Senin, 11 Juni 2012

EURO 2012 JERSEYS: GRUP A

Hai, saya kembali lagi... dan seperti yang sebelumnya saya tulis di posting terakhir saya, sekarang saya akan menulis lebih detail soal kostum2 yang dipakai oleh tim2 peserta Euro 2012. Karena kalau semua kostumnya dibahas dalam satu posting akan jadi panjang, maka saya akan membaginya dalam empat posting, satu posting membahas empat kostum. Ini berarti, saya akan membahas kostum satu grup dalam satu posting. Sebagai grup pertama yang saya bahas adalah Grup A. Ada Polandia, Yunani, Rusia, dan Republik Ceko. Seperti apa kostum yang mereka pakai di Euro 2012 ini ? Berikut penjelasannya.

POLANDIA
Kostum Polandia dirancang oleh Nike. Kostum kandangnya berwarna putih, dengan sebuah strip besar persegi panjang berwarna merah di bagian dada bawah. Di strip besar inilah tempat nomor pemain ditulis. Pada bagian dada tengah terdapat lambang negara Polandia, dan di samping kanannya terdapat logo timnas Polandia, yang berupa pita berwarna merah (bagian depan) dan emas (bagian belakang) yang membentuk gabungan dari bola dan burung elang, yang merupakan lambang Polandia. Untuk kostum tandangnya, warna kostumnya dibalik. Kostum tandang Polandia berwarna merah dengan strip besar berbentuk persegi panjang berwarna putih. Tulisan nomor pemain akan ada di bawah strip besar putih itu. Di bagian strip besar putih itu terdapat lambang negara Polandia dan logo timnas Polandia, pembalikan dari kostum kandangnya. Kostum ini terinspirasi dari bendera Polandia. Kalau diperhatikan dengan baik, strip besar persegi panjang itu bisa membentuk bendera Polandia dengan warna kostumnya.

YUNANI
Kostum Yunani dirancang oleh Adidas. Untuk kostum kandangnya, memakai warna putih strip biru dengan pola garis horizontal dan vertikal yang bertemu di bagian dada kanan kostum, tempat logo tim berada. Kerah kostum berbentuk V, dan di bagian kerah dalam terdapat tulisan "UEFA EURO CHAMPIONS 2004" yang menandai kesuksesan Yunani sebagai juara Piala Eropa 2004. Pada bagian kerah belakang luar, terdapat bendera Yunani berukuran kecil. Kostum tandangnya sendiri berwarna biru, dengan strip biru tua dan putih. Kerahnya berbentuk melingkar. Pola garisnya sama, dan tulisan penghormatan Yunani sebagai juara Eropa 2004 juga ada pada kostum ini. Bendera Yunani juga ada pada bagian belakang kostum.

RUSIA
Sama halnya Yunani, timnas Rusia juga mendapat kostum yang dirancang oleh Adidas. Kostum kandangnya berwarna merah, dengan strip emas dan pola selempang dari dada kiri atas ke pinggang depan kanan berwarna bendera Rusia. Jika dilihat lebih dekat, pada kostum ini terdapat pola ombak setengah lingkaran yang saling bersusun, dengan nuansa etnik Rusia. Logo apparel berada di dada tengah atas, sementara logo timnas Rusia, yang menggantikan tanda negara Rusia, berada di bagian dada kanan kostum. Kostum tandangnya memiliki pola yang sama, dengan warna kostum putih strip merah.

REPUBLIK CEKO
Kostum Republik Ceko dirancang oleh Puma. Untuk kostum kandangnya, berwarna merah dengan garis biru pada bagian dada kanan atas, dan pola kotak2 di bagian dada atas. Terdapat garis diagonal yang membedakan pola antara bagian dada atas dan dada bawah kostum. Kerahnya berbentuk lingkaran dan berwarna putih. Pada bagian belakang kostum terdapat bendera Republik Ceko berukuran kecil di kerah belakang. Sementara untuk kostum tandangnya, berwarna putih, dengan strip biru pada bagian ujung lengan dan strip merah pada kerah. Kerah kostum juga berbentuk lingkaran. Warna untuk kostum tandang ini terinspirasi dari warna logo kostum yang mengambil warna dari bendera Republik Ceko.

Seperti itulah penjelasan tentang kostum tim di Grup A. Masih ada penjelasan untuk kostum tim2 Grup B, C, dan D. Itu akan saya tulis di posting2 berikutnya. Setelah ini, saya akan menulis tentang kostum tim2 di Grup B. Ini akan menjadi bagian kedua dari serial posting saya tentang kostum Euro 2012. Posting ini akan segera berlanjut ke bagian berikutnya, sekian posting saya, dan Happy Enjoy!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar