Jumat, 08 Juni 2012

EURO 2012: NETHERLANDS NATIONAL TEAM PLAYERS

Tinggal tiga tim lagi yang akan saya perlihatkan daftar pemainnya di blog ini, dan kini timnas Belanda yang akan saya tampilkan daftar pemainnya. Untuk membentuk skuad timnas Belanda ini, ada prosesnya sendiri, dengan seleksi khusus yang dibuat oleh pelatih. Pada awalnya, ada 36 pemain yang dipanggil, tanggal 7 Mei 2012. Namun, dari 36 pemain itu, Erik Pieters harus mundur karena cedera. Tanggal 15 Mei 2012, jumlah pemain dikurangi menjadi 27 pemain. Akhirnya, pada tanggal 27 Mei 2012, dari 27 pemain itu, terpilih 23 pemain yang akan tampil membela Belanda di Euro 2012 nanti. Banyak nama2 lama di timnas Belanda, setidaknya dari daftar ini, ada nama2 pemain yang dulu pernah tampil di Piala Dunia 2010 dan di Euro 2008. Beberapa dari para pemain2 lama ini bermain di luar Belanda, lima di antara pemain2 ini bermain di Inggris. Dari skuad ini juga, ada delapan pemain yang bermain di Liga Eredivisie (Liga Belanda), kebanyakan dari mereka adalah pemain2 muda yang baru masuk ke timnas. Berikut adalah daftar pemain timnas Belanda untuk Euro 2012.
 
KIPER
Maarten Stekelenburg (AS Roma)
Michel Vorm (Swansea City)
Tim Krul (Newcastle United)
BELAKANG
Gregory van der Wiel (Ajax Amsterdam)
John Heitinga (Everton) (3rd captain)
Joris Mathijsen (Malaga CF)
Wilfred Bouma (PSV Eindhoven)
Ron Vlaar (Feyenoord Rotterdam)
Jetro Willems (PSV Eindhoven)
Khalid Boulahrouz (VfB Stuttgart)
TENGAH
Mark van Bommel (PSV Eindhoven) (c)
Nigel de Jong (Manchester City)
Wesley Sneijder (FC Internazionale Milan)
Arjen Robben (Bayern Munchen)
Stijn Schaars (Sporting Clube de Portugal)
Kevin Strootman (PSV Eindhoven)
Ibrahim Afellay (FC Barcelona)
Rafael van der Vaart (Tottenham Hotspur) (vice-captain)
DEPAN
Dirk Kuyt (Fenerbahce SK)
Klaas-Jan Huntelaar (Schalke 04)
Robin van Persie (Arsenal)
Luuk de Jong (FC Twente Enschede)
Luciano Narsingh (SC Heerenveen)
PELATIH
Bert van Marwijk
 
Melihat skuadnya, timnas Belanda memiliki daftar pemain dengan kualitas terbaik. Di barisan depan, ada Robin van Persie, yang panas bersama Arsenal musim lalu, dengan Klaas-Jan Huntelaar dan Dirk Kuyt yang juga bermain dari sayap. Di tengah, bisa dikatakan banyak midfielder terbaik kelas dunia di sini. Ada Mark van Bommel, Wesley Sneijder, Arjen Robben, dan Rafael van der Vaart, belum lagi masih ada Nigel de Jong dan Ibrahim Afellay. Di belakang, ada Gregory van der Wiel, Joris Mathijsen, John Heitinga, dan Khalid Boulahrouz yang bisa menjadi pilihan utama. Sementara untuk kiper, Maarten Stekelenburg, penerus Edwin van der Sar, menjadi pilihan utama. Tim ini bisa dibilang menjadi lawan sepadan untuk Jerman. Punya banyak striker panas dan midfielder yang juga mampu turun tangan untuk mencetak gol. Ditambah lagi dengan skill dari masing2 pemain yang beberapa diantaranya ada di atas rata2. Untuk menyerang dari tengah, bisa memakai opsi Robin van Persie atau Klaas-Jan Huntelaar. Dari sayap, bisa memakai Dirk Kuyt untuk sayap kiri, dan Arjen Robben dari sayap kanan, atau kebalikannya. Dari tengah menyerang langsung, bisa memakai Rafael van der Vaart dan Wesley Sneijder. Banyak pilihan strategi yang bisa dicoba, karena pemain2 ini bisa menyerang dari mana saja, dan bisa juga membantu pertahanan dengan baik. Belanda adalah salah satu unggulan di Euro 2012, dan banyak yang bilang pasukan Oranye bisa lolos dengan mudah ke perempat final. Tapi, mengingat di Grup B persaingannya lumayan ketat, Belanda harus bisa mengontrol diri mereka dan mampu memberi permainan yang terbaik pada setiap pertandingan penyisihan. Jika mereka main bagus dan menyerang dengan baik, Belanda bisa lolos. Yang pasti, penampilan mereka harus lebih baik dari tim mereka yang dulu, saat menjadi runner-up di Piala Dunia 2010. Pada saat itu, timnas Belanda dianggap sudah mencapai kebangkitannya. Kalau mereka berhasil memanfaatkan momentum kebangkitan yang sudah mereka raih dan tampil lebih baik dari sebelumnya, bukan mustahil mereka menjadi juara Eropa.
Baiklah, saya pikir segitu saja dulu tulisan saya, semoga bisa memberi informasi baru untuk kalian semua. Setelah ini, ada timnas Inggris yang akan saya tampilkan daftar pemainnya di sini, dan setelah itu serial daftar pemain2 Euro 2012 ini ditutup dengan tim tuan rumah lainnya, Ukraina. Setelah semuanya selesai, saya akan mem-posting jadwal Euro 2012 untuk kalian semua. Kira2 seperti itulah rencana saya untuk hari ini. Oke, kalau begitu, sekarang saatnya saya untuk mengakhiri posting ini, sekian posting saya, dan Happy Enjoy!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar