Senin, 04 Juli 2011

NEW BALLS FOR THE NEW SEASON

Beberapa hari ini saya dapatkan banyak sekali berita2 soal perlengkapan sepakbola. Mulai dari kostum hingga bola sepak. Baru saya tahu kalau beberapa liga terkenal Eropa memutuskan untuk mengganti bola yang akan mereka pakai untuk musim depan. Berikut adalah beberapa bola yang akan dipakai untuk musim kompetisi liga-liga Eropa yang akan datang.
1. NIKE SEITIRO FOOTBALL
Ternyata bola Nike T90 Tracer hanya bertahan satu musim saja. Bola ini kini diganti dengan bola baru yang bernama Nike Seitiro Football. Untuk pertama kalinya sejak 2003, Nike tidak memakai embel2 Total 90 pada merek produk olahraganya. Bola ini dipakai di Premier League, Serie A, dan Primera Liga. Bola ini dasarnya berwarna putih, namun ada grafis di beberapa bagiannya. Setiap liga memiliki warna grafis yang berbeda. Untuk Premier League, warnanya biru dengan sedikit warna orange, Serie A warnanya hitam dengan sedikit warna biru, dan untuk Primera Liga, warnanya merah dengan sedikit warna turquoise. Untuk langkah awal, bola ini hanya akan dipakai untuk tiga liga tersebut, dan nantinya bola ini juga akan dipakai untuk liga-liga lain. Sebagai model dari bola ini, ditunjuk tiga perwakilan pemain dari tiga liga Eropa yang akan memakai bola ini, yaitu Wayne Rooney (Manchester United), Wesley Sneijder (Inter Milan), dan Andres Iniesta (Barcelona). Berikut foto-fotonya.
2. TORFABRIK
Torfabrik adalah bola baru keluaran Adidas. Dari asal katanya, sudah jelas bolanya berasal dari Jerman dan bola ini sudah pasti digunakan (dan hanya digunakan) di Bundesliga. Bola ini terdiri atas 14 panel, seperti bola Jabulani. Warnanya cukup berbeda dari warna Timnas Jerman atau bahkan bendera Jerman. Warnanya putih, dengan corak warna biru dan merah. Namanya, kalau saya telaah, itu terdiri atas dua kata. Tor dan fabrik. Tor berarti gol dalam bahasa Jerman dan Fabrik berarti factory atau pabrik. Harapannya, bola ini bisa menjadi pabrik gol yang banyak untuk Bundesliga. Wow. Selain dipakai di Bundesliga, bola ini juga dipakai di 2. Bundesliga (divisi dua Liga Jerman).
3. ADIDAS TOP SPORTIVO
Untuk Champions League musim depan, Adidas mengeluarkan bola Top Sportivo. Bola ini, seperti bola Champions League sebelum-sebelumnya, menggunakan motif bintang, mengikuti logo dari Champions League. Kalau dulu motif bintangnya polos, sekarang tidak. Di setiap bintang terdapat motif bergambar jaring-jaring yang terbuat dari beberapa garis-garis yang saling menyilang. Di salah satu bintang itu terdapat logo dari Champions League. Bola ini akan dipakai untuk semua pertandingan Champions League, termasuk partai final yang akan digelar di Munich tahun depan.
4. PUMA LIGUE 1 BALL
Puma mendapat jatah untuk membuat bola baru untuk Ligue 1 atau Liga Perancis. Namun... ada yang unik di bola ini. Pernahkah Anda melihat bola berwarna pink ? Keunikan bola ini terletak di logo Puma yang berwarna pink berukuran besar di salah satu bagiannya. Motif lainnya yang juga ada di bola ini adalah motif logo dari Ligue 1, yang berupa bola yang terbentuk dari beberapa lingkaran. Bola ini akan dipakai di seluruh pertandingan Ligue 1 musim ini, dan jangan kaget apabila Anda melihat ada sesuatu yang berwarna pink di lapangan saat Anda menonton pertandingan Ligue 1 musim ini.
Segitu saja tulisan saya tentang bola-bola baru untuk musim kompetisi liga-liga Eropa yang akan datang. Setiap bola ini pastinya memiliki teknologi tinggi dan siap untuk diceploskan ke gawang lawan. Pastinya akan ada banyak aksi-aksi yang menarik dari bola ini sepanjang musim depan.
Sekian dulu. Salam, YNWA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar