Kalaupun ada yang dapat memberi perlawanan, itu adalah Polandia sebagai tuan rumah. Tim lain yang juga punya peluang lolos adalah Republik Ceko. Punya kiper setangguh Petr Cech dan beberapa pemain yang malang-melintang di Eropa membuat mereka juga patut diperhitungkan, meskipun mereka termasuk unggulan terbawah. Tapi bukan berarti mereka tidak bisa memberi ancaman. Yunani juga bisa memberi ancaman, tetapi peluangnya kecil. Jika mereka bisa mengejutkan Polandia saat pertandingan pertama nanti, bukan tidak mungkin ke depannya peluang Yunani akan bagus. Tapi mereka tetap punya peluang yang kecil untuk bisa lolos, karena ada Rusia dan Republik Ceko yang secara kualitas lebih baik dari mereka. Tapi jangan remehkan Yunani juga. Sebagai Juara Eropa 2004, mereka pasti juga punya semangat tinggi untuk bisa mengulang prestasi delapan tahun yang lalu, meskipun tidak lagi dilatih oleh Otto Rehhagel. Yunani pasti akan berusaha untuk membuktikan bahwa mereka masih mampu bersaing dengan negara2 lain yang ada di grup ini, dengan pengalaman juara yang dulu mereka miliki di masa lalu. Secara keseluruhan, bila harus memilih, saya memilih Polandia dan Rusia yang akan lolos ke babak 8 besar.
Grup B: Belanda, Denmark, Jerman, dan Portugal
Inilah grup neraka di Euro 2012 ini. Anda tentu tahu persaingan antara Jerman dan Belanda. Persaingan yang sudah menahun sejak 1974, melahirkan banyak drama dan cerita, meskipun lebih banyak Jerman yang unggul dalam persaingan ini. Pertarungan antara dua Juara Eropa ini pasti akan seru, meskipun dalam partai persahabatan kemarin, Jerman menang 3-0. Tapi itu partai persahabatan. Beda kasus di Euro nanti. Bisa saja Belanda akan membalas, dengan kekuatan baru yang mereka miliki. Dalam grup ini, saya memfavoritkan Jerman dan Belanda. Jerman pasti masih penasaran soal gelar Juara Eropa yang sudah lama mereka tidak raih sejak 1996. Nyaris saja mereka mendapatkannya di Euro 2008 yang lalu, tapi kalah dari Spanyol. Sekarang, dengan pasukan mudanya yang sudah terbukti moncer di Piala Dunia 2010 yang lalu, Jerman siap menjadi pesaing utama untuk meraih gelar juara. Nama2 beken seperti Manuel Neuer, Philipp Lahm, Mesut Ozil, Sami Khedira, Thomas Muller, Lukas Podolski, Miroslav Klose dipastikan akan menghiasi skuad ini, ditambah dengan sederetan pemain2 muda Jerman yang lain. Kalian semua harus menunggu aksi orang ini: Mario Gotze. Dia pasti akan menjadi salah satu pemain muda yang akan bersinar di Euro 2012 nanti. Belum lagi nanti juga ada Andre Schurrle, Stefan Kiessling, dan nama2 pemain muda lainnya. Jerman dijamin akan lebih membahayakan musim ini. Soal Belanda ? Pastinya tetap mengandalkan nama2 yang sudah beken juga, seperti Maarten Stekelenburg, Robin Van Persie, Dirk Kuyt, Klaas-Jan Huntelaar, Wesley Sneijder, dan lain2. Dengan skuad yang lebih dewasa dan lebih matang, Belanda juga siap untuk menjadi pesaing utama peraih Juara Eropa. Soal kuda hitam, karena ini grup neraka, maka ada tim yang hebat juga. Portugal. Lolos secara tidak biasa lewat babak play-off agak bikin tim ini jadi rendah peluangnya untuk bisa jadi Juara Eropa. Tapi jangan lupakan tim ini dalam persaingan karena ada pemain top seperti Cristiano Ronaldo, Nani, dan lainnya. Semuanya punya skill yang sangat bagus untuk bisa jadi pesaing Juara Eropa. Tapi akan menarik ketika Portugal harus berhadapan dengan Jerman dan Belanda yang secara kualitas sedikit lebih tinggi dari mereka. Tergencet dua Juara Eropa bisa membuat peluang Portugal sedikit kecil, tapi bukan berarti tidak ada. Itulah sebabnya Portugal ditempatkan sebagai kuda hitam di grup ini. Sementara untuk Denmark, sepertinya peluangnya memang sangat kecil. Kalau tadi Portugal tergencet dua Juara Eropa, kini Denmark harus tergencet tiga tim besar Eropa. Sangat sulit bagi mereka untuk lolos. Secara keseluruhan, saya memilih Jerman dan Belanda yang akan lolos ke babak 8 besar.
Grup C: Spanyol, Italia, Irlandia, dan Kroasia
Di grup inilah, juara bertahan Spanyol berada. Masih tetap mengandalkan tiki-taka yang mereka sudah usung sejak lama, mereka dipastikan memiliki peluang untuk mempertahankan gelar juara. Namun, di saat bersamaan, ada Italia yang mungkin akan memasang taktik catenaccio tingkat tinggi untuk menahan serangan dari para pemain Spanyol. Pertemuan antara Spanyol dan Italia bakalan menarik, karena ini adalah pertemuan dua tim dengan paham sepakbola yang kontradiktif. Spanyol menyerang habis2an, Italia bertahan habis2an. Akan terjadi adu dorong di antara kedua tim ini untuk dapat mencetak skor. Siapa yang dapat mendorong lawannya lebih kuat, dia akan menang. Spanyol masih dihuni oleh nama2 yang dulu pernah menjadi bagian dari kesuksesan mereka jadi Juara Eropa 2008 dan Juara Dunia 2010. Jadi, secara umum, struktur teknis permainan mereka tidak berubah. Hanya saja, bagaimana cara mereka memanfaatkan peluang menjadi sangat penting. Itu karena semua penghuni grup ini juga akan berusaha mati2an untuk mencegah agar gawang mereka tidak dibobol para pemain Spanyol. Itu yang akan menyulitkan. Tapi jika seandainya mereka mampu menyesuaikan gaya permainan mereka dengan kondisi yang ada, maka bukan tidak mungkin mereka akan dapat meraih kemenangan dengan mudah. Mengenai kuda hitam, saya memilih Kroasia. Tim ini sudah terbukti sering melahirkan banyak kejutan. Pernah menjadi juara ketiga Piala Dunia 1998, pernah menyingkirkan Inggris di kualifikasi Euro 2008 dan melangkah hingga 8 besar. Sudah jelas kejutan yang dihadirkan oleh tim ini tidak main2 dan perlu untuk diwaspadai. Sementara Irlandia, meskipun dihuni oleh pemain sekelas Robbie Keane, tapi tim ini mungkin tidak akan berbicara banyak, karena secara kualitas kalah dari tim2 yang lain. Namun, mereka juga bisa bertarung dengan Kroasia untuk setidaknya bisa finish lebih baik di klasemen akhir grup. Secara keseluruhan, saya memilih Spanyol dan Italia yang akan maju ke babak 8 besar. Peluang Spanyol untuk jadi Juara Eropa lagi terbuka cukup lebar.
Grup D: Ukraina, Swedia, Perancis, dan Inggris
Inilah grup Dilema di Euro 2012. Sebenarnya saya menjagokan Inggris dan Perancis untuk lolos, namun ada Ukraina yang merupakan tuan rumah. Akhirnya ada Dilema yang muncul untuk menentukan siapa yang akan lolos dari grup ini. Yang pasti Inggris dan Perancis tetap jadi unggulan utama, dengan Ukraina sebagai kuda hitam, mengingat posisinya sebagai tuan rumah. Satu catatan penting yang harus diperhatikan adalah Inggris dan Perancis cenderung angin2an kalau sudah masuk ajang besar. Di kualifikasi mereka berjaya, di partai persahabatan tampil bagus, tapi di ajang utamanya, yang ada tim ini kehabisan tenaga. Terutama Inggris. Kasus di Piala Dunia 2010 jadi bukti bahwa Inggris bisa angin2an di ajang besar. Grup yang saat itu seharusnya mudah malah menjadi sulit, bahkan nyaris tidak lolos. Tapi Inggris sudah berbenah. Kini banyak pemain2 muda yang muncul dalam tim ini, seperti Joe Hart, Phil Jones, Danny Welbeck, Ashley Young, dan lain sebagainya. Pemain2 muda ini diharapkan mampu meningkatkan, bahkan mengembalikan performa Inggris ke tingkat yang seharusnya. Di Perancis kasus bermasalah di ajang besar juga sering terjadi, bahkan di Piala Dunia 2010 permasalahan itu bahkan diperparah dengan perilaku indisipliner beberapa pemainnya di bawah kendali pelatih lama. Kini dengan pelatih baru, Perancis menjadi lebih baik dan sudah berbenah, meskipun lolosnya mereka ke Euro 2012 harus ditentukan di partai terakhir. Tapi setidaknya tim ini sudah lebih baik dari sebelumnya, dan bisa diandalkan untuk dapat berbicara banyak di Euro kali ini. Mengenai kuda hitam, ada Ukraina yang merupakan tuan rumah. Sama halnya Polandia, Ukraina pasti juga akan memanfaatkan dukungan penonton untuk dapat meraih hasil positif di grup ini. Sementara Swedia juga tidak bisa dianggap enteng. Ada Zlatan Ibrahimovic di tim ini. Namun, biasanya Ibra punya masalah di tim nasional karena perolehan golnya terbilang minim di tim nasional, sementara di liga, urusan mencetak gol bukan perkara sulit baginya. Kalau seandainya Ibra bisa banyak mencetak gol dan membuat peluang untuk Swedia di grup ini, bukan tidak mungkin juga Swedia bisa jadi salah satu kuda hitam dalam grup ini. Jika seandainya Inggris dan Perancis, atau salah satunya kena penyakit angin2an lagi, bukan tidak mungkin Ukraina dan Swedia punya peluang untuk bisa lolos. Namun secara keseluruhan, saya memilih Inggris dan Perancis yang akan lolos ke 8 besar, dengan catatan, tidak angin2an saat penyisihan grup. Jika mereka angin2an, bukan tidak mungkin Ukraina atau Swedia bisa lolos.
FINAL VERDICT: WHO WILL BE THE WINNER ?
Soal siapa yang akan menjadi Juara Eropa, secara jujur, pilihan saya tetap Spanyol. Kualitas dan gaya permainan sudah tidak usah diragukan lagi. Mereka punya pemain yang bertalenta tinggi dan mampu memainkan bola dengan tenang dan terarah. Mereka tidak berhenti menyerang, dan kadang2 punya gaya khusus untuk dapat menaklukkan gawang lawan. Untuk unggulan kedua, saya pilih Jerman. Pemain mudanya cukup berbakat dan bisa jadi kombinasi yang berbahaya jika digabung dengan pemain2 eks Piala Dunia yang lalu. Permainan mereka juga atraktif, lebih berani dalam menyerang, dan insting gol mereka sangat tinggi. Bisa jadi pesaing serius untuk Juara Eropa. Unggulan ketiga, Inggris. Dengan catatan tidak angin2an, Inggris bisa jadi salah satu kekuatan yang menakutkan. Mereka juga punya pemain muda berbakat dan skill yang juga bagus. Tidak kalah dengan Jerman, namun kualitasnya juga perlu diuji karena tidak semua pemain muda ini punya pengalaman main di kejuaraan Eropa. Itu yang mungkin harus diperhatikan. Soal di mana posisi tuan rumah nanti... mungkin bisa sampai babak 8 besar sudah cukup bagus, karena nanti setelah dari penyisihan dan lolos ke 8 besar, lawannya sudah mulai berat. Di situ mungkin peluang mereka akan kecil, jadi bisa lolos dari penyisihan grup itu sudah merupakan prestasi tersendiri buat tuan rumah, baik Polandia atau Ukraina. Soal kuda hitam, banyak juga. Kalau tuan rumah bisa lolos jauh, predikat kuda hitam bisa disematkan pada mereka, atau salah satu di antara mereka. Mungkin yang punya peluang besar adalah Rusia. Yang penting kalau kuda hitam itu... harus lolos penyisihan grup dulu, nanti dari situ bisa dilihat siapa yang layak jadi kuda hitam dalam kejuaraan ini. Mengenai pertandingan final... karena Jerman dan Belanda ada di grup B dan Spanyol ada di grup C, mungkin partai finalnya bisa jadi mengulang final Euro 2008 atau final Piala Dunia 2010... bisa Jerman vs Spanyol atau Belanda vs Spanyol. Tapi yang menurut saya bakalan paling seru mungkin Jerman vs Spanyol. Keduanya sama2 hebat, jadi siapapun yang nantinya menang, dia bakal jadi tim yang luar biasa. Tapi Anda tahu siapa yang saya pilih untuk partai ini, ya kan ? Hahahaha...
Well, baiklah. Kayak segitu saja tulisan saya tentang prediksi dan hasil drawing dari Euro 2012 ini, saya yakin Anda punya pilihan dan prediksi sendiri, jadi kalau misalnya Anda tidak setuju atau tidak sependapat dengan prediksi ini, itu hal yang wajar. Sepakbola itu abstrak. Belum tentu apa yang kita perkirakan bisa terjadi. Jadi sampai hari pertandingannya datang, kita hanya untuk memprediksikannya. Soal benar atau tidaknya, biarlah fakta di lapangan yang akan berbicara. Karena masih ada tujuh bulan lagi jelang Euro 2012, kalian masih punya waktu untuk membuat prediksi tentang seperti apa kejuaraan ini nanti. Masih ada waktu juga untuk menulis buku panduan untuk Euro 2012, dan masih ada waktu juga untuk mempersiapkan diri jelang kejuaraan besar ini. Jadi jangan terburu-buru, waktu kalian masih banyak. Masih cukup untuk membuat analisa yang lebih mendalam tentang kejuaraan ini sebelum hari H dan memprediksikan segalanya yang mungkin dapat terjadi di Euro 2012 nanti. Euro 2012 akan berlangsung dari tanggal 8 Juni hingga 1 Juli 2012, mempertandingkan 31 pertandingan, yang nantinya akan digelar di empat kota di Polandia dan empat kota di Ukraina. Buat yang belum tahu di mana saja tempat2 penyelenggaraannya, inilah petanya.
Dan inilah bola yang akan dipakai di Euro 2012 nanti... nanti juga akan saya bahas secara mendalam dalam sebuah posting khusus, dan untuk sementara lihat saja gambarnya dulu, sebagai gambaran... bola ini sepertinya bernuansa retro tapi cukup menarik, namanya Tango 12.
Setelah sharing peta penyelenggara dan bola resmi Euro 2012, maka segini dulu tulisan saya. Harapannya, Euro 2012 ini bisa jadi sebuah pesta sepakbola yang menyajikan banyak aksi seru di setiap pertandingannya dan menjadi sebuah momen yang tak terlupakan untuk kita semua. Baiklah, sekian tulisan saya, selamat datang di Euro 2012 Polandia-Ukraina, dan Happy Enjoy!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar