Selasa, 13 September 2011

PREVIEW CHAMPIONS LEAGUE 2011/2012

Akhirnya kita bertemu lagi dengan liganya para juara Eropa. Champions League. Memang, kalau sudah semua liga2 Eropa berjalan, maka Champions League hanya tinggal menunggu waktu untuk dimulai. Dan sekarang, liga ini sudah siap untuk dimulai dan malam ini waktu Eropa, atau dini hari waktu Indonesia, ke-32 tim terbaik di Eropa dari berbagai negara akan memulai perburuan mereka menuju final di Munchen tahun depan. Sebagai gambaran prediksi saya, saya akan tampilkan pembagian grup Liga Champions musim ini.
Bisa kebaca kan ? Sekarang saya akan bahas mengenai kekuatan masing2 grup.
Grup A bisa dikatakan "neraka di awal", dimana semua klub punya kesempatan untuk bisa lolos. Ada FC Bayern Munchen sebagai wakil tuan rumah final, Villarreal, klub orang kaya baru Manchester City, dan jagoan terselubung Napoli. Bayern Munchen pasti kalian tahu lah... Villarreal, di situ ada Giuseppe Rossi yang sempat jadi incaran banyak klub namun akhirnya bertahan, Manchester City, yang sekarang lagi panas2nya di Premier League dengan pemain2 baru yang punya skill bagus plus kekuatan uang yang besar, dan Napoli yang punya trio ganas Marek Hamsik-Edinson Cavani-Ezequiel Lavezzi. Bakalan sulit menebak siapa yang lolos karena semuanya punya peluang yang sama. Tapi saya bisa bilang kalau Bayern Munchen akan lolos, dan mungkin saya akan memilih Manchester City. Napoli bisa jadi pengganggu. Partai pertama akan menentukan semuanya... mana yang siap, dan mana yang tidak. Persaingan di grup ini bakalan ketat.
Grup B... mungkin para Internisti menganggap kalau grup ini bakalan gampang. Dan memang demikian. Satu2nya ganjalan hanyalah... allenatore Gasperini. Bisakah dia membuat tim yang tetap perkasa untuk bertanding di Eropa, karena kemarin saat lawan Palermo kalah, dan kalahnya juga dramatis. Katanya ada yang mempertanyakan tiga bek yang dibuat oleh Gasperini. Mungkin ini perlu jadi bahan evaluasi. Kalaupun ada klub yang mendampingi... mungkin antara CSKA Moskow dan Lille. Kejutan mungkin akan dibuat Lille. Kita akan lihat seberapa berpengaruhnya kehadiran Joe Cole di Lille. Trabzonspor ? Peluangnya paling kecil tapi bukan tak mungkin juga membuat kejutan.
Grup C... saya mungkin bisa saja bilang Manchester United akan lolos dengan gampang, karena lawannya terbilang mudah. Mungkin Benfica yang jadi ganjalan. Sisanya, aman... Basel juga punya peluang untuk bisa jadi kuda hitam meskipun kecil, dan buat Otelul Galati (Jujur saja, saya baru dengar nama klub ini sekarang! Biasanya wakil Rumania itu Steaua Bucharest... dari mana datangnya Otelul Galati ?) mungkin bisa berkompetisi di Champions League dan masuk Old Trafford saja bangganya sudah setengah mati... Otelul bisa dihabisi di sini... tapi mungkin mereka akan mencoba mencuri poin dari Basel dan Benfica.
Grup D. Mungkin saya bisa katakan, Real Madrid dan Olympique de Lyonnais sudah jodoh. Sudah beberapa musim ini pasti mereka bertemu... dari jamannya Karim Benzema masih di Lyon hingga pindah ke El Real pasti ketemu terus. Hanya saja, kondisinya akan berbeda karena kali ini mereka bertemu di fase grup, sementara biasanya mereka bertemu di fase knock-out. Tapi di grup ini, persaingan tidak hanya melibatkan keduanya, ada Ajax Amsterdam yang kembali lagi ke Champions League. Ajax bisa "merecoki" persaingan keduanya dan mencuri peluang. Dinamo Zagreb ? Dengan ada tiga klub besar yang ada di grup ini, apalagi ada Real Madrid... berharap saja ada keajaiban, meskipun klub ini sangat terkenal di Kroasia sana.
Grup E. Ada yang bilang, jika seandainya Thibaut Courtois tidak dipinjamkan Chelsea ke Stade Rennais aka Rennes, maka bisa dikatakan grup ini akan penuh dengan partai reunian. Ada Chelsea, Valencia, Bayer Leverkusen, dan Racing Genk. Juan Mata hampir dipastikan dipanggil pulang ke Mestalla. Michael Ballack juga demikian. Sayangnya Thibaut Courtois tidak. Disini, Chelsea dipastikan lolos, tapi ganjalan ada pada Valencia dan Bayer Leverkusen. Valencia yang punya peluang besar mempersulit Chelsea. Valencia pasti ingin membuktikan kalau tanpa Juan Mata, mereka masih bisa tampil bagus dan mampu mengimbangi Chelsea. Bayer Leverkusen akan jadi kuda hitam, dan Racing Genk... siap2 aja deh untuk dihabisi, kecuali mereka punya sesuatu yang dapat mengejutkan.
Grup F. Ada si korban 2-8 di grup ini, bersama si baju batik dan si baju sejuta titik. Kalau nggak tahu maksudnya, itu adalah Arsenal, Marseille, dan Borussia Dortmund. Kalau nggak percaya, buka saja posting saya tentang kostum2 mereka. Kostum tandang Marseille ada gambar lukisan penonton di bagian badannya, dan di kostum Dortmund terdapat titik2 berwarna hitam yang sangat banyak. Di grup ini juga ada Olympiakos, jagoan Yunani yang sudah sering masuk Champions League. Kalau misalnya Arsenal bisa kembali ke perform terbaiknya, maka seharusnya tidak ada rintangan berarti untuk bisa lolos. Sementara Marseille dan Dortmund akan bertarung habis2an untuk jadi kuda hitam di grup ini. Saya bilang Dortmund yang akan lolos menemani Arsenal, karena di sana tersimpan banyak talenta2 berbakat Jerman dan juga si Samurai yang terdampar di Jerman, Shinji Kagawa. Tahu Mario Gotze ? Dia mungkin bisa jadi rising star di Champions League, khususnya di grup ini, dan dia bisa bersaing dengan pemain2 muda Arsenal yang ada di grup ini. Olympiakos juga punya kesempatan lolos, karena mereka juga punya pengalaman di Champions League ini, dan saya yakin, mereka nggak akan mau begitu saja dikalahkan.
Grup G. Menarik untuk melihat FC Porto tanpa Andre Villas-Boas dan Rademel Falcao. Sejauh ini sih, masih bagus2 saja hasil ini di Liga Portugal. Tapi kalau di Champions League, peluangnya berbeda. Disini juga ada dua klub Eropa Timur, yang mungkin akan membuat jarak tempuh penerbangan grup ini jadi yang terjauh. Ada Shakhtar Donetsk, perempat finalis musim lalu, dan Zenit St. Petersburg. Kalau Shakhtar bisa melanjutkan tren positif seperti musim lalu, bukan nggak mungkin akan ada kejutan lain dari mereka. Selain itu, disini juga ada APOEL Nicosia, klub dari Siprus. Siprus itu ada di selatan Eropa, di bawah Turki. Jarak penerbangan pun jadi makin jauh!
Grup H. Ini "neraka di akhir". Ada juara musim lalu yang teknik main bolanya sudah tingkat dewa, Barcelona, dan AC Milan yang merupakan salah satu pemegang gelar juara terbanyak di Champions League. Melihat pertandingan keduanya bakalan menarik. Apalagi kalau melihat grupnya yang mungkin cukup ringan, bukan tidak mungkin kedua tim ini bisa lolos dengan mudah, hanya tinggal melihat persaingannya saja. BATE Borisov dan Viktoria Plzen bisa langsung dihabisi kalau bertemu dengan keduanya. Persaingan kedua klub kecil ini mungkin akan lebih ke siapa yang bisa finish di posisi yang lebih baik, karena secara kelas, BATE dan Plzen kalah dari Barcelona dan AC Milan.
Itu tadi tentang grup2nya... kalau soal juara... mungkin Barcelona lagi... Barcelona lagi... mereka sekarang akan lebih kuat, karena mereka sudah mendapatkan apa yang mereka inginkan. Cesc Fabregas. Dan terlihat dengan jelas kalau Cesc sudah padu dengan teman2nya... secara mereka sudah kompak sejak dulu di La Masia. Tinggal menunggu apalagi aksi Barcelona berikutnya musim ini... terus, mungkin bisa saja Manchester United akan menjadi unggulan kedua, karena saya yakin mereka masih penasaran soal bagaimana cara mengalahkan Barcelona dalam sebuah partai resmi. Mereka memang kemarin mengalahkan Barcelona... tapi itu kan hanya partai persahabatan di Amerika Serikat... belum secara resmi. Bakalan hebat jika Manchester United bisa mengalahkan Barcelona di partai sekelas Champions League. Bisa jadi pelampiasan atas segala dendam yang terjadi masa lalu. Real Madrid ada di unggulan ketiga. Misi Jose Mourinho belum selesai dan akan berlanjut tahun ini. Kita akan lihat sejauh apa pengaruh dari perombakan ala Mourinho musim ini terhadap performa tim, khususnya... jika seandainya mereka bertemu lagi dengan Barcelona. Soal unggulan2 lain, aku nggak tahu, silakan tentukan sendiri. Setiap orang pasti punya daftar unggulannya masing2, jadi aku nggak akan ikutan untuk itu. Yang pasti, pertandingan nanti malam akan menentukan semuanya, seperti apa Champions League musim ini. Oke, selamat datang dan selamat menikmati Champions League 2011/2012!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar