Rabu, 21 September 2011

VIDEO REMIX: CHERRYSPURS

Jauh sebelum video klip lagu Dilema muncul, pihak label Cherrybelle, Catz Platinum sudah mengeluarkan teaser (potongan video) yang menggambarkan sedikit tentang video klip lagu Dilema. Dan pada saat bersamaan, sebuah situs yang membahas tentang kostum sepakbola merilis sebuah video yang menggambarkan behind the scene photo session pemain Tottenham Hotspur dengan kostum barunya. Apa hubungannya video teaser Dilema dengan video Tottenham Hotspur ? Nah, inilah sebuah eksperimen yang khusus saya lakukan terhadap kedua video ini. Maaf saja, saya berpikiran kalau backsound video teaser Dilema kesannya biasa. Kalau nggak salah, musik backsound-nya itu seperti di film2 kolosal gimana gitu. Sementara, di video Tottenham Hotspur itu, backsound-nya sangat enak didengar. Musik2 remix gimana gitu... secara iseng2 saya mencoba memasukkan backsound video Tottenham Hotspur itu ke video teaser Dilema. Hasilnya, ada beberapa adegan di video teaser Dilema yang pas dengan lagu backsound baru ini. Akhirnya sejak saat itu, saya selalu memutar video teaser Dilema itu dengan memakai backsound dari video Tottenham Hotspur itu. Satu kelemahannya adalah durasi backsound yang terlalu panjang. Kalau misalnya bisa disesuaikan, sepertinya akan jadi video yang bagus. Sekarang saya akan berikan video yang saya maksud itu. Eksperimen ini saya beri nama CherrySpurs, yang berarti Cherrybelle dan Tottenham Hotspur.
Ini adalah video teaser Dilema, di-upload oleh catzplatinum. Selanjutnya disebut video pertama.
Dan ini adalah video Tottenham Hotspur yang saya maksud... di-upload oleh SoccerBible. Selanjutnya disebut sebagai video kedua.
Sekarang, ikuti cara saya untuk memasukkan backsound dari video kedua ke video pertama.

  1. Matikan suara di video pertama.
  2. Nyalakan suara di video kedua.
  3. Setelah proses buffering di video kedua selesai, karena durasinya lebih lama, jadi bufferingnya lebih lama, langsung replay video kedua, lalu replay video pertama, dengan jarak kurang lebih satu detik dari video kedua.
  4. Lihat apa yang terjadi. Ada beberapa adegan yang pas dengan musiknya.
Untuk menambah efek backsound-nya, kalau bisa jangan pakai headset ya... pakai speaker komputer yang keras, biar backsound-nya nempel begitu... soal perbedaan durasi antara backsound dan video teaser-nya, seperti yang saya bilang, itu memang kelemahan dari video remix ini. Biarkan saja deh, yang pasti ada beberapa adegan yang pas dengan backsound-nya, dan itulah alasan kenapa saya memilih kedua video ini sebagai pasangan video yang bagus untuk di-remix. Ikuti saja cara yang ada di atas, dan kalian akan lihat apa yang akan terjadi. Satu tips agar backsound-nya pas dengan videonya, saat replay video-nya, lakukan dengan cepat, setelah replay video kedua, langsung replay video pertama, dan jangan menunggu lama. Nanti backsound-nya lewat dan susunannya jadi kacau. Segitu saja tulisan saya... Happy Enjoy!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar