Senin, 11 Juni 2012

EURO 2012 JERSEYS: GRUP B

Lanjutan dari posting saya sebelumnya, sekarang saya akan membahas soal kostum2 tim yang ada di Grup B Euro 2012 ini. Di Grup B ada Belanda, Denmark, Jerman, dan Portugal. Untuk kostum timnas Jerman, sebenarnya sudah pernah saya bahas, tapi akan saya bahas lagi bersama kostum tandangnya (yang dulu saya posting adalah kostum kandangnya), untuk me-refresh ingatan kalian soal kostum ini. Untuk kostum tim lain, saya belum jelaskan, jadi saya gabungkan saja dengan yang lain. Inilah lanjutan serial posting saya soal kostum tim Euro 2012, yang kali ini akan membahas tentang kostum tim2 di Grup B.

BELANDA
Kostum timnas Belanda dirancang oleh Nike. Seperti biasa, Belanda selalu memakai warna oranye sebagai warna kostum utamanya, yang dilatarbelakangi oleh nama keluarga kerajaan Belanda, yaitu Orange-Nassau. Warna oranye ini dipadukan dengan strip berwarna hitam. Pada bagian dada kostum terdapat pola seperti kilat, yang membuat kostum ini terbagi menjadi empat secara pewarnaan, di mana bagian dada kanan dan pinggang depan kiri berwarna oranye tua, dan bagian lainnya berwarna oranye. Logo timnas berada di bagian dada kanan, berwarna hitam. Kerah kostum berbentuk setengah lingkaran dan berwarna oranye. Untuk kostum tandangnya, berwarna hitam dengan strip oranye horizontal pada bagian dada kiri. Tulisan nomor pemain nantinya akan berada di bawah strip horizontal tersebut. Logo timnas berwarna oranye. Pada bagian kerah dalam kostum ini terdapat tulisan "Nieuwe Meesters", berarti New Masters, yang merupakan penghormatan pada para seniman2 Belanda, sekaligus menghormati tim Belanda saat ini.

DENMARK
Kostum timnas Denmark dirancang oleh Adidas. Kostum kandangnya masih tetap sama seperti yang biasa kita ketahui, berwarna merah dengan bagian bahu berwarna putih plus strip hitam. Pada bagian badan kostum terdapat pola garis2 miring yang di dalamnya terdapat pola garis2 horizontal. Kostum ini berkerah, dan berwarna putih dengan strip hitam pada bagian pinggirannya. Pada bagian kerah dalamnya terdapat sebuah logo khusus dengan tulisan "DANSK BOLDSPIL UNION" pada bagian atas, tulisan "EUROPEAN CHAMPION '92" di bagian tengahnya, dan tulisan "20th ANNIVERSARY" yang ditumpuk di bagian bawahnya, diapit oleh tulisan tahun 1992 dan 2012, melambangkan peringatan 20 tahun keberhasilan Denmark menjuarai Piala Eropa pada tahun 1992. Kostum tandangnya berwarna putih dengan strip merah dan strip hitam. Pola kostumnya juga sama, dan logo peringatan 20 tahun Denmark juara Piala Eropa juga ada di kerah dalam. Kerahnya sendiri berbentuk setengah lingkaran. Bisa jadi, desain kostum ini terinspirasi dari kostum yang dipakai oleh Denmark saat menjuarai Euro 1992, terlihat dari pola bayangan garis2 yang ada di kostum ini yang sama dengan pola garis2 yang ada di bagian tangan kostum mereka ketika itu.

JERMAN
Kostum Jerman dirancang oleh Adidas, yang sudah menjadi klien setia mereka sejak dulu. Kostum kandang Jerman berwarna putih, dengan strip hitam. Kerahnya berbentuk V, berwarna putih dengan pinggiran hitam. Pada bagian badan kostum, terdapat tiga bayangan garis dan tiga strip garis, yang masing2 berwarna hitam, merah, dan kuning, melambangkan bendera negara Jerman. Tiga bayangan garis ini melambangkan prestasi Jerman yang merupakan tiga kali juara Eropa. Pada bagian logo juga terdapat tiga bintang sebagai simbol prestasi mereka di Eropa (dan juga di dunia, Jerman juara Piala Dunia juga tiga kali). Pada bagian kerah belakang kostum terdapat tulisan "DEUTSCHER FUSSBALL BUND" yang ditulis dengan huruf sambung, dan gambar triwarna bendera Jerman. Kostum tandang timnas Jerman berwarna hijau, dengan strip putih. Kerahnya berbentuk setengah lingkaran dan berwarna putih. Di bagian logo, tanda tiga bintangnya berwarna hijau. Pada bagian kerah dalam terdapat logo khusus berbentuk daun laurel, dengan tulisan 1972 di bagian dalam atas, di bawahnya terdapat tulisan kecil dalam bahasa Jerman, "DER BEGINN EINER ERFOLGSGESCHICHTE" yang berarti "The Beginning of a Success Story", merujuk pada keberhasilan Jerman menjuarai Piala Eropa pertamanya, tahun 1972, yang menjadi awal dari kesuksesan mereka dalam sepakbola modern. Di bawahnya terdapat tulisan tahun 2012, dengan tulisan kecil lain di bawahnya, juga dalam bahasa Jerman, yaitu "EIN NEUES KAPITEL WARTET DARAUF GESCHRIEBEN ZU WERDEN!" yang berarti "A New Chapter Waiting to be Written!", merujuk pada motivasi pada para pemain untuk menulis sejarah baru dalam persepakbolaan Jerman. Di bawah tulisan itu, terdapat logo tiga bintang, dan tulisan DFB yang ditulis dalam huruf sambung, terletak di antara dua daun laurel yang mengelilingi tulisan itu. Logo ini adalah logo peringatan 40 tahun keberhasilan Jerman menjadi juara Eropa untuk pertama kalinya, tahun 1972. Di kerah belakang, tidak terdapat tulisan Deutscher Fussball Bund. Kostum tandang Jerman ini terinspirasi dari kostum tandang yang dipakai Jerman (Barat) saat menjuarai Piala Eropa 1972, 40 tahun yang lalu.

PORTUGAL
Kostum timnas Portugal dirancang oleh Nike. Seperti biasa, Portugal selalu memakai kostum berwarna merah anggur dan strip hijau sebagai kostum kandangnya. Kerahnya berbentuk setengah lingkaran dan berwarna hijau. Pada bagian lingkar lengan, terdapat garis warna hijau yang pada bagian lengan samping akan membentuk pola silang. Garis silang ini adalah simbol pelayaran Portugal di abad pertengahan. Untuk kostum tandangnya berwarna putih, dengan pola silang di tengah, dengan dua warna, yaitu hijau untuk bagian atas dan sebelah kiri, dan merah untuk bagian bawah dan sebelah kanan. Pola silang ini terbelah di tengah, untuk mewakili Armillary Sphere, sebuah alat seperti globe, namun berupa cincin yang memiliki tingkat kemiringan dan posisi tertentu, yang berfungsi untuk memetakan langit dan rasi bintang. Armillary Sphere ini adalah simbol negara Portugal selama 500 tahun, dan dapat ditemukan di bendera Portugal, sebagai lingkaran yang mengelilingi perisai lambang negara. Simbol negara ini juga terdapat pada bagian kerah dalam kostum. Nomor pemain akan tertulis di bawah logo apparel.

Nah, seperti itulah kostum2 tim di Grup B. Masih akan ada penjelasan kostum tim2 di Grup C dan D, dengan Grup C yang akan ditulis lebih dulu, di posting berikutnya. Serial posting ini masih akan terus berlanjut, dan akan bersambung ke bagian berikutnya. Baiklah, sekian posting saya, dan Happy Enjoy!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar